Telat haid yang tidak ditangani dengan serius, bisa menyebabkan infertilitas atau ketidak suburan kandungan. Secara alamiah mesntruasi atau haid akan terjadi pada tiap wanita dewasa dengan periode tertentu, gangguan dalam menstruasi menjadi tanda adanya masalah kesehatan dalam tubuh anda.
Normalnya wanita akan mengalami haid selama seminggu dalam 1 bulan dengan waktu kedatangannya yang tidak menentu kadang lebih cepat ataupun lambat.
Tapi terkadang ada yang mengalami gangguan sehingga menstruasi datangnya terlambat lebih dari 1 minggu. Dan jika sudah begitu, anda harus mulai waspada.
Terlebih jika anda tidak sedang berada dalam program kehamilan.
Kondisi ini menandakan adanya gangguan dalam rahim atau kesehatan anda. Biasanya, wanita yang terlambat menstruasi akan mengalami berbagai gejala sebagai berikut :
  • Terlambat haid lebih dari 1 – 2 minggu
  • Nyeri di perut yang sangat kuat
  • Rasa panas dibagian perut
  • Hilang kendali emosi sehingga mudah marah
  • Keluarnya darah yang tak normal melalui alat kelamin anda
Anggapan pertama yang terbesit dibenak seteiap wanita saat telat haid adalah kehamilan. Sebenarnya ini kurang tepat, karena telat haid belum tentu diakibatkan oleh kehamilan. Ada beberapa penyebab yang membuat seorang wanita mengalami telat haid diantaranya :
  • Kehamilan
  • Stress dan depresi
  • Baru mengalami menstruasi, khususnya pada wanita pra-remaja
  • Obesitas atau terlalu gemuk
  • Terlalu kurus
  • Gangguan pada hormone tiroid
  • Kista Ovarium/ Sindrom ovarium polikistik (PCOS)
  • KB atau kontrasepsi hormonal
  • Pra menopause atau wanita berusia 45-46 tahun
  • Masalah kesehatan
  • Adanya tumor atau kanker dalam rahim
  • Olahraga yang berlebihan
  • Terlalu capek
  • Sering berganti shift kerja sehingga pola aktifitas menjadi tidak teratur
Itulah beberapa penyebab yang bisa menyebabkan haid anda menjadi terlambat. Namun perlu anda waspadai bila keterlambatan haid sudah berlangsung selama bertahun tahun dan tidak kunjung datang bahkan sampai detik ini.
Tentu hal tersebut sangatlah tidak normal dan berkemungkinan terjadi akibat adanya penyakit dalam tubuh anda.
Mendatangi dokter tentu bisa ajdi solusi paling aman.
Tapi jika keterlambatan haid anda hanya baru-baru ini saja dan belum terlalu mengkhawatirkan, anda bisa melakukan beberapa langkah mudah untuk mempercepat datangnya haid.

1.Mengkonsumsi makanan yang sehat

Mengkonsumsi makanan sehat setiap hari adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan menstruasi secara teratur dan cepat. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa makan yang mengandung cokelat, kafein, gula, daging dan susu cenderung akan menyebabkan proses menstruasi lebih lama. Pengobatan secara tradisional juga bisa Anda lakukan, dengan mengkonsumsi sekar malam, jamu pil manjakani, pil manjakani, dan manjakani perapat.

 

2.Minum air putih yang cukup

Menghindari diri dari dehidrasi adalah hal yang perlu diperhatikan oleh seorang wanita yang ingin mendapatkan menstruasi secara cepat. Dehidrasi dapat menyebabkan periode menstruasi yang lama. Seorang wanita yang sehat, harus meminum air putih beberapa gelas setiap hari. Anda juga harus menghindari kafein, minuman yang mengandung gula, dan alkohol, agar proses menstruasi bisa semakin pendek.

 

3.Konsumsilah vitamin C dosis tinggi

Vitamin C berkontribusi dalam produksi estrogen (yang membangun lapisan uterus). Ketika mengkonsumsi dalam dosis tinggi, uterus mulai berkotraksi dan mentruasi dimulai. Sumber terbaik Vitamin C untuk tujuan ini adalah teh parsley atau teh hijau. Minumlah secangkir teh 2 hingga 3 kali sehari; anda juga bisa meminum jus cranberry kualitas tinggi untuk Vitamin C. Jika Anda memilih untuk menggunakan suplemen, konsumsi 3000mg Vitamin C dalam 3 hari untuk merangsang menstruasi. Yakinlah bahwa Anda sedang tidak hamil saat meningkatkan konsumsi Vitamin C karena bisa menyebabkan keguguran.

 

4.Makanlah seledri

Seledri juga disebut makanan emmenagogic, yaitu makanan yang dilaporkan dapat merangsang aliran darah pada pelvis dan uterus yang dipercaya merangsang menstruasi. Batang dan daun seledri mengandung apiol, sebuah hal alami yang dikenal dapat merangsang kontraksi pada uterus.

 

5.Makanlah buah pepaya

Lakukan secara rutin mengkonsumsi pepaya selama 7 hari. Dalam buah pepaya mengandung karoten untuk merangsang haid. Jika Anda kesulitan dalam mendapatkan buah pepaya, gantilah dengan wortel atau labu untuk dosis karoten bermanfaat.

Baca Juga :  Cara Menghitung Usia Kehamilan ( Jika Haid Tidak Lancar )

 

6.Jangan terlalu sibuk

Ternyata faktor kesibukan sebagai salah satu penyebab terjadinya telat datang bulan dan bisa mengganggu masa kesuburan. Waspadalah terhadap masalah kesibukan Anda. Jangan terlalu berlebihan dan memporsir pekerjaan sehingga Anda sendiri tidak punya waktu untuk mengistirahatkan diri Anda.

7.Tips

  • Sinar matahari! Vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium, dan berbagai fungsi dalam tubuh. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan kelenjar paratiroid melambat, dan berdampak langsung terhadap hormon seks, seperti estrogen. Studi terbaru menunjukkan bahwa diet dan konsumsi suplemen tidak memberi asupan vitamin D yang mencukupi. Studi terbaru menyarankan agar Anda berjemur di bawah sinar matahari langsung selama 15 menit, dengan area kulit yang terbuka tanpa menggunakan pelindung sinar matahari.
  • Ketika mencoba mempercepat haid, pastikan Anda selalu menyiapkan pembalut, tampon, cokelat, dsb.
  • Minum 3-4 cangkir teh hijau atau teh herbal yang lain setiap hari untuk segera mendatangkan haid.
  • Konsumsi banyak makanan yang kaya akan zat besi selama haid, seperti daging merah dan kuning telur untuk menggantikan hemoglobin di dalam sel-sel darah merah yang hilang bersamaan dengan keluarnya darah haid.
  • Terapi alami tidak dapat membalikkan proses penuaan atau mengembalikan siklus haid pada seseorang yang telah mengalami atau sedang menjalani masa menopause.[25]
  • Jangan melakukan apa pun secara berlebihan untuk mempercepat datangnya haid. Tindakan tersebut mungkin tidak sehat. Jangan lupa untuk selalu membawa pembalut ke mana pun Anda pergi.
  • Selalu pastikan Anda makan dengan sehat dan mengonsumsi banyak buah serta sayuran untuk mendapatkan vitamin dan mineral.
  • Jika Anda tidak makan banyak buah dan “melewatkan” masa haid Anda, cobalah mengonsumsi multivitamin dan makan lebih banyak buah.
Baca Juga :  Doa Agar Cepat Menstruasi Pertama

8.Peringatan

Jangan pernah mencoba untuk mempercepat haid jika Anda mencurigai bahwa Anda mungkin sedang hamil. Datangnya haid biasanya memang menunjukkan bahwa Anda tidak hamil, tetapi datangnya ‘haid’ yang terlalu dini, pada kenyataannya bisa menunjukkan bahwa Anda mengalami keguguran.

Beberapa orang mengalami pendarahan secara teratur ketika hamil, jadi Anda mungkin masih dalam keadaan hamil meskipun Anda yakin bahwa Anda telah mengalami haid. Mencoba untuk mempercepat haid dapat berbahaya bagi janin.

Pahami siklus haid Anda sehingga Anda dapat mengetahui jika Anda memang hamil dan jangan bertindak bodoh untuk berpikir bahwa Anda tidak mungkin hamil jika Anda tidak pernah mengalami haid.

Tagged : # # # # # # # # # # # # # # # # # # # # # # # # # # # # # # # # # # # #

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *