Cara Belajar Naik Motor Matic Bagi Pemula, Pasti Cepet Bisa

Belajar naik motor matic itu sebenernya aman dan gampang banget selama kamu tau hal-hal penting yang berkaitan keselamatan,keseimbangan, gas dan rem motor matic.

Apalagi kalau kamu sudah bisa naik sepeda sebelumnya, belajar naik motor matic bakal jadi lebih gampang dan cepet bisa gak pakai lama. Pernah naik sepeda listrik? Nah naik motor matic itu secara prinsip hampir sama dengan mengendarai sepeda listrik. Tinggal tarik tuas gas dan brrmmm….. ngacir.

Tapi karena sepeda motor matic memiliki tenaga dan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan sepeda lsitrik, sebaiknya kamu berhati-hati dan mengetahui tehnik dasar keselamatan sebelum belajar mengendarai motor matic.

Nah berikut ini adalah tips dan trik buat kamu yang pingin belajar naik motor matic secara cepat, baik kamu yang sudah bisa naik sepeda sebelumnya atau tidak bisa naik sepeda sama sekali.

1. Persiapan Keselamatan Saat Belajar Naik Motor Matic

Keselamatan dan keamanan saat belajar naik motor matic adalah hal yang paling utama dan harus kamu lakukan agar tidak membuat celaka diri dan orang lain.

  1. Cari tanah lapang yang kosong dan sepi dari lalu lalang orangĀ  untuk belajar naik motor matic, jangan sekali-kali belajar naik motor di jalanan kompleks apa lagi jalan raya. Selain berbahaya buat kamu juga berbahaya buat orang lain. Karena pada saat itu kamu belum lihai mengendalikan motor.
  2. Gunakan helm, jangan anggap sepele penggunaan helm ini ya.
  3. Harus didampingi oleh orang yang sudah bisa mengendarai motor matic dengan baik dan benar.

Kalau ketiga hal tersebut sudah tersedia, kamu jangan langsung buru-buru praktek belajar naik motor, karena ada beberapa hal mendasar dari motor matic yang wajib kamu ketahui untuk keselamatan diri dan orang lain.

 

2. Mengenali Fungsi dan Cara Kerja Motor Matic

Tenang, ini bukan pembahasan tehnik yang bikin kepala kamu pusing, ini hanya pembahasan nama dan fungsi beberapa komponen dasar motor matic yang sangat penting.

Tanpa mengetahui hal ini, kamu gak akan pernah bisa sukses belajar naik motor matic. Percaya deh!

Nah beberapa komponen penting dari motor matic yang perlu kamu fahami sebelum belajar naik motor adalah sebagai berikut:

  1. Starter electric : starter ini gunanya untuk menghidupkan mesin motor, posisi tombol starter ada disebelah kanan berdekatan dengan tuas gas. Untuk beberapa type motor matic, starter gak akan bisa menghidupkan mesin motor kalau standar kaki nya diturunkan. Dan kamu harus menarik tuas rem saat menekan tombol starter agar mesin motor bisa hidup.
    Gambar Tombol Starter Motor Matic

     

  2. Tuas Gas : Tuas gas ini gunanya untuk membuat motor matic bergerak maju, semakin kuat tarikan gasnya akan semakin kencang larinya. Jadi kalo kamu baru belajar naik motor matic, tarik gasnya harus pelan-pelan dan pakai perasaan. Jangan langsung diputar dengan cepat karena motor akan loncat, juga jangan lepas tarikan gas sekaligus karena akan membuat motor jadi berkurng tenaganya secara drastis dan kamu akan terhempas kedepan.

    Tuas Gas Motor Matic

  3. Tuas Rem : Tuas rem berguna untuk menghentikan laju motor. Pada motor matic, sistem rem depan dan belakang dikontrol menggunakan tuas yang ada pada stang. Rem depan ada disebelah kanan sedangkan rem belakang ada distang sebelah kiri. Agar lebih jelas kamu perhatikan gambar dibawah ini. Saat kamu akan menghentikan laju motor, kamu tinggal menarik tuas rem belakang/sebelah kiri dan tuas gas dikendorkan tarikanya. Jangan menggunakan rem depan saat kamu menikung, apalagi jalanan licin kena air hujan atau pasir, kamu pasti akan jatuh tergelincir. Tehik menikung menggunakan motor matic ini wajib kamu fahami agar kamu tidak celak nantinya.

Nah setelah kamu faham komponen utama seperti starter untuk menghidupkan mesin motor, tuas gas untuk membuat motor berjalan maju serta rem untuk menghentikan laju motor selanjutnya kamu bisa praktek belajar naik motor matic.

 

Cara Cepat Belajar Naik Motor Matic

Biar kamu cepat bisa naik motor maticnya usahakan belajar mengendarai motor matic ditempat yang lapang dan luas, kalaupun terpaksa harus menggunakan jalan raya, usahakan mencari jalan yang sepi dan sangat jarang dilewati kendaran lainnya.

Hindari jalanan kompleks yang terdapat polisi tidur cukup tinggi karena akan mengganggu proses beajar anda, dan akan membahayakan anda nantinya jika posisi polisi tidur terlalu tinggi atau terlalu banyak.

Tetap tenang saat memutar tuas gas, jangan memutar terlalu banyak. Putar sedikit demi sedikit hingga motor jalan perlahan-lahan.

Meski motor matik tergolong kendaraan yang sangat mudah untuk dikendarai. Tapi buat kamu yang masih belajar mengendarainya, motor matic akan sangat berbahaya.

Hindari panik saat kamu kehilangan keseimbangan, karena secara reflek kamu malah akanĀ  menarik tuas gas lebih dalam saat panik.

Saat belajar naik motor, usahakan ada teman yang sudah ahli naik motor matic untuk duduk di belakang, jadi saat kamu mengalami kesulitan mengendalikan motor ada yang membackup kamu.

Tapi pastikan teman kamu itu gak punya bobot terlalu berat karena malah akan bikin kamu berat membawa motornya. Dan kalau bisa, cari kawan yang cukup tinggi. Setidaknya salah satu kakinya dapat menopang ketanah dari posisi membonceng. Hal ini untuk membantu kamu menopang motor saat berhenti mendadak.

Gunakan pengaman untuk mencegah cedera bila saja anda terjatuh saat belajar naik motor matik. Minimal gunakan helm, jaket kulit, celana panjang dan sepatu untuk meminimalisir cedera.

Mengendarai motor matik bagi sebagian orang yang memiliki dasar kemampuan mengendarai sepeda akan lebih cepat bisa belajar naik motor matik.

Bagaimana bagi anda yang tidak memiliki dasar atau belum bisa mengendarai sepeda angin sebelumnya. Tenang anda tetap dapat mengendarai motor matik juga.

 

Cara Cepat Belajar Naik Motor Matic Bagi Yang Tidak Bisa Bersepeda

Kalau kamu belum bisa naik sepeda sebelumnya tapi pingin bisa naik motor matic gak perlu khawatir, ada trik untuk mengtasinya kok.

Pada proses awal untuk cepat bisa mengendarai motor matic adalah menjaga posisi untuk tetap seimbang diatas motor.

Untuk keperluan ini kamu bisa meminta tolong teman untuk mendorong motor yang dikendarai agar dapat belajar menjaga keseimbangan diatas motor.

Atau kamu bisa mencari jalanan yang menurun . Tapi perhatikan turunannya jangan terlalu curam karena malah akan membahayakan kamu nantinya, dan juga jangan terlalu landai karena akan menyulitkan untuk menjaga keseimbangan nantinya jika kecepatan meluncur motor kurang memadai.

Cari jalan turunan yang sepi yang mampu meluncurkan kendaraan anda dengan kecepatan kira-kira 15-20kpj (kilometer per jam).

Menjaga keseimbangan diatas motor adalah sangat penting aar kamu cepat bisa naik motor matik. Tapi kamu gak perlu khawatir karena menjaga keseimbangan diatas motor tidak sesulit yang dibayangkan.

Setelah berhasil menjaga keseimbangan dengan baik, selanjutnya kamu bisa mulai belajar naik motor matic dengan kondisi mesin menyala secara perlahan lahan seperti dalam panduan dibawah ini.

 

Mulai Belajar Naik Motor Matic

Beberapa hal/tips aturan pemakaian yang perlu diketahui tentang motor matic (hampir semua motor matic sama dalam fungsi dan caranya):

  • Motor bisa dinyalakan jika tuas rem ditarik.
  • Motor tidak bisa dinyalakan jika standart samping diturunkan.
  • Standart samping ada di kaki kiri.
  • Tuas rem ban depan ada di depan tangan kanan
  • Tuas rem ban belakang ada di depan tangan kiri.
  • Handle gas ada di tangan kanan.
  • Tombol double starter ada di tangan kanan.
  • Tuas kick starter ada di kaki kiri penumpang.

Jika sudah paham dengan beberapa cara dan hal diatas maka kita bisa langsung ke tahap berikutnya yaitu belajar mengendarai motor matic. Berikut cara-caranya:

  1. Buka penutup lubang kunci (jika ada).
  2. Tancapkan kunci dan putar ke posisi netral.
  3. Pastikan standart samping (jagrang) sudah dinaikkan.
  4. Tarik tuas rem.
  5. Starter atau nyalakan mesin (bisa menggunakan double starter atau kick starter)
  6. Biarkan mesin menyala sampai 1 menit agar mesin panas.
  7. Jalankan motor dengan memutar handle gas pelan-pelan sembari melepas tuas rem pelan-pelan.
  8. Selama berkendara tetaplah pada jalur dan kecepatan yang aman.
  9. Saat akan berhenti kurangi putaran handle gas secara perlahan dan tarik tuas rem pelan-pelan.
  10. Putar kunci ke posisi OFF atau LOCK. (lebih bagus dengan membiasakan kunci pada posisi LOCK).
  11. Sebelum meninggalkan motor matic cabut kunci dan turunkan standart samping atau standart tengah.

Masih gak berani dan takut belajar naik motor matic?

Coba simak video cara belajar naik motor matic berikut ini, kamu pasti bisa!

Nah, gimana?

Udah siap belajar naik motor matic?

Semoga sukses ya!

 




Tidak menemukan solusi yang anda cari? silahkan kirim email kepada redaksi anekacara.com dengan permasalahan serta solusi yang anda inginkan. Kirim kan email ke : redaksi@anekacara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *