10 Cara Simpel Memperbaiki Mesin Cuci Sendiri, Pasti Bisa

Memperbaiki mesin cuci yang rusak sebenarnya bisa anda kerjakan sendiri tanpa harus memanggil tukang service yang biasanya menerapkan tarif mahal, belum lagi spare part yang harus dibeli akan menambah budget yang harus anda keluarkan.

Dengan sedikit keberanian dan berbekal informasi dalam artikel berikut ini anda sudah bisa mengatasi masalah dan perbaikan mesin cuci kesayangan istri.

Tapi sebelum  memutuskan untuk melakukan perbaikan mesin cuci dua tabung yang rusak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar maksud anda untuk memperbaiki mesin cuci tidak berakhir dengan mesin cuci yang tambah rusak dan tak bisa dipergunakan lagi.

1. Pengecekan Mesin Cuci

Percaya atau tidak, seringkali masalah besar yang terjadi disebabkan oleh hal yang sederhana, misalkan saat anda mengira mesin cuci telah rusak karena tidak mau berputar padahal anda sudah menghidupkanya.

Padahal bisa jadi anda lupa menyambungkan mesin cuci ke stop kontak listrik.

Jadi sebelum mulai membongkar mesin cuci anda, sebaiknya cek terlebih dahulu beberapa hal dibawah ini.

  1. Pertama kali cek apakah kabel listrik telah terpasang dengan benar.
  2. Cek kondisi kabel, apakah ada yang terkelupas/putus.
  3. Periksa katup sumber air, apakah sudah terhubung dengan baik dan terbuka untuk mengalirkan air.
  4. Perhatikan posisi selan, jangan sampai tertekuk karena aan menghambat sirkulasi air.
  5. Cek bagian pintu mesin, apakah sudah tertutup dengan rapat benar,  mesin cuci modern didisain untuk tidak bisa dijalankan jika pintu dalam keadaan terbuka atau tidak sepenuhnya tertutup rapat.
  6. Lihat buku panduan dan periksa apakah anda sudah menjalankan program cucian yang sesuai.

6 hal diatas tampaknya sangat sepele, tapi dampaknya akan membuat mesin cuci tidak dapat beroperasi maksimal atau bahkan tidak bisa berjalan sama sekali.

Selain itu ada hal lain yang seringkali jadi biang kerok kerusakan mesin cuci, yakni kebocoran air. Untuk memeriksa kemungkinan mesin cuci anda mengalami kebocoran air lakukan 3 hal berikut ini.

  1. Periksa mesin Anda secara menyeluruh untuk mengetahui sumber kebocoran.
  2. Perhatikan bagian karet sekitar pintu tabung mesin cuci dan sambungan selang di bagian belakang.
  3. Jika karet rusak atau longgar, mungkin perlu diganti; selang yang longgar bisa dikencangkan.

 

2. Pembersihan Mesin Cuci

Jangan menganggap sepele bersih-bersih mesin cuci setelah selesai pemakaian, yang sering terjadi adalah sisa deterjen yang mengendap didalam tabung dan menegring.

Endapan sabun / deterjen yang tidak dibersihkan akan membuat proses pembilasan pakaian oleh mesin menjadi lama.

Oleh karena itu setelah selesai mencuci pakaian Anda, pastikan tabung mesin cuci bersih dari endapan sabun/deterjen.

Selain itu biarkan pintu mesin cuci terbuka dan tunggu hingga  tabung mengering secara alami untuk mencegah timbulnya jamur.

3. Penggantian Sparepart

Sebagaimana umumnya peralatan elektronik lainya, mesin cuci terdiri dari berbagai bagian yang saling melengkapi satu sama lain.

Spare part ini akan mengalami penurunan kinerja dan bahkan menjadi tak berfungsi seiring intensitas penggunaan mesin cuci.

Baca Juga :  8 Cara Perawatan dan Perbaikan Aki Basah Yang Gokil Tapi Ampuh Mengatasi Soak

Jika semua proses pengecekan dan pembersihan mesin cuci diatas telah dilakukan tapi belum menyelesaikan masalah, biasanya spare part yang perlu diganti.

Agar anda tidak bingung, berikut ini daftar komponen mesin cuci ( beserta fungsinya ) yang berpotensi rusak dan perlu diganti.

  • Pompa air (mengisi dan menguras tabung).
  • Sabuk pemutar mesin cuci (menjalankan motor, sabuk yang sudah aus akan mengeluarkan bunyi yang cukup keras terutama saat mesin cuci dijalankan).
  • Katup air masuk (mengatur suhu air dan pengisian tabung).
  • Timer / penghitung waktu (mengatur pengisian, lamanya putaran, dan program pencucian).
  • Panduan mendasar perbaikan mesin cuci ini tidak akan menjelaskan secara detil cara memperbaiki atau mengganti suku cadang  tersebut. Untuk itu, serahkan pada ahlinya! Diharapkan dua langkah awal ini sudah cukup menyelesaikan masalah Anda. Jadi, jika Anda ingin memperbaiki mesin cuci di rumah, jangan khawatir karena tidak sesulit yang Anda bayangkan.

 

4. Problem Mesin Cuci Tidak Berputar

Mesin cuci tidak berputar bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti : daya listrik tidak stabil, beban berat ( terlalu banyak pakaian yang dimasukkan kedalam tabung) ataupun  kopling penggerak motor mesin cuci yang rusak.

Jika penyebab mesin cuci tidak berputar adalah beban yang tidak seimbang, maka anda bisa mengurangi jumlah pakaian yang dicuci dalam mesin cuci.

Jika sudah anda lakukan pengurangan volume pakaian masih belum bisa berputar, bisa jadi bagian karet pada vanbeltnya sudah mulai longgar.

Karet vanbelt dalam kondisi longgar mengakibatkan gerakan memutar pada mesin cuci menjadi lemah dan terganggu sehingga dapat mengurangi peformanya.

Coba lakukan pengecekan pada karet vanbeltnya di bagian mesin. Apabila memang benar kondisi karet vanbeltnya sudah longgar, maka anda bisa melakukan tindakan penyetelan ulang dengan cara menggeser bagian dynamo pada mesin cuci anda tersebut.

Namun yang perlu anda perhatikan, jangan menyetel karet vanbelt terlalu kencang, karena hal tersebut akan membuat gearbox bekerja lebih berat dan cepat rusak.

Tapi jika mesin cuci tidak mau berputar karena masalah daya listrik yang tak stabil coba lakukan hal berikut ini :

  1. Cek kabel listrik yang menghubungan mesin cuci dengan stop kontak listrik, sudah tertancap dengan benar atau masih renggang.
  2. Bila ada kabel yang putus atau berjumbai, segera ganti kabel tersebut
  3. Periksa pula stop kontaknya. Gunakan alat untuk mengetahui keberadaan daya listrik
  4. Apabila mesin cuci masih tidak berputar, kerusakan mungkin terjadi pada motor penggerak atau tombol mesin, ada baiknya anda mengecek buku manual untuk trouble shootingnya.

5. Masalah Pada Mesin Cuci Tidak Dapat Membilas Hingga Bersih

Setelah pemakaian mesin cuci beberapa bulan, terkadang hasil bilasan pakaian tidak bersih dengan ditandai masih ada busa pada pakaian meski telah selesai dibilas.

Hal ini bisa disebabkan karena mesin tidak mampu membilas pakaian dengan baik. Masalah ini bisa saja terjadi karena beban pakaian yang overload.

Tapi bisa juga masalah ini  terjadi karena mesin cuci tidak menerima pasokan air dengan baik.

Untuk mengatasi mesin cuci yang tidak dapat membilas dengan baik, lakukan hal-berikut ini:

  1. Periksa katup pasokan air yang bisa terhubung dengan selang pengisian air bersih
  2. Jika selang tertekuk, maka luruskan selang tersebut hingga air dapat mengalir dengan lancar
  3. Pastikan selang pembuangan air tidak tersumbat dan mampu membuang air hingga bersih
  4. Isi mesin dengan air yang deras. Bila masih tersumbat, cobalah untuk mengganti selang yang baru atau segera hubungi pihak servis untuk mengatasi masalah ini
Baca Juga :  Cara Cek Garansi Semua Produk Apple (Secara Online)

6. Masalah Kebocoran Yang Sering Terjadi pada Mesin Cuci

Masalah mesin cuci yang bocor seperti ini sudah umum terjadi, salah satu indikatornya adalah ada tetesan atau rembesan air yang keluar dari mesin cuci.

Jika mengalamai hal seperti itu, anda bisa  memeriksa  selang pembuangan apakah ada yang tersumbat.

Setelah itu anda bisa melakukan hal berikut ini.

  1. Ganti selang pengisian atau pembuangan air dengan yang baru, pasang secara rapat
  2. Tuangkan ½ cangkir cuka putih pada seliter air dan campurkan ke cucian untuk mengurangi residu busa yang meluap dan mengakibatkan kebocoran
  3. Lihat segel pada bantalan mesin, dan ganti bila perlu

 

7. Masalah Yang Terjadi Pada Timer Otomatis Mesin Cuci

Kerusakan pada timer otomatis akan berpengaruh pada arah putaran mesin, bahkan seringkali gara-gara timer yang bermasasalah ini mesin hanya berputar satu arah saja.

Tentu saja hasil pencucian tidak ana bisa bersih.

Jika timer otomatis mesin cuci anda bermasalah, anda bisa melakukan pengecekan pada bagian kabel-kabelnya.

Bisa jadi ada beberapa bagian kabel yang putus karena sesuatu hal. Lakukan pengecekan juga pada bagian switcher selection, apakah kondisi kabelnya masih baik atau tidak. Apabila ditemukan ada kabel yang putus, segera perbaiki.

8. Masalah Karena Bagian Pada As Macet

Kondisi terjadinya as yang macet bias berdampak pada system putar pada mesin cuci anda. Hal ini juga perlu segera ditangani agar tidak timbul kerusakan yang lebih besar lagi. Bagian as merupakan salah satu komponen terpenting yang dimiliki oleh mesin cuci. Jika tidak segera ditangani, mungkin saja akan bisa merusak bagian dinamo yang nantinya akan menambah kerusakan yang ada. Jadi lakukan pengecekan dan perbaikan pada dinamo agar as bisa berfungsi normal kembali. (baca juga : tips memilih cat yang bagus untuk kamar tidur)

Kerusakan pada dinamo juga bisa berpengaruh pada daya putar mesin cuci anda. Namun dinamo seringkali mengalami kerusakan ringan yang sering dialami oleh banyak orang. Jika hal demikian terjadi, maka anda bisa melakukan pembersihan terlebih dahulu. Karena biasanya dinamo dalam keadaan kotor atau pun bisa juga terjadi penyumbatan oleh kotoran.

 

9. Apa Penyebab Air Keluar Terus Pada Mesin 2 Tabung? 

Mesin cuci 2 tabung merupakan mesin cuci yang dioperasikan secara semi otomatis. Sesuai dengan namanya mereka terdiri dari dua tabung, satu untuk mencuci dan satu lagi untuk memutar pakaian. Anda akan menambah dan menguras air sendiri dari tabung pertama dan memindahkannya ke tabung kedua untuk diputar. Mesin cuci 2 tabung merupakan mesin cuci semi otomatis yang paling umum.

Mesin cuci jenis 2 tabung seperti ini sekarang bukan lagi barang mewah dan sudah banyak di miliki oleh kalangan orang rumah tangga, karna harganya yang relatif murah. Tetapi tidak lepas juga terjadi beberapa kerusakan pada mesin cuci 2 tabung ini, kerusakan apa saja yang biasa terjadi dan bagaimana cara memperbaikinya, berikut

air-keluar-terus-pada-mesin-2-tabung

1. Seal Pembuangan Kotor 

Seiring dengan lamanya pemakaian,  kotoran akan menempel pada seal pembuangan tersebut sehingga mengakibatkan posisi seal pembuangan tersebut terganjal (seal pembuangan tidak menutup dengan rapat) yang menyebabkan rongga/lubang air akan keluar terus meskipun posisi knop tidak pada drain (buang).

Baca Juga :  5 Cara Cek Token Listrik ( Mudah dan Akurat )

Solusi : Bersihkan seal pembuangan dan pasang lagi

seal-pembuangan-mesin-cuci-kotor

2. Seal Pembuangan Sudah Kaku / Tidak Elastis  

Jika di lihat tampak fisik memang terlihat tidak apa apa tapi setelah di bersihkan dan di pasang lagi air masih keluar terus.

Solusi : Ganti dengan yang baru

3. Per Pembuangan Berkarat dan Patah

Jika per yang sudah berkarat dan patah ini di biarkan, dapat mengkibatkan per pembuangan tidak mempunyai daya dorong lagi terhadap seal pembuangan.

Solusi : ganti dengan yang baru

Apabila anda membeli seal pembungan ke toko spare part sebaiknya anda membawa contohnya meskipun barangnya sudah rusak, karena macam dan jenisnya sangatlah banyak. Sekilas tampak fisik seperti sama tapi saat di pasang tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya dan jangan membeli berdasarkan merek dan model mesin karna toko tidak mengetahuinya, kecuali anda beli pada dealer resminya.

10. Apa penyebab pengering tidak bisa berputar pada mesin 2 tabung ini?

pengering-tidak-bisa-berputar-pada-mesin-2-tabung

1. Kabel putus

Kasus seperti ini biasa terjadi karena kabel dimakan tikus. Cobalah anda cek pada bagian penutup belakang, biasanya paling sering putus pada bagian kabel yang naik ke panel timer atau pas pada bagian dalam panelnya timmer.

Solusi :
a. sambung kabel yang putus dan sesuaikan dengan warnanya

b. lakukan perawatan rutin dengan cara memberi kamper / kapur barus pada bagian dalam atau bawah mesin cuci untuk mengurangi tikus datang

kabel-putus

 

2. door switch rusak ( tidak tersambung )

Posisinya berada di dekat timmer pengering, tapi kerusakan seperti ini jarang terjadi kecuali pada mesin cuci yang saluran masuk airnya ada 2 yaitu samping kanan dan kiri, posisi kanan dekat dengan door switch pengering yang menyebabkan peralatan menjadi lembab dan akan mudah lepas.

Solusi : Bongkar dan bersihkan dengan kertas gosok

3. kapasitor rusak

Ciri-cirinya  adalah ketika timmer di putar ada suara dengung yang artinya ada arus masuk ke dinamo tapi dinamo tidak bisa berputar sehingga menimbulkan suara dengung. anda bisa mengetahuinya setelah anda melakukan langkah-langkah di atas . kapasitor untuk jenis mesin cuci ini bentuknya kotak berwana hitam tidak seperti kapasitor mesin cuci pada umumnya yang bentuknya bulat seperti tabung.  kabelnya ada 4 yang 2 untuk pengering dan yang 2 lagi untuk pencuci.

Solusi : Ganti dengan yang baru dan sesuaikan dengan ukuran aslinya

kapasitor-rusak

4. Dinamo pengering terbakar

Setelah anda sudah melakukan tahapan semua di atas anda baru bisa memvonis kalau dinamo ini terbakar. kerusakan dinamo sering di sebabkan karena terkena air yang bocor pada seal pengering yang berada tepat di atas dinamo pengering, atau bisa juga saluran air pada tabung pengering tersumbat seperti kaos kaki, sarung tangan dan lainnya sehingga air tidak langsung keluar pada saat proses spin sehingga seal pengering akan bocor.

Solusi :
a. Bongkar dan bawa ke tukang gulung dinamo yang profesional.
b. Ganti dengan baru, tapi perlu juga anda ketahui kalau bahwa dinamo yang di jual  rata rata gulungan dari kawat almini bukan dari kawat tembaga, anda harus jeli dalam membeli.

Untuk menghindari masalah yang terjadi pada mesin cuci, anda dapat melakukan cara pemakaian mesin cuci yang tepat dan melakukan perawatan yang dibutuhkan oleh mesin cuci tersebut.

Mencegah kerusakan pada mesin cuci juga dapat dimulai dari hal-hal kecil, seperti menggunakan deterjen khusus untuk mesin cuci.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *