Cara Memperlambat Meteran Listrik Prabayar ( Agar Hemat )

Kenaikan tarif listrik yang terjadi pasti akan menambah tinggi beban hidup sehari-hari. Hal tersebut tentu saja memaksa kita untuk lebih kreatif melakukan berbagai penghematan, tak terkecuali melakukan penghematan dalam penggunaan listrik.

Beberapa hal yang biasa dilakukan untuk menghemat penggunaan listrik adalah dengan cara mengganti peralatan listrik yang hemat daya listrik, seperti mengganti lampu bohlam dengan lampu LED.

Namun banyak juga netizen yang mencari cara untuk memperlambat meteran listrik pulsa dengan tujuan agar pemakaian listrik menjadi hemat.

Hal termudah untuk menghemat penggunaan listrik adalah mengurangi penggunaan alat-alat listrik, mematikan alat listrik yang tidak digunakan dan mengefisiensikan penggunaannya. Namun, yang banyak ingin diketahui adalah cara menghemat listrik dengan cara memperlambat meteran listrik baik digital maupun meteran biasa.

 

Menggunakan Alat Penghemat Listrik

Teknik memperlambat meteran listrik merupakan teknik lama yang biasa digunakan oleh orang yang ingin mendapatkan supply listrik dengan stabil dan lancar namun tidak mau memberikan bayaran lebih.

Memperlambat meteran listrik digital, adalah dengan memasang rangkaian penghemat listrik yang terdiri dari kapasitor Bank. Alat ini akan menjadi buffer ketika ada kenaikan mendadak dari penggunaan listriknya, sehingga konsumsi pulsa akan sedikit lebih hemat.

Kunci utama dari penghematan listrik pada alat tersebut terletak pada sebuah kapasitor star up atau kapasitor bank. Semua alat induktif memerlukan sebuah tarikan awal yang lebih besar sebelum alat tersebut berjalan pada kecepatan normal.

Jika sebuah kipas angin dinyalakan, maka tarikan awal akan dipenuhi dengan listrik lebih dari 2x lipat dayanya. Setelah semakin cepat berputar, maka daya yang ditarik pada jaringan akan semakin turun hingga mencapai titik terendah.

Sebenarnya di dalam sebuah kipas angin sendiri telah terdapat kapasitor sebesar 1-3 uF sebagai star up kapasitor. Dengan adanya kapasitor tersebut, maka putaran awal kipas sejak dinyalakan akan lebih stabil.

 

 

 




Tidak menemukan solusi yang anda cari? silahkan kirim email kepada redaksi anekacara.com dengan permasalahan serta solusi yang anda inginkan. Kirim kan email ke : redaksi@anekacara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *