Bubur Pedas Khas Melayu Sambas Kalimantan Barat

<br /> Bubur Pedas Khas Melayu Sambas Kalimantan Barat – Mas-Kulin<br />

Bubur pedas atau “bubor padas” dalam bahasa melayu sambas merupakan makanan khas Kalimantan Barat yang berasal dari suku Melayu di Sambas Kalimantan Barat. Pada awalnya, bubur ini merupakan sajian kerajaan di keraton sambas. Karena sangat digemari, bubur pedas ini menjadi makanan khas masyarakat sambas.
Bubur pedas kemudian menjadi sangat digemari masyarakat kalimantan barat karena kenikmatannya dan manfaat kesehatannya. Bagi kalian yang menyukai tidak menyukai sayur, bubur pedas dapat menjadi solusi untuk kebutuhan sayur kalian, karena rasanya yang nikmat. Makanan Khas Kalimantan Barat ini terbuat dari beras yang dihaluskan, kemudian di oseng tanpa minyak. Kemudian ditambahkan beraneka macam sayuran sperti kangkung, pakis, daun kesum, wortel, ubi, dan rempah-remah lainnya.
Lazimnya, bubur pedas yang dijual sekarang sudah mengalami beberapa penyesuaian. Apabila menggunakan resep aslinya, sayuran yang ditambahkan ke bubur ini dapat mencapai 30 macam. Untuk menambah cita rasa, biasanya bubur pedas ditambahkan daging, kacang tanah dan ikan teri.
Nah bagi teman-teman yang ingin mencoba mengolah dan mencoba membuat sendiri bubur pedas khas Sambas ini berikut resep dan bahan-bahan yang harus disiapkan :
·          7 siung Bawang Putih
·          9 siung Bawang Merah
·          1 buah Bawang Bombay
·          3 buah Cabe Merah Besar
·          2 buah Cabe Hijau Besar
·          2 sdm Terasi
·          2 sdt Lada Hitam
·          2 sdt Ketumbar
·          5 buah Kemiri
·          2 cm Lengkuas
·          2 batang Serai
·          segenggam Daun Kunyit
·          segenggam Daun Kesum
·          secukupnya Garam
·          6 buah Wortel
·          4 buah Ubi Jalar
·          2 buah Gambas
·          2 ikat Kacang Panjang
·          2 ikat Kangkung
·          250 gram Kecambah
·          2 buah Jagung
·          500 gram Daging Sapi
·          250 gram Kacang Tanah
·          500 gram Beras
·          500 gram Kelapa Parut
·          secukupnya Minyak goreng untuk menumis
Langkah-langkah pengolahan :
1)    Cuci daun kesum dan daun kunyit, kemudian iris halus lalu masukkan dalam satu wadah. Yang gak tau bentuk daun kesum, bisa dilihat digambar ya, daun kesum (kiri) daun kunyit (kanan) hasil (bawah).
2)   Kupas ubi jalar, wortel, dan gambas, kemudian cuci semuanya termasuk jagung dan kacang panjang. Potong kecil-kecil ubi jalar, kacang panjang, jagung, wortel, dan gambas. Untuk jagung diambil biji jagungnya saja. Ubi, wortel, dan gambas dipotong dadu.
3)   Kangkung disiang kemudian dicuci, kecambahnya juga jangan lupa dicuci bersih.
4)   Iris bawang bombay, cabe merah besar, dan cabe hijau besar.
5)   Haluskan bawang merah, bawang putih, lada, ketumbar, terasi dan kemiri. Setelahnya lengkuas dan serai cukup dimemarkan saja.
6)   Ini adalah bahan pengental buburnya, cara bikinnya, beras dicuci, dikeringkan, kemudian disangrai bersama dengan kelapa parut. Sangrai sampe warna agak coklat, kemudian diblender halus, jadinya kayak serbuk gitu.
7)   Daging, ubi jalar, dan kacang tanah direbus terlebih dahulu supaya lembut.
8)   Tuangkan sedikit minyak goreng keatas wajan.
9)   Tumis bawang bombay, cabe merah dan hijau besar, sampai harum. Kemudian masukkan bumbu halus tadi, tumis sebentar hingga harum, setelah itu masukkan daun kesum dan daun kunyit, tumis hingga layu.
10) Setelah daging empuk, masukkan wortel, gambas, jagung, dan kacang panjang kedalam panci yang berisi daging.
11)  Kemudian masukkan bumbu yang telah ditumis tadi kedalam panci. Aduk2, masukkan serbuk pengental, aduk2 terus, inget jangan sampai berhenti mengaduk, nanti bisa gosong didasar panci. Sampai kental, mendidih dan meletup2.
12) Terakhir masukkan kangkung kedalam panci, aduk sebentar saja hingga kangkung layu. Takaran garam sesuai selera aja.
13) Bubur pedas ini gak akan nikmat kalo gak disantap pake sambel, cara bikinnya cuma cabe rawit sama bawang putih diblender halus, kemudian tambahkan sedikt air, gula, dan garam.
14) Bubur pedas khas Kalimantan Barat siap disajikan. Rekomendasi: Lebih enak disantap pake bawang goreng, kacang goreng dan ikan teri goreng ditabur diatasnya. Pemberian kecap dan sambal sesuai selera.
Nah itu dia resep dan cara pengolahan bubur pedas khas melayu Sambas Kalimantan Barat…. selamat mencoba !!!

Bubur Pedas Khas Melayu Sambas Kalimantan Barat
Bubur Pedas Khas Melayu Sambas Kalimantan Barat

Reviewed by Mas Kulin
on

November 15, 2017


Rating: 5

Baca Juga :  Resep Kue Pisang Coklat Dan Cara Membuatnya

“);


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *