Cara Mengecek Asam Urat Sendiri ( Aman dan Akurat )

Dengan kemajuan teknologi dalam bidang kesehatan, kini untuk mengecek kadar asam urat bisa anda lakukan sendiri dan tak perlu repot datang ke laboratorium. Dengan bantuan alat canggih yang dibanderol dengan harga sekitar 200 ribuan ini anda sudah bisa cek asam urat, gula darah dan kolesterol sekaligus.

Hasilnya pun bisa langsung dilihat dalam hitungan detik. Untuk pengecekan dan pengukuran kadara sam urat, hasilnya bisa diketahui hanya dalam waktu 15 detik. Setelah itu anda bisa menyandingkan hasil pemeriksaan dengan tabel keterangan didalam buku panduanya. Gampang kan?

Mengapa Perlu Cek Asam Urat

Anda perlu melakukan pengecekan kadar asam urat ketika terjadi peningkatan jumlah asam urat dalam urin yang menyebabakan radang send dengan ditandai rasa sakit parah dan nyeri sendi, khususnya di jari-jari kaki dan pergelangan kaki.

Gejala lain asam urat termasuk:

  • Pembengkakan di sendi
  • Kulit memerah atau memar sendi
  • Rasa panas ketika disentuh

Ada sedikit salah kaprah di masyarakat mengenai asam urat, banyak orang menyamakan asam urat dengan penyakit. Padahal asam urat merupakan senyawa alami yang diproduksi tubuh. Selama bisa menjaga kadar asam urat normal, tidak akan menimbulkan masalah.

Yang berbahaya adalah ketika kadarnya tinggi karena dapat memicu penyakit ginjal dan rematik asam urat atau gout.

Asam urat terbentuk dari proses penguraian zat purin yang terdapat dalam makanan dan minuman. Kemudian darah membawanya ke ginjal untuk di saring, dan sisanya dibuang melalui urine.

Jika tubuh memproduksi asam urat secara berlebihan dan ginjal tidak mampu lagi membuangnya, maka bisa mengundang peradangan sendi karena terbentuknya kristal padat pada sendi-sendi.

Jumlah asam urat dalam urin yang tinggi juga bisa menjadi tanda batu ginjal. Batu ginjal adalah massa padat yang terbuat dari kristal. Kelebihan asam urat dalam tubuh menyebabkan pembentukan kristal ini dalam saluran kemih

Gejala batu ginjal meliputi:

  • Nyeri di punggung
  • Darah dalam urin
  • Sering perlu buang air kecil
  • Mual
  • Muntah
  • Demam
  • Menggigil

Jika anda mengalami gejala-gejala seperti disebutkan diatas, segera lakukan pengecekan asam urat yang sekarang bisa dilakukan secara mandiri tanpa harus datang ke laboratorium.

 

Bagaimana Cara Cek Asam Urat

Untuk mengetahui berapa kadar asam urat dalam tubuh Anda, maka perlu dilakukan beberapa pemeriksaan seperti berikut:

Baca Juga :  Hobi makan dan ingin punya berat badan ideal? berikut tips yang dapat dicoba!!!

Tes Asam Urat Dalam Darah

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui kemungkinan gout. Jika anda melakukan pengecekan di laboratorium, hasil tes biasanya baru keluar setelah satu hingga dua hari. Tapi anda juga bisa melakukan pengecekan sendiri dengan hasil yang aman dan akurat dan hanya butuh waktu 3 menit saja untuk prosesnya.

Perlu diketahui bahwa bisa saja terdapat perbedaan acuan antara laboratorium satu dengan yang lainnya. Namun jangan khawatir, karena biasa nya laboratorium akan mencantumkan acuan yang dipakai. Berikut salah satu acuan kadar asam urat normal.

  • Perempuan : 2.4–6.0 miligram per desiliter (mg/dL)
  • Laki-laki : 3.4–7.0 mg/dL
  • Anak-anak: 2.0–5.5 mg/dL

Jika kadar asam urat Anda tinggi, tetapi tidak ada keluhan gout, Anda mungkin tidak memerlukan pengobatan. Sebaliknya, jika kadar asam urat normal tetapi mengalami gejala gout, berarti asam urat sudah mengkristal dan memerlukan pengobatan.

Gout merupakan peradangan pada sendi akibat tingginya kadar asam urat. Umumnya gout dialami orang-orang lanjut usia. Sebanyak 1 dari 200 orang dewasa mengalami gout dan di antaranya lebih banyak dialami oleh pria. Konsultasikan kepada dokter jika Anda mengalami gejala rematik asam urat atau gout seperti berikut.

  • Rasa nyeri pada persendian yang datang dan pergi.
  • Biasanya paling terasa pada ibu jari kaki.
  • Sulit berjalan.
  • Sendi yang nyeri terlihat kemerahan.
  • Jika dibiarkan, rasanya nyeri dapat bertahan 7-10 hari.

Tes Asam Urat Dalam Urine

Jika ginjal tidak dapat membuang asam urat dari darah secara normal, kadar asam urat dalam urine akan menurun. Hal ini karena asam urat menumpuk dalam darah, sehingga tidak terbuang melalui urine. Di sisi lain, kadar asam urat yang tinggi di dalam urine akan merangsang pembentukan batu ginjal.

Oleh karena itu, tes urine diperlukan untuk mengetahui kemungkinan adanya batu ginjal akibat kadar asam urat tinggi. Selain itu, tes urine juga membantu menyelidiki penyebab tingginya kadar asam urat  dalam darah.

Untuk melakukan tes ini, lakukan persiapan sbeagai berikut :

    1. Catat waktu Anda buang air kecil pertama kali di pagi hari. Hal ini berguna untuk menandai waktu awal pengumpulan urine 24 jam.
    2. Urine dari buang air kecil pertama tidak perlu disimpan.
    3. Simpan urine mulai dari buang air kecil kedua dan seterusnya hingga 24 jam.
    4. Masukkan urine ke kantong sampel yang diberikan laboratorium.
    5. Bawa ke laboratorium untuk diperiksa.

Kadar asam urat normal di dalam urine yang dikumpulkan selama 24 jam adalah 250-750 mg atau 1,48-4,43 milimoles.

Setelah mengetahui cara melakukan tes asam urat, anda bisa memutuskan apakah akan melakukan di laboratorium atau menggunakan alat sendiri.

Baca Juga :  8 Cara Cepat Haid Secara Alami (Aman Dan Mudah Dilakukan)

Jika anda ingin menggunakan alat untuk mengukur kadar asam urat dengan hasil akurat dalam waktu singkat, baca terus artikel ini sampai selesai.

 

Alat Cek Asam Urat

Jika ingin menggunakan alat cek asam urat ini,  anda bisa membelinya di Apotik atau toko online seperti Mediacalogy yang menjual peralatan kesehatan secara online.

Anda bisa memilih alat khusus untuk cek asam urat saja, atau alat yang memiliki kemampuan tambahan untuk mengecek kadar gula dan  kolesterol sekaligus.

Sebelum memutuskan untuk membeli alat cek asam urat, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar mendapatkan alat cek kadar asam urat yang akurat, aman dengan harga yang kompetitif.

Tips Membeli Alat Cek Asam Urat

  1. Cari alat pengetes kadar asam urat yang bentuknya kecil. Sehingga lebih mudah digunakan dan disimpan. Kalau Anda butuh untuk membawanya bepergian pun akan terasa lebih praktis
  2. Pilih alat tes asam urat yang akurat. Pastikan alat tersebut memang akurat hasil pengukurannya. Sehingga diagnosa yang Anda lakukan akan efektif untuk mengukur seberapa jauh kadar asam urat yang Anda miliki.
  3. Gunakan alat cek asam urat yang mudah cara penggunaannya. Biar mudah digunakan oleh siapapun. Jadi misalkan Anda membelikan alat ini untuk orangtua Anda, dengan gampang orang tua Anda bisa melakukan pengecekan asam urat sendiri.
  4. Beli alat tes asam urat yang menampilkan hasil cepat. Jadi dengan segera akan langsung diketahui hasilnya. Biasanya hanya butuh waktu beberapa detik saja sudah langsung diketahui hasil pengujian asam urat yang dilakukan.
  5. Cari alat tes urat yang hanya perlu sedikit sampel darah. Jadi tak perlu mengeluarkan banyak darah untuk melakukan pengukuran kadar asam urat secara mandiri.
  6. Memiliki memori penyimpanan. Maksudnya, hasil pengukuran yang sudah dilakukan sebelumnya dapat disimpan. Dengan kata lain, Anda pun tak perlu repot untuk menyimpan hasil tersebut dengan mencatatnya atau mengingatnya sendiri.
  7. Beli di toko alat kesehatan online terpercaya. Lakukan transaksi pembelian di toko alkes yang memiliki reputasi bagus. Supaya pembelian alat tes asam urat ini dapat berlangsung dengan lancar.
  8. Pilih alat tes asam urat dengan merk terkenal. Beberapa brand produsen yang mengeluarkan alat untuk mengecek asam urat yang banyak digunakan di Indonesia misalnya seperti merk Family Dr.
  9. Beli alat tes ukur asam urat yang bergaransi. Supaya Anda memperoleh jaminan bahwa alat ini akan berfungsi dengan baik minimal dalam sekian tahun. Jadi Anda pun sebagai konsumen akan merasa tenang.
  10. Pilih alat tes asam urat yang memiliki rentang pengukuran yang besar. Supaya hasilnya lebih akurat dalam mendeteksi seperti apa kadar asam urat pada tubuh Anda.
  11. Pilih strip alat tes asam urat yang akurat. Selain memilih alat untuk mengetes asam urat yang bagus, pilih juga strip cek asam urat yang berkualitas. Sebab keduanya saling terkait untuk menghadirkan hasil tes asam urat yang akurat. Untuk strip asam urat yang banyak dipakai seperti merk Family Dr, Autocheck,, Easy touch, dan Benecheck.
  12. Utamakan beli alat tes asam urat online. Sebab lebih praktis dan bebas ribet. Anda tinggal pilih alat untuk mengecek asam urat yang ada di sini, kemudian pesan, dan tinggal tunggu barang tersebut sampai di rumah Anda.
Baca Juga :  Cara Cepat Menghilangkan Komedo Dengan Hasil Permanen

Membaca Hasil

Setelah selesai melakukan pengecekan asam urat, saatnya anda membaca hasilnya. Jika hasil pengukuran kadar asam urat Anda melebihi rentang nilai normal tersebut maka berhati-hatilah karena serangan asam urat mulai mengintai Anda.

Perlu diketahui bahwa beberapa penelitian menyimpulkan asam urat lebih banyak menyerang kaum laki-laki dibandingkan perempuan. Alasannya karena pada perempuan hormon esterogen lebih banyak diproduksi dan hormon inilah yang ternyata mampu mencegah pembentukan asam urat.

Selain itu, orang yang bertubuh gemuk pun dinilai lebih berisiko terserang asam urat.

Hal ini dikarenakan pada orang yang gemuk jaringan tubuhnya lebih banyak sehingga membuat proses penguraian purin menjadi asam urat lebih cepat dan dapat dengan mudah mengalami penumpukan. Apabila Anda termasuk yang bertubuh gemuk, maka banyaklah mengkonsumsi air putih sehingga risiko serangan asam urat dapat sedikit terkurangi.

Tak lupa, faktor genetik pun dapat berperan penting terhadap timbulnya serangan asam urat. Karenanya jagalah selalu pola hidup Anda agar tetap sehat dan lakukan pengecekan secara berkala agar serangan penyakit berbahaya dapat dihindari.

Cara Mempertahankan Kadar Asam Urat Normal

  • Batasi konsumsi daging merah, seafood, hati, dan ikan sarden.
  • Hindari minuman beralkohol seperti bir dan lainnya, tetapi sedikit wine tidak meningkatkan risiko asam urat.
  • Usahakan untuk berhenti merokok.
  • Hindari minuman dengan pemanis buatan, misalnya minuman ringan.
  • Olahan kacang kedelai sebaiknya juga dihindari.
  • Olahraga teratur. Berat badan yang sehat dapat mengurangi risiko asam urat.
  • Minum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi.

Dengan menjaga pola makan dan gaya hidup sehat, mengendalikan kadar asam urat normal bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *