Cara Menggunakan Mesin Cuci ( Yang Baik dan Benar )

Artikel tentang cara menggunakan mesin cuci ini sengaja dibuat khusus bagi anda yang baru saja membeli mesin cuci atau berencana membelinya dalam waktu dekat dan ingin tau bagaimana cara mencuci dengan mesin cuci dan bagaimana merawatnya.

Dengan membaca artikel ini anda jadi lebih tau dan faham bagaimana menggunakan mesin cuci yang baik dan benar.

Jenis-Jenis Mesin Cuci

Pembahasan akan saya awali dengan mengenal jenis-jenis mesin cuci yang saat ini banyak dipergunakan oleh masyarakat Indonesia.

Tiap jenis mesin cuci memiliki karakteristik dan penanganan yang berbeda, jadi pastikan anda tidak melewatkan pembahasan ini.

Secara umum mesin cuci terdiri dari mesin cuci otomatis dan manual.

Mesin cuci otomatis memiliki kemampuan untuk mencuci, membilas sekaligus mengeringkan pakaian, sementara pada mesin cuci manual fungsi mencuci dan mengeringkan dilakukan secara terpisah.

Dari sisi pintu, ada mesin cuci pintu atas dan pintu depan. Aga lebih jelas, berikut ini pembahasanya.

 

Mesin Cuci Pintu Depan ( Front Loading )

Awalnya mesin cuci jenis Front Loading ini hanya dipergunakan oleh jasa binatu, tapi saat ini sudah banyak rumah tangga yang menggunakan mesin cuci pintu depan.

Mesin cuci pintu depan atau Front Loading memiliki pintu pada bagian depan. Mesin cuci ini dianggap paling efektif untuk digunakan mencuci karena berbagai keunggulanya dibandingkan mesin cuci pintu atas.

Mesin ini termasuk dalam kategori mesin cuci otomatis karena fungsi pencucian dan pengeringan bisa dilakukan dalam satu tabung.

 

mesin cuci otomatis fron loading
Contoh Mesin Cuci Front Loading

 

Beberapa keunggulan mesin cuci Front Loading :

  • Pemakaian air lebih hemat karena saat membilas, mesin ini akan menyemprotkan air ketika mesin masih berputar.
  • Kapasitas ruangan yang digunakan jauh lebih sedikit karena drum pencuci dan pengering jadi satu
  • Penggunaan deterjen lebih sedikit karena hanya memerlukan air dalam jumlah lebih sedikit.

Dengan berbagai keunggulan tersebut membuat harga mesin cuci pintu depan ini lebih mahal daripada mesin cuci Top Loading.

 

Mesin Cuci 1 Tabung Top Loading

Mesin cuci otomatis dengan bukaan diatas ini menggunakan 1 tabung yang berfungsi untuk mencuci sekaligus mengeringkan pakaian.

Mesin cuci ini merupakan penyempurnaan dari generasi sebelumnya, yakni mesin cuci 2 tabung.

Mesin Cuci Otomatis Satu Tabung
Mesin Cuci Otomatis Satu Tabung

Kelebihan mesin cuci otomatis tutup atas ( Top Loading )

  • Mesin cuci top load bisa mencuci pakaian dengan baik, karena dilengkapi dengan agitator yang berada di tengah sehingga air dan pakaian dapat berputar bersamaan.
  • Dapat menampung beban yang lebih berat serta menampung kapasitas pencucian lebih besar yang sesuai dengan kebutuhan rumah tangga.
  • Harga lebih murah dibadingkan mesin cuci front loading

Meskipun boros air dan deterjen, tapi mesin cuci 1 tabung ini paling banyak diminati Ibu rumah tangga. Selain karena harganya yang relatif lebih murah, kemampuan mencuci yang lebih banyak juga jadi salah satu alasanya.

 

Mesin Cuci Top Loading 2 Tabung.

Meski pengguanaan mesin cuci 2 tabung sudah muali tergeser oleh pembaharunya, tapi hingga saat ini masih banyak yang menggunakan mesin cuci jenis ini.

Selain memiliki pintu bukaan diatas, mesin ini memiliki 2 tabung. Tabung pertama berfungsi untuk mencuci dan membilas, sedangkan tabung kedua untuk mengeringkan pakaian.

Mesin cuci ini disebut sebagi mesin cuci manual, karena untuk mengeringkan pakaian, anda harus memindahkan pakaian dari tabung pencucian ke tabung pengering secara manual.

 

mesin cuci dua tabung

5 Hal Penting Sebelum Mencuci Pakaian

Ada beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan sebelum mencuci pakian menggunakan mesin cuci.  Dengan memperhatikan hal-hal penting berikut ini, akan membuat hasil cucian jadi lebihbersih dan mesin cuci akan jadi lebih awet.

  • Pisahkkan cucian yang berwarna putih dengan kain yang berwarna, terutama kain yang mudah luntur.
  • Perhatikan petunjuk perawatan pakaian yang tertera pada label pakaian, apakah kain tersebut boleh dicuci dengan mesin cuci atau tidak.
  • Baca label pada kemasan deterjen untuk mengetahui takaran yang sesuai dengan jumlah cucian. Pemakaian deterjen yang melebihi takaran tidak berarti membuat cucian lebih bersih karena takaran yang dianjurkan sudah diperhitungkan agar optimal.
  • Masukkan cucian kedalam tabung mesin cuci secukupnya, jangan dijejal sampai penuh. Selain membebani mesin cuci , hasil cucian pun tidak akan bersih maksimal
  • Selalu baca petunjuk menggunakan mesin cuci pada buku panduan, terutama untuk mengetahui kapasitas optimal mesin cuci yang anda gunakan.

Cara Menggunakan Mesin Cuci Otomatis (mesin cuci 1 tabung)

Agar mesin cuci otomatis anda baik yang model Front loading mapun Top Loading awet dan bisa mencuci dengan maksimal, pastikan selalu membaca buku panduanya. Akan tetapi secara umum, anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini untuk mulai menggunakan mesin cuci otomatis.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pastikan kabel power/ kable listrik mesin cuci sudah dihubungkan dengan terminal listrik pada tembok.
  2. Sambungkan mesin cuci dengan sumber air seperti keran atau pompa air terdekat mengguanakan selang. Mesin cuci otomatis pada umumnya mampu mengisi air sendiri secara otomatis.
  3. Masukkan pakaian yang akan dicuci ke dalam mesin cuci.
  4. Tuangkan deterjen khusus untuk mesin cuci. Sesuaikan jenis deterjen dengan mesin cuci yang Anda gunakan, entah itu top load maupun front load.
  5. Tutup pintu mesin cuci dan nyalakan tombol “Start”, lalu pilih siklus pencucian sesuai dengan jenis pakaian yang dicuci.
  6. Tunggu sampai mesin cuci menyelesaikan siklus pencucian, pembilasan, dan pengeringan Keluarkan pakaian dari mesin cuci, lalu jemur kembali pakaian di tempat yang berangin.

Cara Menggunkan Mesin Cuci Manual (mesin cuci 2 tabung)

Cara penggunaan mesin cuci manual tidak jauh berbeda dengan mesin cuci otomatis,perbedaan mendasar penggunaan mesin cuci 2 tabung ini adalah anda harus memindahkan pakaian yang telah dicuci dan dibilas ke tabung pengering secara manual.

  1. Lakukan instalasi agar mesin cuci tersambung dengan sumber listrik.
  2. Hubungkan dengan keran atau pompa air terdekat. Apabila sambungan air tidak ada, Anda bisa mengisi mesin cuci ini secara manual dengan menuang air dari ember.
  3. Masukkan pakaian kotor ke dalam mesin cuci
  4. Tambahkan deterjen khusus untuk mesin cuci.
    Pada umumnya, mesin cuci manual adalah mesin cuci 2 tabung dengan bukaan atas, maka dari itu pilih deterjen khusus untuk mesin cuci top load Tutup pintu mesin cuci dan nyalakan tombol untuk mencuci.
  5. Pilih siklus mencuci sesuai dengan kebutuhan Anda
  6. Setelah siklus pencucian selesai, buanglah air di mesin cuci dengan menekan tombol pembuangan air. Pastikan selang untuk pembuangan sudah berada di dekat lubang pembuangan air
  7. Isi kembali mesin cuci dengan air, lalu jalankan siklus pencucian untuk membilas residu deterjen Setelah itu, pindahkan pakaian dari tabung pencucian ke dalam tabung pengeringan, lalu jalankan siklus pengeringan pakaian Apabila siklus pengeringan telah selesai, angkat pakaian dan jemur di tempat yang berangin

Petunjuk cara menggunakan mesin cuci ini pada umumnya sudah terlampir dalam katalog yang sudah disediakan dalam paket pembelian.

Bahkan, jika Anda membeli mesin cuci otomatis dengan teknologi mutakhir, Anda akan menemukan katalog berisi panduan tombol-tombol penting yang terdapat pada mesin cuci.

 

Cara Merawat Mesin Cuci Yang Baik dan Benar

Selain mengetahui cara memakai mesin cuci yang benar, Anda pun wajib mengetahui cara perawatan mesin cuci. Perawatan ini bermanfaat supaya mesin cuci tidak lekas rusak.

Berikut adalah beberapa tips untuk merawat mesin cuci:

  1. Bukalah pintu mesin cuci jika tidak dipakai. Karena dengan membuka pintu mesin cuci ketika mesin tersebut dalam keadaan mati alias tidak sedang digunakan akan menghindarkan mesin dari kelembaban.
  2. Biarkan bagian dalam mesin cuci mengering secara alami. Nah, tabung mesin cuci yang lembab akan menjadi sarang bagi jamur dan bakteri, serta dapat menimbulkan aroma yang tak sedap.
  3. Jangan lupa untuk selalu membersihkan mesin cuci secara berkala. Membersihkan bagian dalam tabung, selang, maupun pintu mesin cuci.
  4. Gunakanlah air hangat dan juga lap kering untuk membersihkan bagian-bagian tersebut. Cara tersebut sangat efektif untuk membersihkan debu, kotoran, dan residu deterjen yang tertinggal.
  5. Pastikan juga kabel dan selang tidak terlilit Ketika mesin cuci selesai digunakan, simpan kabel dan selangnya dengan rapi. Jangan sampai kabel mesin cuci yang anda miliki saat ini terlilit, karena hal itu dapat mencegah adanya korsleting. Di samping itu, selang yang terlilit bisa juga akan sobek atau putus.
  6. Gunakanlah deterjen yang sesuai dengan jenis mesin cuci. Deterjen khusus mesin cuci yang dibedakan menurut jenis mesinnya diformulasikan untuk membersihkan pakaian secara optimal. Di samping itu juga, deterjen tersebut juga sudah disesuaikan dengan kinerja mesin itu sendiri. Misalnya, dengan deterjen mesin cuci front load dirancang dengan residu busa yang lebih sedikit agar busa dari deterjen tersebut tidak bertumpah ruah ketika pintu mesin cuci dibuka.

Demikianlah tips dan cara menggunakan mesin cuci yang bisa dibagikan, semoga bermanfaat.

 




Tidak menemukan solusi yang anda cari? silahkan kirim email kepada redaksi anekacara.com dengan permasalahan serta solusi yang anda inginkan. Kirim kan email ke : redaksi@anekacara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *