10 Cara Memutihkan Gigi ( Alami dan Permanen )

Posted on

Memiliki gigi kuning yang membandel meski sudah di bersihkan dengan cara tradisional menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur maupun secara alami memanfaakan jeruk nipis atau belimbing wuluh memang sangat menjengkelkan. Terlebih jika anda berharap hal tersebut bisa menjadi cara memutihkan gigi yang permanen tanpa efek samping.

Masalah lainya yang tak kalah menjengkelkan adalah karang gigi yang menempel erat digigi, atau mungkin gigi hitam karena tambalan. Bahkan niat anda untuk bergaya dengan memasang behel gigi pun acap kali menimbulkan masalah baru pada gigi karena tidak bisa merawatnya.

Ujung-ujungnya sudah pasti, mulut akan bau naga karena banyaknya bakteri yang bersarang.

Memiliki gigi berwarna putih cemerlang serta sehat pasti menjadi hal yang anda inginkan karena dapat menambah rasa percaya diri dan menambah penampilan menjadi oke.

Biasanya mereka yang ingin punya gigi putih menjalani perawatan pemutihan gigi. Namun jika kamu belum memiliki dana yang mendukung untuk melakukan hal tersebut, kamu bisa lho memanfaatkan bahan-bahan di dapur untuk memutihkan gigi seperti contoh berikut ini.

 

1.Dengan Garam Dapur

Garam kaya dengan mineral, banyak orang percaya bahwa kandungan mineral yang ada pada garam mampu mengangkat kotoran dari gigi dengan cepat.

Cara memutihkan gigi dengan garam

Cara memutihkan gigi dengan garam adalah sebagai berikut:

    1. Campur garam dengan pasta gigi yang biasa kamu pakai.
    2. Kemudian sikatlah gigi seperti biasa.

Selain bermanfaat untuk membuat gigi jadi cemerlang, garam juga mampu menyembuhkan masalah yang berhubungan dengan gusi.

 

2.Dengan Baking Soda

Baking soda berupa bubuk putih, biasanya digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga sebagai pengembang kue. Mereka lebih akrab dengan sebutan soda kue.

Baking soda adalah bahan kimia sintetis dengan nama senyawa natrium bikarbonat atau sodium bikarbonat. Rumus kimianya adalah NaHCO3. Senyawa ini termasuk kelompok garam yang bersifat basa, korosif, dan abrasif.

Baking soda sangat efektif membersihkan gigi dengan banyak kelebihan, di antaranya mampu menghilangkan perubahan warna pada gigi, mampu menjangkau celah-celah dan retakan gigi, dan mengurangi pertumbuhan bakteri dalam mulut. Selain itu baking soda juga membuang penumpukan plak gigi, menghilangkan bau mulut, dan mencegah penyakit gigi dan gusi.

Cara Memutihkan gigi dengan baking soda

Cara memutihkan gigi dengan baking soda bisa dilakukan dengan cara mencampur setengah sendok teh soda kue dengan beberapa tetes air.

Anda juga bisa mengunakan perasan lemon atau cuka untuk mencampur baking soda ini kedalam sebuah wadah kecil.

Pastikan campuran membentuk pasta sehingga lebih mudah digunakan. Gunakan sikat gigi atau jari untuk menggosokkan pasta soda kue ini ke gigi.

Jika gigi anda memliki noda kuning yang membandel atau hitam, sebaiknya oleskan pasta soda kue langsung ke permukaan gigi dan biarkan selama 2 menit.

Setelah itu gosok menggunakan sikat gigi dan berkumur menggunakan air hingga bersih.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, coba keringkan permukaan gigi dengan kain kasa sebelum mengoleskan pasta soda kue.

Tapi yang perlu anda ingat, baking soda adalah bahan kimia sintetis. Penggunaannya harus hati-hati karena baking soda adalah bahan kimia yang bersifat abrasif.

Penggunaan baking soda secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama akan merusak permukaan gigi dan gusi.

Baca Juga :  Ayam Cincane Spesial Khas Samarinda Kalimantan Timur

Jadi gunakan baking soda untuk memutihkan gigi secukupnya dan jangan berlebihan.

 

3. Dengan jeruk nipis

Cara memutihkan gigi secara alami dengan jeruk nipis tidak sulit. Siapkan bahannya, yaitu: 1 buah jeruk nipis dan 1 sdm garam dapur. Sedangkan alatnya, yaitu: pisau dan wadah kecil.

Cara Memutihkan Gigi dengan jeruk nipis

Caranya membuatnya:

  1. Iris jeruk nipis menjadi 2 atau 4 bagian,
  2. Peras jeruk nipis di cangkir atau wadah kecil
  3. Kemudian campurlah air perasan jeruk nipis dengan 1 sdm garam
  4. Aduk sampai merata. Nah, jadilah campuran jeruk nipis dengan garam dapur sebagai cara memutihkan gigi secara alami.

Cara Memakainya:

Gunakan campuran ini untuk menggosok gigi secara rutin dan teratur setidaknya 2x sehari. Dengan cara ini maka akan menghilangkan plak yang menempel pada gigi.

 

4. Dengan Kulit Pisang

Kulit pisang banyang mengandung senyawa kimia yang dipercaya mampu membuat gigi anda putih cemerlang. Kandungan magnesium, mangan, dan potasium yang terkandung dalam kulit pisang bisa memudarkan noda pada email gigi.

Hasilnya, gigi pun akan terlihat lebih cerah tanpa menggunakan bahan kimia.

Cara Memutihkan gigi dengan kulit pisang

Berikut ini adalah cara mudah memutihkan gigi menggunakan kulit pisang

1. Alat dan bahan-bahan
– Kulit pisang
– Sikat gigi
– Pasta gigi

2. Proses
– Oleskan daging kulit pisang ke gigi. Pastikan, kulit pisang tidak terkena area mulut dan gusi.
– Diamkan selama 10 menit.
– Gosok gigi secara perlahan dengan sikat gigi.
– Terakhir, bersihkan kulit pisang dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi. Untuk hasil yang maksimal, lakukan setiap hari selama dua minggu.

 

5. Dengan Kulit Jeruk

Kandungan vitamin C yang terkandung yang terkandung pada kulit jeruk dapat digunakan untuk memutihkan gigi. Cara penggunaannya cukup sederhana, cukup gosokkan kulit jeruk bagian dalam (yang berwarna putih) pada gigi.

Selain mampu memutihkan gigi kuning yang membandel, khasiat kulit jeruk ini juga akan membaut nafas lebih segar.

Untuk hasil yang baik, lakukan cara ini secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu sebelum tidur atau di waktu luang anda.

6. Dengan Arang

Arang memiliki sifat alkali sehingga membuat lingkungan sekitar arang menjadi basa, kadar basa pada arang tentu saja sangat membantu dalam proses pembersihan gigi.

Pada level tertentu basa bisa berbahaya untuk tubuh kita namun kadar basa dalam arang masih pada taraf yang sangat aman untuk tubuh manusia, untuk itulah arang bisa digunakan sebagai alternatif cara memutihkan gigi dengan cepat.

Untuk memutihkan gigi dengan arang ini, anda bisa mencampur arang kelapa yang sudah ditumbuk hingga halus dengan pasta gigi.

Perbandingan yang ideal antara arang bubuk arang dengan pasta gigi adalah 2:1.

Cara menggunakan arang untuk memutihkan gigi dengan cepat dan aman

  1. Oleskan pasta gigi dari arang yang telah kita buat dengan cara diatas pada sikat gigi favorit kamu
  2. Basahi dengan sedikit air lalu gunakan untuk menyikat gigi seperti biasa
  3. Gosoklah gigi dengan benar selama dua menit
  4. Lalu berkumurlah untuk membersihkan sisa pasta gigi
  5. Sikat gigi anda sekali lagi tanpa menggunakan pasta gigi arang tadi untuk membersihkan sisa arang yang masih ada pada rongga mulut. Selesai.

 

Benarkah arang aktif bisa memutihkan gigi?

Arang aktif adalah arang dari batu bara, kayu, tempurung kelapa, atau minyak bumi– yang dipanaskan dengan gas. Hasilnya arang akan lebih berpori. Menurut U.S. National Library of Medicine, pori-pori ini membantu arang “menangkap” bahan kimia aktif, sehingga efektif untuk mengobati keracunan.

Baca Juga :  Resep Mango Mochi Ice Cream

Menurut drg. Mark Wolf, seorang pakar kesehatan gigi dari New York University College of Dentistry di Amerika Serikat (AS), arang aktif sudah banyak digunakan untuk berbagai hal, terutama untuk menyerap kotoran atau racun. Pori-pori yang terbentuk pada arang aktif ini akan mengikat kotoran-kotoran pada permukaan gigi.

Karena itu, membersihkan zat-zat kekuningan pada gigi akan jadi lebih mudah. Sekalinya arang aktif ini melekat pada gigi Anda, arang aktif ini akan langsung bekerja. Arang aktif juga mengandung mineral yang bisa membantu membersihkan plak dan sisa makanan pada gigi.

Walau begitu, Oral Health Foundation di Inggris justru mengeluarkan pernyataan yang mengingatkan orang bahwa penggunaan arang aktif secara berlebih akan merusak gigi.

 

7.Dengan Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh dipercaya mampu memutihkan gigi secara alami cara memutihkan gigi dengan cepat dan alami karena banyak mengandung peroksida dan Asam oksalat.

Cara memutihkan gigi dengan belimbing wuluh

Kandungan peroksida dan Asam oksalatnya membantu membersihkan gigi kuning dengan alami dan super cepat.

Belimbing wuluh dikenal juga dengan nama belimbing asam karena memang rasanya sangat asam.

Selain itu, manfaat belimbing wuluh untuk gigi yaitu bisa membasmi bakteri dan kuman penyebab plak dan karang gigi. Berikut ini cara memutihkan gigi dengan belimbing wuluh dalam 2 hari, yaitu:

  1. Siapkan 2 buah belimbing wuluh muda, haluskan dengan di tumbuk atau diparut
  2. Campurkan sesendok garam dapur kemudian aduk agar tercampur rata
  3. Oleskan campuran belimbing wuluh dan garam di atas sikat gigi
  4. Gosok gigi kuning dengan pasta belimbing wuluh dan garam, setelah itu bilas dengan berkumur sampai bersih
  5. Lakukan dengan rutin dua kali sehari dalam 2 hari secara berturut-turut.

 

8.Dengan Lemon

Lemon dikenal sebagai bahan alami yang bermanfaat untuk memutihkan gigi. Untuk mempercepat proses pembersihan dan pemutihan gigi menggunakan lemon ini anda bisa menambahkanya dengan garam atau baking soda.

Anda bisa menggunakan perasan lemon maupun kulit jeruk lemon. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah cara memanfaatkan kandungan lemon untuk membersihkan gigi.

Menggunakan Air Perasan Lemon

Air perasan lemon untuk memutihkan gigi

Cara memutihkan gigi dengan air perasan lemon adalah sebagai berikut :

  1. Campur 1 sendok teh air dengan 1 sendok teh perasan lemon segar.
  2. Gunakan racikan tersebut untuk menyikat gigi.
  3. Setelah itu berkmur dengan air dan sikat gigi dengan pasta gigi biasa.
  4. Anda juga bisa menoleskan pasta gigi pada gigi dengan jari dan biarkan selama 5 – 10 menit.
  5. Setelah itu sikat gigi seperti biasa dengan air bersih

Untuk mendapatkan hasil gigi yang putih cemerlang, anda bisa mengulangi dalam 3 hari sekali ( 2 kali dalam seminggu ).

 

Mencampur Lemon dengan garam

Anda juga bisa mencampur air perasan lemon dengan garam untuk membersihkan gigi. Caranya juga sangat simpel :

  1. Campur 1 sendok teh garam dengan 2-3 sendok teh perasan lemon segar,
  2. Oleskan campuran tadi pada gigi, biarkan selama beberapa menit
  3. Sikat menggunakan sikat gigi
  4. Setekah itu sikat kembali gigi menggunakan pasta gigi. Lakukan cara ini dua kali seminggu.

Lemon dengan baking soda

Saat air lemon dicampur dengan baking soda, hal tersebut dapat menjaga kalsium di enamel untuk memperkuat dan memutihkan gigi.

Caranya dengan mencampurkan baking soda dan air lemon dengan takaran yang seimbang untuk membuat pasta. Oleskan pada gigi dan biarkan selama semenit. Sikatlah gigi dengan pasta ini selama satu atau dua menit sebelum membilasnya dengan air.

Sikat gigi dengan pasta gigi biasa untuk membersihkan campuran tersebut. Ulangi cara ini sekali atau dua kali dalam seminggu.

Baca Juga :  10 ++ Cara Merawat Softlens Yang Benar Agar Aman dan Nyaman Untuk Mata Cantik Kamu

 

 

Minyak lemon untuk memutihan gigi.

Penggunaan minyak lemon juga efektif untuk memutihkan gigi. Caranya dengan menuangkan satu kapsul arang aktif atau seperempat sendok teh dalam satu sendok makan minyak kelapa. Campur tiga tetes minyak lemon dan minyak chamomile. Tuangkan campuran minyak arang ini ke dalam mulut dan desis sekitar 10-20 menit. Bersihkan dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi biasa. Ulangi sekali atau dua kali seminggu.

 

 

Minyak mustar dengan garam dan lemon

Minyak mustar membantu menguatkan gigi, mengurangi bau mulut dan menjaga kesehatan gusi. Campur dua tetes perasan lemon dengan  minyak mustard dan setengah sendok teh garam. Pijat gigi dengan campuran tersebut menggunakan jari selama beberapa menit. Kemudian bilas mulut dengan air. Lakukan hal ini setiap hari setelah menggosok gigi.

 

Caranya: campur beberapa tetes air perasan jeruk lemon, sejumput baking soda, dan garam. Usapkan di atas gigi yang bernoda. Biarkan selama 2 menit dan kemudian bilas. Lakukan hal ini dua kali dalam sehari selama sebulan untuk menyingkirkan noda kuning di gigi.

9.Dengan Stroberri

Anda bisa memanfaatkan pasta stroberi untuk memutihkan gigi secara alami. Stroberi adalah buah yang kaya vitamin C. Menggosok gigi dengan stroberi sangat ampuh untuk membuat gigi jadi putih cemerlang.

Caranya:

  1. Ambil beberapa buah stroberi, kemudian hancurkan hingga menjadi pasta.
  2. Campur pasta stroberi ini dengan pasta gigi dan gosokkan di atas gigi yang bernoda.
  3. Lakukan secara berulang seperti tiga kali dalam seminggu untuk membantu menyingkirkan noda kuning di gigi.

10.Dengan Daun Sirih

Mengunyah daun sirih dengan rutin dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi serta mencegah mulut dari aroma nafas yang tidak sedap.

Tak heran jika kakek nenek kita yang rajin mengunyah daun sirih ini memiiki gigi yang kuat dan tidak ompong meski usia sudah diatas 70 tahun.

Sementara itu, daun dan batang sirih juga berfungsi dalam mengatasi gangguan pencernaan, asma, batuk dan sembelit. Sedangkan minyak esesial yang berasal dari daun sirih memiliki manfaat sebagai antiseptik untuk membunuh bakteri.

Cara memutihkan gigi dengan daun sirih :

  1. Ambil beberapa daun sirih, makanlah daun sirih saat anda berangkat tidur, kunyah hingga halus, biarkan sampai anda terlelap.
  2. Jika anda menyukai buah pinang dapat ditambahkan saat mengunyah daun sirih. Pilih pinang yang masih muda.
  3. Setelah bangun tidur sikat gigi anda dengan odol seperti biasa.

 

Jika anda melakukan 10 cara memutihkan gigi diatas ini secara rutin, niscaya gigi anda akan putih, bersih dan kuat secara permanen. Tapi semua usaha untuk membuat gigi menjadi lebih putih diatas akan menjadi sia-sia jika masih memiliki kebiasaan buruk seperti merokok dan malas menyikat gigi.

Oleh karena itu jauhi rokok, karena rokok memiliki kadungan nikotin yang membuat gigi menjadi kuning dan jauhi minuman energi atau minuman instan seperti kopi, teh herbal yang juga memiliki zat yang bisa membuat gigi kuning.

Semoga bermanfaat




Tidak menemukan solusi yang anda cari? silahkan kirim email kepada redaksi anekacara.com dengan permasalahan serta solusi yang anda inginkan. Kirim kan email ke : redaksi@anekacara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *