7 Cara Cek Frekuensi HP Yang Paling Akurat

Cara cek frekuensi HP ini bisa berguna saat kamu ingin membeli HP seri terbaru tapi ragu apakah di daerah kamu sudah tercover jaringan yang memadai untuk 4G atau masih 3G. Kan gak seru kamu beli HP mahal dengan fitur mewah tapi dilokasi kamu belum ada dukungan frekuensi jaringan yang memadai.

Tapi kalau kamu sudah terlanjur membeli HP, kamu bisa menggunakan trik mengetahui frekuensi HP dalam postingan ini sebagai bahan pertimbangan dalam memilih operator jaringan yang akan digunakan. Misalkan HP yang kamu beli sudah support frekuensi 4G tapi kamu salah beli kartu GSM yang hanya berjalan pada frekunsi 3G, kan rugi banget tuh karena kamu gak bisa menikmati lancarnya nonton youtube di jaringan 4G.

Cara Cek Frekuensi Yang Disupport HP

Cara ini berguna saat kamu ingin memilih merk dan type HP yang akan dibeli. Dengan bantuan aplikasi ini, kamu bisa melihat frekuensi yang disupport oleh HP Pilihan kamu. Sehingga nanti kamu tidak salah beli HP.

  1. Kunjungi halaman https://willmyphonework.net/
  2. Masukkan merk HP yang ingin dicek, dalam hal ini saya memilih ASUS
  3. Selanjutnya pilih Model, nanti secara otomatis akan tampil submodelnya, pilih yang paling sesuai
  4. Pilih negara Indonesia
  5. Pilih Operator
  6. lalu klik Search

Dari hasil pengecekan tadi, saya memperoleh informasi jika HP Asus Zenfone 2 Laser ini sudah bisa berjalan dengan baik pada jaringan 2 G , 3 G mapun 4g LTE menggunakan operator XL.

Baca Juga :  7 Cara Agar HP Tidak Lemot ( Paling Update )

Jadi kalau HP ini jadi pilihan kamu, maka menggunakan SIM Card yg 4G adalah keharusan agar kamu bisa mendaptkan kinerja yang optimal dari HP maupun kartu selularnya.

Cara Cek Frekuensi HP Secara Manual

Untuk mengetahui frekuensi HP yang tersedia disekitar kamu secara manual bisa dilakukan menggunakan HP. Dengan mengetahui frekuensi atau jangkauan sinyal dari operator yang ada disekitar kamu , tenu kamu gak perlu bete dan marah-marah jika Internet tidak bisa tersambung.

Bisa jadi memang dilokasi kamu belum tercover jangkaun frekuensi yang memadai sesuai kebutuhan SIM Card yang kamu pakai.

Cara cek Frekuensi HP secara manual menggunakan HP bisa dilakukan dengan cara sebagi berikut:

  1. Buka Setting, lalu pilih lainya.Cara cek Frekuensi HP secara manual
  2. Pilih jaringan selulerCara cek Frekuensi HP secara manual
  3. Pilih operator jaringan
  4. Pilih telusuri jaringan
  5. Dan nanti akan tampil daftar jaringan frekuensi yang tersedia disekitar kamu

Terkadang kamu akan ketemu kode-kode angka dalam daftar jaringan yang ada disekitar kamu dan tidak ada nama operatornya.

Kode itu itulah “wujud” asli operatornya jika nama opeartor nya gak terdeteksi.

Jadi kode 510 itu MCC alias mobile country code artinya kode negara, 510 itu indonesia
Nah 09 dan 28 itu kode operatornya alias MNC (Mobile Network Code)

Misal untuk indosat itu 510-01, tsel dan xl lain lagi.

untuk smartfren dia ada 2 karena dia pake FDD dan TDD
yg 28 itu FDD jalan di 850mhz
yg 09 itu TDD jalan di 2300mhz

Cara Cek Frekuensi Operator Jaringan

Kamu juga bisa cek langsung apakah jaringan dari operator yang digunakan tersedia di satu lokasi atau daerah yang akan kamu kunjungi.

Hal ini bisa jadi berguna, misal kamu mau travelling keluar kota dan gak yakin apakah di kota tujuan jaringan dari SIM Card yang kamu pake tersedia.

Baca Juga :  Cara Cek Kode IMEI iPhone ( Paling Akurat )

Jadi kamu bisa prepare, apakah perlu menggunakan SIM card dari operator yang berbeda atau enggak.

Cara Cek Jangkauan Sinyal 4G LTE untuk Telkomsel

Untuk cek frekuensi jaringan 4G dari telkomsel kamu bisa kunjungi  http://www.telkomsel.com/area4g 

Selanjutnya tinggal kamu ketik nama kota atau daerah yang akan kamu cek jaringan 4G nya lalu tekan enter.

 

Cara Cek Jangkauan 4G untuk XL dan Axis

XL sendiri telah sukses dalam mengakusisi Axis yang merupakan sebagian besar saham kepemilikinya sudah menjadi milik dari XL Axianta. Dan dari sinilah saya meyakini untuk pengecekaan area 4G merak tentunya tidak akan berbeda. Meski layanan yyng diberikan akan masih terasa kalah dari Indosat Ooredoo dan juga Telkomsel, kalian tidakk perlu berkecil hati jika kamu menggunakaan kartu perdana dari XL.

Kamu bisa mengecek area 4G dari XL maupun Axis dengan melihat daftar list area 4G yang sudah disediakan oleh XL untuk para pelanggan mereka. Kamu bisa mengakses nformasi itu semua dengan mengakses web resmi http://4g.xl.co.id/coverage

 

Cek Sinyal 4G untuk Indosat Ooredoo

Sejak memindah nama lamanya menjadi Indosat Ooredoo, tentunya banyak perbaikan yang coba mereka datangkan dan salah satunya adalah layanan akses 4G LTE yang sudah menyentuh wilayah pelosok-pelosok desa di Indonesia.

Tidak sekedar itu saja, Indosat ooredoo juga memberikan promo besar-besaran untuk para pelanggannya yang sudah bisa menggunakan kuota 4G LTE dengan support ponsel cerdas yang snagat mumpuni.

Dan apakah kamu sudah mengetahui bagaimana cara untuk melakukan cek lokasi yang sudah ada 4G LTE, kamu bisa gunakan web resmi milik Indosat Ooredoo di https://indosatooredoo.com/coverage/coverage/super4glte?typeID=25

 

Mengecek Lokasi 4G LTE untuk Smartfren

Smartfren sendiri merupakan layanan CDMA yang sangat berkembang bahkan mampu mengimbangi pergerakan operator GSM yang kian meningkatkan layanan yang merak berikan teruntuk para pelanggannya. Berbagai kota besar di seluruh wilayah Indonesia sendiri sudah bisa menikmati layanan terbaik yang diberikan oleh Smartfre ini bagi semua pengguna setianya.  Da kamu juga bisa mengakses informasi dari area yang sudah 4G LTE untuk Smartfren dengan berkunjung ke web resminya http://www.smartfren.com/4g/web/coverage

Baca Juga :  3 Cara Unreg Kartu Simpati Yang Benar

 

Cek Wilayah 4G Untuk 3 Tri

Dan Untuk operator yang terakhir ini juga tidak mau kalah dengan para pesaingnya yang sudah memberikan layanan 4G LTE. Tri juga sudah menyuguhkan layanan 4G LTE untuk para pelanggan setia yang mereka punya, dan mengakses lokasi 4G tri sangatlah mudah dengan berkunjung ke web resmi http://www.tri.co.id/coverage

Kalian bisa menggunakan beberapa alamat web yang sudah saya berikan dengan harapan kalian bisa mengetahui wilayah maupun area yang sudah menyuguhkan layanan 4G LTE yang bisa kalian nikmati dengan mudah dan kecepatan terbaik tentunya.

Jangan lupa untuk bagi artikel menarik kami ke teman-teman kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *