Cara Tuntas Mengatasi dan Memperbaiki Playstore (10 Macam Error ) Di semua HP Android

Cara memperbaiki playstore yang tidak bisa dibuka pada HP Android baik yang menggunakan wifi atau paket data sebenarnya sangat mudah dilakukan, bahkan oleh anda sendiri.

Bisa jadi anda ragu untuk memperbaiki sendiri karena tidak yakin dengan informasi yang pernah anda baca atau dengar sebelumnya.

Jadi daripada nanti HP android anda malah jadi rusak, anda lebih memilih menyerahkan kepada tukang service.

Tapi sebelum anda menyerahkan kepada tukang service untuk mengatasi berbagai masalah yang disebabkan oleh error pada playstore sebaiknya anda baca artikel dibawah ini terlebih dahulu karena dalam artikel ini akan dibahas  cara ampuh mengatasi playstore yang error.

1. Cara Memperbaiki Play Store Yang Tidak Bisa Dibuka

Kekesalan anda bisa jadi berawal dari playstore yang tidak bisa dibuka sehingga anda tidak bisa mendownload atau menginstall game terbaru yang diinginkan.

Play store yang tidak bisa dibuka di oppo atau xiaomi atau merk apapun HP Android yang anda gunakan bisa disebabkan berbagai macam hal mulai dari pengaturan yang salah hingga adanya aplikasi yang bermasalah.

Tapi anda tak perlu khawatir karena masalah ini dapat diselesaikan dengan mudah.

Apapun perangkat Android yang Anda gunakan, baik Samsung, Xiaomi, Sony, atau Asus, permasalahan Play Store yang tidak bisa dibuka dapat diatasi dengan cara yang sama.

Periksa Settingan Tanggal dan Waktu

Meski terlihat sepele, tetapi setingan tanggal dan waktu yang salah juga bisa menyebabkan error pada google playstore.
Oleh karena itu, langkah awal memperbaiki playstore yang tidak bisa dibuka adalah memastikan bahwa settingan tanggal dan waktu pada Android anda sudah benar.

Cara menyetting waktu dan tanggal HP Android bisa dimulai dengan membuka Setelan > Tanggal & Waktu > Pastikan anda memilih opsi otomatis untuk agar settingan waktu bisa langsung tersinkron / disesuaikan dengan yang ada di internet atau provider secara otomatis.

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka Tanggal

Pindah Ke Modus Pesawat Sementara

Jika settingan tanggal dan waktu sudah diubah tetapi playstore masih tidak bisa dibuka, anda bisa merubah settingan HP anda ke modus pesawat untuk sementara. Biarkan dalam modus pesawat kira-kira 1 menit, setelah itu non aktofkan modus pesawat.

Beberapa pengguna melaporkan dengan mengubah smartphone menjadi modus pesawat beberapa saat dapat memperbaik permasalahan yang ada.

Anda bisa merubah settingan untuk mengaktifkan modus pesawat melalui:

Setelan > Lainnya > Modus Pesawat.

Tap / geser kekanan untuk mengaktifkan mode pesawat, geser ke kiri untuk menonaktifkanya.

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka Modus Pesawat

Bersihkan Data dan Cache Play Store

Data dan cache playstore merupakan file sementara yang tersimpan dalam penyimpanan saat anda membuka halaman playstore. Semakin banyak file yang disimpan tentu akan membuat memory HP jadi penuh dan berpengarh saat membuka aplikasi playstore.

Solusinya adalah dengan menghapus data dan cache playstore yang tersimpan didalam HP android anda.

Caranya adalah dengan mengunjungi Setelan > Aplikasi > Geser layar untuk berpindah ke kategori Semua. Selanjutnya kamu pilih paksa berhenti terlebih dahuulu, baru kemudian menghapus cache dan data seperti pada gambar di bawah untuk Play Store dan Layanan Google Play.

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka Clear Data

Restart

Restart HP bisa jadi solusi saat kondisi gadget anda stuck/hang karena banyak aplikasi yang berjalan di waktu bersamaan.

Dengan merestartnya, anda akan membuat perfoma device anda kembali normal karena semua aplikasi akan dihentikan dan distart ulang.

Beberapa pengguna melaporkan kalau mereka dapat memperbaiki Play Store yang rusak dengan cukup melakukan restart perangkat saja.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya anda mencoba hal ini karena tidak ada ruginya. Sebaiknya memang setiap melakukan perubahan besar perangkat melakukan restart agar sistem dapat menyesuaikan perangkat sepenuhnya terhadap perubahan tersebut.

Hapus Pembaruan yang Ada

Versi aplikasi yang tidak sesuai atau rusak bisa membuat Google playstore menolak akses yang dilakukan oleh aplikasi tersebut dan menutupnya secara paksa.

Sebelum memasang versi Play Store terbaru, ada baiknya anda menghapus pembaruan yang ada agar aplikasi kembali seperti semula. Selanjutnya saat anda membuka Play Store, aplikasi akan langsung download versi terbaru dan melakukan pembaruan secara otomatis.

Jika Play Store tidak melakukan pembaruan otomatis, kamu harus melakukannya sendiri dengan cara download .apk dari Play Store melalui pihak ketiga seperti APKPure.

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka Copot

Tambah Ulang Akun Google

Cara mengatasi Play Store tida bisa dibuka berikutnya adalah dengan menghapus semua akun Google yang ada di smartphone Android anda.

Baca Juga :  Cara Cek IMEI dan Keaslian Xiaomi ( Paling Akurat )

Untuk menghapusnya anda bisa membuka Setelan > Akun > Google > Pilih akun yang diinginkan > Hapus akun.

Kemudian masukkan kembali akun Google utama anda dan tunggu hingga proses sinkronisasi selesai.

Jangan lupa untuk kembali membersihkan cache dan data dari aplikasi Play Store dan Layanan Google Play.

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka Hapua Akun

2. Cara memperbaiki playstore yang tidak bisa mendownload

Saat ini mungkin anda sudah bisa membuka playstore di smartphone, tapi saat akan dipergunakan untuk mendownload aplikasi atau game proses pengunduhan tak bisa dilakukan.

Sebelum dibahwah bagaimana cara memperbaiki dan mengatasi playstore tidak bisa mendownload, ada baiknya anda mengerti penyebab gagalnya proses pengunduhan yang dilakukan oleh playstore.

Penyebab utama playstore tidak bisa mendownload adalah :

  1. Ruang Penyimpanan di HP sudah penuh yang ditandai dengan pesan error “Penyimpanan yang tersedia tidak cukup” atau “insufficient storage available”
  2. Tidak ada koneksi Internet yang memadai, baik karena gangguan sinyal ataupun kuota paket data anda sudah habis.
  3. Penyebab lain

Setelah mengetahui faktor yang menyebabkan playstore tidak bisa mendownload, kini anda bisa langsung melakukan tindakan untuk mengatasinya.

Hapus File Tak Terpakai dan Uninstall Aplikasi Agar Tersedia Ruang Penyimpanan Yang Lebih Besar

Cara pertama untuk mengatasi playstore yang tidak bisa mendownload adalah dengan menghapus file yang sudah tak dipergunakan lagi agar tersedia ruang yang cukup untuk menyimpan file installer dari apk yang akan diinstall.

File-file media seperti mp3, foto, gambar, video dari group whatsapp yang anda ikuti biasanya cukup banyak dan menguras kapasitas penyimpanan.

Menghapus file jenis ini tentu sangat mudah dilakukan karena bisa langsung anda hapus dari gallery maupun melalui file manager.

Jika dari gallery anda bisa langsung masuk dalam album dan mulai menghapus foto-fot dan video yang anda rasa tak perlu untuk disimpan.

Untuk anda yang lebih berpengalaman bisa menghapus media file tersebut menggunakan langkah-langkah berikut ini :

Melihat apa saja yang menggunakan ruang penyimpanan

  1. Di perangkat, buka aplikasi Setelan Aplikasi Setelan.
  2. Tap Penyimpanan.
  3. Tap kategori.

Mengosongkan penyimpanan

Untuk memilih dari daftar foto, video, dan aplikasi yang belum digunakan baru-baru ini:

  1. Di perangkat, buka aplikasi Setelan Aplikasi Setelan.
  2. Tap Penyimpanan.
  3. Tap Kosongkan ruang penyimpanan.
  4. Untuk memilih file yang ingin dihapus, tap kotak kosong di sebelah kanan. (Jika tidak ada yang tercantum, tap Tinjau item yang baru dibuka.)
  5. Untuk menghapus item yang dipilih, tap Kosongkan di bagian bawah.

Menghapus aplikasi yang telah diinstal

  1. Di perangkat, buka aplikasi Setelan Aplikasi Setelan.
  2. Tap Aplikasi & notifikasi.
  3. Tap aplikasi yang ingin di-uninstal. Jika tidak melihatnya, tap terlebih dahulu Lihat semua aplikasi atau Info aplikasi.
  4. Tap Uninstal.

Menonaktifkan aplikasi yang telah disertakan dengan perangkat

Anda tidak dapat menghapus beberapa aplikasi sistem yang telah diinstal oleh pabrikan di perangkat Android. Namun, Anda dapat menonaktifkan sistem aplikasi tersebut sehingga tidak muncul di daftar aplikasi di perangkat.

  1. Di perangkat, buka aplikasi Setelan Aplikasi Setelan.
  2. Tap Aplikasi & notifikasi.
  3. Tap aplikasi yang ingin dinonaktifkan. Jika tidak melihatnya, tap terlebih dahulu Lihat semua aplikasi atau Info aplikasi.
  4. Tap Nonaktifkan.

Menginstal ulang aplikasi yang telah dihapus

Jika menghapus atau menonaktifkan aplikasi, Anda dapat menambahkannya kembali ke perangkat. Jika sudah membeli sebuah aplikasi, Anda dapat menginstal ulang aplikasi tersebut tanpa perlu membelinya lagi

Cek Koneksi Internet dan Sisa Paket Data

Penyebab anda tidak bisa mendownload dari playstore dengan tanda-tanda loading terus menerus dan download berjalan sangat ama sekali adalah faktor kualitas koneksi jaringan.

Pastikan penerimaan sinyal jaringan oleh smartphone anda dalam kondisi bagus dengan diatndai sinyal yang biasanya berupa bar/garis penuh.

Jika sinyal jaringan sedang buruk, sebaiknya anda menunda dulu proses download dari playstore untuk dilanjutkan nanti setelah koneksi jaringan anda kembali normal.

Selain masalah koneksi Internet, anda juga harus memastikan jika paket data yang dipergunakan masih cukup untuk mendownload dari playstore.

Pada artikel sebelumnya, sudah tersedia cara mengecek kuota paket data yang anda gunakan.

 

Cara Mengatasi Gagal Download Aplikasi Dari Google Play Store

Jika sampai pada fase ini anda masih gagal mendownload dari playstore, ada baiknya anda melakukan trik-trik berikut ini :

    1. Ubah APN (Acess Point Name). Dengan melakukan cara ini kita akan menggunakan APN alternatif sesuai dengan layanan dari kartu SIM yang anda gunakan dengan tujuan untuk mempercepat koneksi internet.
    2. Buka aplikasi Play Store lalu tap My Apps. Disana anda akan melihat aplikasi yang telah terpasang. Batalkan proses install dan proses update.
    3. Tap Settings > Aplication manager > All > Cari aplikasi Google Play Store lalu tap “Clear Cache” dan “Clear Data”. Kita membersihkan cache dari aplikasi google play store saja.
    4. Tap Settings > Aplication manager > All > Cari aplikasi Google Play Store lalu tap “Uninstall updates”. Dengan melakukan cara ini, aplikasi Google play store akan kembali ke versi awal tepat pada saat pertama kali kita menggunakan Smartphone tersebut.
    5. Aktifkan Download Manager. Tap Settings > Aplication manager > All > Cari aplikasi Download Manager lalu tap “Enable”.
    6. Matikan Smartphone atau Tablet Android anda kemudian lepas baterai, memori eksternal (MicroSD) dan kartu SIM. Biarkan chipset tidak menerima energi dari baterai selama beberapa menit setelah itu hidupkan kembali.
    7. Lakukan factory reset atau coba untuk download aplikasi dengan kartu SIM baru.
Baca Juga :  7 Cara Agar HP Tidak Lemot ( Paling Update )

 

3. Mengatasi Error Retrieving Information From Server rh-01

Permasalahan lain yang sering timbul saat membuka playstore adalah kesalahan saat mengambil informasi dari server df-dferh-01 atau terkadang pesan erronya berupa error retrieving information from server rh-01.

Hal ini disebabkan karena terjadi kesalahan saat berkomunikasi dengan server google. Untuk mengatasi  “Kesalahan mengambil informasi dari server. [DF-DFERH-01] “. berikut adalah tutorial  memperbaiki masalah ini :

Hapus “Cache dan Data” dibeberapa aplikasi dibawah ini

  • Pada aplikasi “Google play store” 
  • Pada aplikasiGoogle Play Service” 
  • Pada aplikasi “Google Services Framework”
  • Pada Aplikasi “Download manager” 

 

Jika cara di atas belum bisa mengatasi  kesalahan saat mengambil informasi dari server anda cobalah untuk menghapus “update google play store” berikut adalah caranyanya :

unistall-update-play-store

 

4. Cara Mengatasi Playstore No Connection

Masalah lain yang sering muncul bagi pengguna playstore adalah google play error no connection, atau terkadang pesanya berbunyi Playstore tidak ada sambungan.

Untuk mengatasi playstore no connection ini, langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah mengecek koneksi Internet anda.

Apakah anda sudah mengaktifkan data seluler atau menyambungkan ke wifi sehingga HP Android anda bisa terkoneksi dengan Internet?

Jika gadget anda sudah terkoneksi dengan Internet tetapi masih belum bisa membuka playstore, ada baiknya mengikuti saran yang ditulis dalam halaman google support berikut ini.

Langkah 1 – Cek kata sandi / password akun Google anda. Jika baru-baru ini mengganti kata sandi, akan diminta untuk memasukkan lagi di perangkat anda.

Langkah 2 – Hapus data dan cache aplikasi Play Store

  • Buka Setelan > Apl / Aplikasi ( ini mungkin berbeda tergantung perangkat yang dipakai)

  • Geser ke kanan sampai terlihat bagian Semua, lalu geser kebawah sampai terlihat aplikasi Google Play Store

  • Sentuh di aplikasi nya dan sentuh di tombol Paksa Berhenti

  • Lalu sentuh di Hapus Data

 

Langkah 3 – Hapus cache aplikasi layanan Google Play / Google Play Services

  • Buka Setelan > Apl / Aplikasi ( ini mungkin berbeda tergantung perangkat yang dipakai)

  • Geser ke kanan sampai terlihat bagian Semua, lalu geser kebawah sampai terlihat aplikasi Layanan Google Play / Google Play Services

  • Sentuh di aplikasi nya dan sentuh di tombol Paksa Berhenti

  • Lalu sentuh di Hapus Cache

 

Langkah 4 – Cek setelah tanggal dan jam di perangkat anda

  • Buka Setelan > Tanggal & Waktu

  • Centang di Tanggal & waktu otomatis

Anda bisa saja menyetel waktu nya sendiri, tetapi pastikan seakurat mungkin

 

Langkah 5 – Ulangi langkah masuk / login ke akun Google anda

Buka Setelan > Akun > Google > Klik di alamat email anda > Pilih ikon menu di kanan atas > Hapus akun > Hapus akun. Lalu buka lagi Play Store, akan diminta untuk login ke akun Google kembali.

Langkah 6 – Lumpuhkan setelah proxy atau VPN

  • Buka Wireless & Network di komputer anda, modifikasi setelan WiFi anda, lalu masuk ke advanced options dan hilangkan jika ada server proxy.

  • Lumpuhkan koneksi VPN

Langkah 7 – Hapus perbaruan

  • Buka Setelan > Apl / Aplikasi (ini mungkin berbeda tergantung perangkat yang dipakai)

  • Geser ke kanan sampai terlihat bagian Semua, lalu geser kebawah sampai terlihat aplikasi Google Play Store

  • Sentuh di aplikasi nya dan sentuh di tombol Copot Pemasangan Pembaruan

Kembali ke halaman utama dan tunggu Play Store untuk memodifikasi ulang secara otomatis (mungkin perlu waktu beberapa menit) lalu coba buka Play Store lagi.

*Salah satu paket internet  yang ada layanan VPN sehingga akan menghemat data adalah Indosat freedom, sehingga cara mengatasi play store no connection karena freedom ini adalah dengan menonaktifkan VPN seperti pada poin 6 diatas.

5. Cara Mengatasi Play Store error 403

Google playstore error 403 biasanya terjadi pada saat akan memperbaharuai / mengupdate google translate dan atau google text to speech. Pesan kesalahan ini muncul dikarenakan masalah koneksi Internet anda.

Jadi cara mengatasi playstore error 403 ini cukup mudah yakni dengan memastikan gadget anda sudah terkoneksi dengan baik kedalam Internet.

Untuk melihat settingan koneksi Internet anda, silahkan akses Setelan / Pengaturan > Nirkabel & Jaringan > Selengkapnya > Jaringan Selular > Nama Titik Akses > Pilih Titik Akses yang Anda pilih saat ini > Proxy > Hapus (kosongkan) > Simpan.

6. Cara Mengatasi Playstore Error 491

Error Playstore 491 ini biasanya terjadi saat akan mengunduh atau mengupdate game di HP Android.

Untuk mengatasi playstore error 491 ini anda bisa melakukan langkah sebagai berikut :

  1. Masuk ke Settings android
  2. Lalu pilih Account, dan hapus Akun Google anda.
  3. Lalu Reboot / Restar ulang hp.
  4. Selanjutnya tambahkan kembali Akun Google anda

 

Selain itu anda juga harus mengahpus cache yang ada pada google play service dengan cara : Settings, buka Apps / Aplikasi > All > Google Play Service, dan hapus cache nya

7. Cara Memperbaiki Play Store Error 492

ERROR 492 merupakan masalah umum yang terjadi pada Google Play Store. Sudah banyak pengguna yang melaporkan masalah ini ketika akan mendownload atau update aplikasi.
Kesalahan 492 terjadi karena permasalahan cache, permasalahan dalam aplikasi, permasalahan dengan SD Card, ataupun permasalahan dengan akun Google.
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki ERROR 492 pada Google Play Store :
1. Hapus Cache pada Google Play
Ini adalah solusi umum dan banyak pengguna yang berhasil dengan cara ini. Anda bisa membuka Settings / Setelan lalu buka App list / Daftar Aplikasi, lalu sentuh Google Play Store dan pilih Clear Data / Hapus Data.
Ulangi langkah Clear Data / Hapus Data pada Google Service Framework. Setelah itu anda buka Play Store kembali dan coba download / update aplikasi.
2. Hapus dalvik cache
Jika anda menggunakan custom ROM Android, anda dapat mengikuti langkah ini. Reboot android anda dan masuk ke recovery mode dan buka advanced > pilih Wipe dalvik cache. Lalu sistem akan me-reboot, buka Play Store anda dan coba download aplikasi.
3. Jika anda memasang aplikasi pada SD Card yang corrupt, mungkin hal itu juga bisa jadi penyebabnya. Copot lalu pasangkan kembali SD Card yang ada pada HP Android anda, lalu cek kembali apakah masih error atau tidak. Kemudian Uninstall aplikasinya dan install kembali ke penyimpanan device anda. Masukkan kembali SD Card nya dan pindahkan aplikasi yang baru anda install tadi ke SD Card.

8. Cara Mengatasi Play Store Error 495

Kode Playstore error 495 biasanya terjadi pada saat anda akan mendownload game atau apk,kesalahan ini terjadi diakibatkan penggunaan custom ROM atau adanya aplikasi yang tidak kompatibel dengan perangkat Anda.
Cara untuk mengetahui apakah Android menggunakn custom ROM atau bukan adalah dengan melihat ciri-cirinya saja.
Untuk android yang menggunakan ROM standar biasanya memiliki fitur utama yang standar, sedangkan yang costum ROM biasanya memiliki fitur-fitur tambahan yang tidak ada pada ROM versi aslinya.
Namun terkadang pesan kesalahan 495 juga muncul karena versi Android yang anda gunakan belum uptodate.
Sistem Android yang diupdate dapat membantu aplikasi seperti Google Play berfungsi dengan semestinya. Bergantung pada perangkat, cara Anda memeriksa update mungkin berbeda-beda. Anda mungkin bisa:
  1. Di ponsel atau tablet Android, buka aplikasi Setelan Setelan.
  2. Scroll ke bawah & tap Tentang ponsel berikutnya Update sistem.
  3. Periksa untuk melihat apakah update tersedia.
Baca Juga :  Cara Cek Pulsa Smartfren ( Paling Gampang )

Catatan: Jika perangkat menjalankan Android 2.2 atau versi yang lebih lama, Google Play mungkin tidak berfungsi dengan semestinya.

9. Cara Mengatasi Error 500 Play store

Saat error playstore 500 terjadi, biasanya Play Store tidak bisa membuka, memuat, atau mendownload aplikasi

Cobalah langkah-langkah di bawah untuk memperbaiki masalah dengan Google Play. Langkah-langkah ini dapat membantu jika:

  • Anda tidak dapat mendownload atau menginstal aplikasi atau game dari Google Play Store
  • Anda tidak dapat mendownload musik, film, acara TV, atau konten lainnya dari Google Play
  • Aplikasi Google Play Store tidak terbuka atau dimuat, atau tidak bekerja setelah dibuka
  • Proses download & update aplikasi macet dan tidak selesai

Cek Koneksi Internet

Pertama, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang kuat. Sebaiknya Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi. Jika Anda tidak memiliki akses ke Wi-Fi, pastikan Anda memiliki koneksi data seluler yang kuat. Kemudian, coba download lagi.

Hapus cache & data Play Store

Tindakan ini akan me-refresh aplikasi dan dapat membantu menyelesaikan masalah.

  1. Di perangkat, buka aplikasi Setelan Setelan.
  2. Tap Aplikasi & notifikasi berikutnya Lihat semua aplikasi.
  3. Scroll ke bawah, lalu tap Google Play Store Google Play.
  4. Tap Penyimpanan berikutnya Hapus Cache.
  5. Selanjutnya, tap Hapus data.
  6. Buka kembali Play Store & coba download lagi.

Restart HP Android

Jika Anda masih tidak bisa mendownload setelah menghapus cache & data Play Store, nyalakan ulang perangkat Anda.

  1. Tekan dan tahan tombol Power hingga muncul menu.
  2. Tap Matikan atau Mulai ulang jika ada pilihan tersebut.
  3. Tap Oke untuk mengonfirmasi.
  4. Jika perlu, tekan dan tahan tombol Power hingga perangkat menyala kembali.

 

10. Cara Mengatasi Error 504 Play store

Ketika anda tidak bisa mengunduh dan menginstall aplikasi dari playstore dengan kode error 504, maka cobalah lakukan langkah berikut ini untuk memperbaikinya.

Coba Anda lepas kartu SD dan install aplikasi tersebut di ruang penyimpanan internal perangkat.
Pindahkan data-data ke kartu SD agar memberikan ruang penyimpanan internal yang cukup bagi aplikasi tersebut.
Beberapa aplikasi membutuhkan data tambahan setelah berhasil dipasang, sehingga kamu perlu memberikan ruang kosong yang lebih besar dari aplikasi yang ingin di-download.
Selain itu, periksa kembali apakah perangkat anda termasuk perangkat yang didukung Google atau tidak.
Jika tidak ada pada list tersebut, disarankan untuk menghubungi manufaktur/produsen pembuat perangkat tersebut.
Selain 10 macam error diatas, ada beberapa macam error yang sering terjadi pada playstore, antara lain :
  1. error playstore 927
  2.  error 905 play store
  3. playstore error 921
  4. play store error 963

Untuk mengatasi error seperti diatas, langkah langkah yang harus dilakukan adalah relatif sama, yakni cek konektifitas Internet, cek kuota/paket data, hapus cache plasytore dan frame work, hapus dan tambah akun google, upgrade playstore, restart dan factory reset.

Apakah anda menemukan solusi untuk mengatasi dan memperbaiki playstore yang error menggunakan trik dan cara diatas?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *