Cara Mengurus

cara melihat tanggal ijazah s1 yang benar paling akurat

Tanggal ijazah S1 adalah salah satu data penting yang sering dibutuhkan untuk berbagai keperluan, seperti melamar pekerjaan, mengurus administrasi, atau melanjutkan studi. Namun, tidak semua orang tahu cara melihat tanggal ijazah S1 yang benar dan mudah. Apalagi, setiap perguruan tinggi memiliki format ijazah yang berbeda-beda, sehingga letak tanggal ijazah S1 juga bisa berbeda.

Lalu, bagaimana cara melihat tanggal ijazah S1 yang benar dan mudah? Apa saja yang perlu diperhatikan? Dan bagaimana jika ijazah S1 hilang atau rusak? Artikel ini akan menjawab semua pertanyaan tersebut dengan memberikan beberapa tips dan trik yang bisa kamu coba.

Cara Melihat Tanggal Ijazah S1 yang Benar

Tanggal ijazah S1 adalah tanggal ketika ijazah S1 diterbitkan oleh perguruan tinggi. Tanggal ini biasanya berbeda dengan tanggal lulus S1, yang merupakan tanggal ketika mahasiswa dinyatakan lulus kuliah. Tanggal ijazah S1 penting untuk diketahui karena sering menjadi acuan untuk mengisi formulir atau dokumen resmi.

Untuk melihat tanggal ijazah S1 yang benar, kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Lihat pada bagian bawah ijazah S1. Biasanya, tanggal ijazah S1 terletak pada bagian bawah ijazah S1, di dekat tanda tangan rektor atau pejabat yang berwenang. Tanggal ijazah S1 biasanya ditulis dengan format DD/MM/YYYY atau DD-MM-YYYY, misalnya 31/12/2020 atau 31-12-2020.
  • Lihat pada bagian atas ijazah S1. Beberapa perguruan tinggi menempatkan tanggal ijazah S1 pada bagian atas ijazah S1, di bawah logo atau nama perguruan tinggi. Tanggal ijazah S1 biasanya ditulis dengan format MM/YYYY atau MM-YYYY, misalnya 12/2020 atau 12-2020.
  • Lihat pada bagian tengah ijazah S1. Beberapa perguruan tinggi menempatkan tanggal ijazah S1 pada bagian tengah ijazah S1, di bawah nama dan nomor induk mahasiswa. Tanggal ijazah S1 biasanya ditulis dengan format YYYY atau YYYY, misalnya 2020 atau 2020.
  • Lihat pada bagian samping ijazah S1. Beberapa perguruan tinggi menempatkan tanggal ijazah S1 pada bagian samping ijazah S1, di sebelah kanan atau kiri nama dan nomor induk mahasiswa. Tanggal ijazah S1 biasanya ditulis dengan format DD/MM/YYYY atau DD-MM-YYYY, misalnya 31/12/2020 atau 31-12-2020.
Baca Juga :  cara cek ijazah online

Jika kamu masih bingung dengan letak tanggal ijazah S1, kamu bisa melihat contoh-contoh ijazah S1 dari berbagai perguruan tinggi di sini.

Cara Melihat Tanggal Ijazah S1 yang Mudah

Jika kamu tidak memiliki ijazah S1 asli atau salinan yang jelas, kamu masih bisa melihat tanggal ijazah S1 dengan cara-cara berikut ini:

  • Menghubungi perguruan tinggi. Kamu bisa menghubungi perguruan tinggi tempat kamu menyelesaikan studi S1, baik melalui telepon, email, atau media sosial. Kamu bisa meminta informasi tentang tanggal ijazah S1 kamu dengan menyebutkan nama, nomor induk, dan jurusan kamu. Kamu juga bisa meminta salinan ijazah S1 kamu jika memungkinkan.
  • Mengecek di portal akademik. Kamu bisa mengecek tanggal ijazah S1 kamu di portal akademik perguruan tinggi tempat kamu menyelesaikan studi S1, jika ada. Kamu bisa login dengan menggunakan username dan password yang diberikan oleh perguruan tinggi. Kamu bisa melihat tanggal ijazah S1 kamu di bagian transkrip nilai, riwayat akademik, atau profil mahasiswa.
  • Mengecek di transkrip nilai. Kamu bisa mengecek tanggal ijazah S1 kamu di transkrip nilai yang diberikan oleh perguruan tinggi tempat kamu menyelesaikan studi S1. Transkrip nilai biasanya berisi informasi tentang nilai-nilai yang kamu peroleh selama kuliah, termasuk tanggal lulus dan tanggal ijazah S1 kamu.
  • Bertanya kepada teman atau alumni. Kamu bisa bertanya kepada teman atau alumni yang seangkatan atau sejurusan dengan kamu tentang tanggal ijazah S1 kamu. Kamu bisa membandingkan tanggal ijazah S1 kamu dengan tanggal ijazah S1 mereka, jika sama. Kamu juga bisa meminta bantuan mereka untuk mengecek tanggal ijazah S1 kamu di perguruan tinggi, jika berdekatan.
  • Mengecek di website resmi perguruan tinggi. Kamu bisa mengecek tanggal ijazah S1 kamu di website resmi perguruan tinggi tempat kamu menyelesaikan studi S1, jika ada. Kamu bisa mencari informasi tentang tanggal ijazah S1 di bagian berita, pengumuman, akademik, atau alumni. Kamu juga bisa mencari nama dan nomor induk kamu di daftar wisudawan atau lulusan yang diumumkan oleh perguruan tinggi.
  • Melalui surat permohonan. Kamu bisa mengirim surat permohonan kepada perguruan tinggi tempat kamu menyelesaikan studi S1 untuk meminta informasi tentang tanggal ijazah S1 kamu. Kamu bisa menulis surat permohonan dengan menggunakan bahasa yang sopan dan resmi, serta menyertakan data diri dan alasan kamu membutuhkan informasi tersebut. Kamu juga bisa melampirkan fotokopi KTP, kartu mahasiswa, atau dokumen lain yang relevan.
  • Bergabung di grup alumni. Kamu bisa bergabung di grup alumni perguruan tinggi tempat kamu menyelesaikan studi S1, baik di media sosial, aplikasi pesan, atau platform lain. Kamu bisa berinteraksi dengan alumni lain yang mungkin memiliki informasi tentang tanggal ijazah S1 kamu. Kamu juga bisa mendapatkan informasi lain yang berguna tentang perguruan tinggi atau dunia kerja.
  • Mengikuti acara alumni. Kamu bisa mengikuti acara alumni yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi tempat kamu menyelesaikan studi S1, baik secara online maupun offline. Kamu bisa bertemu dengan alumni lain yang mungkin memiliki informasi tentang tanggal ijazah S1 kamu. Kamu juga bisa memanfaatkan acara alumni untuk menjalin relasi dan memperluas jaringan.
Baca Juga :  cara mengurus ijazah dan shun yang hilang

Itulah cara melihat tanggal ijazah S1 yang benar dan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *