Cara Paling Akurat Untuk Cek HP Oppo ( Asli Atau Palsu )

Tips dan trik untuk membedakan HP Oppo yang asli dan yang palsu

Beberapa tahun belakangan ini di marketplace handphone online maupun offline bermunculan smartphone abal-abal yang sangat mirip dengan aslinya. Saking miripnya dengan HP aslinya, orang menyebut hp tiruan tersebut dengan istilah smartphone replika atau supercopy. HP yang dibuat replikanya biasanya HP kelas menengah keatas, termasuk HP Oppo.

HP Oppo supercopy sangat diminati karena harganya yang jauh lebih murah dibandingkan produk aslinya. Secara fisik HP Oppo replika ini sama persis dengan HP Oppo yang asli,sulit untuk dibedakan. Lalu bagaimana cara mengecek apakah HP Oppo yang k anda beli itu asli atau palsu?

 

Cara Cek Keaslian HP OPPO Melalui IMEI

Untuk mengecek keaslian HP Oppo bisa anda lihat dari kode IMEI yang ada pada HP anda. Kode IMEI ini merupakan nomor identitas / kode unik yang berbeda antara satu HP dengan HP lainya. Kode IMEI HP Oppo bisa anda akses dengan cara sbb :

  1. Dial *#06#
  2. Cek Fisik Body Smartphone
  3. Menu About Ponsel
  4. Pada Dus Box HP Oppo
  5. Aplikasi Pihak Ketiga

Selain untuk melihat keaslian smartphone, Kode IMEI juga berguna untuk mendapatkan kembali HP OPPO anda yang hilang atau diambil orang lain.

 

Baca : Cara Cek Garansi HP Oppo

 

Melalui kode IMEI anda juga bisa mengetahui dari negara mana HP Oppo asli dibuat. Misalnya ada kode IMEI seperti pada contoh ini: IMEI: 356406050180933.

Perhatikan deret urutan ke 7 dan 8 pada contoh IMEI diatas, lalu sesuaikan dengan HP Oppo anda termasuk buatan negara mana dan kualitas seperti apa dengan melihat keterangan berikut:

  • 00 : Produksi Perancis (Kualitas sangat baik)
  • 01 atau 10 : Produksi Finlandia (Kualitas normal)
  • 02 atau 20 : Produksi Asia (Kualitas jelek)
  • 03 : Produksi Kanada (Kualitas terjamin baik)
  • 04 : Produksi Korea (Kualitas terbaik dunia)
  • 05 : Produksi Amerika (Kualitas sangat bagus)
  • 08 atau 80 : Produksi Jerman (Kualitas lumayan bagus)

Dengan Kode IMEI, anda bisa menentukan bahwa HP OPPO tersebut milik anda atau bukan. Untuk cek Kode IMEI, anda beberapa metode yang bisa anda coba.

1. Melalui Dial *#06#

Untuk cara yang pertama, anda bisa mencoba menggunakan fitur Dial Phone dengan mengubungi nomor *#06#. Dengan mengetikkan nomor tersebut, maka secara otomatis HP OPPO anda akan menampilkan 15 digit Kode IMEI HP OPPO yang anda miliki. Untuk dual SIM, biasanya akan menampilkan dua kode IMEI yang berbeda.

2. Body Smartphone

Selain melalui fitur Dial Phone, anda juga bisa mencoba cek IMEI melalui Body Smartphone OPPO anda. Jika anda melihat tempelan putih atau sticker putih, maka biasanya akan tertera Kode IMEI dan tipe HP OPPO anda. Dari situ anda bisa melihat secara jelas dan detail dari kode IMEI. Namun jika anda sudah melepas Sticker tersebut maka anda tidak

3. Menu About Ponsel

Untuk cara ketiga, anda bisa mencoba untuk masuk pada menu about ponsel. Menu tersebut ada pada setelan HP OPPO anda. Cara ini juga terbilang cukup mudah dan simple, masuk pada menu Setelan » Tentang Ponsel » Kemudian tap “Status”. Dari situ anda bisa melihat informasi nomor IMEI di HP OPPO yang anda miliki. Cukup mudah bukan!

4. Dus Box Smartphone

Untuk metode ke empat, anda bisa langsung cek IMEI melalui Box Smartphone. Dus Box Smartphone pada bagian luar pastinya juga tertera Kode IMEI yang merupakan kunci keaslian dari smartphone OPPO yang anda miliki. Tidak hanya pada OPPO, dus box pada semua perangkat android pasti juga disedikan Kode IMEI.

5. Aplikasi Pihak Ketiga

Untuk metode yang kelima, anda bisa mencoba menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Untuk mengecek keaslian IMEI Oppo anda, silahkan kunjungi www.imei.info selanjutnya masukkan IMEI yang terdiri 15 digit angka pada kolom yang telah disediakan.

Selanjutnya pilih “Check” untuk mengetahui hasilnya. Maka anda akan dibawa pada tampilan informasi tentang device yang anda cek tadi.

 

 

Cara Cek Keaslian HP Oppo dengan Kode Rahasia ( Engineer Mode )

Cara mengecek keaslian Oppo dengan kode rahasia sebenarnya bukan hal yang baru lagi. Anda bisa menggunakan kode rahasia *#800#.  Banyak orang yang lebih suka menggunakan tehnik ini karena dianggap akurat dalam mengecek originalitas Oppo yang mereka miliki.

Apalagi fitur (kode rahasia) untuk mengetahui keaslian Oppo ini telah disediakan oleh Perusahaan asal Tirai Bambu itu sejak awal untuk mempermudah pengguna perangkat dalam mendeteksi Oppo yang replika dan supercopy. Kode rahasia Oppo ini biasa disebut dengan “Engineer Mode”.

Cara menggunakan kode rahasia Oppo ini juga sangat mudah, berikut ini panduan stepbystepnya
1.Pada Oppo anda, silahkan buka menu Phone (dial number), lalu ketik kode *#800# Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah!

2.Setelah kode rahasia Oppo di atas diketik, maka muncul beberapa menu yang bisa anda jadikan sebagai indikator untuk mengecek keaslian HP Oppo seperti pada gambar di bawah!. Perlu anda ketahui, HP Oppo replika atau supercopy biasanya tidak bisa menjalankan seluruh fungsi dan fitur yang ada didalam HP Oppo aslinya.

3.Silahkan anda uji semua menu-menu yang ada di atas untuk memastikan keaslian HP Oppo yang anda miliki. Untuk menguji menu-menu lainnya silahkan geser ke kiri maka muncul seperti pada gambar di bawah!

4.Jika semua menu-menu di atas sudah selesai anda uji, geser juga kesamping kanan untuk menguji menu lain seperti pada gambar di bawah ini!.

Untuk mengetahui  apakah HP Oppo anda adalah asli atau palsu, pastikan fitr-fitur berikut ini bisa berjalan dengan baik dan lancar.  Untuk lebih mudah memahami menu-menu yang muncul pada HP Oppo di atas, di bawah ini adalah penjelasan dari beberapa menu yang ada didalam énginering mode’.

  1. Receiver adalah suatu bunyi yang menandakan bahwa ada notifikasi pemberitahuan pada smartphone Oppo. Dengar baik-baik bunyi tersebut, jika suaranya enak didengar (tidak ada suara berisik) berarti dalam keadaan baik.
  2. Bluetooth adalah menu yang digunakan untuk menguji koneksi Bluetooth dalam mengirim berbagai file seperti gambar, dokumen, music, dan file lainnya yang menggunakan teknologi ini.
  3. FM adalah pemancar gelombang radio yang digunakan untuk menangkap sinyal radio sehingga bisa mendengarkan suara dari radio. Silahkan anda cek, apakah gelombang radio masih berfungsi dengan baik atau tidak.
  4. Camera yaitu menu untuk mengakses kamera utama. Pada menu ini, anda bisa mencoba semua fitur pada kamera utama untuk menguji apakah masih berfungsi normal atau mengalami kerusakan.
  5. SIM Card adalah menu untuk mengetes fungsi kuningan pada HP Oppo apakah masih bisa membaca kartu memori dan bisa menangkap sinyal atau tidaknya.
  6. Vibration merupakan getaran yang dihasilkan oleh smartphone anda. Rasakan getaran itu dengan baik menggunakan tangan anda. Jika getaran tersendat-sendat pasti HP Oppo anda kurang sehat.
  7. Speaker adalah menu yang bertugas untuk menguji kejernihan suara pada smartphone Oppo. Amati suara yang muncul dari lubang speaker utama maka akan terdengar jelas apakah HP itu normal atau rusak.
  8. Headset yakni sebuah menu yang digunakan untuk menguji suara headset apakah suaranya bagus atau tidak. Jika suara yang dihasilkan jernih artinya tidak ada kendala sama sekali pada fitur headset ini.
  9. Battery adalah menu yang digunakan untuk menguji kesehatan baterai HP Oppo. Pada menu ini akan menimbulkan informasi yang seakurat mungkin sehingga pengguna bisa mengganti baterai dengan segera jika rusak.
  10. WIFI merupakan menu untuk menguji fitur WIFI yang ada di HP Oppo anda. Jika menu ini diklik maka WIFI akan menyala secara otomatis dan melakukan uji untuk memastikan optimalisasi sinyal ini.
  11. LCD adalah menu yang digunakan untuk cek kerusakan LCD Oppo khususnya kontras warna pada LCD. Jadi pastikan keadaan kontras warna LCD anda baik-baik saja dengan melakukan pengujian menggunakan menu yang satu ini.
  12. GPS merupakan menu yang diapakai untuk menguji keakuratan sinyal GPS yang ada diwilayah anda berada. Banyak hal yang dilakukan dengan sinyal GPS ini salah satunya bisa dipakai untuk Peta jalan.

 

Jika ada beberapa fitur diatas yang tidak bisa berjalan dengan normal di HP Oppo, patut diduga smartphone tadi adalah supercopy alias replika.

Video Cara cek Keaslian OPPO

Jika kesulitan untuk melakukan panduan pengecekan keaslian HP Oppo seperti diatas, simak video yang menjelaskan langkah-langkahnya sebagai berikut :

Perbedaan HP Oppo Supercopy dengan Yang Asli

HP Oppo replika dengan yang asli bisa dibedakan dengan sangat jelas. Perbedaan ponsel supercopy dengan yang asli adalah terletak pada sistem operasi dan prosesor. Kamera yang ada biasanya sudah cukup bagus dan identik, namun foto yang dihasilkan agak terlihat pucat.

Tampilannya sangat mirip, perbedaan yang mencolok ada pada sistem operasi, prosesor, dan kamera.

Ditambah ada beberapa fitur yang hanya bisa dijalankan pada ponsel versi asli.

Setelah membaca panduan dan melihat video mengeceak HP Oppo asli atau palsu diatas, kini anda tak perlu khawatir membeli barang paslu.

Karena anda sudah tau trik untuk mengetes keaslian HP Oppo yang akan dibeli.

Semoga bermanfaat.




Tidak menemukan solusi yang anda cari? silahkan kirim email kepada redaksi anekacara.com dengan permasalahan serta solusi yang anda inginkan. Kirim kan email ke : redaksi@anekacara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *