3 Cara Cek Riwayat Token Listrik ( Mudah dan Efektif )

Posted on

Riwayat atau history token listrik sangat berguna untuk mengetahui nomer token yang baru saja anda beli tapi hilang struknya atau tidak terbaca, atau error pada saat pembelian secara online atau mungkin saat pengisian . Cara cek riwayat token listrik ini bisa dilakukan dengan beberapa cara yng mudah.

Cara mengetahui no token listrik yang hilang  atau error bisa anda lakukan  dengan menggunakan berbagai layanan PLN bagi pelanggan seperti website resmi  PLN, PLN Mobile, PLN 123 Pengaduan ataupun melalui email resmi PLN.

Untuk lebih jelasnya beriktu in langkah-langkah untuk mengetahui riwayat token listrik yang baru saja anda beli tapi error dan tidak bisa digunakan.

1. Website Resmi PLN

Anda bisa mengakses layanan website resmi PLN ini di : https://layanan.pln.co.id/InfoPrepaid.html, selain untuk mengecek riwayat nomor token dari transaksi anda sebelumnya, anda juga bisa mengecek id pelanggan PLN lengkap dengan informasi nama pelanggan, tarif dan daya yang digunakan.

Yang perlu anda siapkan untuk menggunakan layanan PLN ini, adalah no ID Pelanggan atau Nomor Meter, HP atau PC yang terkoneksi dengan Internet.

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Buka halaman : https://layanan.pln.co.id/InfoPrepaid.html
  2. Klik pilihan identitas pelanggan, pilih Nomor Metere atau ID Pelanggan, masukkan nomor yang sesuai dan klik cari dan tunggu sebentar.
  3. Jika tidak ada kendala, anda akan diberikan tampilan yang informatif seperti gambar dibawah ini.
  4. Perhatikan data-data yang ditampilkan, lihat pada bagian transaksi pengisian token terbaru dengan melihat tanggal bayar, jam dan tempat pembelian/pembayaran.

Jika cara cek riwayat token melalui Web PLN ini tidak bisa bekerja, anda bisa menggunakan cara berikutnya yakni dengan Mobile PLN

Baca Juga :  Bikin Ayam Goreng Gurih Dengan Bumbu Pedas Manis

2. Mobile PLN

Aplikasi PLN untuk HP Android ini merupakan terobosan baru dari PLN Online untuk melayani pelangganya, Setelah sebelumnya anda bisa memanfaatkan Contact Center 123, Facebook, Twitter maupun  Web PLN

Melalui aplikasi PLN Mobile ini , anda bisa berbagai informasi mulai dari tagihan rekening listrik, transaksi Token, riwayat pemakaian kwh listrik, lokasi pembayaran melalui banking terdekat serta info status/progres permohonan dan pengaduan.

Selain itu, dengan aplikasi ini anda bisa mendapat info terkait status-status pekerjaan PT PLN (Persero) dengan cepat, tepat dan akurat.

Untuk menggunakan aplikasi ini anda bisa mengnduh melalui halaman : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.icon.pln123&hl=en

Anda bisa melihat video cara cek history token dibawah ini :

Jika anda bermasalah dengan kuota, silahkan ikuti panduan melihat riwayat transaksi token melalui mobile PLN dibawah ini,

Oh iya, perbaikan aplikasi ini selalu dilakukan oleh PLN baik untuk tahun 2018 ataupun 2019 ini dengan harapan agar bisa memberi pelayanan yang makin baik.

Jadi jangan ragu dan khawatir untuk menginstall aplikasi ini.

  1. Unduh dan install aplikasi PLN Mobilenya hingga selesai, lalu dilanjutkan dengan pendaftaran : PLN Mobile
  2. Jika sudah terinstall dan sukses pendaftaran, silahkan login lalu pilih mneu Informasi, lalu pilih Informasi Tagihan Listrik dan Token Listrik, Jika tampilan mobile PLN anda berbeda bisa jadi karena sudah ada update, karena yang dipakai dalam screen shoot ini adalah mobile P:N tahun 2018:
  3. Lihat detail transaksi token anda

Jika anda masih mengalami kendala saat mau mencari nomor token listrik yang hilang dengan mobile PLN ini, jangan khawatir karena masih ada cara selanjutnya.

 

3.Melalui email pln123@pln.co.id

Anda bisa menghubungi layanan PLN dengan menggunakan email pln123@pln.co.id, hal ini pernah dilakukan oleh seorang netizen dan menuliskan didalam blognya.

Baca Juga :  Cara Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan Sendiri ( Cepat dan Mudah )

Dalam ceritanya, ia menuliskan email yang berisi permohonan untuk cek history pembelian token yang error.

Anda bisa mencontoh email kepada PLN untuk mengecek riwayat pembelian token dari netizen tersebut.

Kepada : pln123@pln.co.id
Subjek : Cek history pembelian token
Isi :

Selamat malam
Dengan hormat saya minta tolong untuk bisa cek pembelian token listrik dengan ( Nomor Meter / ID Pelanggan ) yang mana kode listrik 20 digit error.
Kronologi.

1. Saya membeli token listrik via mobile banking melalui bank mandiri
2. Saya membeli token yang 100.000
3. Namun setelah selesai transaksi kode yang diberikan error,dan ini terjadi sudah ke dua kalinya.
4. Namun yang pertama saya bisa akses melalui pln mobile v.2.21
5. Namun sekarang tidak di tampilkan history pembelian.

Mohon pln bisa mengasih solusi.
Hormat kami
Pengguna listrik.
Dengan hormat bisa membalasnya.

Metode cek history token menggunakan email ini efektif meski harus menunggu waktu beberapa lama, dalam contoh kasus diatas, ia mengiriman email jam 22.30 dan mendapatkan balasan jam 17.56

 

Bagaimana? Apakah anda masih mengalami kesulitan? silahkan hubungi contact center PLN :

– Contact Center PLN 123: (kode area) – 123
– Twitter: @pln_123
– Facebook: PLN 123

 




Tidak menemukan solusi yang anda cari? silahkan kirim email kepada redaksi anekacara.com dengan permasalahan serta solusi yang anda inginkan. Kirim kan email ke : redaksi@anekacara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *