Cara Install Telegram Dan Mengoptimalkan Fiturnya ( Bahkan Fitur Yang Tersembunyi )

Hari gini belum pakai telegram? Aduh kemana aja kamu??

Kalo sampai hari ini kamu belum menggunakan aplikasi telegram ya enggak salah juga sih, bisa jadi kamu lebih familiar dengan aplikasi chatting lainya semisal WA atau Line dengan berbagai kelebihan masing-masing.

Beberapa hal yang gak akan kamu dapati kecuali dengan menggunakan telegram adalah bisa chat rahasia, chat sambil bermain games, bisa kirim file sampai dengan 1,5 GB, bisa kirim berbagai macam jenis file seperti foto, PDF, Epub, DOC, RAR, ZIP bahkan file berekstensi .exe juga bisa dikirim.

Oh ya aplikasi ini bisa kamu jalankan melalui smarthpone Android maupun iPhone, melalui PC/Laptop dengan Telegram for Desktop maupun menggunakan browser pada PC/Laptop.

Penasaran?

Nah berikut ini akan saya share panduan instalasi, membuat akun, membuat dan join group/chanel, tips dan trik agar teman kamu terkagum-kagum dengan fitur-fitur rahasia telegram yang jarang diketahui banyak orang.

 

Cara Install  Telegram di HP

Telegram bisa diinstall dengan baik pada smartphone Android maupun iPhone. Silahkan download installer Instagram untuk HP .

Untuk pengguna iOS silahkan buka App Store , jika anda menggunakan Android kunjungi link berikut ini. Google Play.

Install sampai dengan selesai.

Membuat Akun

Untuk membuat akun telegram kamu perlu nomor selular yang aktif karena proses verifikasi akan disampiakn melalui SMS dan nomor HP kamu akan menjadi nomor akun telegram kamu.

Setelah proses install selesai, buka applikasi telegram di Android kamu.

Saat pertama kali akan muncul tampilan seperti diatas, klik Start Messaging.

Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan nomor handphone. Pastikan jika nomor handphone yang kamu gunakan masih aktif dan dalam kondisi ON karena nanti proses verifikasi dari telegram akan disampaikan melalui pesan SMS.

Kalau sudah ada angka +62 yang merupakan kode negara, kamu cukup menambahkan nomor HP dengan menghilangkan angka 0 yang paling depan.

Misal nomor kamu adalah 0895 0734 799, maka kamu cukup menginput 895 0734 799 tanpa menggunakan angka 0 paling depan.

Tunggu beberapa saat, nanti akan ada SMS dari telegram yang berisi kode verifikasi. Input kode yang dikirim melalui SMS lalu tekan enter atau OK.

Selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman untuk membuat nama akun telegram

Isi nama yang kamu inginkan, kemudian tap lingkaran untuk mengupload profile picture yang ingin kamu gunakan, setelah itu klik Next.

Setelah itu kamu akan diarahkan pada data kontak, sehingga jika teman kamu sudah menggunakan telegram sebelumnya, maka nama dia akan muncul dalam daftar kontak kamu.

Sampai disini kamu sudah punya akun telegram dan siap untuk digunakan menggunakan HP Android maupun HP iOS.

Selanjutnya akan saya share cara install telegram di PC atau Laptop.

 

Cara Install  Telegram di  PC/Laptop

Untuk diketahui, kamu bisa menjalankan telegram di komputer menggunakan browser atau menggunakan aplikasi telegram for PC.

Kalau kamu ingin menggunakan telegram melalui browser, maka kamu gak perlu menginstall apa-apa. Cukup buka broswer kesayangankamu di PC, entah Firefox, Chrome atau browser lainya.

Lalu buka url : https://web.telegram.org/

Tapi kamu sudah harus memilik akun telegram terlebih dahulu ya. Karena pada saat pertama kali kamu buka halaman itu, akan ada form login untuk masuk kedalam akun telegram kamu, biar lebih jelas coba perhatikan gambar dibawah ini.

Pilih negara, kemudian masukkan nomor handphone yang kamu pergunakan untuk mendaftar di telegram sebelumnya.

Selanjutnya telegram akan mengirimkan kode verifikasi melalui aplikasi telegram yang kamu buka di HP, kamu juga bisa memilih agar kode verifikasi dikirimkan melalui SMS. Telegram sangat concern dengan keamanan akun kamu, makanya setiap membuka akun telegram melalui alat/cara yang berbeda pasti harus menggunakan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS ke nomor HP kamu.

Setelah memasukkan kode verifikasi dan kodenya benar, maka kamu akan dibawa ke tampilan telegram dalam PC menggunakan browser seperti gambar dibawah ini.

akses telegram melalui browser di komputer

Sampai disini kamu udah bisa menggunakan berbagai ftur yang ada didalam telegram seperti chat, join chanel, bikin chanel/group baru, kirim file dan sebagaianya.

Cara mengoptimalkan fitur telegram akan saya share sebentar lagi,

Tapi sebelumnya akan saya teruskan terlebih dahulu cara install telegram di komputer menggunakan aplikasi telegram fo PC

Telegram For PC

Aplikasi telegram for PC adalah aplikasi desktop yang cepat dan aman, bisa berjalan dalam berbagai platform sistem operasi komputer dan terksinkron dengan aplikasi telegram di HP kamu.

Misalkan kamu menggunakan laptop berbasis sistem operasi Mac ataupun Linux, bisa menginstall aplikasi ini.

Jadi tidak hanya bisa jalan di Windows saja, keren ya!

Cara install telegram desktop application juga sangat mudah, kunjungi halaman ini. Pilih installer yang sesuai dengan sistem operasi dari laptop yang kamu gunakan.

installer telegram for desktop

Untuk panduan install telegram di komputer kali ini saya menggunakan Windows 10, jadi saya memilih installer telegram for windows.

Kalo kamu menggunakan Mac atau Linux, sesuaikan paket installer yang akan kamu unduh ya.

download isntaller telegram fr windows

Setelah download selesai, kamu bisa mulai install telegram desktop application dengan cara double click installernya. Terkadang kamu harus menjalankan install ini dengan priviledge Admin.

Jika proses intsall selesai, kamu akan mendapati tampilan yang kurang lebih seperti dibawah ini.

Cara install teleram di laptop

Klik start messaging untuk mulai mengaktifkan telegram di komputer. Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan nomor handphone dan memilih negara asal.

Isi dengan nomor HP kamu yang masih aktif, jika kamu pernah mendaftar dan mengaktifkan akun telegram menggunakan nomor tersebut, maka kode verifikasi akan dikirim melalui aplikasi telegram yang bisa kamu buka melalui HP atau browser.

Jika belum, maka kode verifikasi akan dikirim melalui SMS.

Baca Juga :  Resep Minuman Bulan Puasa : Es Campur Sederhana Dan Nikmat

Masukkan kode verifikasi yang biasanya berupa 4 digit angka, jika sukses kamu akan langsung dibawa kedalam jendela aplikasi telegram didesktop.

aplikasi telegram di desktop

Okay sampai disini berarti kamu udah bisa membuat akun telegram, mengaktifkan dan menginstall telegram di HP maupun di PC/laptop.

Selanjutnya akan saya share cara optimalisasi fitur-fitur yang ada dalam telegram.

 

Cara Membuat dan Mengelola Group / Chanel

Salah satu fitur dahsyat dari telegram adalah kamu bisa membuat group untuk berdiskusi dua arah dengan jumlah member mencapai 10.000.

Kamu juga bisa mengelola grup yang kamu buat dengan berbagai fitur seperti menghapus postingan member, menambah dan mengeluarkan member, memproteksi chanel hingga cuman kamu aja yang bisa kirim pesan didalam group dan masih banyak lagi.

Untuk membuat group di telegram, ini panduanya.

Cara Membuat Group

Untuk mulai membuat grup di telegram, pertama kali tap garis tiga yang ada pada pojok kiri atas. Semua akses untuk mengelola telegram ada disitu.

Menu utama telegram

Setelah itu klik New Group, pilih minimal 1 orang dan maksimal 10.000 orang yang ada didalam kontak kamu. Selanjutnya tap tanda centang.

Beri nama group yang baru kamu buat dengan nama yang unik atau keren, lalu tap lagi tanda centang.

cara membuat gropu di telegram

Taraa… group kamu udah selesai dibuat. Sekarang kamu bisa mulai mengelola group yang baru saja kamu buat. Untuk melakukan hal itu, tap ikon grup anda.

Cara Mengelola Group Telegram

Untuk mengelola group yang baru saja kamu buat, ada beberapa opsi yang bisa kamu kerjakan dengan menu yang tersedia

Merubah Nama Group :  gunakan ikon pensil untuk merubah nama group

Merubah gambar DP Group : Tap ikon kamera, untuk mengupload atau mengubah gambar Display Picture group kamu

Mengatur Notifkasi/Pemberitahuan : Notification On/Off. Kalau On berarti setiap ada chat baru, akan ada notifikasi. Kamu juga bisa mengatur untuk membisukan pemberitahuan daalam 1 ajam atau 2 hari atau membuat notifikasi khusus melalui menu Costum Notification.

Mengelola File didalam group : mengelola file yang dibagikan didalam group sanga mudah dilakukan, kamu bisa mmelihi menu Share Media, disini kamu bisa melihat media yang telah dibagikan didalam grup. Share Media berisi foto, gambagr GIF, Video pendek.

Share files berisi file yang telah dibagikan didalam grup, bisa berupa file PDF, document, ZIP, RAR dll. Shared links berisi link/url yang telah dibagikan didalam group dan terakhir adalah Share Music. Dari namanya sudah jelas kalau Share Music ini adalah daftar file music yang sudah dibagikan didalam group.

Menambah dan mengeluarkan anggota group : Untuk menambahkan anggota kedalam grup telegram yang baru saja kamu buat bisa dilakukan dengan tap menu Add member.

Kamu bisa langsung memilih nama teman kamu yang ada didalam kontak atau bisa juga mengundang orang lain melalui link undangan (invite link ).

Dengan menggunakan invite link ini memungkinkan kamu untuk mengundang orang lain yang belum ada dalam daftar kontak kamu untuk bergabung kedalam grup. Kamu bisa membagikan invite link kedalam grup telegram lainya yang kamu ikuti didalamnya dan memiliki anggota yang banyak.

Kamu juga bisa membagikan link undangan itu di status Facebook kamu.

Atau melalui WhatsApp.

Mana aja yang menurut kamu berpotensi untuk bisa menarik banyak anggota kedalam grup. Dan membuat grup kamu menjadi tambah ramai karena banyak anggotanya.

Ingin mengeluarkan seorang anggota dari Grup?

Untuk mengeluarkan atau remove anggota yang menurut kamu bikin onar dan gak memberi kontribusi efektif, bisa kamu laukan dengan cara tap nama orang yang ada dalam grup. Tahan sebentar hingga muncul pop-up berisi perintah Remove from group.

 

cara megeluarkan orang dari grup telegram

Tap remove from group dan orang itu akan keluar dikeluarkan dari grup.

Atau kamu, tanpa sepengetahuan dan izin dari kamu tiba-tiba dimasukkan dalam group yang tidak kamu sukai, kamu bisa keluar dari grup tersebut dengan cara yang mudah.

Cara keluar dari grup telegram adalah dengan cara tap ikon grup yang kamu ikuti, tap titik tiga dipojok kanan lalu pilih Leave Group.

Cara keluar dari grup telegram

 

Cara menghapus group : Untuk menghapus group yang baru saja kamu buat, bisa dilakukan dengan caa yang sangat mudah.

Tap dan tahan beberapa detik  nama group yang akan dihapus. Setelah muncul popups menu, pilih Delete and Exit. Maka group kamu akan dihapus, termasuk riwayat chat dan file yang pernah dibagikan didalam group.

Cara Join Group : Untuk join dalam satu grup kamu bisa meminta admin grup tersebut untuk menambahkanmu kedalam grup dengan menggunakan fitur Add member.

Kamu juga bisa ikut join kedalam grup dengan cara mengklik Invitation Link dari grup yang ingin kamu ikut.

Sampai disini, kamu sudah bisa membuat group dan mengelolanya, so selanjutnya akan saya share cara mengelola chanel telegram.

 

Cara Mengelola Chanel Telegram

Sampai hari ini masih banyak yang rancu dengan pengertian Group dan Chanel telegram. Dan itu wajar saja, makanya akan saya berikan penjelasan sederhana apa perbedaan Chanel Telegram dengan Group Telegram.

Seperti sudah saya singgung sebelumnya, bahwa group ditelegram adalah sarana untuk berdiskusi dua arah dimana kamu bisa menuliskan pesan dan anggota grup bisa membaca dan membalasnya.

Sementara chanel telegram adalah sarana untuk menyebarkan (broadcasting) pesan secara satu arah.

Artinya anggota didalam chanel tidak bisa membalas, mereka hanya bisa membaca pesan yang kamu sampaikan tanpa bisa ikut aktif berdiskusi.

Tapi mereka masih bisa mengcopy atau memforward pesan dari chanel kamu kedalam chat pribadi atau kedalam group yang mereka ikuti.

Nah, setelah tau perbedaan antara group telegram dam chanel telegram, sekarang saatnya membuat chanel telegram sendiri agar kamu bisa menyampaikan broadcasting secara massal. Terlebih kalau kamu punya keahlian dibidang tertentu ( dan saya yakin kamu pasti punya keahlian itu ) dan ingin berbagi kepada orang banyak.

Cara membuat Chanel

Untuk membuat chanel telegram bisa dimulai dengan membuka aplikasi telegram, tap tiga garis bersusun di pojok kiri atas Handphone yang kamu pakai hingga keluar menu utama telegram seperti gambar dibawah ini.

Menu utama telegram

Pilih menu / tap New Chanel, beri nama chanel yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk menambahkan deskripsi chanel agar orang yang kamu undang untuk bergabung kedalam chanel jadi tau, chanel yang kamu buat itu untuk keperluan apa.

Semakin singkat,padat dan representatif  dari deskripsi yang kamu buat akan semakin bagus untuk menarik perhatian calon member yang akan bergabung di chanel kamu.

Kalau kamu sudah merasa puas dengan nama dan deskripsi chanel yang kamu buat, bisa langsung tap tanda centang untuk lanjut ketep berikutnya.

Baca Juga :  Resep Masakan Sayur Hijau Urap

Kamu bisa mengedit nama dan deskripsi chanel kapan saja, jadi gak usah khawatir kalo nama dan deskripsi yang kamu buat saat ini kurang bagus.

Tap aja tanda centangnya!

 

 

Selanjutnya ada dua opsi untuk chanel yang kamu buat, Public dan Private.

Perbedaan antara public chanel private chanel adalah orang lain bisa menemukan (dengan fasilitas pencarian) dan bergabung kedalam public chanel yang kamu buat. Sementara di chanel yang bersifat private kamu harus membagikan link undangan / invitation link kepada orang lain agar mereka bisa bergabung.

Selanjutnya kamu bisa buat link yang mudah diingat dan menarik perhatian orang yang akan bergabung kedalam chanel kamu dengan mengisi kolom yang disediakan.

Ketikkan nama yang ingin ditampilkan didalam link/tautan.

Jika nama yang kamu inginkan ternyata sudah ada yang menggunakan terlebh dahulu, maka kamu harus membuat nama link yang berbeda.

Jika sudah tap tanda centang dan kemudian pilih minimal 1 orang yang ada dalam dafar kontak kamu untuk dimasukkan kedalam chanel.

Sampai disini kamu sudah bisa membuat chanel telegram. Ternyata gampang ya!

Selanjutnya akan saya bahas cara mengelola chanel telegram

 

Mengeloloa Chanel Telegram

Mengelola chanel telegram pada prinsipnya sama mudahnya dengan mengelola grup telegram, karena kamu bisa akses menu untuk mengelola chanel hanya dengan tap nama chanel di jendela utama telegram, lalu tap ikon canel kamu.

Nanti akan muncul menu seperti ini.

Merubah DP Chanel : Tap ikon kamera untuk merubah display picture chanel yang kamu punya. Ada dua opsi yang bis akamu gunakan, mengambil langusng poto menggunakan kamera ataumengambil foto yang sudah ada di medi apenyimpanan HP kamu.

Untuk mengakses menu lainya agar kamu bisa mengelola chanel telegram yang kamu buat secara leluasa, tap ikon roda hingga muncul menu seperti dibawah ini.

Kamu bisa edit nama, deskripsi, jenis chanel ( private/public)  dengan cara tap ikon pencil.

Untuk mempromosikan member menjadi Administrator, tap nama membernya, pilih Promote to admin. Kalau kamu ingin mengeluarkan member dari chanel, kamu bis apilih remove from chanel.

Nah sekarang kamu sudah bisa membuat chanel dan grup telegram, sekaligus sudah tau juga bagaimana mengelolanya.

Beriktunya adalah bagian paing seru dari panduan mengoptimalkan fitur-fitur yang ada didalam telegram.

Mengoptimalkan Fitur Telegram (Bahkan Yang tersembunyi)

Telegram menyedian banyak fitur yang sudah diketahui secara umum seperti bagaimana chat rahasia, mengirimkan pesan secara bisu/tanpa suara, dan masih banyak lagi.

Dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan fitur telegram.

1. Menyiasati agar File Telegram tidak membuat lemot HP

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dalam aplikasi telegram kamu bisa mengirim dan menerima file media sampai dengan 1,5 GB. Kalau misalkan 1 foto itu ukuranya 1 MB, berarti itu setara dengan 15.000 foto.

Wow, banyak sekali ya!

Efeknya tentu saja memory/ tempat penyimpanan file di HP kamu akan cepet penuh sesak dan Android kamu bakal jadi lemot. Nah cara untuk menyiasati agar HP kamu gak cepet penuh dengan file media dari telegram adalah dengan cara menonaktifkan fitur Save to Gallery.

Caranya :

  1. Tap garis bersusun tiga di kiri atas aplikasi telegram
  2. Scroll kebawah, pilih Setting
  3. Scroll kebawah, pilih Save to Gallery, slide kekanan (tombol menjadi aktif dan berwarna biru ) untuk mengaktifkan, dan slide kekiri untuk menonaktifkan.

Dengan menonaktifkan fitur Save To gallery,  maka semua foto atau video yang dikirimkan tidak terdownload kedalam HP secara otomatis.

2. Obrolan (Chat) Rahasia

Nah fitur secret chat ini memungkin kamu chating secara rahasia. Ini artinya bahwa chatingan kamu dalam mode secret chat ini benar-benar rahasia karena sudah di enkripsi, end to end, sehingga hanya kamu dan lawan chat kamu saja yang bisa melihat chattingan tersebut.

Kamu juga bisa mengatur agar dalam sekian detik chattingan kamu terhapus tanpa meninggalkan jejak, bahkan didalam server telegram sekalipun.

Kamu juga bisa mengatur agar chatingan kamu gak bisa diforward oleh lawan chat kamu kepada orang lain.

Untuk memulai chat rahasia di telegram begini caranya

  1. Tap menu telegram (garis bersusun tiga di pojok kanan atas) atau
  2. Tap New Chat ( Icon Pensil dipojok kanan bawah )
  3. Pilih New Secret Chat
  4. Pilih kontak yang akan kamu ajak chat secara rahasia
  5. Mulai chat rahasia

 

Cara chat rahasia menggunakn telegram

 

3.Menghapus Obrolan (Chat) Rahasia Menggunakan Timer

Kalau kamu khawatir chattingan kamu terbaca orang lain saat kamu melakukan chating rahasia, kamu bisa mengaktifkan fitur Self-destruct timer.

Fitur ini memungkinkan chatingan kamu secara otomatis akan terhapus sesuai waktu yang ditentukan.Waktu yang bisa dipilih mulai dari 1 detik hingga 1 minggu.

Cara menghapsu obrolan rahasia secara otomatis adalah sebagi berikut:

  1. Buka jendela obrolan chat rahasia kamu dengan temanmu
  2. Tap tanda titik tiga dibagian kanan atas
  3. Pilih Set self-destruct timer
  4. Setting waktu antara 1 detik – 1 minggu
  5. Tap Done

Maka obrolan rahasia kamu akan terhapus secara otomatis sesau waktu yang telah ditentukan.

 

4. Menyembunyikan terakhir dilihat

Kamu bisa menyembunyikan status kapan terakhir online yang ada di telegram, sehingga oang lain tidak akan tau kapan terlahir kali kamu membuka telegram.

Cara untuk menyembunyikan pemberitahuan terakhir kali online adalah sebagi berikut:

  1. Akses menu utama telegram (Tap Garis Tiga di pojok kiri atas)
  2. Pilih Setting
  3. Pilih Privacy and Security
  4. Pilih Last Seen
  5. Pilih Nobody kalo kamu ingin semua orang tidak tau kapan terakhir kamu online
  6. Pilih Always Share With, kalo kamu ingin membuat pengecualian siapa yang bisa melihat kamu terakhir online
  7. Pilih Everybody dan Never Share with untuk menyembunyikan status terakhir online kamu hanya kepada beberapa orang tertentu saja.

 

5. Mengunci chat dengan PIN dan Password

Fitur mengunci chat dengan password ini gak akan kamu temui di aplikasi chatting semeisal whatsapp (setidaknya sampai artikel ini saya buat).

Dengan fitur ini kamu bisa mempassword jendela chatting kamu, jadi setiap akan membuka jendela chating kamu harus memasukkan password terlebih dahulu.

Cara mengunci chat telegram dengan PIN adalah sebagai berikut :

  1. Akses menu utama telegram (Tap Garis Tiga di pojok kiri atas)
  2. Pilih Setting
  3. Pilih Privacy and Security
  4. Pilih Passcode Lock
  5. Geser slide kekanan
  6. Kamu bisa memilih PIN atau Password
  7. Set Password atau PIN, lalu tap tanda centang

Setelah fitur ini aktif, kamu akan mendapati jendela chat telegram kamu akan ada tanda gembok, untuk membukanya tap icon gembok lalu masukkan PIN atau password.

Baca Juga :  Resep Martabak Mesir Keju Sederhana

Jika kamu lupa dengan PIN / Password kamu bisa meresetnya dengan cara menginstall ulang aplikasi telegram di HP kamu.

6. Mematikan pratinjau pesan (Message Preview)

Pesan pratinjau bisa berguna karena bisa muncul di jendela notifikasi HP tanpa kamu harus membuka aplikasi telegram.

Tapi akan menjadi sangat mengganggu kalau HP kamu sedang dipinjam oleh teman atau ada orang lain yang didekat kamu karena otomatis mereka bisa membaca chatingan yang masuk.

Nah untungnya, Telegram memiliki opsi untuk mematikan fitur tersebut.

Cara mematikan pratinjau pesan adaah sebagai berikut :

  1. Akses menu utama telegram (Tap Garis Tiga di pojok kiri atas)
  2. Pilih Setting
  3. Pilih Notifications and Sounds
  4. Pilih Messages Preview
  5. Geser slide kekiri untuk menonaktifkan

cara menon aktifkan pmessages preview

 

7. Menonaktifkan auto-play file GIF

File berjenis GIF memang sangat populer digunakan di aplikasi telegram maupun aplikasi messenger lainya. Biasanya file ini berupa gambar yang bisa bergerak seperti video tetapi memiliki ukuran dan durasi yang lebih pendek.

File GIF yang biasa dikirimkan biasanya berupa animasi gambar atau kata-kata yang lucu dan menarik.

Secara default, file GIF ini akan di play secara otomatis saat kita terima di telegram. Mungkin kamu berfikir bagaimana cara menonaktifkan fitur ini.

Untuk menonaktifkan fitur auto play caranya adalah sebagai berikut:

  1. Akses menu utama telegram (Tap Garis Tiga di pojok kiri atas)
  2. Pilih Setting
  3. Scroll kebawah, pilih Autoplay GIF’s
  4. Geser slide kekiri untuk menonaktifkan autoplay GIF

cara menonaltifkanautoplay telegram

 

 

8. Trik agar akun kamu tidak bisa ditambahkan kedalam grup tak dikenal

Tanpa disadari, terkadang kamu dimasukkan kedalam grup atau chanel yang tidak kamu kenal. Parahya lagi terkadang group tersebut bukanlah grup yang kamu sukai.

Nah, agar akun kamu bisa aman dari kejahilan orang lain yang memasukkan kamu kedalam group tanpa seizin dan sepengetahuan kamu ada trik yang bisa dilakukan.

Cara melindungi akun telegram kamu agar tak ditambahkan kedalam grup yang tak dikenal adalah sebagi berikut :

  1. Akses menu utama telegram (Tap Garis Tiga di pojok kiri atas)
  2. Pilih Setting
  3. Pilih Privacy and Security
  4. Pilih Group
  5. Pilih My Contact  biar cumak temen-temen kamu saja yang bisa menambahkan akun kamu kedalam grup.

melindungi akun telegram

9. Super Grup

Mungkin kamu punya grup dengan aplikasi chating lain yang bisa menampung lebih dari 100 orang yag aktif berdiskusi, bisa mention, bisa menggunakan hastag dan seterusnya.

Tapi bisa jadi nanti itu tak kan cukup.

Supergrup telegram memungkinkan kamu membuat sebuah grup yang bisa menampung hingga 5000 member. Bahkan sejak di launchingnya telegram 4.1 jumlah member yang bisa ditampung dalam supergroup bertambah menjadi 10.000.

Wow, amazing!

Kalo kamu sudah punya grup di telegram, sekarang bisa kamu upgrade secara gratis menjadi super group dengan cara yang sangat mudah.

Mengapa kamu perlu mengupgrade grup menadi super grup? Ini manfaat yang bisa kamu dapati dari super group.

  1. Anggota yang baru bergabung bisa melihat riawayat chating sebelumnya
  2. Pesan yang dihapus akan hilang dan tidak nampak oleh semua member
  3. Admin bisa membuat pinned messages, jadi kalo kamu punya semacam peraturan dalam group, pesan tersebut bisa kamu sematkan dibagian atas dalam jendela chatt grup. Tentu saja semua anggota bisa melihat pesan itu setiap saat.

Untuk membuat supergroup di telegram caranya sebagai berikut:

  1. Buat grup telegram dengan cara yang sudah saya share diatas
  2. Masuk kedalam grup
  3. Tap icon grup
  4. Tap titik tiga dikanan atas
  5. Pilih  Convert to supergroup
  6. Tap Convert to supergroup
  7. Nanti akan muncul peringatan, tap OK

Yang perlu kamu perhatikan adalah kamu tidak bisa downgrade dari super group menjadi group biasa.

 

 

10. Mengedit pesan

Pesan yang sudah dikirimkan di jendela chat, baik chat pribadi atatupun chat kealam grup bisa kamu edit dengan mudah.

Tap dengan cepat chat yang akan di edit ( tap dengan satu ketukan tanpa ditahan ) akan memunculkan menu untuk mengedit pesan.

Cara mengedit pesan didalam telegram

Dari menu ini kamu bisa mengcopy pesan, mengedit, membalas dengan mengutip, meneruskan pesan ke jendela chat yang lain, baik chat pribadi atau kedalam grup dan menghapus pesan.

 

11. Mengirim Sticker dan Emoji

Chatting akan lebih seru dengan adanya emoji dan sticker, untuk mengirimkan sticker da n emoji caranya sanat mudah.

Tap icon sticker di pojok kiri bawah, di area tempat kamu mengetik pesan. Nanti akan muncul koleksi emoji, stickers, GIF file yang bisa kamu gunakan.

Cara menambah sticker

Tap icon paper clip untuk mengirimkan file

Tap icon Camera untuk mengirimkan foto langsng dari camera

12. Cara menambahkan Sticker di Telegram

Menambah sticker ditelegram tak sesulit dibayangkan, misal kamu lagi asyik ngobrol digroup lalu ada anggota lain mengirimkan sticker yang keren.

Cara menambahkan stikcer telegram paling gampang adalah dengan cara tap cepat (tap tanpa ditahan) sticker yang dikirimkan oleh orang lain.

Lalu tap tombol Add sticker.

Maka sticker akan ditambahkan kedalam telegram kamu saat itu juga.

Cara menambahkan sticker ditelegram

 

13. Chatting dengan diri sendiri

Kedengaranya konyol ya, tapi di aplikasi telegram kamu bisa chat dengan dirimu sendiri.

Kayak orang gila, buat apa?

Nah saya biasanya menggunakan chat dengan diri sendiri ini untuk mengirimkan file dari HP ke Laptop dan sebaliknya.

chat dengan diri sendiri

Jadi semua screen shoot telegram yang ada dalam postingan ini saya buat di HP, lalu saya kirimkan melalui chat dengan diri sendiri.

Kemudian saya buka aplikasi telegram melalui browser dan gambar-gambar diatas dengan mudah bisa di download ke PC tempat saya membuat postingan ini.

 

Kesimpulan

Telegram adalah aplikasi chatting yang terus berkembang meninggalkan competitor lainya seperti whatsapp, Line dsb.

Sampai dengan Februari 2016 lalu, sudah ada 100 juta pengguna telergam dengan lebuh dari 15 milyar kiriman pesan

Dengan telegram memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan chatting rahasia yang dienkripsi end to end sebagai keamanan tambahan, anda juga dapat berbagi gambar maupun video.

Kelebihan telegram salah satunya adalah kamu bisa mengirimkan file-file besar dan type file apa saja.

Tidak seperti aplikasi chat lain nya,telegram adalah berbasi cloud, yang berarti percakapankamu akan cepat tersinkron dengan mudah, apapun media yang kamu gunakan. Smartphne, tablet atau desktop

Masih banyak trik-trik lain yang bisa kamu kerjakan uuntuk mengoptimalkan penggunaan telegram.

Punya trik sendiri? Atau ingin tau trik yang kamu inginkan?

Jangan sungkan untuk komentar dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *