10 Cara Agar Cepat Hamil ( Aman, Alami dan Nyaman )

Setiap pasangan yang sudah menikah tentu mendambakan segera memperoleh bayi mungil yang imut dan menggemaskan, tapi terkadang keinginan tersebut harus dipendam lebih dalam karena setelah beberapa bulan menjalani kehidupan sebagai suami istri, belum juga ada tanda-tanda kehamilan.

Kemudian kamu akan mulai gelisah, terutama ketika Ibu mertua sudah beberapa kali menanyakan bagaimana keadaan kamu, sudah isi apa belum? Oh God .. andai ada cara agar cepat hamil ya, apapun itu asal kan aman pasti akan dikerjakan ya.

Dari beberapa halaman blog kesehatan, saya mengumpulkan tips agar cepat hamil secara alami yang bisa dilakukan dengan mudah, aman dan tentunya nyaman.

Nyaman buat kamu juga buat pasangan.

Berikut ini penjelasanya

1.Perhatikan Masa Subur

Secara umum masa subur wanita  ada di antara hari ke-10 hingga hari ke-17 setelah hari pertama haid sebelumnya. Hal tersebut berlaku bagi wanita yang mempunyai siklus haid teratur 28 hari.

Tapi kalau memiliki siklus haid yang tidak teratur, kamu bisa pelajari cara menghitung masa subur wanita berikut ini.

1.Mengetahui masa subur yang siklus haidnya teratur

Jika kamu memiliki siklus haid yang teratur 28 hari, maka masa suburnya adalah 14 hari sebelum hari pertama haid anda berikutnya.

Lebih jelasnya perhatikan contoh berikut:

Misalkan hari pertama haid kamu adalah pada tanggal 2 maret.

Maka kamu akan mengalami menstruasi lagi  pada tanggal 30 Maret. Tanggal 30 ini didapat dari tanggal pertama haid yakni 2 Maret ditambah dengan 28 hari  (  2 + 28 = 30 ).

Dari perhitungan tadi, kamu bisa menentukan masa suburnya yaitu  14 hari sebelum menstruasi berikutnya. ( 30 – 14 = 16 )

Maka masa subur kamu ada pada tanggal 16 Maret.

kalender masa subur siklus haid teratur

Jadi masa subur anda pada bulan maret tersebut adalah pada tanggal 13, 14, 15, 16, 17, 18 dan 19, dengan Puncak Masa subur adalah pada tanggal 16.

Tanggal 13, 14, 15, 17, 18 dan 19 adalah masa subur biasa.

Apa yang bisa kamu peroleh dari masa subur itu?

Yang perlu kamu lakukan selanjutnya agar  supaya cepat hamil adalah, berhubunganlah dengan suami pada hari-hari subur tersebut.

 

Karena pada hari-hari tersebutlah sel telur dilepaskan dari ovarium menuju tuba fallopi, sehingga peluang terjadinya pembuahan sangat besar jika kamu melakukan hubungan dengan pasangan pada saat itu.

Itu artinya kesempatan kamu untuk cepat hamil terbuka lebar.

Lalui bagaimana jika siklus haid kamu tidak teratur? Bagaimana cara mengetahui masa suburnya?

Lanjut yaa….

 

2.Mengetahui masa subur yang siklus haidnya tidak teratur

Buat kamu yang memiliki siklus haid tidak lancar, maka harus mengetahui siklus haid selama 6 bulan terakhir.

Tidak punya catatanya?

Mulai secepatnya ya, untuk selalu mencatat tanggal awal dan berhentinya menstruasi. Kamu bisa menggunakan kalender dan cukup melingkari tanggal pertama dan terakhir haid setiap bulanya.

Nah, misalkan saja siklus hadi kamu selama 6 bulan terakhir adalah: 29, 27, 30, 26, 31 dan 28.

Baca Juga :  Doa Agar Cepat Menstruasi Pertama

Dengan demikian, maka:

Hari pertama masa subur anda adalah: Siklus haid terpendek – 18 = 26 – 18 = 8; dan

Hari terakhir masa subur anda adalah: Siklus haid terpanjang – 11 = 31 – 11 = 20.

Jadi hari pertama masa subur anda adalah hari ke-8 dihitung dari hari pertama anda haid sampai dengan hari ke-20.

Jadi misalkan hari pertama anda haid adalah tanggal 2 maret, maka hari pertama masa subur anda adalah pada tanggal: 2 + 8 = 10 maret, sampai dengan tanggal 2 + 20 = 22 maret.

kalender masa subur siklus haid tidak teratur

Sehingga masa subur kamu pada bulan maret dimulai dari tanggal 10 sampai dengan 22 (10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20, 21 dan 22) dengan Puncak Masa Subur adalah pada tanggal 10.

Selanjutnya, agar bisa segera hamil setelah selesai haid, kamu perlu melakukan hubungan intim pada hari-hari subur tersebut — dalam contoh ini yaitu dari tanggal 10 sampai dengan tanggal 22.

 

Baca juga : Cara Agar Cepat Haid SecaraAlami

 

2.Gaya Bercinta Agar Cepat Hamil

Jika sudah mengetahui masa subur, hal yang perlu diperhatikan supaya cepat hamil adalah dengan memilih posisi bercinta  yang mampu mendorong pembuahan jadi lebih cepat sekaligus efektif. Beberapa posisi tersebut yaitu posisi missionaris, posisi doggy style, posisi missionaris dengan mengangkat kaki.

Apapun gaya yang dilakukan pastikan kamu dan pasangan merasa nyaman menjalankanya.

 

3.Frekuensi Bercinta Yang Ideal

Sebagai pasangan baru, hasrat untuk berhubungan pastilah sangat tinggih, tapi taukah kamu jika terlalu sering bercinta semisal  2 kali dalam 1 malam dan rutin dilakukan 7 hari dalam seminggu itu akan memperlambat proses kehamilan?

Hal tersebut dikarenakan kualitas sperma yang dikeluarkan belum terlalu matang untuk membuahi sel telur.

Akan tetapi jika terlalu jarang bercinta juga bisa membuat sperma yang keluar lemah karena sudah mati.

Lalu berapa frekuensi bercinta yang ideal?

Seperti dilansir dalam laman merdeka.com inilah frekuensi berhubungan yang ideal sesuai dengan umur.

Usia 18-29 tahun
Usia 18 hingga 29 tahun merupakan usia di mana seseorang lazim untuk menikah. Dan demi mendukung kesehatan tubuh serta langgengnya kehidupan berumah tangga, mereka yang berada di rentang usia ini sebaiknya melakukan hubungan intim sekitar 112 kali dalam setahun.

Usia 30-39 tahun
Di usia 30-39 terkadang terjadi beberapa perubahan dalam kehidupan berumah tangga yang membuat hubungan seks tidak sepanas dahulu untuk dilakukan. Meski begitu, kamu wajib melakukan hubungan seks dengan pasangan setidaknya 86 kali dalam setahun atau sekitar 1 kali dalam seminggu.

Usia 40-49 tahun
Menurut penelitian, mereka yang berusia 40-an melakukan hubungan seks 69 kali dalam setahun.

Usia 50-60 tahun
Tak banyak yang tahu bahwa mereka yang berusia 50 tahun ke atas sebenarnya bisa memiliki kehidupan seksual yang menyenangkan. lho. Sebabnya mereka memiliki banyak waktu luang. Setidaknya mereka yang berada di kelompok usia ini melakukan hubungan seks sekitar 69 kali dalam setahun.

Usia 60-75 tahun ke atas
Meski sudah berusia lanjut, pasangan suami istri tetap harus melakukan hubungan seks untuk memiliki kehidupan rumah tangga yang harmonis. Oleh karena itu para pasangan lansia wajib melakukan hubungan seks setidaknya 1 kali dalam seminggu.

Baca Juga :  3 Cara Membasmi Kutu Kasur dan Telurnya ( Paling Ampuh )

 

4. Berbaring Seusai Berhubungan

Mitos yang selama ini kamu dengar adalah jika habis berhubungan lalu kamu berdiri maka sperma akan jatuh dan proses kehamilan akan terhambat.

Teori lain yang mungkin sering kamu dengar adalah untuk meningkatkan peluang hamil, wanita mesti berbaring telentang setelah berhubungan seks.

Tapi ternyata teori kuno ini dipatahkan oleh sebuah studi yang dipresentasikan pada Konferensi Kesuburan terbesar di Eropa, tepatnya di Helsinki, Finlandia.

Benarkah demikian?

Para ahli dari Belanda bekerja keras meneliti 500 pasangan. Setengah dari perempuan ditugaskan untuk beristirahat 15 menit di tempat tidur dengan lutut terangkat setelah inseminasi buatan. Setengah lainnya segera bangun.

Hasilnya, wanita yang 15 menit istirahat tingkat kehamilan mencapai 32,2 persen, sementara mereka yang segera bangun memiliki tingkat yang lebih tinggi, yakni 40,3 persen.

Berbaring sesudah berhubungan seks tidak berpengaruh positif apa pun pada kemungkinan kehamilan. Ini menunjukkan pertama kalinya bahwa berbaring setelah berhubungan seks untuk memperoleh kesempatan memiliki bayi adalah sia-sia.

Seorang ahli kesuburan dari Universitas Sheffield, Prof Allan Pace, tidak terkejut dengan temuan ini. Ia mengatakan untuk mencapai tuba falopi, sel sperma hanya butuh lima menit saja. Setelah itu mereka dapat bertahan hidup selama beberapa hari di dalam rahim.

Sehingga setelah melakukan hubungan seks, kamu tak perlu takut untuk melakukan apa pun yang diinginkan, kecuali merokok. Sebab, hanya ada satu tindakan pasca-coital yang dapat merusak peluang konsepsi dan itu adalah merokok.

Tapi berbaring bersama pasangan setelah berhubungan akan meningkatkan rasa cinta dan kasih sayang.

Jadi kamu bisa tetap memilih berbaring sesuai berhubungan untuk relaksasi dan beristirahat.

5.Tingkatkan Kesuburan Suami Istri

Pasangan suami istri dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi serta vitamin yang baik untuk membantu terjadinya proses kehamilan.

Terdapat beberapa bahan makanan yang baik untuk menjaga kesuburan rahim, contohnya kecambah, ayam, alpukat, dan susu.

Di samping itu, bahan makanan seperti telur, ikan, dan daging dapat meningkatkan kualitas sperma.

Untuk menjaga kesuburan reproduksi sebaiknya anda

  • Tidak merokok,
  • Tidak mengkonsumsi alkohol
  • Jangan minum obat sembarangan
  • Jangan menggunakan obat perangsang
  • HIndari olahraga dan aktivitas yang ekstrim

 

6. Olahraga Secukupnya Agar Cepat Hamil

Melakukan olahraga memang hal yang baik bagi tubuh seseorang. Akan tetapi jika terlalu sering berolahraga akan mempengaruhi kesuburan, begitupun jika malas berolahraga. Ada baiknya lakukan olahraga ringan sebanyak tiga kali seminggu selama 30 menit. Salah satu jenis olahraga ringan yang dianjurkan yakni jogging di pagi hari.

Ada beberapa olahraga yang jika dilakukan dengan baik dan rutin dipercaya bisa meningkatkan peluang kehamilan diantaranya :

  • Aerobik – Bisa dengan berjalan, joging, bersepeda, dan berenang. Kamu juga bisa mengkombinasikan olahraga tersebut agar tidak bosan.
  • Strengthening (memperkuat tubuh). Olahraga jenis ini bermanfaat untuk menguatkan otot perut, punggung atas dan bawah, tungkai atas dan tungkai bawah. Lakukan 2-3 kali seminggu dengan 8-15 ulangan, sebanyak 1-3 set. Kamu berdua bisa melakukan sit-up dan senam kegel.
  • Flexibility (kelenturan). Olahraga ini berfungsi untuk membuat otot-otot tubuh lebih rileks. Misalnya yoga. Olahraga jenis ini baik dilakukan sebagai selingan olahraga aerobik. Selain mengurangi risiko cedera, juga membuat tubuh lebiih relaks, yang lambat laun akan membantu kesuburanmu.
  • Gerakan yoga biasanya dipusatkan pada sekitar panggul, pinggang, perut dan tulang belakang. Cara ini dipercaya dapat meningkatkan aliran darah, nutrisi, kelenturan dan kekuatan tubuh di area yang berhubungan dengan kehamilan. Gerakan-gerakan yoga dapat meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi, mengatur fungsi hormon dan mengurangi stres. Semua itu membantu menstimulasi ovulasi serta membuat rahim lebih kondusif untuk terjadinya konsepsi.
Baca Juga :  8 Cara Cepat Haid Secara Alami (Aman Dan Mudah Dilakukan)

Sebelum kamu memilih salah satu jenis olahraga di atas, jangan lupa untuk memperhatikan beberapa di bawah ini:

  • Minta saran dokter sebelum mulai berolahraga.
  • Atur waktu setiap hari sehingga olahraga ini menjadi kebiasaan, seperti jalan kaki saat pagi hari bersama suami atau berenang setiap sore.
  • Jangan terlalu bersemangat di awal berolahraga. Santai saja. Kalau kamu cepat lelah atau kram, kurangi intensitasnya. Gangguan kesuburan juga bisa terjadi jika berat badan berkurang secara drastis.
  • Jangan abaikan rasa nyeri. Rasa nyeri adalah tanda tubuh untuk mengatakan “berhenti!”

 

7. Jaga berat badan ideal

Umumnya memiliki bobot tubuh yang terlalu kurus dapat menghambat kesuburan kamu, akan tetapi kelebihan berat badan juga tidak baik. Hal ini dikarenakan dapat merangsang produksi hormon estrogen berlebihan yang dapat menganggu ovulasi. Jagalah selalu berat badan kamu pada angka yang ideal.

 

8. Relaks

Keinginan untuk cepat hamil yang sangat kuat kerap kali dapat membuat kamu dan pasangan stres. Jangan sampai kondisi ini terjadi sebab dapat membuat kamu kehilangan mood untuk berhubungan intim, bahkan dapat membuat daya tahan tubuh juga menurun. Bersikap relaks merupakan hal yang bisa kamu lakukan untuk memuluskan harapan.

Baca juga : Cara Agar Cepat Tidur

 

9. Cek HSG (Hysterosalpingogram)

Mungkin hal ini terdengar asing di telinga kamu. HSG atau hysterosalpingogram adalah sebuah tes X-Ray untuk melihat ada tidaknya penyumbatan di dalam saluran tuba falopi. Dengan menggunakan cairan kontras yang dimasukkan ke sebuah pipa yang ditempatkan melalui vagina menuju uterus, dan kemudian cairan tersebut akan tumpah ke dalam saluran tuba falopi.

X-Ray kemudian di gunakan untuk mencari tahu ada tidaknya luka atau bentuk yang tidak normal dari saluran tuba falopi dan uterus, termasuk penyumbatan saluran tuba. Tes x-ray ini adalah tes utama untuk menentukan ada tidaknya penyumbatan saluran tuba di tubuh kamu. Jika tidak ada penyumbatan maka artinya kamu bisa mengandung seorang anak.

 

10. Cek sperma

Pengecekan sperma sejak dini sangat penting karena 40% masalah ketidaksuburan disebabkan dari pihak pria. Pastikan sperma kamu dalam kualitas prima, karena sperma yang berkualitas akan memiliki kemampuan yang lebih dalam membuahi sel telur.

Kriteria sperma yang baik ialah sperma dengan jumlah yang cukup, yaitu minimal 39 juta per ejakulasi atau minimal 15 juta per mililiter, sehat dan kuat dengan motilitas yang baik, memiliki bentuk atau morfologi yang baik serta normal.

 

Setelah menikah sebaiknya kamu berkonsultasi dan cek kembali kesehatan diri dan pasangan. Terlebih lagi bagi kamu yang telah satu tahun menikah tetapi tidak kunjung hamil.

Jalani proses tips berhubungan agar cepat hamil tanpa beban agar kamu dan pasangan selalu merasa nyaman serta bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *