Cara Cek Golongan Darah Sendiri (Tak Perlu Ke Rumahsakit)

Golongan darah tiap individu tidak sama. Perbedaan golongan darah dikelompokkan dalam tipe A, B, AB, atau O. Status rhesus (Rh) darah pun dibagi menjadi negatif dan positif. Perbedaan-perbedaan tersebut perlu diperhatikan dalam penggunaan darah di dunia medis.

Informasi golongan darah mungkin perlu Anda ketahui untuk alasan medis, untuk mendapatkan visa internasional, atau untuk sekadar lebih mengenal tubuh. Anda dapat memperkirakan golongan darah berdasarkan golongan darah orang tua, tetapi untuk lebih akurat, Anda harus melakukan tes golongan darah. Jika tidak ingin mengunjungi dokter, Anda dapat melakukannya sendiri di rumah menggunakan perlengkapan tes darah sederhana.

 

Menggunakan Tabel

Cara pertama untuk mengetahui golongan darah yang anda miliki adalah dengan menggunakan bantuan tabel perkiran golongan darah seperti dibawah ini.

Dengan membaca tabel ini, anda bisa mengetahui golongan darah yang dimiliki berdasarkan kombinasi golongan darah kedua orang tua.

Oleh karena itu, anda harus tau golongan darah dari ayah dan ibu untuk bisa mengeceak golongan darah sendiri menggunakan methode ini.

Dalam banyak kasus golongan darah hanya perlu diperkirakan, menggunakan kalkulator golongan darah online atau melihat daftar berikut:

Tabel Golongan Darah

 

Cara membaca tabel perkiraan golongan darah anak berdasarkan golongan darah orang tua adalah sebagai berikut :

  • Orang Tua 1 -> O x Orang Tua 2 -> O maka anak -> O
  • Orang Tua 1 -> O x Orang Tua 2 -> A maka anak -> A atau O
  • Orang Tua 1 -> O x Orang Tua 2 -> B maka anak -> B atau O
  • Orang Tua 1 -> O x Orang Tua 2 -> AB maka anak -> A atau B
  • Orang Tua 1 -> A x Orang Tua 2 -> A maka anak -> A atau O
  • Orang Tua 1 -> A x Orang Tua 2 -> B maka anak -> A, B, AB atau O
  • Orang Tua 1 -> A x Orang Tua 2 -> AB maka anak -> A, B atau AB
  • Orang Tua 1 -> B x Orang Tua 2 -> B maka anak -> B atau O
  • Orang Tua 1 -> B x Orang Tua 2 -> AB maka anak -> A, B atau AB
  • Orang Tua 1 -> AB x Orang Tua 2 -> AB maka anak -> A, B atau AB
  • Golongan darah juga mencakup “faktor Rh” (+ atau -). Jika kedua orang tua Anda memiliki golongan darah dengan Rh- (seperti O- atau AB-), Anda juga akan memiliki Rh-. Jika salah satu atau kedua orang tua Anda memiliki golongan darah Rh+, Anda tidak dapat mengetahui apakah golongan darah Anda + atau – tanpa melalui tes darah.
Baca Juga :  Kumpulan Cara Agar Cepat Menstruasi ( 21 Macam Cara )

 

Menggunakan Alat Uji Golongan Darah

Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk mengetahui golongan darah tanpa harus  mengunjungi dokter ataupun mendonorkan darah adalah dengan menggunakan alat uji golongan darah.
Alat uji golongan darah ini bisa anda beli di apotek atau secara online. Harga alat tersebut berkisar antara Rp80.000,00 s/d Rp350.000,00.
Salah satu alat uji golongan darah yang bisa dibeli online
Dalam petunjuk penggunaannya, biasanya Anda diminta untuk membasahi beberapa kertas berlabel pada sebuah kartu khusus, kemudian Anda diminta menusuk jari dan meneteskan sedikit darah pada permukaan setiap kertas berlabel tersebut.
Saat meneteskan darah ke atas kertas, pastikan Anda mengikuti petunjuk yang diberikan.
Perhatikan kertas mana (atau botol kecil berisi zat kimia, pada alat uji lain) yang menyebabkan darah menggumpal (terjadi aglutinasi) dan bukannya menyebar.
Penggumpalan adalah reaksi bertentangan dari zat kimia—reagen atau zat pereaksi kimia yang terkandung dalam kertas atau botol—terhadap darah Anda.

Setelah Anda menyelesaikan tes dengan semua kartu atau cairan/zat kimia, periksalah golongan darah Anda menggunakan petunjuk yang tersedia dalam perlengkapan tersebut atau mengikuti daftar berikut:

  • Pertama, periksalah kertas berlabel “Anti-A” dan “Anti-B” untuk mengetahui terjadi/tidaknya penggumpalan:
    • Penggumpalan terjadi (hanya) pada Anti-A, berarti Anda memiliki golongan darah A.
    • Penggumpalan terjadi (hanya) pada Anti-B, berarti Anda memiliki golongan darah B.
    • Penggumpalan terjadi pada Anti-A dan Anti-B: golongan darah Anda AB.
  • Selanjutnya, periksalah kertas berlabel “Anti-D”:
    • Menggumpal: golongan darah Anda Rh positif. Tambahkan tanda + pada golongan darah Anda.
    • Tidak menggumpal: golongan darah Anda Rh negatif. Tambahkan tanda pada golongan darah Anda.
  • Jika kertas kontrol (kertas biasa) menyebabkan penggumpalan, atau jika Anda tidak yakin pada kertas manakah darah menggumpal, coba lagi dengan kartu yang lain. [5] Setiap tes darah yang dilakukan orang awam cenderung kurang meyakinkan dibandingkan tes yang dilakukan oleh tenaga medis yang sudah ahli.
Baca Juga :  Cara Paling Akurat Menghitung Berat Badan Ideal Pria,Wanita dan Anak-anak

 

Pentingnya Mengetahui Golongan Darah

Golongan darah seseorang ditentukan berdasarkan ada atau tidaknya zat antigen pada sel darah merah dan plasma darah. Antigen berfungsi seperti tanda pengenalan sel tubuh Anda. Ini supaya tubuh bisa membedakan sel tubuh sendiri dari sel yang berasal dari luar tubuh. Jika sel dengan antigen yang berlawanan masuk ke dalam tubuh, maka sistem kekebalan tubuh akan memulai perlawanan terhadap sel yang dianggap asing tersebut dengan memproduksi antibodi.

Ada dua teknik yang dipakai untuk mengelompokkan darah, yaitu menggunakan sistem ABO dan rhesus (Rh). Kedua sistem ini bisa sangat membantu jika Anda ingin melakukan transfusi darah.

Melalui sistem ABO, golongan darah dibagi menjadi 4 tipe, yaitu A, B, AB dan O.

  • Jika Anda memiliki golongan darah A, maka Anda memiliki antigen A pada sel darah merah dan memproduksi antibodi untuk melawan sel darah merah dengan antigen
  • Jika Anda memiliki golongan darah B, maka Anda memiliki antigen B pada sel darah merah dan memproduksi antibodi A untuk melawan sel darah merah dengan antigen A.
  • Jika Anda memiliki golongan darah AB, maka Anda memiliki antigen A dan B pada sel darah merah. Ini juga berarti Anda tidak memiliki antibodi A dan B pada plasma darah.
  • Jika Anda memiliki golongan darah O, maka Anda tidak memiliki antigen A atau B pada sel darah merah. Orang bergolongan darah O memproduksi antibodi A dan B di plasma darah.

Dulu, pemilik golongan darah O bisa mendonorkan darahnya kepada siapa pun, namun kini tidak lagi dianjurkan. Golongan darah O negatif kemungkinan memiliki antibodi yang bisa menyebabkan reaksi serius selama transfusi darah berlangsung. Sedangkan golongan darah O positif hanya boleh diberikan dalam situasi darurat, yaitu jika pasien sedang terancam jiwanya atau persediaan tipe darah yang sesuai tidak mencukupi.

Sebaliknya, golongan darah AB tergolong penerima universal. Kalangan ini bisa mendapat transfusi darah dari jenis A, B, AB, atau O. Namun kalangan ini hanya bisa mendonorkan darahnya kepada mereka dengan darah jenis AB saja.

Faktor resus (Rh) adalah jenis antigen yang ada pada sel darah merah. Jika darah memiliki faktor Rh maka dikatakan resus positif, dan jika tidak memiliki faktor Rh maka dikatakan resus negatif.

Baca Juga :  Cara Cepat Menghilangkan Komedo Dengan Hasil Permanen

Orang yang memiliki Rh negatif bisa mendonorkan darahnya kepada orang yang memiliki status Rh negatif dan Rh positif. Pendonor dengan Rh positif hanya bisa memberikan darahnya kepada orang dengan status Rh positif.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat tabel di bawah ini.

Tabel Kecocokan Sel Darah Merah Pendonor dan Penerima
Penerima Pendonor
O− O+ A− A+ B− B+ AB− AB+
O− Cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok
O+ Cocok Cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok
A− Cocok Tidak cocok Cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok
A+ Cocok Cocok Cocok Cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok
B− Cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok Cocok Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok
B+ Cocok Cocok Tidak cocok Tidak cocok Cocok Cocok Tidak cocok Tidak cocok
AB− Cocok Tidak cocok Cocok Tidak cocok Cocok Tidak cocok Cocok Tidak cocok
AB+ Cocok Cocok Cocok Cocok Cocok Cocok Cocok Cocok

Selain mendonorkan sel darah merah, transfusi plasma darah juga kerap dilakukan.

Tabel Kecocokan Plasma Darah Pendonor dan Penerima
Penerima Pendonor
O A B AB
O Cocok Cocok Cocok Cocok
A Tidak cocok Cocok Tidak cocok Cocok
B Tidak cocok Tidak cocok Cocok Cocok
AB Tidak cocok Tidak cocok Tidak cocok Cocok

Dengan mengetahui karakteristik golongan darah, risiko Anda terkena komplikasi akan berkurang. Ketidakcocokan Rh dan ABO pada saat transfusi darah bisa menyebabkan reaksi serius yang bisa membahayakan nyawa. Mengetahui status Rh darah juga penting bagi ibu hamil.

 

Video Cara Mengecek Golongan Darah Secara Manual

Jika masih ragu untuk mengecek golongan darah sendiri, anda bisa melihat video ini terlebih dahulu. Karena anda akan tau betapa mudahnya melakukan penguecekan golongan darah secara manual.

 

Mengecek golongan darah bisa anda lakukan secara mandiri tanpa harus mengunjungi dokter, tapi anda harus berhati-hati didalam melakukanya.

Selalu perhatikan petunjuk pemakaian alat uji golongan darah yang dipergunakan.

Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *