Cara Memperbesar Arus Listrik Setrum Ikan ( Dahsyat dan Paten )

Problem utama yang sering bikin kesal setelah sesai merakit alat setrum ikan adalah output atau setrum yang dihasilkan tidak maksimal sehingga ikan tidak bisa anda tangkap. Tapi jangan khawatir karena ada beberapa tip dan trik atau cara memperbesar arus listrik setrum ikan yang bisa anda kerjakan dengan mudah.

Membuat alat setrum ikan dengan voltase yang dahysat dan bikin ikan yang terkenal kebal dan bandel seperti nila langsung klepek -klepek memang butuh komponen yang bagus.

Itu artinya akan menambah biaya dan juga sulitnya diwaktu penggulungan yang cukup menyita waktu dan sangat melelahkan.

Tapi dengan sedikit ketelitian dan kecerdikan anda, berbagai masalah setrum ikan yang sering kali ditemukan seperti diatas bisa ditangani.

Faktor penyebab yang menjadi biang kerok alat setrum ikan anda jadi loyo adalah pemasangan komponen yang tidak maksimal.

Oleh karena itu perhatikan dan cek satu persatu komponen yang digunakan dengan teliti.

1. PERIKSA KOIL/ GULUNGAN

Ada beberapa penyebab mengapa output sebuah setrum ikan tidak maksimal. Salah satu sebab yang dominan atau kebanyakan adalah ukuran kawat email dan kerennya serta cara menggulung yang kurang rapi, kurang rapat dan kurang kencang.

Solusinya “BONGKAR dan GULUNG ULANG” setelah kita yakin saat penggulungan koil sudah rapat, rapi dan kencang, maka kita lanjut dengan SOLUSI BERIKUTNYA.

2. PERIKSA PLATINA

Output yang kurang maksimal bisa disebabkan juga oleh bahan mata platina yang dipakai, panjang plat platina dan kelenturan sebuah platina.

Bahan mata platina haruslah terbuat dari logam yang keras seperti platina yang dibuat oleh pabrikan yang harganya menengah keatas alias mahal.

Baca Juga :  Cara Membuat Setrum Ikan Tanpa Platina

Anda bisa merakitnya sendiri menggunakan bahan BAJA WIDYA yang banyak dipakai pada mata alat bubut mesin dan mata alat pembuatan sumur bor.

Ciri-cirinya berwarna hitam kelam, sangat keras hingga memotongnya pun menggunakan gerinda khusus.

Setelah mendapatkan MATA BAJA WIDYA, bawa ke tukang las karbit, dilas di media yang terbuat dari besi seperti rantai sepeda atau langsung ke plat platina.

Intinya buat seperti platina ada umumnya.

Panjang Plat Platina yang Ideal. Seperti yang kita tahu jika sebuah plat platina terlalu panjang maka daya tarik koil akan semakin ringan dan menyebabkan arus yang masuk kedalam sebuah gulungan menjadi kecil, walhasil output juga akan kecil. Gunakan sependek mungkin namun pastikan magnet koil mampu menarik platnya. Jangan terlalu pendek juga ya, nanti mata platina cepat habis. Kok susah banget to mas???????? Hehehe, iya begitulah lah sobat…?. Gunakan kira-kira panjang sekitar 10 cm saja ya.

Kelenturan Plat Platina. Yang harus kita ketahui semua, semakin kaku sebuah plat platina maka arus yang masuk akan semakin besar. Dan semakin lemas sebuah platina maka arus yang masuk ke gulungan pun akan lemas/ kecil juga. Berarti dapat kita simpulkan bahwa, Kita harus menggunakan plat platina yang kaku dengan perhitungan jika semakin kaku kita akan memperpanjang plat platinya.

 

3. PERIKSA JUMLAH KONDESOR

Harus kita ketahui selain sebagai peredam api saat platina bekerja, salah satu fungsi kondesor juga sebagai pembangkit tegangan, maka semakin banyak kondesor tegangan pun akan semakin besar asala menyesuaikan kebutuhan.

Karena yang berlebihan pun belum tentu lebih baik alias mubazir. Hehehe jika sobat menggunakan hanya 1 aki, maka cukup kita gunakan 8 biji dan jika kita menggunakan 2 aki maka kondesor minimal 15 biji. Kita juga bisa menggunakan ta,bahan kapasitor kipas angin atau sanyo yang berukuran 1,5 uf hingga 4uf dengan perbandingan jika 1 aki adalah : 6 kondesor ditambah 2 kapasitor dan jika 2 aki : 10 kondesor ditambah 4 kapasitor.

Baca Juga :  8 Cara Perawatan dan Perbaikan Aki Basah Yang Gokil Tapi Ampuh Mengatasi Soak

 

Video Cara Memperbesar Arus Setrum Ikan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *