Cara Memperbaiki Mesin Cuci 2 Tabung ( Tabung Pengering Tidak Berfungsi )

Cara memperbaiki mesin cuci 2 tabung yang dinamonya tidak mau berputar sebenarnya bisa dilakukan sebdiri asalkan anda mengerti sedikit tentang kelistrikan dan bisa menggunakan alat multi tester atau avometer.

Beberapa faktor yang sering menjadi sebab tidak berputarnya dinamo mesin cuci 2 tabung, terutama tabung untuk mengeringkan antara lain :

  • Gulungan dinamo sudah rusak
  • Ada kabel yang putus
  • Switch pada pintu tabung tidak berfungsi
  • Timer rusak

Agar lebih mudah penangananya berikut ini penjelasan bagaimana cara memperbaiki mesin cuci 2 tabung yang tidak berputar dinamo penegringnya.

Cek Gulungan Dinamo

Untuk mengetahui apakah gulungan dinamo terbakar atau putus, anda bisa mengecekanya secara fisik. Gulungan dinamo yang terbakar biasanya akan meninggalkan tanda hitam di sudut gulungan tertentu.

Jika ternyata gulungan dinamo tidak ada yang terbakar, cek lagi untuk memastikan apakah ada lilitan kabel dinamo yang putus.

Untuk mengecek jalur lilitan yang putus anda bisa menggunakan multitester atau avometer. Langkah-langkahnya bisa anda ikuti seperti dibawah ini.

  1. Caranya pilih atau arahkan avometer yang menunjukan ke arah ohm.
  2. Lalu pasangkan dua kabel multitester untuk melakukakan pengetesan.
  3. Coba dulu stik multi tester tempelkan antara stik satu Merah dan lainnya yang berwarna hitam.
  4. Dan perhatikan jarumnya jika jarum bergerak sampai titik nol maka avo atau multi tester siap untuk di pakai melakukan pengetesan selanjutnya.
  5. Perhatikan kabel yang terhubung ke dinamo pengering. Di situ terdapat tiga kabel yang warnanya berbeda.
  6. Tandai dan lalu putuskan ketiga tiganya. Lalu kupas ujung kabel untuk melakukan pengetesan.
  7. Setelah siap coba tempelkan stik avo meter ke salah satu kabel dinamo, dan stik satunya tempelkan ke kabel dinamo yang lainnya atau yang berbeda warna.
  8. Perhatikan  jarum avo meter bergerak atau tidak, jika bergerak berarti lilitan tidak putus. Lalu ulangi cara tadi dengan variasi kabel yang berbeda. Misalnya di tepat dari kabel A ke B, B ke C dan C ke A. jika nyambung semua kemungkinan lilitan tidak putus tapi bisa juga gulungan sudah lemah.
  9. Jika langkah itu masih tersambung coba di test dengan cara satu stik avo ke bagian besi body dinamo, dan satu stik lainnya hubungkan ke salah satu kabel dinamo.
  10. Ulangi untuk mengecek ke ketiga kabel ABC. Dan jika jarum avo tidak bergerak berarti normal, akan tetapi jika jarumnya bergerak berarti dinamo rusak atau sudah kontak body. Bila di coba maka body gulungan akan nyetrum.
  11. Jika gulungan mati mau ga mau harus ganti baru atau gulung ulang dinamo tersebut.

Cek Kondisi Kabel

Mengecek apakah ada kabel yang menghubungkan dinamo tabung pengering dengan komponen lain bisa dilakukan dengan lebih mudah karena anda cukup melihat dan mengurutkan instalasi kabelnya.

Kabel bisa putus disebakan digigit tikus misalnya,atau ketarik tanpa sengaja saat menggeser mesin cuci.Untuk ini anda bisa cek satu persatu kabel instalasi yang terhubung ke dinamo pengiringnya.

Cek Switch Pintu Mesin Cuci

Untuk penyebab pengering mesin cuci tidak mau berputar bisa di sebabkan Switch pintu atau tutup mesin cuci tidak menyambung. Biasanya switch sudah jamuran atau putus sehingga arus listrik ke dinamo tidak ter alirkan.

Switch ini biasanya terletak pada sisi dekat engsel pintu atau tutup pengering mesin cuci 2 tabung. Jika putus segera sambung, dan jika kotor jamuran bisa anda bersihkan plat tersebut menggunakan amplas secara perlahan.

Penyebab lainnya kadang di sebagian merk mesin cuci di beri switch selektor. Perhatikan switch selector jika pada posisi Wash maka pengering tidak bisa di pergunakan. Maka ubah ke Drain atau spin. Lalu coba nyalakan.

Cek Fungsi Timer

Penyebab lain jika pengering mesin cuci tidak bekerja bisa di karena kan Timer spin sudah rusak. Untuk cara melihatnya gunakan avometer. Putar avometer lalu coba test kabel 1 dan kabel lainnya , jika tidak menyambung dapat di pastikan timer pengering sudah rusak. Oiya jangan lupa posisi avo meter menunjukan ke Ohm.

 

 




Tidak menemukan solusi yang anda cari? silahkan kirim email kepada redaksi anekacara.com dengan permasalahan serta solusi yang anda inginkan. Kirim kan email ke : redaksi@anekacara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *