Cara Upgrade 4G Kartu Telkomsel Secara Online ( Gak Perlu Ke Grapari )

Mengupgrade SIMcard Telkomsel 3G ke 4G akan membuat kamu tidak perlu kehilangan nomor cantikmu karena meskipun Simcardnya diganti yang baru, akan tetapi menggunakan nomor yang sama. Selain itu kamu juga bisa menikmati berbagai fitur yang ada di jaringan 4G seperti kecepatan downlink hingga 300 Mbps dan kecepatan Uplink hingga 75 Mbps.

Belum lagi kuota paket Internet 4G  yang harganya juga jauh lebih murah daripada 3G membuat kamu harus berfikir ulang jika tidak segera mengupgrade simcardmu ke 4G, terlebih jika HP yang digunakan sudah support 4G.

Masalahnya, mungkin kamu berfikir mengupgrade 4G Telkomsel itu ribet karena harus datang ke GraPari dan mengelurakan biaya yang tidak sedikit.

Padahal, saat ini kamu bisa mengupgrade kartu Telkomsel ke 4G secara online, tanpa biaya dan prosesnya hanya beberapa langkah saja.

Menyenangkan bukan?

Oke jadi berikut ini cara mengupgrade kartu 4G Telkomsel secara online yang bisa kamu lakukan melalui ponsel, tablet ataupun menggunakan PC/Laptop.

Cara Upgrade Secara Online

Oh iya, sebelum mengupgrade kartu Telkomsel 3G menjadi 4G, pastikan kamu baca terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Telkomsel.

  • Berlaku bagi pelanggan Telkomsel yang sudah menggunakan Smartphone 4G tapi belum menggunakan kartu 4G.
  • Berlaku di kota-kota yang sudah terdapat jaringan 4G Telkomsel. Untuk daftar lengkap kota-kota yang sudah terdapat jaringan 4G klik di sini.
  • Kuota Internet 5GB di jaringan 4G hanya berlaku untuk :
    1. Pelanggan yang melakukan migrasi dari kartu SIM Reguler ke Kartu 4G (1 Nomor hanya berhak mendapatkan 5GB sebanyak 1x dan tidak berada pada masa tenggang atau berada dalam block).
    2. Pelanggan dengan syarat masa aktif lebih dari 6 bulan (Length of stay ≥ 6 Bulan).
  • Pengiriman gratis bagi pelanggan simPATI, KartuAs, LOOP. Berlaku untuk 300.000 pemesan pertama.
  • Khusus pelanggan kartuHalo dapat melakukan ganti kartu USIM 4G di GraPARI atau My GraPARI terdekat.
  • Syarat ketentuan dapat berubah sewaktu waktu tanpa ada pemberitahuan sebelumnya

Untuk mulai mengupgrade simcard 3g Telkomsel mu lakukan langkah-langkah dibawah ini.

1. Kunjungi halaman https://mobi.telkomsel.com/usim

Isi formulirnya dengan baik dan benar. Data yang perlu kamu input adalah nomor ponsel, domisili, identitas lengkap, email, serta pernyataan telah membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan.

Yang perlu kamu perhatikan, isilah alamat dengan benar agar kartu Simcard 4G baru yang akan dikirimkan nantinya tidak nyasar.

2. Lakukan validasi

Kalau semua data sudah diinput dengan baik dan benar, lalu tekan tombol selanjutnya. Kamu akan dibawa kehalaman validasi.

Jika ada data-data yang perlu diperbaiki, kamu bisa klik tombol kembali. Jika

Dalam pengisian formulir online ini kami amat menekankan kepada anda untuk mengecek dengan baik pengisian alamat rumah anda. Karena hal ini berkaitan dengan pengiriman USIM 4G Telkomsel anda yang baru nanti, jika anda salah mengisi maka dapat dipastikan kartu USIM baru anda tidak akan pernah sampai ke rumah.

Cara berikutnya setelah anda selesai mengisi formulir online dengan benar maupun sejelas-jelasnya, anda bisa langsung submit data isian anda dan segera menunggu dengan sabar sampai kartu USIM 4G Telkomsel anda dikirimkan ke alamat rumah yang anda cantumkan di formulir sebelumnya.

Setelah kartu simcard 4G baru sampai di alamat kamu, selanjutnya perlu dilakukan setting dan aktivasi.

Caranya gampang kok, gak ribet. Baca terus yaa..

Cara Setting dan Aktivasi

Untuk melakukan setting dan aktivasi kartu  4G yang baru saja kamu terima, caranya adalah dengan mengambil token menggunakan kartu yang lama, melepas kartu lama dan mengganti yang baru kemudian aktivasi.

Untuk lebih detailnya, berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan :

Ambil Token dari Kartu Lama

  1. Mengunakan kartu lama di HP kamu, tekan *888*46#
  2. Selanjutnya pilih angka 1 ( dapatkan token / PIN )
  3. Buka SMS dan lihat PIN untuk kartu 4G baru kamu, catat di selembar kertas karena HP akan dimatikan dan diganti SIM Cardnya
  4. Matikan HP, cabut kartu 3G

Langkah selanjutnya adalah mengganti kartu Telkomsel lama dengan yang baru.

Upgrade ke SIMCard 4G

Cara mengugrade SIM card lama dengan yang baru bisa kamu lihat dalam gambar dibawah ini :

  1. Masukkan kartu SIMCard 4G baru kamu
  2. Tekan *888*46#
  3. Pilih menu nomor 2  ( Upgrade ke Kartu 4G )
  4. Masukkan PIN kartu 4G kamu
  5. Pilih Yes
  6. Permintaan upgrade selesai
  7. Tunggu konfirmasi, jika kamu tidak menerima SMS konfirmasi dalam 15 menit, restart HP mu

Setelahproses uprgade 4G nya terkonfirmasi,  langkah selanjutnya adalah mengkativasi layanan 4G di HP kamu.

Cara Aktivasi 4G

Meskipun sudah menyematkan kartu 4G kedalam HP kamu, layanan baru akan bisa digunakan setelah kamu mengaktifkanya lebih terdahulu. Pastikan juga HP yang kamu gunakan sudah support dengan 4G.

Bagaimana cara mengetahui HP kamu sudah bisa untuk 4G apa belum? cara termudah tentu saja dengan membaca spesifiksai HP pada kardus kemasan atau mencari lewat google dengan cara ketik : Spesifikasi merek dan type HP kamu.

Sebagai contoh kamu ketikkan spesifikasi vivo v9 lalu tekan enter.

Jika HP kamu ada fitur LTE nya, berarti HP kamu sudah supprt 4G.

Untuk mengaktifkan fitur 4G di HP android kamu, caranya sebagi berikut : Masuk ke Settings > Mobile networks > Network mode lalu pilih LTE/3G/2G (auto connect)

Semetara jika HP yang kamu gunakan berbasis Apple :  Masuk ke Cellular > Cellular Data > Voice & Data lalu pilih LTE

 

Beberapa Pertanyaan Yang Sering ditanyakan :

Q: Berapa biaya yang saya butuhkan untuk melakukan proses ini?

A: Untuk melakukan proses ini sejak awal hingga akhir, anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000,- dan biaya ini akan ditagih ketika kartu USIM 4G Telkomsel baru anda telah sampai di rumah anda. Akan tetapi bagi pelanggan KartuHalo, anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun terkait proses ini (hanya berlaku bagi 10.000 pemesan kartu pertama).

Q: Bisakah saya upgrade kartu lama saya menjadi kartu SIM, tanpa harus minta dikirimkan kartu oleh Grapari?

A: Bisa, anda bisa dengan mudah membeli kartu 4G yang banyak tersedia di konter-konter yang lazim menjual kartu-kartu perdana, dan tentunya kartu perdana telkomsel.

Selain itu, jika anda memilih untuk menempuh cara lain (yang menurut hemat kami lebih rumit), anda bisa membeli kartu USIM 4G Telkomsel terbaru di e-commerce yang bertebaran di internet semisal Lazada, Tokopedia, Blibli, OLX, hingga BukaLapak.

Q: Jika membeli di luar Grapari, berapakah biaya yang harus saya keluarkan?

A: Tentunya anda harus mengeluarkan biaya yang jauh lebih mahal. Terakhir harga kartu USIM 4G Telkomsel yang dijual Grapari adalah Rp 3.000,- saja. Nah jika anda membelinya di konter konter di luar Grapari atau di toko-toko online, tentunya anda akan mendapatkan harga yang jauh lebih mahal tergantung dari si empunya konter mematok harga.

Q: Bagiamana sisa kuota atau pulsa saya setelah saya upgrade dan apakah yang akan saya dapatkan dengan upgrade kartu SIM ini?

A: Tidak perlu khawatir, karena sisa pulsa maupun kuota terakhir yang anda miliki di kartu SIM Telkomsel lama anda akan tetap dan tidak akan berkurang sedikitpun. Selain itu anda yang melakukan upgrade 4G Telkomsel ini akan diberikan bonus kuota sebesar 10GB.

Masih mengalami kesulitan untuk upgrade kartu 4G ? silahkan hubggungi call center Telkomsel di 188




Tidak menemukan solusi yang anda cari? silahkan kirim email kepada redaksi anekacara.com dengan permasalahan serta solusi yang anda inginkan. Kirim kan email ke : redaksi@anekacara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *