6 Cara Memakai Softlens Yang Baik dan Benar Bagi Pemula

Buat kamu yang baru pertama kali ingin menggunakan softlens sebaiknya memperhatikan cara memakai soflens yang baik dan benar. Hal ini untuk memastikan agar softlense tidak terbalik dan mengganjal, dan agar mata tidak perih, tidak merah,tidak iritasi dan tetap nyaman seharian.

Dalam artikel berikut ini akan dibahas cara pakai kontak lens yang baru dibeli, serta tips dan trick untuk memasang dan melepas soflens yang baik dan benar.

Kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mulai memakai soflens dengan cepat dan aman tanpa menggunakan alat penjepit.

Cara memasang/memakai:

  1. Cuci tanganmu sampai bersih lalu bilas dan keringkan
  2. Cuci lensa kontak terlebih dahulu dengan cairan pembersih soflens. Caranya letakkan soflens di telapak tangan lalu tetesi dengan cairan 3-4 tetes, gosok secara lembut selama kurang lebih 10 detik. Lakukan pada kedua sisinya.
  3. Letakan lensa kontak pada ujung jari telunjuk, lalu gunakan jari tengah (tangan yang memegang lensa kontak) untuk menarik kelopak mata bawah.
  4. Gunakan jari telunjuk atau jari tengah dari tangan yang lain untuk mengangkat kelopak mata atas. Lalu perlahan-lahan tempelkan lensa kontak pada mata.
  5. Lepas tangan Anda lalu berkediplah agar lensa kontak menempati posisi tengah mata dengan sempurna.
  6. Ulangi langkah di atas untuk lensa satunya.

Agar lebih mudah mengikuti cara memakai soflens untuk pertama kali, ada baiknya kamu perhatikan dalam video cara memakai soflens berikut ini:

Cara melepas:

  1. Cuci, bilas dan keringkan tanganmu secara menyeluruh.
  2. Selalu pastikan bahwa lensa kontak berada di tengah-tengah mata Anda sebelum mencoba untuk melepasnya.
  3. Tarik kelopak mata atas dan bawah dengan jari Anda lalu cubit dengan lembut lensa kontak antara ibu jari dan jari telunjuk, kemudian tarik keluar.
  4. Bersihkan lensa kontak seperti metode sebelum memasang lalu simpan dan rendam dengan solutions dalam softlens case.

Agar Softlens Tidak Merusak Mata

Memakai softlens dengan cara yang benar wajib untuk kamu lakukan agar mata tetap nyaman dan aman.Oleh karena itu perhatikan beberapa hal penting dibawah ini.

Periksa kondisi mata

Periksa kondisi mata kamu terlebih dahulu sebelum menggunakan soflens. Ingat ya, tidak semua orang cocok menggunakan softlens, bisa jadi  mata kamu alergi terhadap bahan yang terkandung pada softlens.

Jadi untuk meminimalisir terjadinya alergi, infeksi dan kerusakan mata sebaiknya periksa kondisi mata kamu kedokter mata terlebih dahulu.

Cari Tau Material dan Tehnology Softlens Yang Digunakan

Cara termudah untuk mengetahui material dan tehnologi softlens yang digunakan adalah dengan membaca atau melihat review produk softlens yangingin dibeli.

Jangan asal tergiur dengan softlens berharga murah lalu kamu mengabaikan keamanan dan kesehatan mata.

Jaga Kebersihan Tangan

Sebelum memakai softlens ataupun sebelum melepasnya, pastikan tangan kamu dalam keadaan bersih. Cuci tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun antikuman.

Selain itu, pastikan kamu tidak berkuku panjang karena kuku panjang bisa menjadi sarang kuman dan juga menggores softlens yang dapat menyebabkan softlens robek.

Setelah dilepaskan, jangan lupa juga bersihkan dan rendam soflens menggunakan air pembersih softlens yang segar. Dilarang keras menggunakan air yang bukan pembersih softlens misalnya air keran, air mineral dan lainnya.

Jangan Memakai Soflens Terlalu Lama

Sebisa mungkin jangan gunakan softlens lebih dari 12 jam karena pemakaian softlens dalam waktu yang lama akan membuat mata terasa tidak nyaman dan juga membuat bakteri berkembang.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan batas kadaluarsa pemakaian softlens dan ganti dengan yang baru jika sudah melewati jangka waktu layak pakai.

Umumnya batas waktu kadaluarsa softlens yakni 3 – 6 bulan. Selain itu, jika kamu mulai merasa tidak nyaman dengan softlens yang kamu gunakan, segeralah lepaskan dan buang softlens tersebut.

Jangan Memakai Soflens Saat Tidur, Mandi dan Berenang

Softlens yang digunakan seharian bisa menjadi sarang bagi kuman dan virus yang bisa merusak bola mata. Oleh karena itu, jangan pernah lupa untuk melepas softlens sebelum kamu tidur, mandi dan juga berenang.

Air pada kolam renang mengandung zat-zat kimia dan parasit yang dapat menyebabkan iritasi, infeksi hingga kebutaan.

Bawa Perlengkapan Softlens Saat Bepergian

Bagi kamu yang suka bepergian dan beraktivitas di luar rumah, biasakan untuk membawa perlengkapan softlens seperti obat tetes mata, cairan dan tempat softlens.

Jadi jika kamu merasa tidak nyaman dengan softlens digunakan, kamu bisa melepasnya kapanpun. Dan jangan lupa juga untuk membawa kacamata ya, supaya saat melepas softlens, kamu bisa menggunakan kacamata untuk membantu penglihatanmu.

Lindungi Softlens Dari Debu

Sebisa mungkin hindari tempat yang berdebu karena debu-debu tersebut dapat menempel di softlens yang pada akhirnya menyebabkan iritasi pada bola mata. Jika terpaksa harus berada di tempat berdebu, gunakanlah pelindung seperti kacamata biasa (bukan minus/plus/silinder), atau bersihkan softlens setelah terkena debu.

Jangan Memakai Soflens Milik Orang Lain

Perlu untuk diketahui, jangan suka meminjamkan atau meminjam softlens milik orang lain baik itu temen dekat atau saudara sendiri. karena bakteri yang terdapat pada softlens yang digunakan oleh orang tersebut bisa terkena pada mata mu.

Kunjungi dokter mata/ praktisi professional mata

Agar mata tetap terjaga kesehatannya, kunjungi dokter mata/ praktisi professional mata secara berkala minimal setiap 6 bulan sekali.

 

 




Tidak menemukan solusi yang anda cari? silahkan kirim email kepada redaksi anekacara.com dengan permasalahan serta solusi yang anda inginkan. Kirim kan email ke : redaksi@anekacara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *