Cara Memperbaiki Remot TV Yang Tidak Berfungsi, Modal Obeng dan Solder Aja

Cara memperbaiki remot tv yang tidak bekerja. Remot tv sebenarnya sangat sering usak, entah karena penyalahgunaan atau kesalahan lainnya Penyebabnya juga bisa bermacam macam pcb berkarat, tempat batreai tidak tepat atau memang ic sudah rusak, sebenarnya hampir semua remot yang sama agar tidak remot tv saja.

Sebelum kita membahas pokok pembicaraan kesalahan pertama kita periksa kondisi remote yang mengetahui kerusakan remote Bukan di remote sendiri mungkin ada remot lain dan remote tv sebenarnya tidak sesulit perbaikan seperti setrika, magiccom, karena hanya di remote ic dan papan PCB saja. pertama pastikan bahwa:

  1. Baterai Jarak Jauh masih memiliki kekuatan
  2. Lampu ledeng, bisa anda cek dengan menggunakan kamera HP (handphone) dengan cara ini lebih efektif. bagaimana:
    1. Tolong nyalakan kamera HP di video pilihan
    2. Setelah Anda menetapkan pilihan video silahkah menutup kamera ke remote led light dan tekan tombolnya terpencil.
    3. Jika lampu ledeng ada di dalam Tentu saja tentu saja Anda akan melihat lampu led menyala namun Jika tidak berarti lampu ledeng sudah mati atau mungkin baterai lemah. Sebagai solusi Anda bisa mengganti baterai tapi kalau tetap tidak Nyala api berarti ada kemungkinan lain.
  3. Jangan biarkan sensor menyala Televisi diblokir dengan benda, terkadang kita tidak sadar meletakkan benda dekat televisi yang menyebabkan sensor di televisi menghalangi untuk itu Pastikan sensor di TV tidak terhalang.

Setelah Tiga Langkah di atas yang telah Anda periksa dengan benar namun nilainya nihil sekarang Waktu untuk langkah selanjutnya adalah membuak tubuh di remote, untuk itu berikan alat berikut ini:

  • Obeng min dan obeng plus
  • Avo meter (jika ada)
  • Kain halus
  • kucing tiner
  • Remote tidak memakai
  • Pensil 2B
  • Solder Plus Tin
Baca Juga :  Cara Memperbaiki Kompor Gas Yang Merah Apinya

Setelah Anda sedang mempersiapkan peralatan di atas sekarang saatnya untuk layanan Televisi Jarak Jauh :

  1. Setelah Anda membuka tubuh remote TV Anda akan melihat bagian PCB, untuk membukanya Anda bisa Pakailah pemotong atau obeng karena biasanya model remote televisi sekarang Bukan di tutupnya menggunakan baut, nah setelah Anda melihat tubuh PB Saya telah menjelaskan di atas langkah selanjutnya untuk membersihkan bagian PCB dengan menggunakan Tiner dan kain halus. bagaimana cara mencelupkan kain pada thinner dan bersih bagian karbon dari PCB dengan menggosok satu arah (untuk menghindari erosi karbon).
  2. Setelah Anda melakukannya lalu keringkan dan jika Anda melihat bagian karbon yang terkikis Anda bisa menggunakan pensil 2B untuk menambahkan karbon itu gosok pensil 2B pada karbon yang sudah tergores atau diganti karbon dengan remote yang tidak terpakai.
  3. Setelah Anda menyelesaikan semuanya Langkah diatas sekarang tutup kembali remote TV anda dan lihatlah Hasilnya adalah apakah ia bekerja dengan baik atau tidak jika aman Anda sukses tapi jika Anda belum pernah melihat lampu led yang pertama Jauh jika dinyalakan atau tidak jika tidak Anda bisa membukanya lagi.
  4. Untuk saat ini Anda bisa melakukan atau mengganti lampu led biasa (hanya untuk tes atau percobaan) cara melepas lampu ledeng menggunakan solder yang telah Anda siapkan lalu ganti dengan remote led light yang tidak digunakan atau bisa Juga pakai lampu led biasa, bukan? sangat bisa tapi biasanya untuk efek jarak jauh tidak seperti cahaya yang dipimpin asli untuk alternatif yang Anda bisa menggunakan cahaya yang dipancarkan dari remote yang tidak terpakai.
  5. Selanjutnya solder lampu led gunakan timah dan tutup kembali, dan sekarang Anda akan melihat remote Anda berfungsi dengan baik.
  6. Jika cara di atas tidak Efektif kemungkinan besar ada komponen di remote televisi Anda Tidak bekerja dengan benar biasanya komponen tidak bisa bekerja dengan entah karena sering jatuh atau tidak pernah disiram, kali ini tidak Ada cara lain, selain harus membeli barang baru di toko elektronik. dan mudah-mudahan artikel jalan perbaiki remote televisi berguna bagi Anda.
  7. semoga sukses.
Baca Juga :  Cara Memperbaiki Kipas Yang Berputar Lambat Tanpa Harus Memanggil Tukang Servis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *