8 Cara Perawatan dan Perbaikan Aki Basah Yang Gokil Tapi Ampuh Mengatasi Soak

Perfoma aki yang lemah ( soak ) tentu saja bisa mengganggu kelistrikan mobil ataupun motor anda oleh karena itu sebelum merembet dan merusak komponen lainya sebaiknya anda segera mengganti aki yang soak tersebut dengan baru.

Jika opsi penggantian aki baru bukan pilihan, anda bisa menyiasatinya dengan cara perawatan dan perbaikan aki basah yang terbilang cukup gila tapi sangat ampuh untuk memperbaiki aki motor dan mobil yang ngedrop.

Membongkar Aki

Anda bisa memulai perbaikan aki ini dengan membongkarnya terlebih dahulu dari kendaraan. Hati-hati saat melepaskan baut dan mur jangan sampai salah kunci dan dipaksakan untuk dilepas karena baut bisa rusak.

Jika baut sulit dilepas, gunakan cairan WD-40 untuk merontokkan kerak putih yang biasanya ada pada aki.

Jika aki sudah terlepas, letakkan di lantai/meja yang cukup penerangan cahayanya.

Membersihkan Aki dari Kerak

Setelah aki terlepas dari dudukan anda bisa mulai membersihkan aki dari berbagai kotroan terlebih dahulu. Untuk kotoran seperti debu yang menempel, anda bisa menggunakan lap kain yang agak basah untuk membersihkanya.

Tapi ada kalanya kepala/terminal aki berkerak putih yang biasanya disebabkan oleh penguapan yang terjadi pada aki basah, karena proses pengisian menimbulkan panas , maka air aki akan menguap dari lobang pembuangan dan beroksidasi dengan terminal aki yang akhirnya menimbulkan kerak putih.

Untuk membersihkan kerak putih pada aki yang anda bisa menyiramnya mengguakan air panas lalu menggosoknya dengan sikat.

Cara konvensional dan paling mudah tentu tinggal siram air panas, tapi anda harus waspada karena air panas bisa merembet melalui terminal aki , dan justru akan bikin sel aki ikut panas.

Efeknya malah bikin usia sel aki berkurang.

Cara paling baik untuk membersihkan kerak aki adalah menggunakan cairan contac cleaner ( semisal WD-40 ) yang disemprot ke terminal, sambil disikat atau gunakan kuas untuk menghilangkan kerak membandel tersebut.

Baca Juga :  Cara Cek Garansi Semua Produk Apple (Secara Online)

Cara Memperbaiki Aki Soak

Setelah aki di bongkar dan dibersihkan, selanjutnya adalah memperbaikinya dengan cara yang gokil tapi anehnya manjur mengatasi aki soak.

Beberapa netizen yang telah mencoba trik mengatasi aki basah yang soak seperti dibawah ini mengatakan jika teknik ini manjur dan emmbuat aki bisa bekerja secara normal kembali.

Memperbaiki aki lemah Dengan Air Panas

  1. Rebus 3 (tiga) liter air sampai mendidih, jika sudah mendidih diamkan sekira 30 menit untuk menghindari panas air yang berlebihan.
  2. Buka semua tutup cairan aki, biasanya aki mobil dengan 6 penutup (12 Volt) kemudian buang semua airnya. Hati-hati jangan sampai kena kulit, karena air aki tersebut bisa menyebabkan gatal.
  3. Jika sudah terkuras habis, masukan air yangpanas tadi. Isi sebagian saja, lalu tutup semua lubangnya kembali dengan penutup semula.
  4. Goyang/kocok aki tersebut hingga air yang ada didalamnya berubah warna menjadi hitam. Tujuan dari pengocokan aki tersebut adalah untuk membuang hasil sisa reaksi yang menempel di element aki. Disamping itu, pemberian air panas tersebut berfungsi juga untuk menghidupkan kembali element yang sudah mati.
  5. Jika air yang ada didalam aki sudah terlalu hitam dan pekat, anda bisa membungnya dulu, kemudian ulangi lagi dari langkah 3.
  6. Ulangi terus sampai air yang ada didalam aki bersih, pengalaman saya 6 (enam ) kali baru bersih.
  7. Jikasudah bersih, berikutnya anda bisa memasukan air aki jenis Zuur dan aki siap digunakan (supaya lebih optimal diamkan sekira 4-6 jam baru dipakai untuk starter mobil.

Ada netizen yang berkomentar setelah menggunakan cara ini hasilnya accu/aki hanya bisa dipakai 2 (dua) hari saja, selanjutnya jika terpaksa harus jalan maka mobil harus didorong.

 

Memperbaiki aki soak dengan bodrex

Meski tak lazim dilakukan tetapi banyak netizen yang mengaku bahwa bodrex bisa dipergunakan untuk mengatasi aki soak.
Penasaran bagaimana caranya penyembuhannya. Berikut cara yang bisa kamu ikuti.
  1. Siapkan Aki motor/mobil yang sudah soak
  2. Buang dan kosongkan semua air di dalam setiap sel aki
  3. Setelah kosong lalu tungkan air panas untuk membersihkan dan mengaktifkan sel­sel mati (2 atau 3 kali sampe air buangan terlihat bersih)
  4. Setelah itu keringkan aki, sekitar 3 jam atau satu hari atau makin lama makin bagus
  5. Kemudian masukan air aki, setiap lobang diberi satu tablet bodrek yang sudah ditumbuk halus.
  6. Diamkan satu hari dan Di Cas (dicharge / Pengisian Aki) sebelum aki siap digunakan
  7. Selain Obat Bodrex kita juga bisa menggunakan Obat puyer lainnya seperti Bintang tujuh.
Baca Juga :  Cara Memperbesar Arus Listrik Setrum Ikan ( Dahsyat dan Paten )

Mengatasi  aki soak dengan bubuk EDTA

Cara berikutnya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah aki yang soak adalah menggunakan bubuk Tetrasodium EDTA dengan kode : Na4-EDTA.

Bubuk ini dapat dibeli di toko-toko yang menjual alat-alat kimia, saya mendapatkan bubuk ini dengan harga Rp.70.000.- per kg.

Bubuk EDTA berfungsi sebagai ‘vitamin’ untuk meningkatkan / menguatkan elemen-elemen yang ada dalam accu/aki.

Pengalaman seorang netizen menggunakan bubuk EDTA ini lumayan membantu, mobil bisa dipakai selama 1 (satu) hari, setelah itu aki kembali soak bahkan lebih parah, jangankan untuk star mobil, untuk menyalakan lampu saja tidak mampu.

Cara memperbaiki aki dengan air garam

Garam juga bisa dipergunakan untuk memperbaiki kinerja aki yang lemah, caranya adalah mencmapur garam dengan air panas dan memasukkan kedalam sel-sel aki.

  1. Buka penutup aki
  2. Masukkan garam kedalam aki secukupnya
  3. Masukkan garam ke dalam aki Anda, ingat jangan terlalu banyak dan terlalu sedikit usahakan seimbang lah.
  4. Setelah selesai biarkan garam memproser kerak yang ada di elemen aki selama 30 menitan,
  5. Pada saat Anda setelah mengisi garam pada air aki tersebut, maka akan ada reaksi dari Air aki. Tunggu saja hingga air aki tersebut selesai bereaksi ya..
  6. Setelah air aki kelihatan berwarna kehijoan terus buang air aki tadi yang kamu masukin garam tadi terus bilas dengan air biasa sampai bersih setelah bersih.
  7. Silahkan isi dengan air zuur tu2p botol merah.
  8. Isi secukupnya seperti pada saat Anda membeli aki baru. Hati-hati dalam melakukanya karena air aki bersifat reaktif dan panas ketika terkena kulit.
  9. Charger selama 30 menitan dengan travo 5A.
  10. Proses penchargeran ini berbeda-beda pada tiap kasus tergantung dari Ampere pada battery charger yang digunakan. Jika Anda menggunakan charger dengan travo 10 A maka proses penchargeran bisa lebih cepat. Begitu juga ukuran kapasitas aki juga menentukan. Kapasitas besar akan memerlukan waktu lebih lama.
Baca Juga :  5 Cara Cek Token Listrik ( Mudah dan Akurat )

Untuk langkah no.1 dan 2 jika tidak ada reaksi, coba ganti dengan aki zuur yang baru terus masukan garamnya lagi. Jika tidak ada reaksi, kemungkinan elemen aki sudah rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi.

Cara memperbaiki aki dengan kertas merah

Cara berikutnya ini merupakan cara yang paling mudah dan praktis hasilnya juga sangat memuaskan. Sebaiknya anda menggunakan cara ini saja supaya lebih hemat waktu dan tidak ragu mobil akan mogok dijalan, pengalaman saya menggunakan ketiga cara ini, cara menggunakan kertas merah adalah cara yang paling jitu.

Untuk meggunakan cara ini ikuti langkah berikut :

1.Catat nomor seri yang ada di accu mobil anda diantara teriminal negative (-) dan terminal Positif (+), Misalnya : 36B19R hati-hati jangan sampai salah karena jika Nomor seri bukan R melainkan L maka perlakuannya akan berbeda pada waktu pemasangan.

2.Ambil beberapa helai kertas merah.

3.Serahkan saja kepada petugas kemudian tunggu proses kurang-lebih 30 menit.

4.Langkah terakhir coba anda hidupkan mobil, pengalaman saya mobil akan hidup dengan prima, klakson bersuara lantang demikian juga audio dan lampu-lampu.

Dengan menggunakan kertas merah dijamin anda tidak akan kecewa da tidak akan khawatir mobil akan mogok dijalan.

Gambar Kertas Merah :

 

Sudah-sudah, cara terakhir ini hanya sekedar guyonan saja tapi sangat manjur kan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *