Bagaimana cara membedakan softlens terbalik atau tidak?

Bagi yang sudah terbiasa menggunakan softlens pasti tidak akan kesulitan menemukan cara membedakan softlens terbalik atau tidak? Tapi tidak mudah bagi yang pertama kali dan belum tau cara memakai softlens yang baik dan benar bagi pemula.

Posisi softlens yang benar akan membuat rasa nyaman dimata dan terhindar dari efek buruk menggunakan softlens terbalik seperti mata merah, mata terasa kering, berpasir, atau rasa sakit yang memburuk sepanjang hari karena iritasi pada mata.

Cara membedakan bagian depan dan belakang soflense serta posisi softlens yang benar untuk mata kanan dna kiri akan dibahas dalam artikel berikut ini.

Cara Membedakan Softlens Terbalik

1. Perhatikan Sisi Softlens Cembung

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk membedakan antara bagian belakang dan depan softlens adalah dengan memperhatikan sisi softlens yang cembung sempurna.

  • Ambil softlens anda kemudian letakkan pada ujung jari telunjuk anda.
  • Pastikan softlens tersebut dalam posisi cembung ke atas menyerupai bentuk mangkuk.
  • Dekatkan softlens ke mata anda untuk melihat jika softlens yang tidak terbalik akan membentuk cembung dengan sempurna, sedangkan untuk softlens yang terbalik maka bentuk cembungnya terlihat sedikit aneh dan terlihat sedikit cekung.

2. Test Taco

Cara membedakan softlens depan dan belakang berikutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan test taco. Taco sendiri merupakan jenis makanan yang berasal dari Meksiko yang terdiri atas gulungan atau lipatan tortilla.

Bentuk dari tortilla ini bisa digunakan untuk mengetahui bagian depan dan belakang softlens anda yang sudah sering digunakan banyak orang di seluruh dunia untuk membedakan bagian softlens tersebut.

  • Ambil softlens anda kemudian letakkan softlens tersebut diantara ibu jari dan juga jari telunjuk anda.
  • Kemudian, cobalah untuk mendekatkan kedua jari tersebut secara perlahan dan lembut sampai sisi softlens hampir terlipat dengan sisi lainnya seperti layaknya bentuk taco.
  • Apabila softlens terlihat cembung sempurna, maka softlens tersebut sudah berada pada posisi yang benar atau merupakan bagian depan softlens.
  • Sedangkan jika softlens yang tersentuh dengan jari terlihat agak cekung, maka itu artinya softlens berada dalam posisi terbalik atau merupakan bagian belakang softlens.

 

3. Periksa Warna Tepi Lensa

Cara untuk membedakan antara bagian depan dan belakang softlens selanjutnya bisa dilakukan dengan memeriksa warna di bagian tepi softlens atau lensa kontak anda.

Apabila warna yang dipantulkan dari bagian tepi softlens berwarna biru atau agak kehijauan, maka bagian tersebut adalah bagian depan atau berada dalam posisi tepat.

Namun jika ada warna lain yang dipantulkan dari bagian tepi softlens tersebut, maka itu artinya merupakan bagian belakang softlens atau berada pada posisi terbalik. Salah menggunakan softlens bisa menjadi penyebab selalu perih saat memakai softlens

4. Perhatikan Tanda R dan L

Tanda R dan L pada kemasan softlens memiliki arti kanan ( R )  untuk dipasang di mata sebelah kanan. Dan kiri ( L ) untuk digunakan pada mata bagian kiri.

Sebaiknya anda jangan sampai terbalik memasang soflense yang kanan dan kiri ini, terlebih jika anda sedang menggunakan soflens untuk mata minus dengan kondisi minus yang berbeda antara mata kanan dan mata kiri.

5. Perhatikan Rasa Nyaman dan Tidak Nyaman

Saat digunakan dalam posisi terbalik, maka softlens akan terasa kurang nyaman saat digunakan atau akan lebih sering bergeser bahkan terlepas dengan sendirinya sehingga membuat anda lebih sering berkedip.

Apabila hal tersebut terjadi, maka segera cuci softlens anda dengan cairan khusus pembersih softlens dan pastikan anda memakai softlens dengan posisi yang benar.

 

 




Tidak menemukan solusi yang anda cari? silahkan kirim email kepada redaksi anekacara.com dengan permasalahan serta solusi yang anda inginkan. Kirim kan email ke : redaksi@anekacara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *