Bacaan Doa Sholat Dhuha Yang Mustajab dan Shahih

Posted on

Tuntunan Sholat – Dalam artikel ini akan dibahas bacaan doa sholat dhuha lengkap yang mustajab dan shahih dalam tulisan latin maupun arab beserta artinya. Bacaan ini biasa diamalkan oleh umat islam dari beberapa kelompok seperti NU, LDII maupun Muhammadiyah. Dan pada bagian akhir tulisan ini anda bisa mendownload doa sholat dhuha dalam format Mp3 maupun PDF nya.

Doa sholat dhuha mengandung makna yang sangat dalam karena berisi pengakuan seorang hamba atas keagungan, keindahan, kekuatan dan penjagaan yang mutlak dimiliki oleh Allah SWT.

Dalam doa tersebut juga berisi permohonan dari seorang hamba agar Allah menurunkan, mendekatkan, memudahkan sekaligus mensucikan rezeki baginya.

Bacaan Doa Sholat Dhuha Bahasa Arab

Adapun bacaan doa sholat dhuha yang masyhur dikerjakan oleh sebagian besar umat islam di Indonesia baik itu NU, Muhammadiyah maupun LDII adalah sebagai berikut :

doa sholat dhuha bahasa arab

Bacaan Doa Sholat Dhuha Bahasa Latin

Jika anda tidak terlalu fasih dalam membaca tulisan arab, ada baiknya membaca doa sholat dhuha dalam bahasa latin seperti dibawah ini :

Allahumma innadh dhuha-a dhuha-uka, wal bahaa-a bahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishmatuka. Allahuma inkaana rizqi fis samma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’asaran fayassirhu, wainkaana haraaman fathahhirhu, wa inkaana ba’idan fa qaribhu, bihaqqiduhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatini maa ataita ‘ibadakash shalihin

Arti dari Bacaan Doa Sholat Dhuha

Memahami arti dari setiap doa yang dipanjatkan akan membuat anda lebih khusyu saat bermunajat, tak terkecuali saat membaca doa sholat dhuha diatas. Bahkan anda juga boleh berdoa dengan bahasa Indonesia yang semakna dengan doa sholat dhuha diatas.

Baca Juga :  13 Cara Paling Gampang Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Error

Yang paling penting adalah anda perhatikan adab dalam berdoa agar doa anda cepat dikabulkan Allah SWT.

Adapun arti dan makna doa sholat dhuha diatas adalah sebagai berikut :

Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu,

Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba Mu yang soleh.

Adapun doa setelah salat dhuha masih diperdebatkan keshahihanya, apakah doa tersebut memang pernah diamalkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAWatau tidak.

Do’a ini disebutkan oleh Asy Syarwani dalam Syarh Al Minhaj dan Ad Dimyathi dalam I’anatuth Tholibiin, namun do’a ini tidak dikatakan sebagai hadits. Kami pun tidak menemukan dalam berbagai kitab yang menyandarkan do’a ini sebagai hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Wallahu a’lam.

[Fatwa Mufti Markaz Al Fatawa – Asy Syabkah Al Islamiyah, Dr ‘Abdullah Al Faqih, Fatwa no. 53488, 1 Sya’ban 1425]

Kesimpulannya: Do’a di atas bukanlah do’a yang asalnya dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

 

Doa Sholat Dhuha Yang Shahih

Lalu bagaimana doa sholat dhuha yang sesuai dengan dalil yang shahih? Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam selesai shalat Dhuha, beliau mengucapkan:

ALLOHUMMAGHFIR-LII WA TUB ‘ALAYYA, INNAKA ANTAT TAWWABUR ROHIIM (artinya: Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang) sampai beliau membacanya seratus kali.” (HR. Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad, no. 619. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini sanadnya shahih.)

 

Baca Juga :  Doa Agar Cepat Menstruasi Pertama

Lalu manakah doa setelah sholat dhuha yang harus dipanjatkan?

Doa sholat dhuha yang shahih berdasarkan hadits riwayat Aisyah R.A diatas lebih afdhol untuk diamalkan, sedangkan doa sholat dhuha yang masyhur dikerjakan oleh masyarakat muslim Indonesia seperti diatas tetap boleh diamalkan sebelum adanya dalil yang melarangnya.

 

Bacaan Sholat Dhuha PDF dan Mp3

Bagi anda yang menginginkan doa sholat dhuha dalam bentuk PDF atau Mp3 bisa mengikuti langkah berikut ini :

Anda bisa mendownload video doa dhuha diatas menjadi bentuk Mp3 dengan menggunakan converter online https://www.onlinevideoconverter.com/youtube-converter

Masukkan link video youtube diatas ( https://www.youtube.com/watch?v=TwQu9_eJ9NQ ) kekolom yang disediakan, lalu pilih Mp3 dan tekan start, selanjutnya akan muncul tombol download dan anda bisa mulai mengunduh doa sholat dhuha Mp3 dengan gratis.

doa sholat dhuha Mp3

Sementara untuk doa sholat dhuha dalam bentuk PDF, silahkan anda unduh di : https://drive.google.com/open?id=1IhxDKHzRq-0gkNlweVEW6NOfX9N5TKCm

 




Tidak menemukan solusi yang anda cari? silahkan kirim email kepada redaksi anekacara.com dengan permasalahan serta solusi yang anda inginkan. Kirim kan email ke : redaksi@anekacara.com