5 Cara Cek Saldo BPJS Untuk Karyawan (Panduan Lengkap)

Bagi anda peserta BPJS Ketenagakerjaan tentu saja ingin bisa mengetahui saldo BPJS yang sudah terkumpul selama ini dengan cara yang mudah. Mendatangi Kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk mengecek saldo tentu bukan pilihan praktis meski hal itu bisa saja anda lakukan.

Taukah anda jika BPJS Ketenagakerjaan telah menyediakan aplikasi online untuk mengetahui saldo BPJS dan berbagai macam informasi terkait dengan informasi Saldo JHT dan Rincian Saldo JHT tahunan?  Tersedia juga informasi Profil perserta, simulasi Saldo JHT dan Formulir pengajuan Klaim online.

Nah dalam postingan kali ini akan kami sajikan panduan lengkap bagi anda yang ingin mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan,baik secara online, melalui SMS, melalui ATM mapun datang langsung ke Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk bisa mengecek saldo BPJS anda, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, akan saya bahas satu persatu ya!

Baca juga :

  1. Cara Cek Saldo Jaminan Pensiun BPJS ( Secara Online )

  2. Cara Mengurus Santunan Kematian BPJS Ketenagakerjaan, Simpel dan Pasti Cair

 

3.Melalui SMS

Cara yang satu ini dinilai paling mudah, hanya dengan Nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) yang terdapat di kartu BPJS Ketenagakerjaan anda, kirimkan data anda untuk mendapat nomor ID via SMS dengan format seperti berikut ini :

Ketik REG # NoJamsostek/BPJS # Tanggal lahir # Nama Ibu Kandung , lalu kirim SMS ke nomor 08111009696.

Jika format anda benar akan dapat balasan SMS nomor ID anda – Sesudah mennerima SMS balasan nomor ID maka anda sudah bisa cek saldo JHT anda VIA SMS dengan format seperti berikut( saldo # No Id anda ), kirim sms kenomor 08111009696 – tidak lama kemudian anda kan mendapatkan sms balasan tentang jumlah saldo JHT anda.

 

4.Mendatangi Kantor Cabang

Untuk melakukan pengecekan saldo secara manual, peserta bisa datang langsung ke kantor Jamsostek terdekat dan menanyakan langsung melalui petugas Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan. Peserta biasanya harus menunjukan Kartu Peserta dan identitas yang masih berlaku seperti KTP dan juga KK.

Alamat Kantor BPJS Ketenagakerjaan Seluruh Indonesia

Kantor Pusat : MENARA JAMSOSTEK LT. 8 TOWER B JL. GATOT SUBROTO NO. 38 KAV. 71-73 PANCORAN JAKARTA SELATAN, JAKARTA 12710, TELP: 021-5229291, 5229306, FAKS: 021-5229321, 5229331

Baca Juga :  Cara Cek NISN ( Secara Online )

Untuk alamat kantor BPJS Seluruh Indonesia bisa mengunjungi halaman ini.

 

5. Cek Saldo JHT Via ATM

Cara ini bisa dilakukan khusus bagi Peserta BPJS Ketenagakerjaan yang menjadi nasabah BNI ( Bank Negara Indonesia ) Peserta bisa cek saldo JHT di mesin ATM BNI kapan saja , namun tidak bisa untuk mencairkannya di mesin ATM tersebut.

Beberapa kemungkinan terjadi ketika peserta ingin melakukan pengecekan saldo adalah history saldo yang belum diproses amalgamasi. proses amalgamasi adalah proses penggabungan saldo antara kepesertaan dari perusahaan sebelumnya dengan perusahaan saat ini.

Jika tidak dilakukan amalgamasi, maka saldo yang terlihat hanya saldo diperusahaan terakhir. Proses amalgamasi dilakukan di kantor Cabang terdaftar dengan menunjukan Kartu Asli, Identitas asli, Kartu Keluarga asli dan Surat Keterangan Bekerja asli.

Bilamana penjelasan tersebut belum dipahami, silakan datang ke kantor cabang BPJS ketenagakerjaan untuk mendapat penjelasan lebih lanjut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *