Cara Berkenalan Dalam Bahasa Korea ( Beserta Contohnya )

Posted on

Buat yang baru mulai belajar bahasa korea, maka cara berkenalan dalam bahasa korea yang gaul dan kekinian ini wajib dikuasai.

Ketrampilan dalam mengucapkan kata dan kalimat perkenalan ini bisa membuatmu lebih percaya diri saat bertemu dengan temen baru dari korea.

Gimana, udah siap?

But wait, sebelum membahas cara berkenalan dalam bahasa korea, ada baiknya kamu fahami dulu cara pengucapan kata dan kalimat dalam bahasa korea.

 

Pengucapan / Artikulasi

Agar perkenalanmu tidak bikin malu, kamu juga harus belajar pengucapan bahasa korea yang benar.

Untuk setiap suku kata yang ada vokal “eo (ㅓ)”-nya seperti di “eo-di-seo wass-eum-ni-kka?” eo-nya dibaca hampir seperti “o (ㅗ)” .

Bedanya kalau ㅗ (o) diucapkan dengan mulut yang membundar sempurna kalau ㅓ(eo) dibacanya dengan mulut lebar seperti ingin mengucapkan “a” tetapi suara yang keluar adalah “o”.

Intinya dalam mengucapkan ㅓ(eo) mulut kita terbuka lebih lebar.

Untuk “eu (ㅡ)” pengucapannya seperti “e” pada kata “benar”.

Faham gak, atau malah bingung?

Coba deh buka google translate di : https://translate.google.com/

Setelah itu, copy paste tulisan diatas, klik tanda speaker dan dengarkan pengucapanya!

Meski gak 100% tepat, artikulasi dari google translate bisa kamu jadikan referensi untuk pengucapanya, jadi nanti kalau ketemu kosa kata yang baru dan belum tau cara membacanya, kamu bisa pakai google translate.

Selanjutnya kita bahas cara megucapkan salam dalam bahasa korea.

 

Cara Mengucapkan Salam

Saat pertama kali ketemu pasti dong kita harus mengucap salam,

Tambahin dengan senyum paling manis dan pede yang gak boleh kendor.

Salam bisa ucapan Halo, Hai atau yang lebih resmi pakai kata Selamat pagi, Selamat siang dan seterusnya.

Tapi untuk bahasa korea, kamu cukup menggunakan kata 안녕하세요 (Annyeonghaseyo)

Gak tau cara ngucapinya? pake google tranlate seperti diatas ya..!

안녕하세요 (Annyeonghaseyo) artinya adalah Halo, Hai, Selamat pagi,siang atau malam.

Lalu bagaimana kalau kamu yang disapa duluan, gimana jawabnya?

Kamu cukup jawab dengan kata yang sama, 안녕하세요 (Annyeonghaseyo).

Tapi kamu jangan membalas dengan kata 안녕 (an-nyeong) karena itu dianggap tidak sopan, apalagi dengan orang yang baru dikenal atau dalam suasana formal.

 

Cara Memperkenalkan Nama

Untuk memperkenalkan nama dalam bahasa korea, kamu bisa menggunakan kalimat dibawah ini :

  • 제 이름은 …. 입니다 (Je i-reum-eun…im-ni-da) yang artinya Nama saya adalah …
  • 저는….입니다 (Jeo-neun…im-ni-da) yang artinya Saya….. ( nama kamu )

Nah kalimat diatas biasanya dipake buat yang formal atau baru kenal, untuk yang semi formal atau santai ( sehari-hari ) kamu bisa pakai kata-kata dibawah ini :

  • Saya ( nama kamu ) … = 제 이름은 … 이에요/예요 (je i-reum-eun ….i-e-yo/ye-yo) atau,
  • Saya ( nama kamu ) … = 저는 …. 이에요/예요 (jeo-neun … i-e-yo/ye-yo)
  • Orang memanggil saya … =저는 ….(이)라고합니다/(이)라고해요 (jeo-neun … (i)-ra-go-ham-ni-da/(i)-ra-go-hae-yo)

Catatan :

Ada catatan penting yang perlu kamu fahami dalam penggunaan kalimat 이에요/예요 ( i-e-yo/ye-yo ).

Gampangnya, kalo huruf terakhir nama kamu konsonan, maka pakenya  이에요 (i-e-yo)

Dan kalo huruf terakhir nama kamu vokal, makenya 예요 (ye-yo).

Contoh :

  • Namaku Bram, maka bahasa koreanya : je i-reum-eun Brami-e-yo
  • Namaku Sheilla, maka bahasa koreanya : je i-reum-eun Sheillaye yo /
Baca Juga :  Cara Daftar Mudik Gratis Kapal Laut 2019

Nah , sekarang gimana caranya kalo kita nanya siapa nama kamu dalam bahasa korea?

Kamu bisa pakai kalimat ini :

  • Siapa nama kamu? = 이름이 무엇입니까? (I-reum-i mu-eos-im-ni-kka?) atau,
  • Siapa nama kamu? = 이름이 뭐예요? (I-reum-i mwo-ye-yo?)

Memperkenalkan Asal,Tempat Tinggal dan Umur

Setelah perkenalan nama, kamu bisa melanjutkan dengan memberi tahu asal-usul atau tempat tinggal atau pekerjaan kamu sekarang.

Untuk memperkenalkan asal negara kamu bisa pakai kalimat ini :

Misal kamu mau bilang Aku orang Indonesia, kamu bisa ucapkan

저는 인도네시아 사람입니다 (Jeo-neun in-do-ne-si-a sa-ram-im-ni-da)

Atau

저는 인도네시아 사람이에요 (Jeo-neun in-do-ne-si-a sa-ram-i-e-yo)

 

Nah, kalau kamu mau nanya balik, kamu dari negara mana? kamu bisa ucapkan ini,  어느 나라 사람입니까? (Eo-neu na-ra sa-ram-im-ni-kka?) atau 어느 나라 사람이에요? (Eo-neu na-ra sa-ram-i-e-yo?)

 

Kalimat lain yang bisa kamu pakai untuk menunjukkan asal atau tempat tinggal dalam bahasa korea adalah seerti dibawah ini :

Saya berasal dari Indonesia = (Asal Tempat)저는 인도네시아에서 왔습니다 (Jeo-neun in-do-ne-si-a-e-seo wass-eum-ni-da) atau 저는 인도네시아에서 왔어요 (jeo-neun indonesiae-seo was  s-eo-yo)

Saya (sedang) tinggal di … =저는 (nama tempat)에 살고있습니다 (Jeo-neun …e sal-go-iss-eum-ni-da) atau,

Saya (sedang) tinggal 저는 (nama tempat)에 살고있어요 (Jeo-neun …e sal-go-iss-eo-yo)

Kalau kamu mau nanya balik “Kamu tinggal dimana?” gunakan 어디 사세요? (Eo-di sa-se-yo?)

Aatau kalau mau nanya lebih spesifik tentang kota tempat tinggal bisa gunakan : 어느 도시에 사세요? (Eo-neu do-si-e sa-se-yo?)

Untuk menyampaikan umur, gunakan kalimat ini :

  • Umur saya…tahun = 저는 ….살입니다 (Jeo-neun … sar-im-ni-da) atau,
  • Umur saya … tahun = 저는 ….살이에요 (Jeo-neun …. sar-i-e-yo)

Misal, umur ku 20 tahun, kamu bisa bilang Jeo-neun seumul sar-im-ni-da

Kalo kamu mau nanya balik,  “Umur kamu berapa?” gunakan 몇살입니까? (Myeot-sar-im-ni-kka?) atau 몇살이에요? (Myeot-sar-i-e-yo?).

Kalimat lain yang bisa digunakan (sangat sopan dan formal) adalah 나이가 어떻게 되세요? (Na-i-ga eo-tteo-ke doe-se-yo?)

 

Kalimat Penutup Dalam Perkenalan

Untuk menutup perkenalan, kamu bisa pakai kalimat :

Senang berjumpa denganmu  = 만나서 반갑습니다 (man-na-seo ban-gap-seum-ni-da) atau 만나서 반가워요 (man-na-seo ban-ga-weo-yo).

Ada beberapa kalimayt lain yang bisa kamu pakai untuk basa-basi sebelum menutup perkenalan seperti dibawah ini.

Saya sering mendengar tentang kamu = 이야기 많이 들었어요. [i-ya-gi ma-ni deu-reo-sseo-yo]

Wajah saya mudah di kenal.제 명함이에요. [je myeong-ham-i-e-yo]

Sampai bertemu lagi. = 다음에 또 봬요. [da-eu-me tto bwae-yo]

Contoh Perkenalan dalam bahasa Korea dan Artinya

민수           : 안녕하세요

Minsu         Annyeong haseyo

Minsu         Halo apa kabar?

대위           : 예, 안녕하세요

Daewi         Ye, annyeong haseyo

Dewi           Ya, halo

민수            : 만나서반갑습니다

Minsu         : Mannaseo bangabseumnida

Minsu         : Senang bertemu dengan Anda

대위           : 저도 반갑습니다. 제 이름은 대위 입니다.

Dewi         : Jeodo bangabseumnida. Je ireumeun Daewi imnida.

Dewi          : Saya juga senang. Nama saya Dewi.

민수           : 저는민수, 밝민수입니다. 어디에서왔습니까?

Minsu         Jeoneun Minsu, Park Minsu imnida. Eodi eseo wasseumnikka?

Minsu         Saya Minsu, Park Minsu. Anda berasal dari mana?

 

대위          : 인도네시아에서왔습니다. 고향은자카르타입니다.

Daewi        : Indonesia eseo wasseumnida. Gohyangeun jakareuta imnida

Dewi         : Berasal dari Indonesia. Kampung halaman saya di Jakarta.

 

민수           : 제고향은 전주입니다. 전주는 비빔밥으로 유명합니다.

Minsu         :Je gohyangeun Jeonju imnida. Jeonjuneun bibimbabeuro yumeonghamnida

Minsu          Kampung halaman saya di Jeonju. Jeonju terkenal dengan bibimbab.

대위           : 아, 그렇습니까?Daewi        : A, geureoseumnikka?

Dewi          :Aa, begitu ya?

민수            : 저는 한국대학교학생입니다. 경제학을 공부합니다

Minsu         : Jeoneun hanguk daehakkyo haksaeng imnida. Gyeongjehageul gongbuhamnida

Minsu          : Saya mahasiswa Universitas Korea. belajar ekonomi.

대위            : 저는 대학생이아닙니다. 저는신발공장에서 일합니다

Daewi         : Jeoneun daehaksaengi animnida. Jeoneun sinbal gongjang eseo irhamnida

Dewi            : Saya bukan mahasiswa. Saya bekerja di pabrik sepatu.

민수            : 대위 씨, 약속이있어서 먼저 실례하겠습니다

Minsu         : Daewi ssi, yaksogi isseoseo meonjeo sillyehagesseumnida

Minsu         : Dewi, karena ada janji, maaf saya permisi pergi lebih dulu.

대위            : 예, 또만나요

Daewi        : Ye, tto mannayo

Dewi           :Ya, sampai jumpa lagi.

 

100 Kosa Kata Bahasa Korea Sehari-hari

Kamu bisa menghafalkan 100 kosa kata bahasa korea sehari-hari ini agar kemampuanmu makin meningkat pesat.

Hapalkan 5 kosa kata saja tiap harinya, dan dalam 20 hari kedepan kamu bisa hapal semuanya.

  1. 안녕 하십니까 ? dibaca “Annyeong hasimnikka” artinya (Apa kabar ?, Selamat pagi, Selamat siang, Selamat sore, Selamat malam) Formal.
  2. 안녕 하세요 dibaca “Annyeong haseyo” artinya (Apa kabar ?, Selamat pagi, Selamat siang, Selamat sore, Selamat malam) Informal.
  3. 안녕히 가십시오 dibaca “Annyeonghi kasipsio” artinya (Selamat jalan) Formal.
  4. 안녕히 가세요 dibaca “Annyeonghi kaseyo” artinya (Selamat jalan) Informal.
  5. 잘가요 dibaca “Chalgayo” artinya (Selamat jalan) Informal.
  6. 안녕히 계십시오 dibaca “Annyeonghi kyesipsiyo” artinya (Selamat tinggal) Formal.
  7. 안녕히 계세요 dibaca “Annyeonghi kyeseyo” artinya (Selamat tinggal) Informal.
  8. 안녕히 주무십시오 dibaca “Annyeonghi Chumusipsiyo” artinya (Selamat tidur) Formal.
  9. 안녕히 주무세요 dibaca “Annyeonghi Chumuseyo” artinya (Selamat tidur) Informal.
  10. 잘자요 chal chayo dibaca “Chal chayo” artinya (Selamat tidur) Informal.
  11. 축하합니다 ! dibaca “Chukhahamnida” artinya (Selamat !) Formal.
  12. 축하해요 ! dibaca “Chukhahaeyo” artinya (Selamat !) Informal.
  13. 생일 축합니다 dibaca “Saengil chukhahamnida” artinya (Selamat ulang tahun) Formal.
  14. 생일 축하해요 dibaca “Saengil chukhahaeyo” artinya (Selamat ulang tahun) Informal.
  15. 새해복 많이 받으세요 dibaca “Saehaebok manhi padeuseyo” artinya (Selamat tahun baru) Informal.
  16. 즐거운 휴일 보내세요 dibaca “Chulgoun hyull poneseyo” artinya (Selamat berlibur) Informal.
  17. 실례합니다 dibaca “Sillyehamnida” artinya (Permisi) Formal.
  18. 여보세요 dibaca “Yeoboseyo” artinya (Hallo/untuk telepon) Informal.
  19. 예/네 dibaca “Ye/Ne” artinya (Ya) Informal.
  20. 아니오 dibaca “Anio” artinya (Tidak) Informal.
  21. 네, 있습니다 dibaca “Ne, Isseumnida” artinya (Ya, ada) Formal.
  22. 네, 있어요 dibaca “Ne, Issoyo” artinya (Ya, ada) Informal.
  23. 아니오, 없습니다 dibaca “Aniyo, opsemnida” artinya (Tidak, tidak ada) Formal.
  24. 아니오, 없어요 dibaca “Aniyo, opsoyo” artinya (Tidak, tidak ada) Informal.
  25. 물론 입니다 dibaca “Mullon imnida” artinya (Tentu saja) Formal.
  26. 감사합니다 dibaca “Kamsahamnida” artinya (Terima kasih) Formal.
  27. 고맙습니다 dibaca “Komapseumnida” artinya (Terima kasih) Formal.
  28. 고마워요 dibaca “Komawoyo” artinya (Terima kasih) Informal.
  29. 천만에요 dibaca “Cheonmaneyo” artinya (Sama-sama) Informal.
  30. 미안합니다 dibaca “Mianhamnida” artinya (Ma’af) Formal.
  31. 미안해요 dibaca “Mianhaeyo” artinya (Ma’af) Informal.
  32. 죄송합니다 dibaca “Choesonghamnida” artinya (Mohon ma’af) Formal.
  33. 죄송해요 dibaca “Choesonghaeyo” artinya (Mohon ma’af) Informal.
  34. 괜찮습니다 dibaca “Kwenchanseumnida” artinya (Tidak apa-apa) Formal.
  35. 괜찮아요 dibaca “Kwaenchanayo” artinya (Tidak apa-apa) Informal.
  36. 알았습니다 dibaca “Arasseumnida” artinya (Sudah tahu) Formal.
  37. 알았어요 dibaca “Arassoyo” artinya (Sudah tahu) Informal.
  38. 알아요 dibaca “Arayo” artinya (Tahu atau Mengerti) Informal.
  39. 몰라요 dibaca “Mollayo” artinya (Tidak tahu atau Tidak mengerti) Informal.
  40. 아무것도 몰라요 dibaca “Amugeotdo mollayo” artinya (Sama sekali tidak tahu) Informal.
  41. 만나서 반갑습니다 dibaca “Mannaseo pangapseumnida” artinya (Senang bertemu dengan Anda) Formal.
  42. 만나서 반가워요 dibaca “Mannaseo pangawoyo” artinya (Senang bertemu dengan Anda) Informal.
  43. 어떻게 지내습니다 ? dibaca “Eoteoke chinaeseumnida ?” artinya (Bagaimana kabar Anda ?) Formal.
  44. 어떻게 지내세요 ? dibaca “Eotteoke chinaeseyo ?” artinya (Bagaimana kabar Anda ?) Informal.
  45. 잘 지내습니다 dibaca “Chal chinaeseumnida” artinya (Kabar baik) Formal.
  46. 잘 지내요 dibaca “Chal chinaeyo” artinya (Kabar baik) Informal.
  47. 안좋습니다 dibaca “Anjoseumnida” artinya (Tidak baik) Formal.
  48. 안좋아요 dibaca “Anjoayo” artinya (Tidak baik) Informal.
  49. 어서 오십시오 dibaca “Eoseo osipsio” artinya (Selamat datang, Silahkan masuk) Informal.
  50. 어서 오세요 dibaca “Eoseo oseyo” artinya (Selamat datang) Informal.
  51. 들어 오십시오 dibaca “Teureo osipsio” artinya (Silahkan masuk) Informal.
  52. 들어 오세요 dibaca “Teureo oseyo” artinya (Silahkan masuk) Informal.
  53. 또 만납시다 dibaca “Tto manapsida” artinya (Sampai bertemu lagi) Formal.
  54. 또 만나요 dibaca “Tto mannayo” artinya (Sampai bertemu lagi) Informal.
  55. 하세요 dibaca “Haseyo” artinya (Silahkan) Informal.
  56. 안돼요 dibaca “Andwaeyo” artinya (Tidak boleh atau Jangan) Informal.
  57. 하지마 ! dibaca “Hajima” artinya (Jangan !) Informal.
  58. 주세요 dibaca “Juseyo” artinya (Meminta) Informal.
  59. 빌려주세요 ? dibaca “Pillyeojuseyo” artinya (Boleh pinjam ?) Informal.
  60. 그래요 ! dibaca “Keuraeyo !” artinya (Begitu !) Informal.
  61. 위험해 ! dibaca “Wiheomhae” artinya (Bahaya !) Informal.
  62. 좋다 ! dibaca “Chotha” artinya (Bagus !) Informal.
  63. 안 좋다 ! dibaca “An chotha” artinya (Tidak bagus) Informal.
  64. 정말입니까 ? dibaca “Cheongmalimnikka” artinya (Benarkah ?) Formal.
  65. 그렇습니까 ? dibaca “Keuroseumnikka” artinya (Apa betul ?) Formal.
  66. 그래서 ? dibaca “Keuraeseo” artinya (Lantas ?) Informal.
  67. 그런데 …. dibaca “Keureonde” artinya (Ngomong-ngomong …).
  68. 게다가 …. dibaca “Kedaga” artinya (Lagipula …).
  69. 어머나 ! dibaca “Eomeona” artinya (Astaga !).
  70. 아마도 dibaca “Amado” artinya (Mungkin).
  71. 거짓말 ! dibaca “Keojitmal” artinya (Bohong !).
  72. 거짓말 하지마라 ! dibaca “Keojitmal hajimara” artinya (Jangan bohong !).
  73. 아이고 dibaca “Aigo” artinya (Aduh).
  74. 실망했어요 dibaca “Silmanghaesseoyo” artinya (Saya kecewa) Informal.
  75. 배고프다 dibaca “Paegopheuda” artinya (Perut saya lapar).
  76. 식사 하십시오 dibaca “Siksa hasipsio” artinya (Selamat makan) Informal.
  77. 식사 하세요 dibaca “Siksa haseyo” artinya (Selamat makan) Informal.
  78. 잘 먹었습니다 dibaca “Chal meogeosseumnida” artinya (Terimakasih [digunakan setelah makan]) Formal.
  79. 잘 먹었어요 dibaca “Chal meogeossoyo” artinya (Terimakasih [digunakan setelah makan]) Formal.
  80. 사람 살려 ! dibaca “Saram sallyeo” artinya (Tolong !).
  81. 기분이 좋아요 dibaca “Kibuni choayo” artinya (Perasaan saya senang) Informal.
  82. 기분이 나빠요 dibaca “Kibuni napayo” artinya (Perasaan saya tidak senang) Informal.
  83. 마음이 아파요 dibaca “Maeumi aphayo” artinya (Sakit hati) Informal.
  84. 저는 피곤헤요 dibaca “Cheoneun phigonheyo” artinya (Saya letih) Informal.
  85. 몸이 힘들어요 dibaca “Momi himdeureoyo” artinya (Badan saya capek) Informal.
  86. 저는 몸이 안좋아요 dibaca “Cheoneun momi anchoayo” artinya (Badan saya tidak enak) Informal.
  87. 형 dibaca “Hyeong” artinya (Kakak laki-laki bagi laki-laki).
  88. 오빠 dibaca “Oppa” artinya (Kakak laki-laki bagi perempuan).
  89. 누나 dibaca “Nuna” artinya (Kakak perempuan bagi laki-laki).
  90. 언니 dibaca “Eonni” artinya (Kakak perempuan bagi perempuan).
  91. 이모 dibaca “Imo” artinya (Tante).
  92. 사장님 dibaca “Sajangnim” artinya (Pak/Bu Presiden Direktur).
  93. 반장님 dibaca “Panjangnim” artinya (Pak/Bu Mandor).
  94. 다음에 술 한 잔 하자 … dibaca “Taeumme sul han jan haja” artinya (Kapan-kapan kita minum bareng ya …).
  95. 다음에 같이 밥 먹자 … dibaca “Taeumme kachi bap mokja” artinya (Kapan-kapan kita makan bareng ya …).
  96. 연락할게 … dibaca “Yeollakhalke” artinya (Akan Kabarin ya …)
  97. 시간 날 때 언제듣지 놀러 오세요 dibaca “Sigan nal tae eonjedeunji nolleo oseyo” artinya (Kalau ada waktu, kapan saja main ke rumah saya).
  98. 한턱내다 dibaca “Hantheok naeda” artinya (Traktir).
  99. 얼마나 해통하십니까 ! dibaca “Eolmana haetonghasimnikka” artinya (Turut berduka cita !).
  100. 천천히 많이 드세요 dibaca “Cheoncheoni mani deuseyo” artinya (Makanlah pelan-pelan).

Setelah hapal semuanya, kamu juga bisa menambah kosa kata baru dari kamus bahasa korea yang banyak dijual ditokok buku atau kamus bahasa korea online.

Tips Penting

  • Di Korea, saat bertemu dengan orang baru, pastikan kamu membungkuk untuk menunjukkan rasa hormat.
  • Saat kenalan dengan orang yang lebih muda, gunakan bahas santai/ semi formal dan untuk orang yang lebih tua atau dihormati gunakan bahasa yang formal.



Tidak menemukan solusi yang anda cari? silahkan kirim email kepada redaksi anekacara.com dengan permasalahan serta solusi yang anda inginkan. Kirim kan email ke : redaksi@anekacara.com