5 Cara Terhindar Dari Leasing Nakal ( Kredit Jadi Nyaman )

Memilih leasing untuk pembiayaan kredit motor kadang memang agak bikin sakit kepala, masing-masing leasing menawarkan keuntungan dan kemudahan yang akan anda terima jika menggunakan service dari mereka.

Tapi taukah anda, jika semua itu adalah murni bisnis dimana tiap leasing berlomba mendapatkan laba yang besar dari tiap usaha yang mereka lakukan. Termasuk ketika mereka menawarkan pembiayaan pembelian motor kepada anda.

Terkadang ada “dealer nakal” yang menawarkan perusahaan leasing yang tidak layak untuk anda karena dealer tersebut akan mendapatkan komisi yang besar. Oleh karena itu, anda harus jeli memilih leasing yang akan anda gunakan untuk kredit motor anda.

Untuk mengetahui kualitas leasing yang akan digunakan, anda bisa mulai mencari informasi terkait rekam jejak dari leasing tersebut.

Berikut tips-tips memilih perusahaan leasing sebelum mulai membeli motor secara kredit.

 

Reputasi Leasing

Pastikan anda memilih leasing yang memiliki reputasi baik. Leasing dengan nama besar seperti WOOM Finance, FIF sudah pasti meiliki kredibiltas yang mumpuni.

Jika dealer anda menawarkan kerjasama dengan leasing yang namanya masih terasa asing, anda harus mencari informasi lagi tentang kredibilitas leasing tersebut.

Tentu saja anda tidak ingin mengalami kejadian ketika kredit motor lunas, tapi anda mengalami kesulitan saat akan mengambil BPKB.

Tahun 2017 lalu Warta Ekonomi kembali memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan multifinance di Indonesia melalui acara Indonesia Multifinance Consumer Choice Award 2017. Perusahaan yang termasuk ke dalam kategori perusahaan terbaik adalah perusahaan yang terus melakukan pengembangaan bisnisnya untuk dapat bersaing dan meningkatkan pertumbuhan sektor nonkeuangan atau perusahaan pembiayaan.

Anda bisa mengeceknya disini, apakah leasing yang ditawarkan oleh dealer anda masuk dalam perusahaan yang mendapatkkan penghargaan tersebut.

Jika leasing tersebut belum masuk dalam peraih penghargaan tersebut, ada baiknya anda menggali informasi lebih dalam lagi terkait nama leasing tersebut.

 

Kantor Pusat dan Cabang

Leasing yang baik dan memiliki jaringan yang luas pastilah didukung dengan kantor cabang yang tersebar dimana-mana. Jika anda sulit menemukan kantor cabang dari leasing yang ditawarkan, anda perlu lebih hati-hati.

Selain itu, anda juga harus memilih leasing yang kantor cabangnya dekat dengan lokasi / rumah anda. Secara logika, semakin dekat jarak Anda dengan sebuah kantor leasing maka semakin mudah pula akses anda untuk datang & bertanya langsung apabila anda memiliki masalah dalam masa kredit anda.

Hal ini juga penting karena pada saat masa kredit anda selesai, anda perlu datang langsung ke kantor leasing untuk mengambil BPKB anda. Jadi pastikan anda nyaman untuk datang langsung ke kantor leasing ini.

 

Bunga dan Cicilan

Banyak sekali leasing yang menawarkan kredit motor dengan DP yang minim bahkan ada yang berani memberikan kredit tanpa DP dan cicilan yang ringan.

Tapi yang perlu diketahui, harga yang menggiurkan tersebut justru akan merugikan Anda di kemudian hari apabila anda tidak cermat menghitung besaran bunga dan jumlah cicilan yang harus dibayar.

Sebelum menyetujui tawaran yang diberikan oleh dealer yang bersangkutan, ada baiknya Anda bertanya tentang berbagai jenis motor, jumlah cicilan dan bunganya, serta lamanya waktu cicilan yang dianjurkan oleh dealer tersebut.

Jangan lupa, sesuaikan juga tanggal pembayaran cicilan motor Anda dengan kesanggupan Anda untuk membayarnya setiap bulan.

Setelah Anda merasa nyaman dengan sistem kredit yang sedemikian rupa, Anda dapat mulai mengikuti serangkaian proses kredit motor yang diperlukan.

 

Cara Pembayaran

Pilih dealer dan leasing yang menawarkan kemudahan dalam melakukan pembayaran cicilan kredit motor anda. Anda dapat bertanya mengenai sistem pembayarannya, apakah cukup fleksibel dan dapat diakses melalui ATM, jasa pos, atau bank lain, serta tanyakan pula tentang tingkat konsekuensi yang harus Anda bayarkan ketika terlambat membayar cicilan.

Untuk hal tersebut, usahakan agar Anda mencari sistem pembayaran cicilan dengan bunga yang lebih rendah dan denda yang cukup ringan untuk mengantisipasi ketika Anda terpaksa harus terlambat dalam membayar cicilan karena berbagai hal yang mendesak.

 

Asuransi

Pastikan anda mendapat perlindungan asuransi dimasa kredit motor.Tanyakan cara klaim dan dimana anda harus klaim apabila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti perampokan atau kehilangan.

Nah setelah anda mengetahui hal ini, tentu anda akan lebih berhati hati dalam memilih leasing anda. Bisa dikatakan bahwa leasing anda adalah partner anda selama anda mengkredit jadi pastikan bahwa anda memilih yang tepat.

Nah sekarang saatnya anda memilih delaer yang telah bekerjasama dengan leasing yang kredibel. Jangan sampai karena tergiur DP 0% dan cicila ringan, anda jadi gelap mata lalu memilih leasing yang tidak baik.

Karena apda akhirnya anda yang harus menanggung biaya dengan membayar cicilan tiap bulan.

Semoga bermanfaat.

 




Tidak menemukan solusi yang anda cari? silahkan kirim email kepada redaksi anekacara.com dengan permasalahan serta solusi yang anda inginkan. Kirim kan email ke : redaksi@anekacara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *