Cara Agar Cepat Tidur Pulas ( Tanpa Obat )

Disaat tubuh terasa lelah tapi rasa kantuk tak kunjung tiba memang sangat menyiksa. Terlebih jika jam dinding terus bergerak menghampiri dini hari. Sementara esok hari sudah banyak pekerjaan dan aktivitas yag menunggu.

Agar tubuh bisa berfungsi dengan baik, tidur yang cukup adalah syarat mutlak. Kualitas tidur yang buruk dapat mengganggu sistem pembaungan limbah di otak. Inilah yang akan meningkatkan risiko Alzheimer, menurunkan kemampuan berpikir, memahami emosi orang lain, dan beresiko gangguan psikologi.

Kondisi ini tidak hanya mempengaruhi otak tetapi juga semua organ tubuh lainnya. Beberapa studi jangka panjang menyimpulkan bahwa kurang tidur juga meningkatkan risiko hipertensi, kegemukan, dan diabetes.

Berikut adalah beberapa cara yang mungkin bisa Anda coba untuk mendapatkan tidur lebih cepat.

 

1. Makan Makanan Yang Manis

Sebuah hasil penelitian di Jepang menemukan fakta jika senyawa aktif dalam tebu dapat mengurangi stres dan memicu kantuk. Riset tidur yang dilakukan pada hewan pengerat ini menemukan bahwa senyawa aktif tersebut bernama octacosanol.

dari penelitian tersebut juga ditemukan fakta bahwa stres adalah faktor utama yang menghambat tidur dan suplemen octacosanol telah terbukti aman pada manusia. Otacosanol dapat digunakan sebagai terapi efektif untuk orang yang menderita insomnia akibat stres.

Anda bisa menemukan senyawa ini pada jenis makanan seperti kulit padi, biji gandum, dan lilin lebah.

 

2. Minum Susu

Susu hangat sebelum tidur merupakan resep yang dipercaya turun temurun untuk membuat tidur lebih nyenyak.

Meminum susu sebelum tidur sangat dianjurkan karena susu mengandung protein α-laktalbumin. Protein ini mengandung triptofan asam amino dalam jumlah tinggi, yang menghasilkan melatonin, hormon yang menginduksi tidur. Kalsium susu juga memberi manfaat penyerapan triptofan ke otak.

Makanan lain yang mengandung triptofan adalah putih telur dan biji labu. Sebaiknya anda sering mengkonsumsi makanan ini jika memiliki masalah insomnia.

 

4. Datang ke tempat untuk tidur

Pernahkah anda melakukan berbagai kegiatan di tempat tidur, seperti mengecek media sosial atau mengirim pesan?Sebenarnya aktifias ini akan melatih otak untuk membuat kita tetap terjaga di tempat tidur.

Sebaiknya anda segera menghentikan aktifitas tersebut sebelum otak menjadi semakin bergairah untuk melakukan berbagai kegitan tersebut.

Jadi, buatlah tempat kamar Anda benar-benar menjadi tempat untuk tidur.

 

5. Belajar beristirahat

Taukah anda jika manfaat beristirahat dan tidur dalam beberapa kasus tidak bisa dibedakan?

Riset tahun 2008 yang didanai oleh National Institute of Mental Health mengenai efek berbaring di tempat tidur dengan mata tertutup, menemukan bahwa ketika beristirahat, beberapa neuron otak Anda dimatikan.

Hal ini sama dengan apa yang terjadi dalam tidur ketika neuron menghentikan aktivitas.

Baca Juga :  Cara Cepat Menghilangkan Komedo Dengan Hasil Permanen

National Sleep Foundation juga mengatakan bahwa istirahat bisa mengurangi stres, memperbaiki mood, dan meningkatkan kewaspadaan, kejernihan mental, kreativitas, dan motivasi.

Namun, manfaat yang nyata dari tidur nyenyak tetap tidak sebanding dengan beristirahat sambil berbaring. Tidur nyenyak dapat bermanfaat bagi pemulihan kognitif, kemampuan memori meningkat, dan regulasi hormon. Manfaat tersebut bisa Anda dapatkan meskipun hanya dengan tidur siang.

Tidur adalah pilihan terbaik untuk memulihkan pikiran dan tubuh. Namun jika tidur tetap sulit dilakukan, Anda bisa menenangkan pikiran Anda dengan mengatakan kepada diri sendiri bahwa hanya beristirahat saja membuat otak Anda santai.

 

6.Atur Suhu Ruangan

Suhu ruangan yang sejuk dan nyaman akan membantu anda tidur lebih cepat. Anda bisa mengatur suhu ruangan dengan memanfaatkan AC atau mendesain kamar tidur dengan ventilasi udara yang baik.
Untuk menjaga kehangatan badan, selimut bisa menjadi pilihan utama agar anda bisa tertidur dengan nyenyak.

Jika Anda menderita hot flashes atau berkeringat di malam hari, ada hal-hal yang bisa Anda lakukan agar tubuh merasa dingin. Kasur cooling pad bisa menjaga suhu tubuh turun dan menarik keringat dari kulit.

 

7. Atur Pencahayaan Kamar Tidur

Bagi sebagian orang, kamar tidur yang gelap akan membuat mereka cepat tertidur. Ruang yang gelap akan membuat otak berfikir bahwa sudah waktunya untuk tidur, sehingga ia melepaskan hormon yang menginduksi rasa kantuk.

Jika kamar terlalu terang dan menatap layar televisi bisa menunda pelepasan hormon ini, dan mencegah bisa tertidur.

Untuk mengatasi hal ini, menjaga kamar tidur Anda gelap seperti mungkin dapat Anda lakukan dan mematikan semua elektronik setidaknya satu jam sebelum tidur.

Hindari menempatkan jam yang bersuara serta mudah terlihat, karena hal ini akan menambah kecemasan jika Anda sedang sulit tidur dan menatap jam yang sudah dinihari.

Tapi ada juga orang yang tidak bisa tertidur jika ruangan gelap, mereka merasa ketakutan dan sulit bernafas jika berada dalam ruangan yang gelap.

Jika anda termasuk orang seperti ini, mematikan lampu mungkin bukan pilihan efektif. Anda perlu mencoba menggunakan penutup mata.

8.Menggunakan bantal dan kasur yang nyaman.

Bantal dan kasur yang empuk akan membuat tidur anda lebih nyenyak dan sehat. Tempat tidur atau bantal yang keras bisa membuat cidera tulang leher dan badan menjadi sakit saat bangun tidur.

Selain bantal dan kasur yang bersih dan nyaman, anda juga harus memastikan sprei yang digunakan dalam keadaan bersih.Cucilah sprei Anda dan menjemur bantal atau kasur secara rutin, karena ini akan menjaga rasa kenyamanan Anda ketika berbaring.

 

9. Menggunakan aroma minyak esensial

Aroma wewangian dari minyak esensial bisa membantu tubuh dan fikiran Anda rileks. Menurut beberapa penelitian, lavender adalah minyak esensial nomor satu untuk mendorong tidur nyenyak.

Taburkan beberapa tetes minyak lavender pada sehelai kain dan di bawah sarung bantal Anda. Anda juga bisa mengencerkan beberapa tetes minyak kedalam air, dan tempatkan dalam diffuser di kamar tidur Anda.

Baca Juga :  Cara Ampuh Menyembuhkan Vaginismus Tanpa Operasi

Minyak atsiri Bergamot, marjoram, cendana dan geranium adalah minyak aromaterapi lain yang bisa Anda pilih.

 

10.Kamar tidur bebas berisik.

Suara bising sudah pasti akan sangat mengganggu tidur anda. Lakukan yang terbaik untuk menjaga kamar tidur Anda dalam keadaan tenang dan sedamai mungkin.

Anda bisa memulainya dengan menutup pintu dan jendela atau meminta teman serumah untuk mengecilkan televisi.

 

11. Berendam Air Hangat Sebelum Tidur

Berendam dalam air hangat sebelum tidur adalah salah satu metode yang sudah teruji bisa membuat tertidur lebih cepat.

Yang pertama karena mandi membantu mengurangi stres dan membantu membersihkan pikiran.

Dan yang kedua, mandi air panas akan meningkatkan suhu tubuh Anda, dan kemudian turun dengan cepat ketika selesai.

Hal ini akan memicu tubuh untuk melepaskan hormon yang mendinginkan ketika saatnya untuk tidur. Berendamlah selama 20 menit kedalam air hangat, bisa dengan menambahkan minyak seperti lavender dan chamomile.

12.Memakai piyama yang nyaman.

Setelah selesai berendam dengan air hangat dan mengeringkan badan dengan handuk bersih, kenakan piyama yang nyaman. Nyaman di tempat tidur adalah penting agar bisa tertidur dengan cepat, sehingga mengenakan piyama yang nyaman juga sangat penting.

Hindari piyama yang terlalu ketat, terbuat dari bahan yang tidak nyaman, atau memiliki kancing yang akan mengganjal saat Anda tidur. Pilih piyama yang longgar dan lembut, yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

 

13. Minuman Untuk Mengatasi Susah Tidur

Sebelum menuju ke tempat tidur, anda bisa memilih beberapa jenis minuman dibawah ini yang dipercaya sejak lama akan membantu anda lebih cepat tidur

Cocoa
Minuman klasik sebelum tidur ini digemari bangsa Maya. Mereka menggabungkan biji cocoa panggang bersama air panas dan sedikit rempah pedas. Meskipun belum jelas mengapa suku Maya suka minum cocoa sebelum tidur, namun kini semakin banyak orang yang juga meniru kebiasaan ini.

Teh bunga chamomile
Chamomile membantu sel saraf lebih rileks. Sehingga meminum teh bunga chamomile akan membuat tidur Anda lebih nyenyak. Untuk hasil maksimal, Anda bisa menikmati teh chamomile tawar 30 menit sebelum tidur.

Hot toddy
Hot toddy
merupakan minuman panas sebelum tidur asal Skotlandia. Minuman ini terbuat dari alkohol yang dicampur dengan gula atau madu, lemon, dan kayu manis. Konon hot toddy juga ampuh meredakan demam dan mencegah flu ketika musim dingin melanda.

Susu panas
Saran nenek untuk minum segelas susu panas sebelum tidur memang tidak salah. Sebab asam amino triptofan dalam susu membantu produksi hormon yang membuat tidur Anda lebih nyenyak. Selain itu, susu jelas kaya akan kalsium dan protein yang menjadikannya sebagai minuman bernutrisi layak minum sebelum tidur.

Teh peppermint
Minuman herbal lain dengan keampuhan menyembuhkan adalah teh peppermint. Sebab teh ini ampuh meredakan gejala perut kembung, mual, dan rasa cemas. Rasanya lezat dan menenangkan sehingga cocok dinikmati sebelum tidur.

Cokelat panas
Berbeda dengan cocoa, cokelat panas dibuat dari bubuk cokelat dan campuran susu atau krim. Cokelat panas ini pun lebih kental dari cocoa.

Kurangi asupan kafein .
Jika Anda mengalami masalah dengan tidur secara terus menerus, mungkin sudah saatnya untuk mengurangi asupan kafein Anda. Kafein bisa bertahan dalam tubuh hingga lima jam setelah dikonsumsi, sehingga yang terbaik adalah minum kopi terakhir sekitar jam waktu makan siang.

Baca Juga :  3 Cara Membasmi Kutu Kasur dan Telurnya ( Paling Ampuh )

 

14. Melakukan beberapa peregangan.

Anda bisa melakukan peregangan pada tangan dan gerakan menekuk dan menarik jari-jari kaki sebelum tidur. Melakukan peregangan sederhana sebelum tidur bisa membantu melepaskan ketegangan pada otot dan membuat tubuh merasa rileks untuk tidur.

Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Kanker di Seattle menemukan bahwa wanita yang membentangkan tubuh bagian atas dan bawah selama 15 sampai 30 menit sebelum tidur, mengalami penurunan masalah tidur sebesar 30%.

Cobalah berbaring telentang di tempat tidur atau di lantai, dan membungkukan kaki kanan seolah-olah mencoba menyentuhkan lutut ke dagu Anda.

Anda harus merasakan peregangan di hamstring dan punggung bagian bawah.

Tahan posisi ini selama 15 sampai 20 detik, kemudian ulangi dengan kaki yang lain.

Duduklah dalam posisi bersila, letakkan tangan kanan Anda di lantai di samping Anda dan angkat tangan kiri keatas telinga.

Miringkan tubuh ke kanan, bahu kebawah di lantai, tahan selama 10 sampai 15 detik kemudian ulangi di sisi lain.

Tapi ingat ya, tujuan anda adalah melakukang peregangan, bukan olahraga sehingga anda tak pelru mealkukan peregangan ini sampi menguras tenaga dan berkeringat.

Lakukan dengan santai dan rileks.

 

15.Latihan Pernafasan

Bernapas sangat mempengaruhi fisiologi dan proses berpikir, termasuk suasana hati. Dengan hanya memfokuskan perhatian pada pernapasan tanpa mengubah apa-apa, Anda telah bergerak ke arah relaksasi.

Cara untuk melakukan pernafasan ini cukup mudah, yakni bernapas selama empat detik, tahan napas selamas tujuh detik kemudian hembuskan selama delapan hitungan.

 

16. Membaca Doa

Membaca doa akan membuat pikiran menjadi rileks. Selain doa anda juga bisa mengafirmasi alam bawah sadar dengan kalimat-kalimat yang positif seperti :

Kamu sudah bekerja keras hari ini, terimakasih, Aku izinkan kamu untuk istirahat dalam lelap, tidur lah dengan lelap.

 

17. Berkhayal

Memikirkan sesuatu yang menenangkan atau menyenangkan dalam fikiran bisa menjadi cara yang bagus untuk mengalihkan perhatian Anda.

Pikirkanlah laut, pelangi, sebuah pulau, atau apa pun yang bisa membuat Anda merasa bahagia dan damai.

Sebuah versi yang lebih rumit dari ini adalah untuk memikirkan sebuah skenario atau membayangkan kegiatan-kegiatan yang Anda sukai.

Bayangkan diri Anda sebagai superhero atau selebriti, atau berpikir tentang bermain didalam ruangan bersama dengan hewan yang Anda sukai.

Perhatian

Jika beberapa tips cara agar tertidur cepat diatas tidak ada yang membantu, serta Anda takut dengan kemungkinan menderita insomnia atau sleep apnea, mungkin saatnya bagi Anda untuk berkonsultasi kepada ahli kesehatan.

Mereka bisa menilai pola tidur Anda dan menentukan tindakan yang terbaik, yang bisa apa saja termasuk memberikan resep minum obat tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *