Cara Ajukan Kredit Motor Bagi Penghuni Rumah Kontrak Agar Tidak Ditolak Leasing

Bagi anda yang saat ini tengah berencana mengambil kredit motor impian tapi terkendala dengan status rumah yang masih ngontrak atau kos tak perlu khawatir ditolak olehpihak leasing saat mengajukan kredit nanti.

Ada 5 cara jitu yang bisa anda lakukan agar pengajuan kredit anda bisa disetujui oleh leasing meskipun status rumah tinggal anda adalah mengontrak atau kos.

Beneran?

Iya benar sekali.

Seperti yang telah dimuat dalam artikel sebelumnya dalam 7 tips untuk mengajukan kredit motor tanpa ditolak leasing, bahwa rumah tempat tinggal milik sendiri atau orang tua adalah syarat mutlak untuk pengajuan kredit motor.

Tapi meskipun anda saat ini belum memiliki rumah sendiri alias masih kost, masih bisa mengajukan kredit dan tidak akan ditolak oleh leasing jika mengikuti tips-tips berikut ini.

1. Gunakan Uang Muka Yang Lebih Besar

Semakin besar uang muka yang anda ajukan, semakin besar pula peluang pengajuan kredit anda disetujui. Faktor ini sangat mempengaruhi apakah pengajuan anda disetujui atau tidak.

Uang muka ini sangat perperan penting pada saat pengajuan kredit, alasanya adalah semakin besar uang muka yang anda yang anda ajukan maka akan semakin kecil angsuran yang akan anda bayar. Dan menurut analisa pihak leasing, hal ini akan meminimalisasi adanya tunggakan pembayaran angsuran motor dan penarikan motor.

Berapa besar uang muka yang diperlukan?

Uang muka sebesar 30% dari harga motor yang akan dikredit sudah cukup untuk menunjukkan kesungguhan anda dalam pengajuan kredit motor.

Misalkan anda ingin kredit moto seharga 21.000.000, maka uang muka yang perlu anda siapkan minimal 7.000.000

2. Mempunyai Penghasilan Tetap

Apabila anda mempunyai penghasilan tetap dan besaran penghasilanya masuk akal untuk membayar kebutuhan pokok dan sisanya masih bisa dipergunakan untuk membayar angsuran,  tentu saja lebih mudah bagi anda untuk mengajukan kredit meskipun tempat tinggal anda masih kontrak atau kost karena anda dinilai mampu untuk membayar angsuran motor.

Misalkan kawan anda berpenghasilan 7.000.000 sebulan, tapi rumah sewa 1.500.000 perbulan, 1 orang anak kuliah, 1 orang anak sekolah SMA dan 2 orang anak masing-masing SMP dan SD.

Kemudian anda berpenghasilan 4.000.000 sebulan, anak baru 1 dan duduk di bangku SD Negeri, sewa kost 700.000/bln

Kemungkinan besar, pengajuan kredit anda akan diterima jika dibandingkan teman anda selama besaran angsuran yang harus dibayar tidak lebih dari 30% dari penghasilan anda.

3. Bekerja Sebagai Karyawan Tetap

Meskipun penghasilan anda cukup besar tapi jika status pekerjaan anda adalah karyawan kontrak, kemungkinan besar leasing akan sulit mengabulkan kredit anda.

Selain itu, masa kerja anda di perusahaan juga jadi salah satu ukuran yang akan dinilai oleh leasing. Artinya jika anda telah bekerja diperusahaan tersebut lebih dari 2 tahun dan sudah menjadi karyawan tetap maka akan lebih mudah bagi leasing untuk mengablkan kredit anda.

4. Mempunyai Penjamin

Jika anda dinilai belum mampu untuk mengajukan kredit, maka pihak leasing akan meminta anda agar ada penjamin dalam pengajuan kredit motor anda.

Penjamin dalam hal ini adalah orang yang dapat bertanggung jawab atas pengajuan kredit anda dan juga dapat bertanggung jawab mengenai pembayaran angsuran motor anda.

Penjamin ini bisa orang tua, kakak, atapun saudara lainnya. Penjamin diperlukan apabila anda dalam kondisi belum menikah, dan penghasilan anda belum cukup untuk mengajukan kredit.

5. Melengkapi Data Yang Diperlukan

Data-data ini dilengkapi hanya apabila diperlukan saja. Beberapa contoh data tambahan ini adalah: slip gaji, surat keterangan kerja dan surat keterangan domisili.

Jika anda diminta untuk melengkapi salah satu data diatas maka anda harus melengkapinya. Apabila anda tidak bisa atau tidak mau melengkapi data yang diminta maka tidak menutup kemungkinan pengajuan anda akan ditolak.

Apabila kriteria diatas sudah anda miliki maka kemungkinan besar pengajuan kredit anda akan disetujui. Tetapi sekali lagi, disetujui atau tidaknya pengajuan kredit anda sepenuhnya sudah menjadi keputusan dari pihak leasing.

Semoga bermanfaat.

 




Tidak menemukan solusi yang anda cari? silahkan kirim email kepada redaksi anekacara.com dengan permasalahan serta solusi yang anda inginkan. Kirim kan email ke : redaksi@anekacara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *