4 Cara Cek Tagihan Listrik PLN Sudah Dibayar Atau Belum (Online)

Saat ini untuk mencari info tagihan listrik bulanan bisa dilakukan dengan mudah, sehingga anda bisa menyiapkan uang untuk biaya tagihan listrik. PLN telah menyediakn beberapa kanal kemudahan untuk keperluan cek tagihan listrik secara gratis.

Belum lagi ada banyak aplikasi cek tagihan listrik dari pihak ketiga yang bisa digunakan di HP Android maupun aplikasi yang berbasis web lainya. Dalam tulisan kali ini akan saya bagikan informasi bagaimana cara cek tagihan listrik PLN sudah dibayar atau belum.

Cara paling mudah dan praktis untuk cek tagihan listrik PLN adalah secara online mnggunakan HP.  Cara ini menjadi praktis karena anda bisa melakukanya seacar mandiri dari rumah. Jika info tagihan bulanan sudah tersedia, anda bisa langsung mendatangi loket pembayaran. Baik ke kantor cabang PLN maupun tempat pembayaran lain seperti Indomaret dan Kantor Pos.

1. Cek Tagihan Listrik Via SMS

Jika kuota paket internet sudah habis dan tidak bisa mengakses Internet, anda bisa menggunakan SMS untuk mengetahui jumlah tagihan listrik yang harus dibayar.

Caranya sebagai berikut :

  1. Ketik 12 digit nomor pelanggan anda, lalu  (kirim ke (8123).
  2. Untuk info taguhan listrik bulanan, anda bisa berlanggana informasi dari PLN, silahkan ketik PLOFFID kirim ke 8123

Yang perlu anda ingat, layanan SMS ini merupakan layanan berbayar. Artinya anda akan dikenakan biaya setiap mendapatkan SMS berisi informasi tagihan listriknya.

2. Cek Tagihan Melalu Website PLN

Selain menggunakan SMS, anda bisa mengecek tagihan listrik secara online menggunakan aplikasi web yang telah disediakan oleeh PLN.

Caranya adalah sebagai berikut :

* Untuk saat ini, layanan pengecekan tagihan PLN melalui web tidak dapat diakses.

3. Menggunakan Aplikasi PLN Mobile

Cara berikutnya yang bisa anda pergunakan untuk mengetahui berapa tagihan listrik anda bulan ini adalah menggunakan Mobile PLN. Sebuah aplikasi berbasi Android dari PLN yang bisa anda gunakan untuk beberapa keperluan.

PLN Mobile merupakan sinergi layanan PLN kepada pelanggan setelah sebelumnya memanfaatkan Contact Center 123, Facebook, Twitter dan Web PLN.

Melalui aplikasi PLN Mobile, pelanggan dapat mengetahui berbagai info mulai dari tagihan rekening listrik, transaksi Token, riwayat pemakaian kwh listrik, lokasi pembayaran melalui banking terdekat serta info status/progres permohonan dan pengaduan. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan informasi kepada pelanggan terkait status-status pekerjaan PT PLN (Persero). PLN Mobile menjanjikan pelanggan mendapatkan informasi cepat, tepat dan akurat.

Untuk mengetahui apakah HP anda bisa diinstall aplikasi cek tagihan listrik ini, silahkan kunjungi halaman Mobile PLN disini.

Jika HP Android anda cocok, silahkan install aplikasi MobilePLN agar anda dapat memanfaatkan ragam fitur yang disediakan.

4. Menggunakan Aplikasi Cek Tagihan Listrik

Aplikasi cek tagihan listrik banyak disediakan oleh pihak ketiga. Secara umum, aplikasi ini terbagi menjadi dua :

  • Berbasis Web yang bisa anda akses menggunakan browser
  • Berbasis Aplikasi yang harus anda install terlebih dahulu di HP

Aplikasi cek tagihan listrik berbasis web

Aplikasi berbasis web ini bisa anda akses dengan browser, jadi anda takperlu menginstall aplikasi tambahan untuk bisa cari tau tagihan listriknya.

Beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan antara lain :

  • Cekbill.com
  • Sepulsa.com
  • Ceebydith.com

Aplikasi cek tagihan listrik berbasis Android

Aplikasi ini mengharuskan anda untuk menginstallnya kedalam Android, setelah itu anda baru bisa menggunakan fitur-fiturnya.

Mobile PLN menjadi aplikasi paling baik karena merupakan aplikasi resmi dari PLN

Sementara itu banyak juga aplikasi serupa yang dikembangkan pihak ketiga dan tersedia secara gratis di Playstore.

Saran saya, hati-hati jika menginstall aplikasi dari pihak ketiga.

Secara umum aplikasi pihak ketiga ini memuat iklan didalam aplikasinya. Saat anda menginstall dan membuka aplikasi ini, akan muncul iklan  berupa gambar atau teks yang jika anda klik, makapihak ketiga itu akan memanen uang kedalam rekeningnya.

Sementara anda akan terkikis kuotanya karena mendownload gambar dari iklan yang ditampilkan

 




Tidak menemukan solusi yang anda cari? silahkan kirim email kepada redaksi anekacara.com dengan permasalahan serta solusi yang anda inginkan. Kirim kan email ke : redaksi@anekacara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *