Cara Memperbaiki Lampu Neon (LHE) Yang Redup Menjadi Terang Kembali

Kali ini saya akan berbagi tentang prosedur perbaikan lampu yang rusak.Lights Energy Saver (LHE) atau lampu fluoresen bohlamp saat digunakan dalam jangka waktu tertentu pasti pasti akan mati.

Kebanyakan orang segera membuangnya dan beli yang baru Tapi sebenarnya  bagi anda yang kreatif bisa dibuat hobi dan bisnis yang menguntungkan dengan membuka LHE lamp service.

Secara umum lampu LHE yang sudah mati masih bisa digunakan lagi Komponennya, jika dihitung-itung masih lebih efisien daripada membelinya terutama lampu merek Philips.

Inilah langkah mudah untuk memperbaiki lampu hemat energi (LHE): [1945909]

  • Sediakan alat berikut:

Multitester / multimeter, digunakan untuk mengidentifikasi pemecahan komponen dan untuk mengetahui nilai komponen

  1. obeng Minus digunakan untuk membuka lampu
  2. Solder, untuk komponen pematerian
  3. Timah solder, sebagai sarana untuk melampirkan komponen di PCB
  4. Tang memotong, untuk memotong komponen / kabel dll
  5. Penjepit, untk memegang komponen pada saat patr [1945907] i
  • Komponennya lampu neon lampu neon yang mudah rusak:
    1. Kapasitor milar, jika hangus atau rusak. ketika menggunakan multi meter nilai jarum akan m melompat melompat
    2. Kapasitor elco, klo patah karakter simpul ung bagian atas
    3. Filament (19459007) [1945908]

jika ada bola lampu [ [1945906] [1945907] Resistor, ketika rusak ada warna hangus atau rusak [1945908]

  • Transistor, karakter yang rusak saat dilihat dari tubuh ada jeda jika menggunakan muti meter bisa laki-laki menggunakan jalan seprti di bawah

]

[194590] Dioda [1945907] bagaimana mengukur bagian positi f dioda dilekatkan pada jarum merah yang berwarna kemerahan jika sebaliknya bagian negatifnya menempel pada jarum multi hitam dengan menggunakan skala ohm. dan tidak dapat dikembalikan jika bisa berarti dioda rusak

  1. Coil, karakteristik rusak ada warna hitam hangus jika multi stick menggunakan dua jarum multi pada akhirnya jika putus berarti jarum tidak menunjukkan ang ka tertentu
  • Langkah – Langkah untuk memperbaiki lampu hemat energi yang mati:
Baca Juga :  Cara Memperbaiki Strika Listrik Yang Tidak Panas

bongkar lampu dengan cara congkelnya di koneksi menggunakan obeng min di bagian koneksi sperti menunjuk panah merah. Jangan lupa ketika buka hati-hati karena penutup lampu tidak mudah dibuka.

[1945909]

    1. Periksa bagian dari filamen lampu. (19459007)

jika ja rum multimeter

  1. Cek Kapasitor mylar hangus atau tidak. Jika terbakar dengan solder dan ganti dengan yang baru.
  2. Cek Kapasitor elco apakah menggelembung, pecah bagian atas atau tidak. Jika Tidak melotot atau tidak melanggar atas berarti elco tetap baik. [1945907] jika ingin membayar pastikan polaritas negatifnya negatif tidak terbalik karena bisa meledak jika terbalik, oleh karena itu sebelumnya Lepaskan elco yang rusak rekam posisi kaki positif dan negatif.
  3. Cek Hitung apakah ada benda yang rusak atau hangus, ukurankan dengan multitester apakah nilainya sesuai dengan warna cincin pada bodi.
  4. Cek Dioda, dioda jarang rusak, meski bila diukur menggunakan multitester dengan terminal negatif atau positif bolak-balik jarum bergerak, ingat pada saat instalasi tidak terbalik
  5. Cek transistor. Biasanya lampu LHE sudah mati, transistornya tidak Kondisi bagus meski tidak rusak dan masih bisa digunakan lagi untuk perangkat elektronik lainnya Disarankan diganti dengan Yang baru dan ganti juga dua resistor terdekat yang terhubung. Tidak Dianjurkan mengukur transistor saat masih menempel pada sirkuit karena tidak akurat. Langkah lebih dekat, lepaskan transistor dari Ukuran solderannya sesuai dengan jenis transistor apakah NPN atau PNP. Hati-hati saat mengganti transistor baru karena merek yang berbeda transistor yang berbeda terletak pada kaki dan basis emitornya. Transistornya Sering digunakan pada lampu bohlamp neon yang biasanya tipe NPN dengan seri 13001, 13003, 13005, 13007, dll. Sebagai panduan, bagaimana cara menentukannya Kaki transistor: kaki dasar terhubung ke gelang gelang yang ada dan resistor yang memiliki ketahanan lebih besar, sedangkan pada kaki emitor terhubung dengan dioda tanpa gelang dan resistor rintangan yang lebih kecil, dan kaki pengumpul selalu ada di tengah. Cara Tentukan kaki transistor baru seperti seri di atas: untuk menentukan kaki base emitor pada transistor baru, bagaimana cara menghubungkan kaki transistor paling kiri dengan terminal negatif multitester dan kaki Kolektor di tengah dengan terminal multitester positif, jika jarumnya pindahkan atau arahkan ke tanda skala tertentu dari kaki yang terhubung dengannya terminal negatif multitester adalah kaki dasar, sedangkan kaki tidak yang diuji adalah kaki emitor.
  6. Check it out koil, apakah hangus atau tidak, ukur dengan multitester pada skala 100 ohm, jika jarum bergerak ke nol berarti koilnya masih bagus, jika jarumnya tidak memindahkan tanda dari gulungan.
  7. Jika lampu yang telah diperbaiki rusak, jangan langsung diuji pada stekernya langsung. Buat serangkaian anti-kesimpulan: seperti yang ditunjukkan di bawah ini Ini menggunakan 1 mangkuk kuning 100 watt tidak kurang dari 100 watt, 1 jek, 1 sakelar dan 2 light pitingan. Saat diuji Dengan menggunakan serangkaian anti konslet, lampu rusak menyala Sementara lampu 100 watt tidak, tandanya berhasil, sebaliknya gagal.
Baca Juga :  Cara Memperbaiki Kompor Gas Yang Merah Apinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *