Cara Memperbaiki Kipas Yang Berputar Lambat Tanpa Harus Memanggil Tukang Servis

di Saat ini bisa dikatakan kipas itu adalah barang elektronik wajib Ada di setiap rumah, terutama rumah di indonesia, karna memang di indonesia Suhu indonesia relatif hot.nah, kali ini saya akan share artikelnya yang menyangkut peraturan perbaikan kipas yang rusak untuk lebih mempermudah kerja memakai alat multitester.

1. Kipas angin hanya terdengar berdengung dan tidak mau berputar atau kipas berputar namun sangat lambat.

Untuk masalah bantalan ini jika rusak tidak bisa diperbaiki maka harus diganti dengan yang baru karena jika sudah lumpur sudah longgar maka tidak bisa muat di tempat. Tapi tidak masalah karena harga jualnya tidak begitu mahal dari 7ribu sampai puluhan ribu saja. Berikut bentuk bushing yang sudah rusak dan yang masih bagus:

Fungsi bushing utama adalah untuk pemegang kipas. Jika posisi ini tidak bagus maka sudah dipastikan kipas tidak akan Bisa berputar dengan baik atau bahkan tidak bisa berputar sama sekali. Kerusakan yang terjadi pada bushing biasanya disebabkan oleh haus. Itu juga karena getaran yang nyaring. Getaran ini terjadi Saat kipas kita berputar, kita memposisikan arah angin pada kipas angin Tidak benar atau kasar menyebabkan poros berputar kurang stabil dan Ada gesekan pada penguncian kait bushing sehingga kunci akan menjadi bisa pecah Untuk itu jika diset di mana arah angin pada kipas angin harus melakukannya dengan lembut. Cara mengganti fan bushing:

1. Buka semua penutup kipas.
2. Lepaskan keempat baut di bagian belakang.
3. Lepaskan bushing yang rusak dan ganti dengan yang baru.
4. Setelah selesai pasang ke dalam empat baut dan pasang bilahnya.
5. Beri pelumas jika perlu, uji dulu nyalakan kipas.
6. Jika tidak apa-apa, letakkan semuanya kembali.
7. Jika masih sulit berputar coba atur bantalan agar pas sesuai posisi
8. Selesai.
Suplemen : Jika kipas berputar tapi lambat juga bisa disebabkan oleh debu yang telah terakumulasi terlalu banyak sehingga bersih debu sebelum memastikan kerusakan pada bushing.
2. Kipas tidak bisa diputar dan tidak ada dengungan di dalam kipas angin.

Di Kasus ini bisa dipastikan sekering (sekering) yang ada di kipas angin telah putus Sekring adalah komponen pengaman pada kipas angin Bekerja berdasarkan suhu, jadi jika suhu terlalu panas maka sekeringnya akan secara otomatis dimatikan sehingga bisa melindungi kumparan kipas agar tidak berjalan pembakaran.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Lampu Neon (LHE) Yang Redup Menjadi Terang Kembali

Sekring akan memutuskan sendiri jika Kondisi koil terlalu panas sehingga sekeringnya bekerja. Sekering kecil ini sangat dekat dengan gulungan biasanya menempel pada koil.

Berikut ini bentuk sekering penggemar kecil miyako:

Untuk memastikan sekering rusak atau tidak bisa dilakukan dengan cara mengukur menggunakan multitester Cara mengatasinya sudah cukup untuk terhubung Kedua ujung sekering untuk mulitester dengan unit Ohm.

Jika ada nilai atau jarum bergerak kemudian sekring masih bagus dan sebaliknya jika tidak ada nilai atau jarum yang bergerak sama sekali berarti sekering Sudah rusak maka Anda harus mennggantinya dengan sekering baru.harga yang cukup murah paling mahal hanya 2500

Cara mengganti sekering / sekering:

1. Buka penutup belakang.

2. Cari sekering di dekat koil seperti yang ditunjukkan di atas (lakukan ini dengan hati-hati untuk tidak melepaskan kabel lain).

3. Untuk memastikan sekering rusak, lepaskan sekering dan sambungkan kabel secara langsung.

4. Jika fan hidup berarti sekring rusak, silahkan ganti dengan sekering baru. 5. Setelah selesai merapikan kembali semua kabel dan pasang penutup belakang. 6. Selesai. Itu solusinya bagaimana cara memperbaikinya dengan lebih baik mudah. Sekarang kita tidak lagi perlu mengeluarkan banyak uang memperbaiki kipas yang harus diperbaiki sendiri. Layanan adalah kipas secara teratur dengan membersihkan debu – debu masuk ke dalam dan bersihkan semua penutup dengan rinso ayo terlihat lebih bagus dan rapi baca juga; memperbaiki magiccom & fix iron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *