Cara Agar Cepat Tinggi Badan (Alami Tanpa Latihan Ekstrim)

Jika anda sedang mencari tips agar cepat tinggi badan secara alami untuk anak dalam masa pertumbuhan maka informasi berikut ini bisa dijadikan referensi tambahan untuk membuat anak menjadi tumbuh tinggi dan gemuk berisi dalam waktu singkat.

Informasi ini juga akan bermanfaat bagi anda yang sedang berusaha menaikkan tinggi badan dengan cara berolahraga maupun mengkonsumsi makanan sehat dan minuman penambah tinggi badan. Menambah tinggi badan juga bisa dilakukan dengan menggunakan vitamin yang memang di rekomendasikan sebagai suplemen penambah berat dan tinggi badan.

Yang perlu anda fahami, tidak ada cara cepat menambah tinggi badan yang instan, apalagi mampu menambah 5-6 cm dalam waktu 1 hari.

Itu sangat mustahil.

Terlebih jika anda sudah tidak berada pada masa pertumbuhan.

Secara umum pertumbuhan tinggi badan itu sangat dipengaruhi oleh faktor genetika. DNA yang diturunkan oleh orangtua berpengaruh terhadap 60-80% tumbuh kembang tinggi badan Anda,sedangkan 20-40% tinggi badan dipengaruhi oleh lingkungan Anda.

Dengan pola makan, kesehatan, olahraga, dan lama tidur yang anda lakukan dalam masa pertumbuhan akan membuat Anda bertumbuh lebih tinggi di dalam masa ini.

Pada kebanyakan orang masa pertumbuhan tinggi badan akan mulai berhenti ketika usia telah mencapai dua puluh tahun.

 

Menerapkan Pola Makan Yang Benar

Dengan menerapkan pola makan yang sehat akan mempercepat proses tumbuh kembang tinggi badan anda. Pola makan yang seimbang terdiri dari banyak nutrisi penting yang akan membantu Anda bertumbuh menjadi kuat dan sehat, serta mencapai tinggi badan maksimal.

Baca Juga :  Cara Cek Golongan Darah Sendiri (Tak Perlu Ke Rumahsakit)

Makanan yang baik untuk menambah tinggi badan diantaranya adalah salad, gandum utuh, dan ikan.

Jika Anda kesulitan dalam memotivasi diri untuk mengonsumsi makanan-makanan tersebut, carilah resep yang berbeda dan temukan kombinasi makanan yang menarik bagi Anda.

Referensi yang baik untuk mengetahui dengan jelas mengenai pola makanan yang sehat dan seimbang dengan protein, buah-buahan, sayuran, gandum, dan produk susu, anda bisa mengunjungi situs web USDA myplate.

Makanan sehat agar cepat tinggi badan
Makanan sehat agar cepat tinggi badan

 

Menambakan Protein Tanpa Lemak

Anda bisa menambahkan makanan yang kaya protein tanpa lemak dalam menu makan sehat sehari-hari. Protein adalah zat pembangun bagi zat-zat lain yang membantu Anda untuk bertumbuh tinggi dan kuat, termasuk tulang, otot, dan tulang rawan Anda.
makanan rendah lemak
Jenis makanan protein rendah lemak untuk penambah tinggi badan
Jika anda ingin mencapai tinggi badan yang maksimal biasakan mengkonsumsi daging tanpa lemak,daging unggas, ikan, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian dalam jumlah yang cukup.

Jumlah yang disarankan berbeda-beda, tergantung pada umur, jenis kelamin, dan seberapa sering Anda berolahraga.

  • Wanita berusia 9-18 tahun disarankan untuk mengonsumsi 140 gram protein setiap hari.
  • Laki-laki berusia 9-13 tahun disarankan untuk mengonsumsi 140 gram protein setiap hari.
  • Laki-laki berusia 14-18 tahun disarankan untuk mengonsumsi 185 gram protein setiap hari.

Ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter ahli gizi untuk mendapatkan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tumbuh kembangnya badan anda.

 

Mengkonsumsi Vitamin Peninggi Badan

Vitamin D sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tinggi badan karena membantu tulang untuk tumbuh lebih kuat dan menunjang pertumbuhan otot pada anak-anak. Menurut studi terbaru, kekurangan vitamin D adalah faktor penghambat pertumbuhan dan bahkan penambah berat badan pada remaja wanita.

Jenis makanan yang kaya dengan sumber vitaman D antara lain :

  • Ikan yang berminyak,
  • Jamur,
  • Sereal yang diperkaya dengan nutrisi.
Baca Juga :  13 Cara Agar Cepat Gemuk ( Tanpa Efek Samping )
Jenis Makanan Kaya Vitamin D Untuk Menambah Tinggi Badan
Jenis Makanan Kaya Vitamin D Untuk Menambah Tinggi Badan

Tidur Secara Teratur dan Lebih Lama

Jika anda ingat saat kecil dulu, mungkin orang tua sering menyuruh untuk tidur siang. Sesungguhnya itu adalah upaya dari orang tua agar anaknya bisa cepat tumbuh besar dan tinggi.

Saat tertidur tubuh akan memproduksi hormon pertumbuhan manusia. Hormon inisangat baik untuk membantu pembentukan otot dan tinggi badan.

Jadi anda harus lebih banyak tidur baik diwaktu malam mapun ditambah dengan tidur siang untuk memastikan hormon pertumbuhan bisa diproduksi dengan maksimal, sehingga dapat mempercepat proses meninggikan badan.

Berapa jam waktu yang ideal untuk tidur?

  • Untuk anak-anak idealnya bisa tidur selama 10 hingga 11 jam per hari.
  • Sedangkan remaja dan anak-anak di bawah 18 tahun bisa tidur selama 9 hingga 10 jam per hari.

Berolahraga Yang Tepat

Mungkin anda berfiki bagaimana cara emilih olahraga yang bisa mempercepat tambahnya tinggi badan? Kenyataanya tidak ada olah raga yang secara khusus mampu menambah tinggi badan secara singkat.
Tetapi beberapa aktifitas yang dilakukan dalam olahraga tersebut dapat membantu proses tumbuh kembangnya badan secara alami.
Saat anda melakukan lompatan dan meregangkan tubuh, tulang belakang akan tertarik meanjang. Hal ini sangat baik untuk pertumbuhan tinggi badan.
Oleh karena itu, beberaoa cabang olah raga yang bisa anda pilih agar bisa cepat tinggi badan antara lain :
  • Bola basket, karena anda akan banyak melompat tinggi
  • Renang, karena punggung, lengan dan kaki akan sering diregangkan.

Semua jenis olahraga baik, dan tidak ada olahraga tertentu yang akan menambah tinggi badan, tetapi melakukan hal-hal yang di dalamnya Anda harus meregangkan tubuh dan melompat akan membantu memanjangkan tulang belakang Anda.

Tips Agar Cepat Tinggi Badan

Jika anda sudah melakukan langkah diatas dan belum mendapatka hasil yang maksimal, percayalah bahwa anda telah mengusahakan yang terbaik untuk menambah tinggi badan.

Tidak ada cara agar cepat tinggi yang instant.

Tidak semua orang bisa memilik tinggi badan seperti pemain basket atau seperti orang eropa yang berbadan tinggi dan besar,memiliki tubuh yang tinggi bukanlah segalanya, jadi mulailah untuk belajar merasa nyaman dengan kondisi tubuh Anda.

  • Sebagian orang mengalami fase pertumbuhan yang lebih lambat, dan pertumbuhan orang-orang tersebut baru akan berjalan dengan sangat cepat pada usia 17 atau 18 tahun, atau bahkan lebih.
  • Jika Anda benar-benar khawatir, temui dokter anak bagian endokrinologi. Dokter endokrinologi bisa memberikan informasi yang berharga mengenai beberapa hal dari segi medis yang bisa Anda lakukan untuk melawan pertumbuhan yang lambat.

Anda mungkin akan menemukan beberapa suplemen yang mengaku bisa menambah tinggi badan Anda secara ajaib.

Ingat, jika piring pertumbuhan tulang sudah tertutup, Anda tidak akan bisa bertambah tinggi lagi.

Beberapa produk mungkin mengaku bisa melakukannya atau mengandung hormon pertumbuhan manusia (HGH), yaitu hormon yang merangsang pertumbuhan.

Anda harus sangat hati-hati terhadap hormon ini, karena HGH tidak bisa dikonsumsi dalam bentu pil dan harus diberikan oleh dokter.

Tetap sehat dan bersyukurlah dengan kondisi badan anda saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *