7 Cara Jitu Agar Pengajuan Kredit Motor Anda Disetujui Gak Pakai Lama

Kecenderungan konsumen membeli sepeda motor secara kredit akhir-akhir ini semakin meningkat jika dibandingkan dengan membeli secara cash.

Alasan utamanya tentu saja karena uang muka serta cicilan yang ditawarkan cukup murah sehingga terjangkau oleh semua kalangan.

Bahkan untuk konsumen dengan penghasilan sesuai UMR saja sudah bisa mendapatkan moto baru dengan DP dan angsuran yang terjangkau.

Akan tetapi, pengajuan kredit motor yang diajukan tidak serta merta disetujui oleh pihak leasing, hal ini bisa disebabkan beberapa hal.

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan kami share cara jitu agar pengajuan kredit motor anda dapat disetuji dalam waktu yang singkat.

1. Bebas Blacklist

Pastikan nama anda atau nama yang anda pergunakan untuk mengajukan kredit tidak masuk dalam daftar blacklist leasing. Bagaimana anda bisa tau tidak masuk dalam daftar blacklist leasing?

Jika anda atau nama anda belum pernah digunakan untuk mengajukan kredit sebelumnya, atau pernah dipakai untuk mengajukan kredit tapi lancar membayar angsuran kreditnya sampai lunas bisa dipastikan nama anda masih aman dan bebasdari daftar blacklist leasing.

Hal ini sangat penting saat anda akan mengajukan kredit, meskipun anda mempunyai kemampuan untuk membayar uang muka dan angsuran tetapi jika nama anda sudah di blacklist oleh leasing maka anda tidak dapat mengajukan kredit lagi pada leasing tersebut.

Sebelum memutuskan untuk disurvey oleh pihak leasing sebaiknya anda mengetahui nama leasingnya terlebih dahulu dan pastikan anda tidak pernah ada masalah dengan leasing tersebut.

2. Berikan Dokumen yang Lengkap dan Valid

Dokumen yang wajib dilengkapi untuk pengajuan kredit sepeda motor dibeberapa leasig secara umum adalah KTP dan Kartu Keluarga.

Akan tetapi dalam kondisi tertentu pihak leasing melalui tim surveynya bisa saja meminta dokumen tambahan. Hal ini dilakukan tergantung dengan kondisi anda pada saat disurvey.

Dokumen pendukung lainnya yang perlu anda siapkan antara lain : adalah slip gaji/surat keterangan kerja, surat keterangan domisili, surat nikah, surat kepemilikan rumah dan dokumen lain yang situasional yang intinya untuk menjamin kelancaran proses pembayaran angsuran nantinya.

Apabila anda dapat melengkapi data pendukung yang diminta oleh pihak leasing maka kemungkinan besar pengajuan kredit anda akan disetujui oleh pihak leasing.

3. Mempunyai Pekerjaan/Penghasilan Tetap Dan Dapat Dibuktikan

Jumlah penghasilan tetap menjadi salah satu patokan disetujui atau ditolaknya kredit motor anda. Secara umumĀ  jika angsuran kredit motornya tak melebih 30% dari jumlah penghasilan anda, biasanya anda dianggap layak dan mampu untuk membayar angsuran.

Meskipun dokumen yang diminta oleh leasing sudah anda penuhi tetapi penghailan anda diperkirakan tidak cukup untuk membayar angsuran secara lancar maka pengajuan kredit anda sulit untuk disetujui.

Sebaiknya untuk anda yang berprofesi sebagai pekerja/karyawan masa kerja minimal 3 bulan baru anda dapat mengajukan kredit, tetapi tidak menutup kemungkinan juga pada anda yang berkerja baru 1-2 bulan.

Hal tersebut kembali lagi kepada penghasilan yang anda terima setiap bulannya. Apabila penghasilan anda sudah cukup untuk mengajukan kredit maka tidak menutup kemungkinan pengajuan kredit anda akan disetujui.

Dan jika anda sebagai seorang pengusaha/wiraswasta maka anda juga dapat mengajukan kredit. Disetujui atau tidak kembali lagi kepada penghasilan yang anda terima setiap bulannya.

4. Mengajukan Kredit Dengan Uang Muka Yang Lebih Besar

Apabila anda mengajukan kredit dengan uang muka yang lebih besar maka pengajuan kredit anda akan disetujui dengan kemungkinan lebih besar.

Uang muka besar yang dimaksud adalah uang muka 30 % dari harga On The Road, contohnya apabila anda ingin mengajukan kredit motorĀ Honda Beat FI CW dengan harga On The Road Rp 13. 850.000 maka uang muka 30% adalah sebesar Rp 4.000.000.

Semakin besar uang muka yang anda ajukan, semakin besar pula peluang anda agar pengajuan kredit disetujui.

5. Memiliki Tempat Tinggal Jelas

Dengan memiliki tempat tinggal yang jelas/tetap (tidak sewa) maka lebih memudahkan anda dalam pengajuan kredit. Dan bagi anda yang tempat tinggalnya masih sewa, anda tidak perlu berkecil hati karena anda juga dapat mengajukan kredit.

Tetapi jika tempat tinggal anda masih sewa dan kurang dari 3 bulan (masih baru) maka akan sulit mengajukan kredit, usahakan agar anda mendiami tempat tinggal tersebut dengan kurung waktu diatas 3 bulan.

Hal ini memudahkan pihak leasing untuk menyetujui pengajuan kredit anda.

6. Usia Pemohon minimal 21 Tahun Dan Maksimal 60 Tahun

Apabila usia anda belum mencapai 21 tahun maka anda belum bisa mengajukan kredit, tetapi anda dapat mengantinya dengan orang tua anda sebagai pemohon kredit yang usianya belum mecapai 60 tahun.

Dan jika usia anda lebih dari 60 tahun maka anda juga tidak dapat mengajukan kredit, tetapi anda dapat menggantinya dengan anak anda yang usianya diatas 21 tahun dan sudah mempunyai pekerjaan/penghasilan tetap untuk dijadikan pemohon kredit.

7. Kooperatif Saat disurvey

Tips jitu yang terakhir adalah kooperatif saat tim survey datang ke tempat anda. Kooperatif artinya anda dapat memberikan keterangan secara lugas disertai bukti / alasan pendukungya.

Tidak memberikan keterangan palsu dan semua data-data yang diberikan tidak ada yang dimanipulasi.

 

Jika ke 7 cara diatas sudah anda lakukan, maka pengajuan kredit anda pasti lancar.

Semoga bermanfaat, dan selamat mengajukan kredit motor idaman anda.




Tidak menemukan solusi yang anda cari? silahkan kirim email kepada redaksi anekacara.com dengan permasalahan serta solusi yang anda inginkan. Kirim kan email ke : redaksi@anekacara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *