6 Cara Ampuh Seting dan Perawatan Harian Burung Kacer Agar Cepat Gacor Ngeplong

Memelihara burung kacer biar cepet gacor plong dan ngobra adalah impian semua pemilik burung bersuara indah ini. Pastinya ada kebangaan tersendiri ketika burung peliharaanya mmapu mengeluarkan suara indah dan selalu menang dalam tiap perlombaan.

Sayangnya, membuat burung kacer cepat gacor bukanlah pekerjan sehari dua hari saja, karena untuk menjadikan burung Kacer cepat gacor, butuh usaha, perawatan, kesabaran, waktu, dan modal yang tidak sedikit. Meski begitu, dari semua faktor yang bisa membuat burung Kacer cepat gacor, Anda bisa memilih salah satu faktor yang paling utama, yakni perawatan.

Yang perlu difahami adalah tidak ada cara yang instan untuk membuat kacer kesayangan anda rajin berbunyi, kecuali anda membeli burung yang sudah beberapa kali jawara di arena lomba. Konsekuensinya, harganya mahal banget.

Kalau Anda telaten dan sabar dalam merawat, kemudian burung nantinya gacor, tentu ini menjadi kepuasan batin tersendiri. Dan, inilah makna sejati dalam menjalankan hobi burung kicauan.

Beberapa tips perawatan untuk membuat burung kacer anda cepat gacor dan ngobra adalah sebagai berikut:

1. Pengembunan

Pengembunan diperlukan agar burung kacer dapat menghirup udara bebas pada waktu fajar atau sebelum matahari terbit. Tujuanya tentu agarburung anda tetap sehat dan lebih rajin berbunyi. Udara pagi hari yang masih bersih dan segar bisa menjadi salah satu bentuk terapi yang sangat baik untuk menjaga kondisi burung kacer.

Untuk melakukan pengembunan sebaiknya dilakukan pada pagi buta yaitu sekitar pukul 03.00-05.00 atau 06.00 (kurang disarankan).

Cara melakukan pengembunan yang benar anda cukup buka sebagian kerondong atau diangin anginkan selama 5 menit. Setelah itu buka semua kerondong dan biarkan burung menjalani proses pengembunan alami.

 

2. Mandi

Cara memandikan burung kacer agar cepat gacor sebaiknya dilakukan setelah proses pengembunan selesai yaitu sekitar pukul 06.30 paling awal. Untuk memandikannya anda bila melakukan 2 metode yaitu dengan menggunakan semprot atau mandi keramba, silahkan pilih yang sesuai dengan karakter burung anda, hal ini dimaksudkan agar burung tidak luka atau stres ketika dimandikan.

Cara Memandikan Kacer yang Benar dan Baik

  1. Burung kacer sebaiknya dimandikan setidaknya 3 kali dali dalam seminggu.
  2. Waktu terbaik yang bisa dimanfaatkan untuk memandikan kacer adalah pada pagi hari sebelum pukul 10 pagi dan pada waktu sore setelah pukul 4 sore.
  3. Sebelum kacer dimandikan, sebaiknya burung kacer diangin – anginkan terlebih dahulu selama kurang lebih 15 hingga 30 menit;
  4. Jika proses pengangonan sudah selesai dilaksanakan, selanjutnya Anda dapat langsung memulai aktivitas memandikan kacer. Ada dua cara atau pun metode yang bisa diterapkan untuk memandikan burung kacer yaitu dengan menggunakan kandang keramba mandi khusus untuk burung dan dengan menyemproti burung kacer dengan menggunakan spray.
  5. Jika Anda memiliki kandang keramba, untuk memandikan burung kacer, Anda hanya perlu memindakan burung kacer peliharaan Anda dari kandannya ke kandang keramba tempat mandi yang Anda miliki. Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu burung kacer peliharaan Anda mandi dan bermain air sesuka hatinya.
  6. Namun jika Anda tidak memiliki kandang keramba khusus untuk mandi burung atau burung kacer peliharaan Anda tidak mau mandi di keramba, Anda dapat menggunakan alat spray untuk memandikan kacer secara manual. Perlu diketahui, dalam memandikan kacer menggunakan alat spray, Anda sebaiknya tidak menyemprot bagian mata burung kacer peliharaan Anda. Hal ini perlu dilakukan agar burung kacer Anda tidak kaget atau pun panik ketika bagian matanya tersemprot.
  7. Jika proses memandikan burung kacer dirasa sudah cukup, Anda dapat kembali memindahkannya ke kandang biasa, lalu mengangin – anginkannya selama kurang lebih 10 menit sebelum dijemur.

3. Penjemuran

Waktu paling baik untuk melakukan penjemuran burung kacer yaitu sekitar pukul 08.00 sd 11.00 pagi. Saat penjemuran sebaiknya burung digantang pada tempat yang tenang dan banyak terkena sinar matahari serta pastikan tidak ada burung lain atau pemangsa disekitar penjemuran burung, hal ini dimaksudkan agar burung tidak mudah stres.

Cara Menjemur Kacer yang Baik dan Benar

  1. Burung kacer sebaiknya dijemur setidaknya satu kali dalam sehari;
  2. Interval waktu penjemuran yang paling bagus adalah sekitar 1 hingga 2 jam saja;
  3. Waktu penjemuran yang paling bagus sendiri adalah pada pagi hari sebelum pukul 10 pagi dan pada sore hari setelah pukul 4 sore;
  4. Jika Anda juga ingin memandikan burung kacer, maka proses penjemuran sebaiknya dilakukan setelah proses memandikan burung kacer selesai;
  5. Ingat!, untuk menghindari terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan, pastikan lokasi penjemuran burung kacer benar – benar aman dari berbagai macam gangguan atau pun hambatan yang mungkin terjadi seperti tiang jemuran patah, serangan hewah lain seperti kucing, ular, atau pun anjing, dll.

4. Pengumbaran

Pengumbaran memang sangat diperlukan bagi burung kicau selain untuk menstabilkan tingkat birahi, pelepasan burung dalam kandang umbaran juga sangat bermanfaat melatih tingkat stamina burung agar tetap dalam kondisi prima. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengumbatan idealnya 10 menit tapi bisa juga dilakukan dalam waktu yang lebih lama.

Metode pengumbaran ini mungkin sering Anda lihat untuk burung-burung besar (Murai, Kacer, Cucak Ijo), padahal mengumbar burung juga penting bagi burung-burung berkicau lainnya seperti Lovebird, Kenari, Pleci, dan lain-lainnya. Apa manfaatnya?

  • Burung Sehat
    Pengumbaran burung dalam kandang besar akan membuat kondisi burung selalu sehat, karena dalam kandang umbaran burung akan dipaksa untuk berolahraga (terbang).
  • Burung Tidak Terlalu Gemuk
    Seperti umumnya, berolahraga akan membuat lemak dalam tubuh terbakar. Pembakaran lemak ini akan membuat tubuh menjadi ramping dan kencang. Proses pembakaran lemak juga penting dilakukan burung berkicau, karena jika burung terlalu gemuk biasanya menjadi tidak lincah dan hanya suka berdiam ditenggeran.
  • Birahi Stabil
    Bagi kicau mania yang suka ikut memperlombakan burung peliaharaanya tentu tahu bagaimana susahnya mempertahankan kondisi birahi burung agar stabil, pasalnya jika burung birhainya kurang atau berlebih akan mempengaruhi penampilannya saat digantang. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan pengumbaran untuk menstabilkan birahi burung.
  • Nafas Panjang
    Burung berkicau yang menarik tentu bukan hanya mampu menyanyikan banyak suara, namun juga mampu bersuara dengan durasi lama dalam satu tarikan nafas. Ya, burung berkicau bisa kita ibaratkan sebagai seorang penyanyi yang memiliki suara indah dan nafas tidak tersengal-sengal. Cara terbaik agar burung dapat memiliki nafas panjang adalah dengan melakukan secara rutin berolahraga dalam kandang umbaran.
  • Burung Menjadi Lebih Gacor
    Kegacoran burung juga dipengaruhi kondisi tubuh, jika burung berkicau dalam kondisi sehat tentu akan membuatnya senang mengeluarkan suara kicauannya. Membuat burung menjadi sehat, selain pemberian makanan bergizi juga harus diiringi dengan olahraga didalam kandang umbaran.
  • Suara Menjadi Keras/Lantang
    Manfaat lain mengubar burung berkicau dalam kandang umbaran dalah membuat volume suara burung menjadi lebih keras atau lantang.

Cara melakukan pengumbaran burung kacer agar cepat gacor

Pengumbaran burung dalam kandang umbaran juga tidak hanya menaruh burung dalam kandang dan kemudian didiamkan saja. Anda harus memastikan burung terbang bolak balik dalam kandang umbaran, karena mengumbar itu untuk membuat burung berolahraga. Bagaimana caranya?

  • Sebelum memaskukan burung kedalam umbaran, mandikan dulu burung. Setelah bulu-bulunya terlihat kering, masukan burung kedalam kandang umbaran.
  • Didalam kandang umbaran jangan disediakan air minum maupun makanan.
  • Agar burung mau terbang, semprot kaki burung dengan air menggunakan sprayer.
  • Usahakan burung terbang bolak balik minimal 25kali

 

5. Makanan

Pakan utama yang diberikan sebaiknya berupa voer atau pur untuk merk silahkan anda pilih sendiri, yang penting burung menyukainnya. Sedangkan untuk masalah pakan EF atau extra food anda bisa menggunakan ulat hongkong, jangkrik, ulat kandang, kroto dan cacing.

Cara memberikan pakan EF berupa jangkrik pada burung kacer yang ingin digacorkan

– Berikan jangkrik yang sudah dibuang kepala dan kakinya dalam porsi yang banyak.
– Tentukan batas maksimalnya misalnya burung kuat makan jangkrik sebanyak 10 ekor.
– Lalu pada keesokan harinya burung baru diberikan 3 ekor jangkri pada pagi dan sore harinya.
– Nah bila burung merasa kekurangan silahkan tambahkan porsi jangkriknya sedikit demi sedikit.
– Waktu yang paling baik memberikan pakan EF yaitu ketika burung mau atau saat penjemura.

Bila anda tidak mau repot silahkan gunakan saja setingan pakan EF berikut ini.

– Senin sampai dengan Jumat berikan 3 ekor jangkrik pada pagi dan sore hari.
– Sabtu dan Minggu Berikan pakan berupa kroto sebanyak 3 sendok teh saja.

 

6. Krodong

Untuk masalah krodong sebaiknya sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan anda. Bila ditempat anda terdapat banyak jenis burung seperti kacer, kenari, murai batu atau burung ini mau diperlombakan sebaiknya lakukan pengerodongan. Dan bila anda tidak mau melakukan pengerodongan sebaiknya pastikan dulu linkungan sekitar sangkar burung tenang dan bebas dari predator.




Tidak menemukan solusi yang anda cari? silahkan kirim email kepada redaksi anekacara.com dengan permasalahan serta solusi yang anda inginkan. Kirim kan email ke : redaksi@anekacara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *