19 Cara Basmi Kutu Yang Ampuh Secara Alami Tanpa Efek Samping

Cara Basmi Kutu Rambut Yang Ampuh – Sikecil kena kutu rambut dan Anda bingung nyari cara basmi kutu paling aman dan ampuh?Jangan khawatir, dalam artikel ini akan disampaikan cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat yang aman, baik secara alami atau menggunakan obat anti kutu / peditox yang bisa dibeli di toko obat terdekat.

Tapi sebelum membahas soal cara membasmi kutu rambut dan menghilangkan telur kutu, ada baiknya Anda fahami bagaimana cara kutu rambut menular dan berjangkit, siklus hidup dan beberapa seluk beluk dari si kutu agar Anda bisa mengambil tindakan yang tepat untuk membasminya.

Dari pemaparan di sebuah milis, ada beberapa point penting yang perlu anda ketahui tentang kutu rambut ini.

 

Apa sih Kutu Rambut Itu?

Kutu rambut atau dalam bahas Inggrisnya Head Lice adalah sejenis parasit yang hidup dikepala, mereka bisa bertahan hidup dengan jalan menghisap darah dari kulit. Tak heran jika sikecil jadi sering garuk-garuk kepala karena gatal saat si kutu tengah menghisap darah di kulit kepalanya.

Ada beberapa jenis kutu yang bisa hidup di tubuh manusia yaitu :

  • Pediculus humanus capitis ( head louse ) yang menyerang daerah kepala, kita biasa menyebutnya dengan kutu rambut.
  • Pediculus humanus corporis ( body louse, clothes louse ) yang menyerang daerah badan, dan
  • Pthirus pubis ( pubic / genital louse ) yang menyerang daerah kemaluan ( kutu kemaluan )

Tapi untuk artikel ini dicukupkan pembahasanya pada kutu rambut saja.

kutu rambut

Ukuran dan Siklus Hidup Kutu Rambut

Kutu rambut memiliki siklus dari telur, nimpa ( anak kutu rambut ) dan kutu dewasa. Telur kutu rambut berukuran antara 0,3 mm hingga 0,8 mm dan berbentuk oval, kutu dewasa menyematkan telurnya di pangkal rambut. Telur membutuhkan waktu sekitar 1 minggu untuk menetas (6 – 9 hari).

Telur kutu dapat menyerupai ketombe. Untuk membedakannya, telur kutu menempel pada rambut sehingga lebih sulit untuk diangkat.

Telur kutu yang menetas akan menjadi nimpa, orang jawa ada yang menyebutnya sebagai Kor, alias anak kutu. Nimpa ini memiliki bentuk seperti kutu dewasa, hanya saja ukuranya sangat kecil.

Nimpa akan menjadi matang setelah 3 kali berubah ( N1, N2 , N3 ) dan menjadi dewasa dalam waktu 7 hari setelah menetas.

Kutu rambut dewasa ( tumo – bhs Jawa ) berukuran antar 2,1 mm sampai dengan 3,3 mm, mereka bersarang di rambut terutama dbagian pangkal rambut dekat kulit kepala.

Kutu dewasa betina biasanya berukuran lebih besar dari jantan dan dapat mengeluarkan 8 telur setiap hari. Untuk dapat bertahan hidup, kutu dewasa harus menghisap darah beberapa kali sehari. Tanpa darah, kutu dewasa akan mati dalam waktu 1 – 2 hari.

Sampai disini bayangkan, jika si kecil tertular kutu dewasa dari temanya, dalam 1 minggu bisa jadi sudah ada 50 lebih telur kutu yang akan menetas, dan 1 minggu kemudian sudah ada puluhan kutu dikepalanya.

Ngeri kan??

 

Penyebab dan Cara Penularan Kutu Rambut

Kutu bergerak dengan cara merambat atau berjalan, tidak terbang atau loncat. Jadi kalo ada anggapan kutu menular dengan cara terbang atau loncat itu tidak benar.

Head lice banyak ditemukan pada anak usia 3 – 12 tahun. Merupakan penyakit tersering yang menyerang anak-anak sesudah Common colds bagi anak balita dan sekolah dasar!

Jika sikecil terkena kutu rambut, jangan merasa bersalah! ini bukan berarti anda jorok dan menjadi orangtua yang tidak higienes. Kondisi ini tak ada kaitannya dengan kebersihan.

Penyakit ini dapat menyerang siapa saja tanpa memandang sosioekonomi, bahkan di negara erop juga banyak kasus kutu rambut ini.

Nah, bagaimana sih cara kutu rambut itu menular? Pada sebagian besar kasus yang terjadi, kutu menular karena beberapa hal dibawah ini :

1.Kontak Fisik

Pada sebagian besar kasus penularan kutu rambut terjadi karena adanya kontak fisik dengan orang yang rambutnya sudah dijangkiti kutu rambut.

Kalau si kecil tiba-tiba terjangkit kutu rambut dikepalanya, coba di ingat-ingat, apakah mbak-nya punya kutu rambut? Atau ada teman sepermainan yang berkutu?

Anak-anak memang lebih rentan tertular kutu rambut, misal dari mbaknya yang sering menggendong atau menemani si kecil tidur.

Atau bisa juga saat si kecil bermain dengan teman-temanya yang berkutu.

ilustrasi : Kutu bisa menular melalui kontak fisik

2.Melalui Perantara

Media perantara penularan kutu rambut biasanya adalah topi, handuk, bantal, sisir dan barang lain yang digunakan bersama dengan orang yang memiliki kutu rambut.

Tapi penularan dengan perantara seperti ini lebih kecil peluangnya, karena kutu yang tertinggal pada sisir, sikat, bantal, handuk, topi biasanya dalam keadaan lemah. Hal ini disebabkan lice membutuhkan darah untuk bertahan hidup.

 

Tanda-tanda Si Kecil Terserang Kutu Rambut

Ciri-ciri yang nampak dan perlu anda waspadai ketika kutu rambut sudah tinggal dan bersarang di kepala sikecil adalah gatal yang berlebih pada rambut.

Mungkin anda akan melihat sikecil sering menggaruk kepalanya karena rasa gatal. Gatal pada kulit kepala ini disebabkan oleh reaksi alergi terhadap air liur kutu yang dikeluarkan sewaktu menghisap darah.

Ciri-ciri terkena kutu rambut
Ilustrasi: Ciri-ciri si kecil terkena kutu rambut, akan sering menggaruk kepala

Anda juga bisa melihat secara langsung pada rambut si kecil, terutama pada pangkal rambut, apakah si kecil menggaruk kepalanya karena ketombe atau kutu rambut.

Untuk melihat kutu rambu dewasa atau yang masih kecil ( nimpa ) bisa jadi akan sulit, karena kutu ini akan bergerak dengan cepat dan bersembunyi diantara helaian rambut sikecil.

Tapi anda bisa melihat apakah ada telur kutu di rambut si kecil, kutu rambut yang masih ada isinya berwarna lebih gelap dan berukuran lebih besar, sedangkan telor kutu yang sudah kosong ( gabuk ) karena menetas akan berwarna lebih terang.

 

Bahaya Kutu Rambut

Mungkin masih banyak orang yang beranggapan kutu rambut tidak berbahaya dan hanya sekedar membuat kepala gatal dan rasa tidak percaya diri karena rambut yang banyak telur kutunya.

Padahal, kutu rambut bisa mengakibatkan beberapa efek negatif seperti eksim, impetigo, Pediculosis Capitis dan gangguan psikologis. Penjelasanya sebagai berikut.

1. Eksim

Eksim memiliki ciri-ciri bengkak, radang, serta kemerahan pada kulit kepala, bahkan untuk beberapa kasus menjadi ruam, koreng, dan sejenisnya.

Jika kutu rambut ini tidak segera disingkirkan, maka si kecil akan terus menggaruk kepalanya. Dan ini bisa mengakibatkan kulit lecet sehingga membuka peluang terhadap timbulnya eksim ( borokan )

Biasanya eksim juga disertai dengan rasa gatal. Walau tak menular, namun penderitanya pasti akan merasa tidak nyaman.

 

2. Impetigo

Selain exim, bahaya kutu rambut yang banyak ditakuti adalah impetigo. Impetigo merupakan infeksi pada kulit yang disebabkan oleh bakteri streptococcus atau staphylococcus.

Keberadaan bakteri di kulit sebenarnya bukanlah hal yang mengejutkan. Namun permukaan kulit yang mulus (tanpa lecet atau luka) merupakan penghalang utama agar bakteri tak sampai masuk ke dalam tubuh.

Jadi bila kulit sampai tergores dan luka, maka bakteri dapat dengan mudah masuk dan berkembang dalam tubuh sehingga memicu terjadinya infeksi.

Berbeda dengan eksim, impetigo justru memiliki potensi menular yang sangat tinggi. Umumnya cara penularan impetigo terjadi ketika kulit bersentuhan dengan kulit, maupun media perantara lain yang terkontaminasi bakteri seperti baju, handuk, sendok, gagang pintu, dan lain sebagainya.

Bila dilihat dari luka yang ditimbulkannya, impetigo dapat dibagi menjadi 2 jenis yakni bulosa dan nonbulosa.

Impetigo bulosa biasanya ditengarai dengan adanya lepuhan kecil pada kulit yang berisi nanah, sedangkan impetigo nonbulosa memiliki gejala seperti bercah merah.

Dan bila dibandingkan, impetigo nonbulosa ternyata lebih menular ketimbang bulosa. Gejala serius lain yang mungkin menyertai impetigo adalah demam serta membengkaknya kelenjar getah bening.

 

3. Pediculosis Capitis

Saat mengigit kepala untuk menghisap darah, kutu rambut akan meneteskan air liur. Air liur inilah yang membuat kepala terasa gatal, bau, serta kotor.

Karena itulah muncul bahaya kutu rambut yang berupa iritasi kulit akibat gigitannya yang biasa disebut dengan Pediculosis Capitis.

 

4. Gangguan Psikologis

Selain infeksi, bahaya kutu rambut juga bisa berdampak pada psikologis si kecil. Jika tidak segera mendapatkan perawatan untuk menyingkirkan kutu di rambutnya, maka ia bisa menjadi sasaran pelecehan.

Tak hanya dipermalukan, ia bahkan dapat dihina dan dijauhi atas kondisi rambutnya yang kurang bersih. Akibatnya bukan hanya kepercayaan dirinya saja yang menurun, namun juga produktivitas dan prestasinya.

Gak tega dong kalau si kecil sampai dibully teman-temanya karena berkutu…!

 

Anak bisa djauhi teman karena berkutu
Anak bisa djauhi teman karena berkutu

Jika anda sudah yakin sikecil terserang kutu rambut, segera ambil tindakan membasmi kutu rambut yang aman dan nyaman untuk sikecil.

 

Mengapa Kutu Sulit Dibasmi?

Ada sebagian anggapan jika kutu rambut sulit dihilangkan,padahal letak permasalahanya bukan pada kekebalan kutu terhadap obat anti kutu yang dipergunakan.

Pengobatan yang tidak tuntaslah yang jadi penyebabnya, misalkan hari ini anda melakukan pembasmian kutu rambut di kepala si kecil dan tidak dilanjutkan kembali.

Padahal bisa jadi masih ada telur kutu yang menempel dan menetas beberapa hari kemudian, lalu dalam waktu seminggu kemudian kutu tersebut sudah bertelur kembali.

Maka penanganan yang terbaik adalah melakukan pengobatan secara rutin dalam rentang 3-4 hari sekali selama 2 minggu berturut-turut atau sampai kutu benar-benar hilang.

Jadi, apakah anda sudah siap untuk membasmi kutu rambut dari kepala si Kecil?

Anda bisa memilih diantara beberapa cara menghilangkan kutu rambut secara alami yang aman dilakukan untuk si kecil.

 

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Cara menghilangkan kutu rambut bagi anak-anak tentu tidak sama dengan orang dewasa, terutama jika anda akan menggunakan bahan-bahan kimia yang ada dalam obat pembasmi kutu seperti peditox.

Meski dianggap sebagai obat anti kutu rambut paling mujarab, peditox memiliki kandungan bahan kimia yang berbahaya jika digunakan dalam waktu dan dosis yang lama.

Oleh karena itu penggunaan bahan-bahan alami lebih direkomendasikan untuk membasmi kutu dari kepala si kecil.

1. Lice Teraphy di Salon Kutu Rambut

Jika budget tidak menjadi masalah bagi anda, menghilangkan kutu rambut dengan lice teraphy dari salon yang menyediakan jasa khusus perawatan dan pembasmian kutu rambut bisa jadi pilihan utama.

Saat ini sudah banyak sekali salon pembasmi kutu yang berdiri dan siap menghilangkan kutu rambut dari kepala si kecil dengan cepat.

Salah satunya adalah Moz5 Salon Muslimah, yang lokasinya antara lain berada di area Pejaten, Tebet, Radio Dalam, serta Margonda Depok dan Bintaro.

Perawatan untuk rambut berkutu di salon ini menggunakan shampoo ginseng habats dengan tea tree essential oil, hair tonic rosemary dan yang mengandung tea tree oil.

Proses treatmentnya yakni cuci rambut dengan shampoo tea tree sebanyak dua kali. Kemudian dipanaskan, ini dilakukan untuk membunuh telur-telur kutu. Terapi ini bisa dilakukan 1-3 kali hingga kutu dan telurnya hilang.

Untuk bisa menikmati terapi ini anda harus merogoh kocek sekitar 250-300 ribu, dan terapi kutu di Salon Moz5 ini hanya dilakukan untuk anak-anak usia 9 tahun hingga dewasa.

salon khusus basmi kutu

Salon treatment kutu rambut lainya yang bisa anda kunjungi adalah Vallery Salon Jln.Caman Raya No.129, Jatibening, Pd.Gede & Jln.Pulo Sirih Barat 8 Blok Fe No.426, Galaxy, Bekasi.

 

2. Menggunakan Sisir Serit

Menghilangkan kutu dan telurnya dari rambut menggunakan serit adalah methode paling aman untuk dilakukan. Anda bisa menambahkan bahan-bahan alami seperti minyak zaytun atau minyak kelapa untuk mengolesi kulit kepala sebelum dilakukan penyeritan.

Hal ini selain untuk memperlambat pergerakan kutu rambut dan nimpa, kandungan minyak akan membuat rambut lebih basah dan mudah untuk diserit.

Agar lebih maksimal hasilnya, pilih serit kutu berbahan metal ( Metal Nit Lice Comp – Sisir Pembersih Kutu Rambut & Ketombe ) yang banyak dijual dipasar atau tokopedia dan bukalapak seperti dibawah ini :

Sirtu alias Sisir kutu, serit untuk menghilangkan kutu dan telor kutu
Sirtu alias Sisir kutu, serit untuk menghilangkan kutu dan telor kutu

Cara menghilangkan kutu dengan serit ini dilakukan dengan langkah sebagai berikut :

  1. Olesi kulit kepala dan rambut dengan minyak kelapa atau minyak zaytun, tujuanya untuk memperlambat pergerakan kutu dewasa dan nimpa, selain itu agar rambut tidak kering dan lebih mudah diserit.
  2. Pijat-pijat kulit kepala hingga merata, diamkan hingga 10-15 menit
  3. Sisir rambut agar tidak kusut.
  4. Ambil serit, usahakan menggunakan serit dengan kerapatan yang maksimal. Serit dengan bahan metal biasanya lebih bagus karena bisa menghilangkan telur kutunya juga.
  5. Serit dari pangkal hingga ujung rambut, pastikan kulit kepala tersentuh oleh serit karena kutu dewasa dan nimpa biasanya lebih sering menempel di kulit kepala.
  6. Jika sudah selesai, keramasi rambut dengan shampoo hingga bersih

Anda perlu mengulangi proses ini setiap 3-4 hari untuk mencegah agar telur kutu yang tertinggal tidak menetas menjadi nimpa yang akan bertelur kembali dalam hitungan beberapa hari kemudian.

Lakukan rutin hingga 2 minggu sampai anda yakin jika si Kecil sudah terbebas dari kutu rambut.

 

3. Menggunakan Sisir Pembasmi Kutu Electric

Cara membasmi kutu yang ampuh bisa anda lakukan menggunakan alat dengan tehnologi terbaru ini. Alat ini mengkombinasikan serit berbahan metal untuk mengangkat kutu, telor kutu dan ketombe dari kepala dengan vacum/ alat penyedot sehingga anda tak perlu repot membunuh kutu satu persatu seperti saat menggunakan serit manual.

Salah satu merek sisir penyedot kutu yang bisa anda beli di Tokpedia, Bukalapak, Shopee atau toko lainya adalah V-Comb™.

Cara kerja dari sisir elektrik penyedot kutu dan telurnya ( V-Comb Vacuum ) ini adalah menggabungkan fungsi kerja antara sisir dan vakum penyedot sehingga mampu bekerja secara efektif membasmi kutu beserta telurnya yang susah hilang.

Sisir elektrik penghilang kutu yang sekilas nampak seperti barang eltronik unik ini bisa anda peroleh dengan harga yang tidak terlalu mahal, dalam tiap kemasan jualnya anda akan mendapat :

  • 1pcs Sisir V-Comb Penghisap Kutu
  • 3pcs Saringan Kutu
  • 1pcs Sikat Pembersih
  • Buku Panduan

sisir kutu elektrikSelain menggunakan alat-alat diatas, masyarakat Indonesia memiliki resep dan cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya secara alami tanpa merusak rambut menggunakan resep turunan dari nenek moyangnya.

 

4. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dengan menggunakan minyak kayu putih bisa anda lakukan dengan mudah. Tapi anda harus tetap berhati – hati saat melakukan hal ini.

Minyak kayu putih yang dibalurkan pada kulit kepala yang berkutu dipercaya akan membuat kutu dewasa dan nimpa keluar dari persembunyianya sehingga anda akan lebih mudah untuk menangkapnya.

Terapi minyak kayu putih untuk membasmi kutu ini akan lebih efektif jika dilanjutkan dengan menyerit rambut agar telur kutu yang masih menempel pada rambut bisa ikut rontok.

Lakukan hal ini tiap 3-4 hari berturut-turut selama 2 minggu atau sampai kutu dan telurnya benar-benar hilang.

 

5.Menggunakan Baby Oil

Baby oil juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutu rambut. Olesi rambut si kecil dengan beberapa tetes baby oil hingga merata. Diamkan beberapa waktu, jika ada penutup kepala lebih bagus.

Saat baby oil diaplikasikan pada rambut, kutu dewasa ataupun nimpa akan terhambat pergerakanya, tapi kutu tidak akan mati. Anda harus melanjutkan terapi ini dengan menyerit rambut sikecil.

Gunakan serit yang kerapatanya bagus agar telur kutunya juga bisa ikut hilang, cara menghilangkan kutu rambut dengan baby oil relatif lebih aman karena baby oil tidak menimbulkan rasa panas seperti minyak kayu putih.

 

6.Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Kapur Ajaib

Kapur ajaib adalah produk insektisida berbentuk kapur tulis padat, efektif mengendalikan semut, kutu dan membasmi kecoa. Biasanya obat pembasmi serangga ini diaplikasiakan pada tempat-tempat yang banyak semut atau kecoanya. Tapi ada beberapa orang yang menggunakan kapur ajaib ini untuk membasmi kutu rambut.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan kapur ajaib dilakukan dengan menghaluskan kapur tersebut, mencampurnya dengan minyak kelapa dan mengoleskan kekulit kepala yang banyak kutu dan telurnya.

Bahan kimia yang ada dalam kapur ajaib akan membuat kutu rambut mati, tapi cara ini terlalu beresiko untuk si kecil.

Ada baiknya anda mempertimbangkan kembali terapi ini.

 

7.Cara menghilangkan kutu rambut dengan daun sirsak

Daun sirsak sudah lama dipercaya oleh masyarakat kita sebagai obat pembasmi kutu rambut alami yang ampuh untuk menghilangkan kutu dan telurnya.

Manfaat daun sirsak untuk basmi kutu
Manfaat daun sirsak untuk basmi kutu

Ambil beberapa lembar daun sirsak yang masih segar, lumatkan dengan cara ditumbuk sampai halus.Usapkan daun ini ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala sampai rata. Setelah itu bungkus dengan handuk hangat dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.

Setelah itu bilas dengan air bersih.

Sama seperti methode lainya, anda harus mengulangi terapi ini dalam 3-4 hari sekali, karena bisa jadi saat pembasmian kutu rambut dengan daun sirsak dilakukan, masih ada telur kutu yang tertinggal dan menetas dalam 3-4 hari kemudian.

Ingat, anak kutu rambut hanya butuh waktu sekitar 1 minggu untuk menjadi dewasa dan sia bertelur lagi.

 

8.Menggunakan Asam Cuka

Asam cuka juga bisa anda gunakan untuk menghilangkan kutu dan telurnya dari kepala si kecil dengan cepat. Namun karena sifatnya yang sangat asam, sebaiknya gunakanlah dengan hati-hati agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit kepala si Kecil.

Mungkin anda perlu tambahkan sedikit air untuk mengurangi keasamannya.

Sedangkan cara membasmi dan menghilangkan kutu rambut dengan asam cuka bisa dilakukan dengan mencampur 2 sdm cuka dan 2 sdm minyak kelapa.

Oleskan secara merata pada kulit rambut sebelum tidur, gunakan penutup kepala ( shower cap ) dan diamkan selama si kecil tidur.

Setelah bangun keesokan harinya, keramasi rambut si kecil dengan shampoo hingga bersih. Ulangi terapi ini dalam waktu 3-4 hari sekali sampai kutu dan telurnya benar-benar hilang.

 

9. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya dengan cepat dan aman, terlebih jika si kecil memiliki rambut yang panjang.

Caranya adalah dengan mengolesi rambut sikecil dengan minyak zaytun sebelum tidur. Oleskan dan pijat dengan merata hingga ke pangkal rambut.

Setelah itu tutup kepala menggunakan shower cap, dan biarkan sampai esok paginya.

Setelah bangun dari tidur, keramasilah rambut dengan menggunakan shampoo sampai bersih, ulangi hal ini beberapa hari sekali sampai kutu dan telurnya benar-benar habis.

minyak zaitun untuk membasmi kutu

10. Menggunakan mayonnaise

Siapa sangka jika bahan yang biasanya kita gunakan untuk saus pelengkap makanan, ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu rambut secara alami dan permanen.

Caranya juga sangat mudah, begini caranya :

  1. Siapkan mayonnaise secukupnya.
  2. Oleskan pada kulit kepala dan pijit-pijit dengan lembut sampai merata..
  3. Gunakan shower cap untuk menutup rambut.
  4. Biarkan dulu sekitar 5 sampai 6 jam.
  5. Keramasilah rambut dengan shampoo hingga bersih.
  6. Setelah mengeringkan rambut, sisirlah rambut Anda menggunakan sisir serit agar benar-benar bersih.
  7. Ulangi terapi ini beberapa kali hingga kutu dan telurnya benar-benar telah pergi dari rambut si kecil.

 

11. Menggunakan Buah Lemon

Kandungan asam yang tinggi pada buah lemon bisa digunakan untuk menghilangkan kutu rambut dengan cepat dan lebih aman. Caranya juga sangat mudah,

  1. 2 buah lemon dipotong, kemudian peras airnya.
  2. Sediakan air sebanyak 100ml.
  3. Campurkan ke 2 bahan di atas hingga merata.
  4. Teteskan cairan tersebut pada kulit kepala lalu pijit-pijit selama 5 sampai 10 menit.
  5. Biarkan selama 30 sampai 40 menit
  6. Keramasilah rambut Anda dengan air hangat.

buah lemon untuk basmi kutu

12. Dengan Mouth Wash

Mouth Wash adalah obat kumur yang biasa dipakai sesudah menyikat gigi. Namun ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya. Begini caranya :

  1. Tuangkan obat kumur secukupnya pada telapak tangan Anda.
  2. Oleskan dan pijit-pijit dengan lembut pada kulit kepala sampai merata.
  3. Tutup kepala Anda dengan menggunakan shower cap.
  4. Biarkan dulu selama 2 jam.
  5. Keramasilah rambut anda dengan air bersih.

 

13. Menggunakan Alkohol

Alkohol dengan kadar 70 persen bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan telur kutu rambut. Karena senyawa isoprofil yang ada pada alkohol mampu membasmi kutu rambut dan telurnya.

Yang perlu diperhatikan adalah, jangan menggunakan cara ini bila kulit kepala sedang terluka. Alkohol akan membuat kulit kepala yang terluka terasa perih.

Untuk mencegah kulit kepala mengalami iritasi cukup lakukan perawatan ini 1 kali dalam seminggu.
Caranya adalah :

  1. Tuangkan alkohol secukupnya pada telapak tangan Anda.
  2. Oleskan alkohol pada kulit kepala Anda dan pijit-pijit dengan lembut.
  3. Biarkan sejenak selama 20 sampai 30 menit.
  4. Gunakanlah sisir serit untuk menyisir rambut Anda.
  5. Maka kutu rambut dan telurnya akan berjatuhan.
  6. Keramasilah rambut dengan air dingin hingga bersih.

 

14. Menggunakan Bawang putih

Bawang putih dikenal memiliki banyak manfaat, termasuk untuk menghilangkan kutu dan telurnya secara alami dari rambut. Berikut adalah cara menghilangkan kutu rambut secara alami menggunakan bawang putih :

  1. Siapkan 10 siung bawang putih.
  2. Masukkan ke dalam blender dan giling hingga halus.
  3. Siapkan 3 sdt air jeruk nipis. Kemudian campurkan.
  4. Oleskan pada kulit kepala hingga merata.
  5. Gunakan shower cap untuk menutup rambut anda.
  6. Biarkan selama 30 menit..
  7. Keramasilah rambut Anda hingga bersih.

bawang putih untuk basmi kutu

15. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh yang mampu untuk menghilangkan kutu di rambut panjang. Juga mengandung Vitamin E yang mampu menyehatkan dan melembutkan rambut Anda. Cara alami menghilangkan kutu rambut dengan minyak kelapa adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan 2 sdm minyak kelapa lalu hangatkan sebentar.
  2. Oleskan minyak kelapa pada kulit kepala dan pijatlah dengan lembut selama kurang lebih 15 menit.
  3. Pasang penutup rambut pada kepala dan tidurlah, sambil mendiamkannya sampai besok pagi.
  4. Setelah bangun dari tidur, keramasilah rambut anda dengan menggunakan shampoo.

16. Dengan Peditox

Peditox adalah obat berbentuk lotion / cair yang digunakan untuk membasmi kutu dan telurnya serta mencegah penularanya.

Komposisi peditox berupa bahan aktif  permenthrin 1 % yang merupakan insektisida yang juga digunakan untuk mengatasi gudik (scabies) namun dengan kadar yang lebih rendah.

Anda tidak perlu bingung mencari peditox dijual dimana, karena obat yang diproduksi oleh PT. Chombiphar ini merupakan obat bebas yang dapat dibeli di apotik tanpa resep dokter.

Bahkan anda bisa juga membelinya di toko online seperti Tokopedia atau Bukalapak. Harga peditox ini juga tidak terlalu mahal.

Harga peditox di tokopedia
Harga peditox di Tokopedia

Apakah Peditox aman untuk anak-anak?

Peditox yang dijual di pasaran memiliki kandungan Permetrin 1 %, untuk lebih aman bagi si kecil ada baiknya anda konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Dan yang perlu anda perhatikan, peditox tidak direkomendasikan untuk anak dibawah usia 6 tahun.

Secara umum efek samping yang bisa terjadi dan perlu diperhatikan, antara lain sebagai berikut:

  • Rasa seperti terbakar di kulit kepala.
  • Kemerahan, gatal, kebas dan pembengkakan di kulit kepala.

Belum ada data yang menunjukkan adanya efek overdosis penggunaan Peditox. Namun seperti obat-obatan lainnya, penggunaan dosis tinggi terlalu sering dan tanpa resep dokter mungkin menyebabkan overdosis.

Jika muncul gejala seperti efek samping namun lebih intens pada kulit kepala, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Cara Memakai Peditox

  • Sebelum digunakan, pastikan si kecil tidak memiliki riwayat hipersensitivitas terhadap permetrin.
  • Pertama bersihkan rambut dengan shampoo kemudian keringkan, aplikasikan Peditox secukupnya di rambut dan kulit kepala. Biasanya kutu rambut lebih banyak berkumpul di sekitar tengkuk dan belakang telinga, aplikasikan lebih banyak pada area ini.
  • Setelah diaplikasikan cukup merata, diamkan selama 10 – 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk.
  • Jika setelah pemakaian pertama masih ditemukan kutu rambut yang hidup, aplikasikan untuk yang ke 2 kalinya pada 7 – 10 hari setelah pemakaian pertama. Gunakan juga sisir serit untuk hasil yang lebih baik.

 

17. Dengan DexTox Red Spray

Mungkin anda masih asing dengan obat pembasmi kutu dan telurnya yang satu ini, obat yang satu ini diaplikasikan dengan cara disemprotkan kerambut dan kutu akan mati dalam beberapa menit kemudian.

Cara menghilangkan kutu dengan Dextox juga mudah dilakukan.

Basahi rambut, semprotkan obat di kulit kepala dan rambut sampai basah, gosok dan usapkan oleh tangan supaya merata. Tutup rambut dgn kain atau penutup kepala lalu diamkan selama 10-30 menit. Jika kutu rambut sudah sangat banyak dan kronis, diamkan selama 1-3 jam. Kemudian bersihkan dengan sisir serit dan bilas dengan air bersih.

obat kutu rambut dextox

Selain redtox, masih banyak merek obat kutu rambut spray yang dijual bebas di apotik atau toko online seperti Tokopedia dan Bukalapak.

 

18. Dengan Shampoo Anti Kutu

Shampoo anti kutu bisa anda gunakan untuk membasmi kutu dan telurnya dengan lebih mudah, karena cara penggunaanya seperti keramas dengan shampoo biasa.

Basahi rambut, pijat ke bagian kulit kepaladan rambut lalu bilas bersih. ulangi bila perlu. untuk mendapatkan hasil terbaik gunakan setiap kali keramas.

Salah satu merek shampoo anti kutu yang banyak dijual adalah Fayolla Shampoo Family Care

Shamoo anti kutu

19. Dengan Obat Kutu Khusus Anak-anak

Saat ini ternyata sudah ada obat anti kutu rambut tumbonan yang bisa digunakan untuk anak-anak yaitu obat kutu 99.

Obat kutu 99 ini didesain khusus untuk membasmi kutu di rambut untuk anak-anak, obat kutu 99 ini sangat manjur tinggal sekali pakai saja kutu dan telur-telurnya di rambut anak anda langsung mati kering

Cara memakai obat kutu 99

  1. Kocok dahulu obat kutu 99
  2. Tuangkan ke tangan secukupnya
  3. Oleskan ke rambut anak anda sampai benar-benar rata
  4. Diamkan selama kurang lebih 2-3 jam lalu serit
  5. Kutu beserta telur-telurnya akan mati kering dengan segera

Dari review para pengguna obat kutu 99 cara pakainya sebelum tidur dan bangun tidur sudah banyak kutu dirambut mati kering disekitar bantal yang dipakai. paginya tinggal keramas.

Obat Pembasmi kutu rambut tumbonan

Cara Pencegahan Agar Kutu Tidak Balik Lagi

Hal yang paling menjengkelkan adalah si kutu rambut datang lagi kekepala padahal sudah dilakukan pembasmian dengan obat dan metode seperti diatas. Oleh karena itu anda perhatikan beberapa hal penting berikut ini.

Kutu rambut akan mati dalam 1 atau 2 hari setelah jatuh dari kepala manusia. Kutu rambut umumnya menyebar melalui kontak langsung antara kepala dengan kepala (rambut dengan rambut). Untuk mencegah penyebaran dari kutu rambut maka hal yang dapat dilakukan adalah :

  1. Hindari kontak langsung rambut dengan rambut sewaktu bermain atau saat aktifitas di sekolah dan di rumah.
  2. Jangan saling meminjam topi, skarf, mantel, seragam olahraga, jaket, bandana atau topi baret .
  3. Jangan saling meminjam handuk, sisir , sikat. Cucilah menggunakan air panas (minimal 71 0 C selama 5 10 menit) sisir atau sikat yang digunakan oleh seseorang dengan kutu rambut.
  4. Jangan berbaring di kasur, sofa, bantal, karpet atau pada binatang berbulu yang kontak dengan seseorang dengan kutu rambut.
  5. Bersihkan lantai dan perabotan menggunakan vakum, terutama pada tempat dimana orang dengan kutu rambut duduk atau berbaring. Namun tidak perlu menghabiskan banyak uang dan waktu untuk membersihkan rumah.
  6. Cucilah baju, sprei, dan barang lain yang digunakan oleh sejak 2 hari sebelum pengobatan dimulai menggunakan air panas (54 0 C). Baju dan pakaian yang tidak dapar dicuci dapat dicuci kering ATAU dirapatkan dalam kantong plastik dan disimpan selama 2 minggu.

*dari berbagi sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *