Cara Memperbaiki HP Bootloop ( Paling Eefektif )

HP bootloop dapat diperbaiki dengan beberapa langkah praktis seperti yang dimuat dalam artikel ini. Bootloop adalah kondisi ketika HP anda tidak bisa masuk kedalam menu utama setelah dilakukan restart. Pada layar HP biasanya hanya muncul logo animasi saja.

Sebelum anda memperbaiki bootloop yang terjadi, sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu beberapa penyebab bootloop padaHP android dan mengapa hal itu bisa terjadi. Dengan mengetahui penyebab bootloop, anda akan lebih mudah untuk menemukan solusi praktis bagaimana cara memperbaiki HP Bootloop.

Penyebab bootloop pada HP Android

Jika anda dapat membooting HP hingga masuk kedalam menu utama, akan tetapi dalam beberapa detik ponsel menjadi hang dan kemudian restart berulang – ulang maka android anda sudah terkena bootloop kategori ringan.

Sementara itu  saat anda menyalakan ponsel, tapi hanya muncul logo animasi saja dan tidak berlanjut ke dalam menu utama, maka sudah pasti android anda terkena bootloop yang berat.

Pertanyaan beriktunya adalah kenapa HP Android tiba-tiba resatart sendiri dan bootloop? Meskipun anda menggunakan HP Branded seperti Samsung, XioMi, atau Oppo.

Berikut ini beberapa penyebab yang membuat hp android anda mengalami bootloop yang sering terjadi:

1. Memodifikasi Sistem

Bagi sebagian orang memodifikasi sistem operasi android pada gadgetnya adalah tindakan keren untuk meningkatkan perfoma dan fitur-fitur yang ada didalamnya.

Tapi sayangnya tindakan ini malah akan memicu bootloop jika konfigurasi yang dilakukan tidak sempurna.

Jadi begini, untuk bisa melakukan modifikasi sistem, anda harus masuk sebagai super user ( admin ) didalam sistem Android, sedangkan secara default anda berada pada posisi sebagai user biasa.

Super user ini mempunyai akses untuk melakukan root pada sistem Android, dia mampu menambah dan mengurangi sistem Android sehingga jika root yang telah dilakukan tidak sepenuhnya berhasil bisa mengakibatkan ketidak setabilan sistem pada Android, akibatnya ponsel kita mengalami bootloop.

Apakah itu artinya rooting HP Android berbahaya?

Baca Juga :  Cara Membuat File Scan KTP Hanya Dengan HP Androidmu [ PALING GAMPANG ]

Tidak berbahaya selama anda berhati – hati dalam melakukan root pada sistem Android, lakukan jika dirasa itu penting dan mendesak , selain itu kita juga harus tau sesifikasi ponsel kita apakah mampu atau tidak jika dilakukan root sistem.

2. Kesalahan Flashing Custom ROM

Selain root android yang tidak sempurna Flashing custom ROM bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya bootloop pada ponsel Anda. Sebenarnya flashing custom ROM adalah penginstalan pada ROM (Read Only Memory) dengan tujuan melakukan modifikasi dan mengganti isi data pada ROM. Tujuan dari flashing custom ROM adalah ROM dapat mengoptimalkan dan memepercepat dari sistem kerja OS.

Hal ini bisa berakibat fatal jika dalam melakukan flashing custom ROM terjadi kegagalan dimana dalvik-cavhe atau data lama yang belum terhapus namun sudah digunakan oleh sistem baru. Karena keadaan ini akhirnya mengakibatkan bootloop pada ponsel Anda.

3. Salah Mengatur Permission

Kesalahan kecil dalam menyetting izin akses aplikasi  menjadi penyebab bootloop selanjutnya. Permission adalah hak akses yang dimiliki pada suatu aplikasi dimana agar aplikasi tersebut dapat mengakses beberapa informasi dari ponsel yang kita miliki.

Yang perlu anda ketahui bahwa pada Android  terdapat banyak informasi personal semisal lokasi, kontak, dan koleksi foto kita pada galeri. Sehingga OS pada Android itu sangat berpengaruh pada permission, jika kita melakukan kesalahan dalam mengatur permission pada sebuah file maka dapat mengakibatkan bootloop.

4. Overclock pada Android

Kinerja sistem operasi yang berjalan pada Android anda dipengaruhi oleh prosessor yang disematkan, tapi dengan sedikit modifikasi yang disebut overlcok anda bisa memacu kinerja prosessor diatas kemampuan standarnya.

Misal, ponsel Anda hanya memiliki prosesor dengan kemampuan 1 GHz namun Anda menginginkan lebih, maka  Anda bisa menaikkan kemampuan prosesornya setara dengan prosessor 2GHz agar sistem operasinya menjadi lebih cepat.

Disinilah kegunaan dari overclock.

Tapi yang perlu anda ketahui, Overclock yang berlebihan malah bisa membuat HP anda bootloop, oeh karena itu sebaiknya anda jangan meng-overclock dari 1 GHz menjadi 2 GHz. Lakukan setengahnya saja atau seperempatnya saja menjadi 1,2 GHz. Sehingga tidak terlalu memaksakan ponsel Anda.

Baca Juga :  Zodiak 2018: Cara Mengetahui Keberuntungan Cinta dan Karirmu Tahun Ini

5. Mengubah Isi Script pada Folder Sistem

Mungkin hal ini dianggap sepele dan tidak berdampak pada sistem Android. Bagi Anda pecinta game pasti sudah tidak asing dengan cara semacam ini. Mengubah isi script dengan aplikasi yang ada dan bertujuan bisa segera menikmati game yang Anda inginkan. Ingat bahwa langkah ini juga bisa mengakibatkan bootloop pada ponsel Anda. Jadi jangan sembarangan mengganti isi script jika ponsel Anda tidak ingin terjadi bootloop.

6. Sering Melepas Baterai

Sama halnya dengan penyebab poin nomer 6 bahwa sering mencopot baterai bisa berdampak pada sistem operasi pada ponsel Anda. Apalagi jika melakukan pencopotan baterai disaat ponsel Anda dalam keadaan menyala. Selain mengakibatkan bootloop hal ini juga sangat berbahaya, diantaranya ponsel Anda mengalami kerusakan pada hardware, mengacaukan kalibrasi pada ponsel, menyebabkan kerusakan data dalam memori eksternal dan internal, dan parahnya adalah ponsel Anda akan mati total. Sehingga hindari langkah mencopot ponsel Anda apalagi dalam keadaan menyala.

Setelah mengetahui berbagai macam penyebab bootloop HP Android anda, sekarang sampai pada tahap cara memperbaiki bootloop .

 

Mengatasi bootloop tanpa PC

Cara memperbaiki bootloop /softbrick pada HP android bisa anda lakukan tanpa menggunakan PC jika kategori bootloopnya ringan sehingga anda tidak memerlukan flashing.

Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut ini.

1. Lepas baterai HP

Meski nampak sepele, melepaskan baterai adalah langkah awal dan paling aman untuk mengatasi bootloop pada HP Android anda.

Tapi sebelum melepas baterai ini anda harus memastikan HP berada pada posisi OFF dengan cara menekan tombol power beberapa detik sehingga Android anda yang sedang stuck di animasi logo bisa dimatikan.

Setelah gadget berada pada posisi OFF anda bisa melepaskan baterainya. Tunggu beberapa saat kemudian pasang lagi dan nyalakn HP nya.

Jika cara ini tidak bisa menyelesaikan softbrick yang terjadi, silahkan anda menuju pada cara berikutnya.

2.Recovery Mode

Recovery mode memungkinkan anda mengembalikan settingan HP kedalam settingan awal saat kondisi android masih sehat. Langkah ini biasanya disebut sebagai Factory Reset.

Baca Juga :  Cara Cek Garansi Oppo ( Paling Mudah dan Akurat )

Untuk mengakses recovery mode caranya berbeda antara satu merk Android dengan lainya, tapi secara umum menggunakan kombinasi tombol power, tombol volume atas (+) atau tombol volume bawah (-).

Jadi sebaiknya anda membaca kembali manual book dari HP yang anda gunakan.

Langkah untuk masuk ke menu recovery mode Android:

  1. Matikan HP
  2. Tekan tombol Power + Vol (+) secara bersama-sama sampai muncul menu recovery. ( atau tombol power + vol (-) )
  3. Pilih factory reset ( Gunakan tombol +/- ) untuk memilih menu.

Tampilan Recovery mode hanya berupa tulisan saja. Untuk keperluan navigasi naik dan turun, Anda bisa menggunakan tombol volume (tergantung tipe handphone Android).

 

 

3. Penghapusan Dalvik Cache, dan Cache Partition :

Untuk cara kedua ini, pastikan anda telah menginstall  custom recovery, bisa CWM atau TWRP.

Caranya :

#1. Matikan hp, kemudian boot ke dalam Custom Recovery.

INGAT Beda merek hp, beda juga cara memasuki custom recoverynya, tapi secara umum di lakukan dengan cara menekan Tombol Volume Bawah + Home + Power.

#2. Jika sudah masuk ke dalam custom recovery, pilih Wipe Dalvik Cache, dan Wipe Cache Partition.

Cara penghapusan Untuk CWM : setelah memasuki CWM, pilih opsi Wipe Cache Partition.

Dan untuk opsi Wipe Dalvik Cache, anda harus masuk opsi Advance terlebih dahulu.

 

Cara penghapusan untuk TWRP  : setelah memasuki TWRP, sobat bisa membuka opsi Wipe > Advance Wipe > Lalu pilih Dalvik Cache, dan Cache SAJA > Jika sudah, pilih Swipe to Wipe

Jangan pilih “Swipe to Factory Reset”

Pilih Dalvik Cache, dan Cache SAJA

 

#3. Setelah proses penghapusannya sudah selesai, segera lakukan reboot.

#4. Dan pada saat reboot, hp android akan mengoptimasi semua aplikasi, dan kira-kira akan memakan waktu sekitar 5-10 Menit (Tergantung banyaknya aplikasi), jadi hpnya jangan di matikan.

Kini HP anda sudah terbebas dari bootloop, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *