Cara Merubah Mesin Cuci Otomatis Jadi Manual, Modal Gak Sampe Seratus Ribu

Merubah mesin cuci otomatis satu tabung menjadi manual seperti layaknya mesin cuci 2 tabung banyak dilakukan oleh teknisi berpengalaman untuk menyiasati mahalnya modul mesin cuci otomatis. Dengan berbekal modal kurang dari 100 ribu, mesin cuci otomatis anda bisa berfungsi kembali tanpa harus mengganti modul yang harganya mencapai ratusan ribu rupiah.

Jauh lebih hemat.

Hasil penelusuran dari beberapa blog dan youtube yang berisi panduan bagaimana cara merubah mesin cuci otomatis menjadi manual pada prinsipnya memiliki kesamaan, yakni menambah saklar dan switch untuk menggerakkan dinamo agar dapat berfungsi sebagai pencuci dan pengering secara manual.

Perbedaanya hanya ada pada pemasangan saklar dan switch tambahan saja. Ada yang memasangnay di bagian atas, ada yang dibagian belakang bahkan ada yang measangnya di tembok.

Memang sedikit agak merepotkan saat menggunakan mesin cuci modifikasi ini, akan tetapi modifikasi sederhana ini akan membuat mesin cuci anda bisa berfungsi kembali dan tentunya jauh lebih hemat jika dibandingkan harus mengganti modul mesin cuci otomatisnya apalagi jika harus mengganti dengan mesin cuci yang baru.

Skema Mesin Cuci Otomatis Dirubah Manual

Skema wiring mesin cuci otomatis ke manual

Prinsip Kerja Mesin Cuci dan Modifikasinya

Pada prinsipnya cara kerja mesin cuci hanya memutar mutar pulsator ke kanan dan ke kiri dengan pengendalian dari modul.

Berdasarkan prinsip kerja itu kita bisa mengganti tugas modul dengan cara memberikan tugas itu ke sebuah timer pencuci.

Seementara untuk pengering tinggal kita beri timer pengering sekaligus menyalakan motor drain pada saat timer pengering beroperasi, sehingga tabung akan ikut berputar dan mengeringkan pakaian yanmg sudah ditaruh di dalam tabung itu.

Langkah sederhananya kira-kira sbb:

  1. Ambil kabel yang menuju ke motor yang berjumlah 4. ( yang 3 untuk motor mesin cuci dan yang satu untuk motor drain).
  2. Yang dari motor pencuci kita hubungkan dengan sebuah timer pencuci.
  3. Kemudian kita ambil/sambung kabel dari motor pencuci yang berputar ke arah kiri untuk kita hubungkan dengan timer pengering.
  4. Dari motor drain kita hubungkan dengan sebuah saklar yang nanti berfungsi untuk membuang air sekaligus menarik rem yang mengait tabung agar bisa ikut berputar pada saat motor pencuci berputar kearah kiri.
  5. Untuk timer bisa kita gunakan cukup satu timer saja yaitu timer pencuci, akan tetapi jika posisi spin nanti motor akan berhenti jika motor berputar ke arah kanan (pada saat timer pada posisi ke kanan).
  6. Langkah terakhir silakan dibuka pada water inlet, buanglah penekan/pen dan per yang berfungsi untuk menekan klep pada water inlet.tinggal kita beri saja tutup/tombol untok kedua timer tersebut.

Pekerjaan selesai dan kalau ditotal anda hanya butuh dana kurang lebih “enam puluh lima ribu rupiah” saja.

 

Video Cara Merubah Mesin Cuci Otomatis Jadi Manual

Jika anda masih bingung dengan penjelasan diatas, maka video dari youtube ini bisa membantu memberikan penjelasan langkah-langkah yang harus dilakukan saat memodifikasi mesin cuci otomatis jadi manual.

Video ini cukup pendek, hanya berdurasi sekitar 10 menit, tidak akan menguras kuota internet anda.




Tidak menemukan solusi yang anda cari? silahkan kirim email kepada redaksi anekacara.com dengan permasalahan serta solusi yang anda inginkan. Kirim kan email ke : redaksi@anekacara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *