cara menyembuhkan vaginismus

Cara Ampuh Menyembuhkan Vaginismus Tanpa Operasi

Posted on

Apakah anda merupakan Vaginismus Survivor yang tengah berupaya mencari informasi dan melakukan hal terbaik untuk menyembuhkan vaginismus?

Kabar baiknya adalah vaginismus BISA DISEMBUHKAN dengan melakukan dilatasi. Secara sederhana, dilatasi adalah latihan memasukkan sesuatu kedalam Mrs V.

Bagi anda yang menderita vaginismus dengan derajat yang masih rendah, bisa belajar sendiri penyembuhan ini dengan memasukan 1 jari kedalam Mrs V.

Sementara jika derajat vaginismusnya sudah tinggi harus melalui pengawasan dokter khusus.

Seorang dokter spesialis obstetri dan ginekologidr. Robbi Asri Wicaksono, SpOG membagi banyak cerita seputar penyembuhan vaginismus melalui akun Instagramnya.

Anda bisa mengunjungi akun instagram dokter Robbi di https://www.instagram.com/vaginismusindonesia/

Vaginismus Survivor
Pasangan Vaginismus Survivor Yang Berhasil Sembuh

Agar anda bisa lebih memahami vaginismus, penyebab dan cara penyembuhanya, silahkan baca terus artikel ini.

 

Pengertian Vaginismus

Vaginismus adalah suatu disfungsi seksual pada wanita, yang berupa kekejangan abnormal otot vagina sepertiga bagian luar dan sekitar vagina.

Pada kondisi ini, pihak wanita akan mengalami reaksi fisik dan psikis sebagai bentuk penolakan, bukan hanya terhadap hubungan seksual, bahkan terhadap sentuhan atau usaha rangsangan di area vital (vagina), yang mengakibatkan terhambatnya rutinitas bercinta.

Cara AMpuh Menyembuhkan Vaginismus

Vaginismus bisa menyerang wanita dengan variasi usia. Mulai dari usia ketika seorang wanita sudah aktif secara seksual, sampai wanita yang sudah berusia lanjut atau tua. Dan diduga, sekitar 2-3 persen wanita dewasa mengalami vaginismus.

 

Tingkat / Derajat Penderita Vaginismus

Penderita vaginismus terdiri dari beberapa tingkat dengan perbedaan dari yang masih bisa melakukan Inter course ( penetrasi ) tapi mengalami rasa sakita yang teramat sangat hingga yang ketakutan saat tersentuh.

  1. Jika anda masih bisa ML tapi selalu sakit banget, itu ud masuk tahapan vaginismus sebenernya.
  2. Jari masih bisa masuk, tapi tidak bisa untuk IC.
  3. Jari tidak bisa masuk, apalagi IC.
  4. Buka paha aja takut. Liat vagina aja takut. Nyentuh aja takut.
Baca Juga :  Choipan Khas Pontianak Kalimantan Barat

 

Penyebab Vaginismus

  1. Adanya infeksi yang menimbulkan luka disekitar lubang vagina atau labia.
    Gangguan selaput dara, termasuk apabila adanya tarikan saat penetrasi berlangsung.
  2. Adanya bekas robekan pada saat melahirkan yang tidak sembuh secara sempurna, sehingga menimbulkan reaksi penolakan sebagi bentuk beban fisik dan fsikis.
  3. Pernah mengalami traumatik secara seksual, seperti pemerkosaan, dimana jika trauma itu masih dirasakan hingga masa menikah, maka hal itu merupakan vaginismus sekunder.
  4. Momen bercinta yang kerap menimbulkan rasa nyeri bisa jadi menyebabkan trauma psikis, sehingga rasa trauma itu bisa menjadi vaginismus.
  5. Perasaan takut yang berlebihan apabila bercinta menjadikan wanita itu hamil.
  6. Serta perasaan takut tertular penyakit kelamin dari pasangannya.

 

Cara Mengatasi dan Menyembuhkan

Cobalah untuk terbuka kepada suami dengan cara membuat komunikasi yang baik dengan suami, apabila Anda telah menyadari bahwa Anda menderita vaginismus. Tidak perlu ragu untuk mengungkapkan hal itu, karena apabila Anda membiarkan suami bertanya tanya dengan penolakan yang Anda berikan, justru akan semakin memperburuk keadaan, dan menghambat kehidupan rumah tangga, terutama hubungan seksual Anda dan pasangan.

Setelah itu, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter ahli. Pada sesi pemeriksaan, salah satu metode pemeriksaan akan mengarah pada dilator.

ahli vaginismus
Salah satu dokter ahli Vaginismus

Dilator adalah suatu alat yang terbuat dari bahan semacam plastik yang berbentuk silinder, yang fungsinya untuk merelaksasi otot vagina yang mengalami kekejangan tidak normal.

Sebelum menggunakan dilator, biasanya terlebih dahulu pihak wanita akan diminta untuk melakukan latihan kontraksi dan relaksasi otot panggulnya.

Apabila sudah mampu melakukan relaksasi otot, barulah dilator bisa digunakan.
Dimulai dari ukuran terkecil (nomor 1). dilator akan dibiarkan didalam vagina sekitar 10-15 menit, dan dapat diulang 3-4 kali di siang hari dan sekali lagi menjelang malam.

Baca Juga :  Cara Cek NISN ( Secara Online )
gambar dilator untuk menyebuhkan vaginismus
Dilator sebagai alat untuk dilatasi

Pada umumnya, wanita dengan vaginismus bisa menggunakan dilator nomor 3 dan empat dalam kurun waktu satu minggu. Apabila dengan penggunaan dilator nomor 3 atau empat, pihak wanita sudah merasakan kenyamanan, maka cobalah untuk bercinta dengan posisi wanita di atas.

Jika ingin sembuh dari vaginitis lebih cepat dan aman, sebaiknya anda mendatangi ahli reguvenasi vagina terbaik untuk penyembuhan vaginitis teraman, sembuh lebih cepat.

Saat ini sudah ada beberapa klinik penyembuhan Vaginismus yang bisa anda kunjungi.

Cara Mencegah Vaginismus

Supaya Anda terhindari dari vaginismus, hindarilah faktor penyebabnya. Dan inilah tips agar terhindar dari vaginismus.

  1. Pendidikan seks sangat perlu bagi pasangan suami istri. Maka dari itu, carilah informasi sebanyak-banyak seputar apa-apa saja yang bisa meningkatkan dan menghambat kehidupan seksual Anda dan pasangan.
  2. Hindari traumatik pada hubungan seksual pertama kali. Maka dari itu, perlu adanya pemahaman dan pengetahuan seputar aktivitas seks sebelum menikah, baik pada wanita maupun pria. Binalah komunikasi yang baik dengan pasangan.
  3. Jagalah kesehatan kelamin dan setialah dengan pasangan, supaya tidak tertular atau terinfeksi penyakit kelamin. Pasca melahirkan, pastikan luka sobekan akibat melahirkan sembuh dengan baik dan sempurna.

 

Salah Kaprah dan Mitos Vaginismus

Vaginismus sering di kaitkan dengan gancet ,padahal kondisi ini berbeda.  Penis captivus atau yang dikenal dengan gancet adalah keadaan ketika penis terjepit di dalam vagina saat berhubungan seks.

Penis terjepit karena otot vagina yang tiba-tiba menekan lebih kuat daripada biasanya.

Yang menjadikannya lebih berbahaya, meski sudah tidak dalam keadaan ereksi, penis tetap tidak bisa ditarik keluar. Bahkan, sebagian kasus yang pernah terjadi membutuhkan bantuan medis untuk mengembalikan kondisi ini seperti semula.

Ada juga yang bilang vaginismus terjadi karena anda kurang rileks saat melakukan hubungan sehingga Mrs V tidak mau terbuka dan tidak bisa dimasukin oleh Mr P.

Baca Juga :  Zodiak 2018: Cara Mengetahui Keberuntungan Cinta dan Karirmu Tahun Ini

Dalam kasus pemerkosaan, apakah korban rileks? Tapi Mr P bisa menerobos masuk.

Apa krena kurang terangsang? Lalu bagaimana dengan Ibu-ibu yang dilakukan pemeriksaan dengan memasukkalan alat kedalam vagina nya?

Apa harus terangsang dulu agar alatnya bisa masuk? tentu tidak bukan?

Jadi, intinya, vaginismus adalah kaku otot vagina. Dimana, tidak seperti vagina normal pada wanita umumnya, penderita vaginismus ini otot vaginanya kaku.

Simpelnya, gabisa dimasukin apa apa. Entah itu dimasukin alat untuk USG transvaginal, mr. p, dll. Jadi ya makanya gabisa ML.

Vaginismus bukanlah aib bagi keluarga, juga bukan kesalahan pasangan anda. Vaginismus bisa disembuhkan. Ada baiknya anda segera menghubungi dokter / ahli penyakit vaginismus untuk mendapatkan treatmen yang semestinya.

Semoga bermanfaat.

Referensi :
https://www.webmd.com/women/guide/vaginismus-causes-symptoms-treatments
https://www.msdmanuals.com/home/women-s-health-issues/sexual-dysfunction-in-women/vaginismus
https://www.nhs.uk/conditions/vaginismus/
https://www.healthline.com/health/vaginismus




Tidak menemukan solusi yang anda cari? silahkan kirim email kepada redaksi anekacara.com dengan permasalahan serta solusi yang anda inginkan. Kirim kan email ke : redaksi@anekacara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *