3 Cara Membasmi Kutu Kasur dan Telurnya ( Paling Ampuh )

Posted on

Meski ukuranya kecil, kutu kasur ( Cimex Lectularius ) atau ada yang menyebutnya sebagai tumbila, kutu busuk, tinggi, tungau tapi bisa memicu berbagai penyakit seperti gangguan pernafasan dan penyakit kulit ( scabies ) yang diiringi rasa gatal dan panas pada kulit, oleh karenanya anda perlu tau cara yang efektif untuk membasminya.

Kutu busuk memang mudah mati jika terkena semprtotan insectisida seperti baygon atau paparan kapur ajaib, tapi telur yang tertinggal dilipatan atau celah rangka perabotan akan cepat menetas dan kembali jadi kutu kasur dewasa.

Itu artinya usaha anda membasmi kutu kasur jadi sia-sia.

Membasmi tungau atau tumbila bisa dilakukan dengan cara tradisional seperti menjemur kasur diterik matahari dan memukulinya dengan rotan.

Anda juga bisa menggunakan obat insectisida yang dipercaya mampu membunuh kutu seperti Baygon, Kapur Ajaib atau menggunakan bahan lain seperti baking soda.

Bahkan ada juga yang memanfaatkan bahan makanan seperi cuka, garam bahkan kulit durian. Tapi apakah itu semua dapat membasmi kutu kasur dengan tuntas?

Belum tentu, jika anda tidak tau cara membasminya dengan benar.

 

Siklus Hidup Kutu Kasur

Untuk bisa membasmi kutu kasur sampai tuntas, anda perlu sedikit mengerti siklus hidup kutu kecil yang menjengkelkan dan sulit dibasmi ini.

Jadi anda tau waktu yang tepat untuk melakukan pembersihan dan pencegahan agar kutu busuk ini tidak datang lagi.

Dari halaman ini, diketahui jika siklus hidup kutu busuk atau tungau kasur terdiri dari telur, nimfa hingga dan dewasa.

siklus hidup kutu kasur

Kutu busuk betina akan bertelur dalam dalam 10-15 batch dan menghasilkan 5 atau 6 dalam satu hari. Seekor kutu busuk akan melewati beberapa tahap nimfa sebelum mencapai usia dewasa.

Ketika kutu busuk berkembang dalam tahap nimfa, mereka berukuran sangat kecil dan sulit dilihat. Kutu busuk dewasa mampu bertahan hidup tanpa makan selama 1 tahun.

Baca Juga :  Resep Masakan Jawa Yang Enak Banget

Saat tertidur tubuh kita akan mengeluarkan cairan tubuh dana kulit mati diatas matras atau kasur. Ini akan menjadi tempat yang ideal bagi kutu busuk untuk berkembang biak.

Ketika populasi kutu busuk menempati ruangan dengan kondisi lingkungan yang tepat, tidak butuh waktu lama untuk infestasi kutu busuk bertumbuh menjadi lebih buruk.

Setelah anda tahu jika kutu busuk bisa bertelur antara 10-15 kali dan menghasilkan 5-6 butir telur perharinya dan tumbila ini setelah dewasa ( hanya butuh waktu beberapa minggu untuk dewasa ) mampu bertahan hidup 1 tahun tanpa makan maka anda harus tau cara yang benar untuk membasminya.

Bahaya Kutu Kasur / Kutu Busuk

Saat kutu busuk menggigit kulit anda, ia akan mengeluarkan air liur. Air liur ini akan menjadi pemicu penyakit pada kulit ( scabies ) dan menimbulkn rasa gatal dan panas.

Kotoran yang ditinggalakan kutu tungau pada kasur, matras, sofa dan tempat lainya juga ditengarai dapat menyebabkan penyakit gangguan pernafasan.

Obat Pembasmi Kutu Kasur

Orang tua kita dulu biasanya menjemur kasur atau sofa di bawah terik matahari untuk membasmi kutu kasur dan meski belum terbukti tapi banyak yang melakukanya.

Bisa jadi panas dari terik matahari diharapkan mampu membunuh telur dan kutunya sekaligus.

Ada juga yang memanfaatkan bahan-bahan disekitar kita untuk membasmi binatang ini antara lain :

  1. Baking soda
  2. Silica Gel
  3. Kapur Barus yang dicampur minyak tanah
  4. Lelehan lilin yang panas
  5. Garam
  6. Cuka
  7. Kulit Durian ( ? )

Seiring perkembangan tehnologi saat ini sudah tersedia banyak obat pembasmi hama kutu ( insektisida ) yang bisa dibeli di apotik ataupun market place.

Obat pembasmi kutu kasur
Obat Pembasmi Kutu Kasur Yang Dijual di Market Place

Beberapa merek yang bisa anda pertimbangkan untuk pembasmian kutu kasur yang efektif antara lain :

  1. Baygon
  2. Kapur Ajaib
  3. Tumilax
  4. Basmix
  5. Temprid
  6. dll

Yang perlu anda perhatikan saat membeli obat pembasmi kutu kasur ini adalah komposisi dan aturan pakai. Karena produk ini mengandung racun, sebaiknya anda benar-benar teliti saat menggunakanya.

Baca Juga :  Tampil Cantik Dengan Gaya Rambut Pendek 2015

Setelah anda tau siklus hidup dan obat yang manjur untuk membasmi kutu kasur, selanjutnya adalah prosedur untuk pembasmianya.

Treatment dan Cara Membasmi Kutu Kasur / Busuk

Menurut ahli pembasmian kutu ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dan bisa anda tiru untuk dikerjakan sendiri di rumah.

Tanpa mengikuti prosedur standar ini, maka pekerjaan anda membasmi kutu kasur akan sia-sia karena kutu kecil ini akan kembali bersarang dan berkembang biak dengan cepat.

Prosedur atau cara membasmi atau treatment kutu kasur yang harus dilakukan antara lain :

  1. Inspeksi
  2. Treatment
  3. Follow-Up

1. Inspeksi

Dimaksudkan untuk mengetahui titik /hotspot dimana kutu busuk atau tumbila bersarang, biasanya kutu kasur ini gemar bersembunyi dicelah rangka dan lipatan kasur atau sofa.

Mungkin anda perlu membuka lipatan dan mengarahkan cahaya yang cukup ke area tersebut agar sarang kutu kasur bisa terlihat.

Jika beruntung anda bisa melihat dengan jelas kutu kasur dewasa beserta dengan telurnya, karena biasanya binatang ini sulit terlihat.

Jika anda sudah mengetahui titik-titik yang ditengarai sebagai sarang kutu kasur, anda bisa melanjutkan pada tahap berikutnya.

2.Treatment

Adalah langkah untuk mulai membasmi kutu busuk dan telurnya, anda bisa mulai menyemprotkan cairan pembasmi serangga seperti baygon dan sejenisnya.

Sebaiknya anda membeli obat pembasmi kutu kasur yang kemasanya berupa semprotan ( hand sprayer ) agar lebih mudah untuk pengaplikasianya dan bisa menjangkau sela kerangka sofa atau ranjang tempat tumbila bersarang.

Anda juga perlu menyemprot area sekitar sarang kutu kasur sampai merata.

Karena cairan pembasmi kutu busuk ini memiliki aroma yang menyengat dan mengandung racun, sebaiknya anda mengenakan masker dan sarung tangan.

Jauhkan anak-anak saat anda melakukan treatment ini.

Setelah proses penyemprotan selesai, anda membutuhkan steamer portable untuk membunuh telur kutu kasur agar tidak menetas kembali.

Uap panas yang keluar dari steamer ini akan memastikan kutu dan telurnya mati.

Portable Steamer

 

Setelah proses treatment ini selesai, apakah rumah anda akan terbebas dari kutu busuk dan tumbila lagi?

Baca Juga :  Cara Memperbesar Arus Listrik Setrum Ikan ( Dahsyat dan Paten )

Apakah kutu kasur yang menyebalkan itu tidak akan kembali lagi?

Perlu Anda ketahui ada beberapa faktor yang mempengaruhi serangga penghisap darah ini dapat kembali muncul ke rumah Anda. Oleh karenanya, ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh Anda untuk mengatasi kutu busuk kembali merajalela setelah jasa pembasmi kutu busuk melakukan treatment di rumah Anda.

Ikuti cara mengatasi kutu busuk di rumah agar tidak muncul kembali setelah treatment berikut ini:

  • Vakum karpet atau tirai kain serta perabotan berlapis kain lainnya di rumah secara teratur
  • Mengatur ventilasi kamar dengan baik, sehingga tidak menjadi tempat yang di sukai oleh kutu busuk
  • Mencuci dan mengeringkan sprei, sarung bantal dan selimut pada suhu tinggi. Kutu busuk rentan terhadap suhu tinggi (117 – 120 fahrenheit)
  • Mencuci pakian kotor dengan rajin, terutama yang dibawa dari bepergian

Jasa Pembasmian Kutu Kasur

Jika anda tidak memiliki waktu untuk mengerjakan semua itu anda bisa mencari penyedia jasa pembasmian kutu kasur yang saat ini sudah banyak tersedia di sekitar anda.

Memang anda harus merogoh kocek agak dalam untuk keperluan ini, akan tetapi pasti sebanding dengan hasil yang akan didapat.

Anda bisa tidur nyenyak dikasur tanpa gangguan tumbila yang menyebalkan.

Anda juga tak perlu malu dan khawatir saat kerabat datang bertamu dan duduk di sofa anda karena mereka sudah pasti aman dari gigitan kutu kasur yang menyebalkan.

Jadi pilih mana?

Kerjakan sendiri atau memakai jasa profesional?

 

 

 




Tidak menemukan solusi yang anda cari? silahkan kirim email kepada redaksi anekacara.com dengan permasalahan serta solusi yang anda inginkan. Kirim kan email ke : redaksi@anekacara.com