Cara Membuat SKCK, Syarat dan Biayanya ( Online dan Offline )

Saat ini mengurus SKCK jauh lebih mudah dibandingkan beberapa tahun yang lalu, pertama karena sekarang cara bikin SKCK bisa dilakukan secara online. Yang kedua, biaya pengurusan SKCK diseragamkan diseluruh Indonesia yakni Rp. 30.000 sesuai dengan (PP)  Nomor 60 Tahun 2016 tentang Tarif dan Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian, adalah nama baru dari Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB), yang biasanya kita pergunakan untuk melangkapi surat lamaran kerja dan keperluan lain.

Surat ini diterbitkan Kepolisian Republik Indonesia melalui Kepolisian Sektor (Polsek) atau Kepolisian Resort (Polres) setempat yang berisikan tentang catatan seseorang yang terdapat dalam data kepolisian.

Masa berlaku SKCK ini adalah 6 bulan dan bisa diperpanjang sesuai kebutuhan.

SKCK  harus diurus ke Polsek atau Polres sesuai dengan KTP, jadi kalo anda ber KTP Bekasi maka tidak bisa mengurus SKCK di Polres Metro Jakarta Barat misalnya, itu adalah salah satu syarat pembuatan SKCK yang harus anda ketahui.

Dalam tulisan kali ini akan dibahas bagaimana cara cara membuat SKCK secara offline dan online, juga akan dibahas bagaimana cara memperpanjang SKCK.

Tak lupa akan disampaikan juga syarat dan ketentuan pembuatan SKCK beserta biaya yang harus anda bayar.

Sebelum masuk pada pembahasan  cara membuat SCK secara offline, akan saya sampaikan terlebih dahulu syarat untuk mengurus SKCK.

Syarat Untuk Membuat SKCK

Syarat untuk membuat SKCK terbagi menjadi dua bagian, pertama untuk WNI dan kedua untuk WNA.

syarat membuat SKCK
Bebebrapa dokumen yang diperlukan untuk membuat SKCK

Persyaratan membuat SKCK bagi WNI

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Izin Mengemudi (SIM).
  2. Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  3. Fotokopi Akta Kelahiran/Surat Kenal Lahir/Ijazah Terakhir.
  4. Pas foto 4×6 berlatar/background merah sebanyak 6 lembar.

Persyaratan membuat SKCK bagi WNA

  1. Fotokopi Paspor.
  2. Surat Sponsor dari Perusahaan (Asli).
  3. Fotokopi Surat Nikah.
  4. Fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (Kitap).
  5. Pas foto 4×6 berlatar/background kuning sebanyak 6 lembar.

Cara Membuat SKCK Secara Langsung ke Polsek / Polres

Setelah semua syarat mengurus SKCK siap, anda bisa melanjutkan proses penbuatanya dengan mengunjungi Polsek yang ada ditingkat Kecamatan maupun Polsres yang ada ditingkat Kabupaten/ Kota Madya.

Untuk keperluan melamar pekerjaan, kelengkapan administrasi PNS/CPNS, dan pembuatan visa atau keperluan lain yang bersifat antarnegara, Anda tidak bisa membuat SKCK di tingkat Polsek. Apabila Anda ingin membuat SKCK untuk keperluan tersebut, silakan langsung datang ke Polres (tingkat Kabupaten/Kota). ( via : https://www.cermati.com/artikel/cara-syarat-dan-biaya-pembuatan-skck )

Layanan pembuatan SKCK ini dibuka pada hari kerja, Senin-Jumat mulai pukul 08.30 s/d 15.00 waktu setempat, jadi pastikan anda menyesuaikan waktunya saat datang untuk mengurus SKCK.

Jik anda sudah tiba di Polsek /Polres untuk bikin SKCK tapi masih bingung, ada baiknya bertanya terlebih dahulu pada petugas piket, alur, prosedur dan loket untuk pembuatan SKCK nya.

Penting juga untuk diketahui tentang sidik jari. Kalau mengurus SKCK di Polres, biasanya prosesnya bisa lebih cepat untuk mendapatkan sidik jari sebagai salah satu syarat dalam penerbitan SKCK. Ada pengalaman juga ketika mengurus penerbitan SKCK di Polsek, pihak Polsek akan memberikan surat rekomendasi untuk pembuatan rumus sidik jari di Polres.

Pihak Polsek akan meminta kelengkapan syarat-syarat seperti yang telah dijelaskan di atas sebagai kelengkapan rekomendasi. Karena itu, agar memudahkan dan tidak bolak-balik ke memfotokopi atau mencetak foto, lebih baik persiapkan persyaratan-persyaratan yang telah dijelaskan dalam jumlah banyak.

Untuk pengambilan sidik jari ini, biasanya ditemukan adanya pengenaan biaya sebesar Rp5.000 atau lebih (tergantung kebijakan Polsek atau Polres setempat) meskipun hal tersebut tidak tercantum dalam PP No. 60 Tahun 2016 tentang Tarif dan Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Setelah proses sidik jari selesai, saatnya untuk mengumpulkan berkas-berkas yang telah Anda siapkan dan membayar uang penerbitan SKCK di loket. Tunggu antrean dan SKCK akan segera selesai.

Contoth SKCK
Contoh SKCK Untuk Melamar Pekerjaan

Cara Membuat SKCK Online

Membuat SKCK online memang sangat mudah dilakukan karena proses pendaftaran bisa dilakukan dirumah menggunakan smartphone.

Setelah daftar SKCK online selesai, anda mencetak kode registrasi.

Dilengkapi dengan dokumen pendukung persyaratan buat SKCK Online, anda datang ke Kantor Polisi yang sudah anda pilih dalam regsitrasi tadi.

Setelah diterima oleh petugas, selanjutnya akan diproses dan selesai dalam hitungan menit.

Panduan untuk daftar SKCK online bisa anda simak dalam video berikut ini :

Persyaratan Pembuatan SKCK Online

Pada dasarnya persyaratan yang diperlukan untuk membuat SKCK secara online adalah sama, perbedaannya hanyalah semua harus dalam bentuk file digital berupa hasil scan dokumen-dokumen seperti yang disyaratkan dalam pembuatan SKCK secara konvensional (manual).

Meskipun demikian, dokumen-dokumen dalam bentuk hardcopy (fotokopi) nantinya juga diperlukan untuk verifikasi dalam pengambilan SKCK di Polres atau Polda setempat.

Syarat untuk pendafatarn SKCK Online bagi WNI :

  • Pengambilan rumus sidik jari dari kepolisian setempat
  • Fotokopi PASSPOR
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi Akte Lahir / Ijasah
  • Pas foto berukuran 4 X 6, 6 lembar (LATAR BELAKANG MERAH)

Sedangkan jika anda adalah WNA,

Syarat Pendafataran SKCK Online bagi WNA :

  • Pengambilan rumus sidik jari dari kepolisian setempat
  • Surat permohonan dari sponsor perusahaan/instansi
  • Fotokopi PASSPOR
  • Fotokopi KITAS / KITAP
  • Fotokopi Surat Tanda Melapor (STM) dari kepolisian setempat
  • Fotokopi IMTA dari KEMENAKER RI
  • Pas foto berukuran 4 X 6, 6 lembar (LATAR BELAKANG MERAH)

Tempat Pendaftaran SKCK Online

Selain melalui halaman SKCK Online Polri yang beralamat di skck.polri.go.id. anda bisa mengurus pembuatan SKCK online melalui beberapa layananSKCK online milik Polda maupun Polres selruh Indonesia yang daftarnya sebagai berikut:tan SKCK secara online, di antaranya:

1. SKCK Online Polri : http://skck.polri.go.id.

2. Polda Jawa Barat :  http://jabar.polri.go.id .

3. Polda Bali : http://bali.polri.go.id.

4. Polda Jawa Tengah : http://skck.jateng.polri.go.id.

5. Polda Jawa Timur :  http://jatim.skck.online.

6. Polres Sidoarjo : http://sidoarjo.skck.online.

7. Polres Malang : http://polresmalang.com.

8. Polres Pontianak :  http://skck.polrestapontianakkota.org.

9. Polres Barelang : http://apok.batam.go.id/daftar/skck.

10. Polres Banyuwangi : http://banyuwangi skck online.

11. Polres Palembang : http://restapalembang.org.

12. Polres Bogor : http://daftarskckbogor.com.

 

Untuk anda ketahui, jika registrasi online dilakukan sebelum pukul 08.00 waktu setempat, SKCK dapat diambil di loket pelayanan sampai dengan pukul 14.00 pada hari yang sama dengan menunjukkan ID/Kode Registrasi serta dokumen-dokumen yang telah disyaratkan.

Satu hal lagi, untuk pendaftar melalui registrasi online akan diberikan waktu untuk pengambilan SKCK selambat-lambatnya 3 (tiga) hari. Jika melebihi waktu yang ditentukan maka pemohon harus melakukan registrasi ulang karena input akan secara otomatis dihapus setelah melewati batas waktu tersebut.

 




Tidak menemukan solusi yang anda cari? silahkan kirim email kepada redaksi anekacara.com dengan permasalahan serta solusi yang anda inginkan. Kirim kan email ke : redaksi@anekacara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *