AnekaCara.com

Solusi Kreatif

Cara Merawat

Cara Merawat Buah Naga : Panduan Praktis

Buah naga adalah tanaman kaktus yang berasal dari Meksiko dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah panduan lengkap cara budidaya buah naga yang saya buat untuk Anda:

  1. Siapkan peralatan dan media tanam. Anda bisa menggunakan pot, pasir, tanah, pupuk kandang, kompos, bubuk batu bata merah, dolomit, dan tiang panjatan. Campurkan pasir, tanah, pupuk kandang, dan kompos dengan perbandingan 2:1:3:1. Tambahkan bubuk batu bata merah secukupnya dan dolomit sebanyak 100 g. Siram media tanam hingga basah dan biarkan semalaman sebelum ditanami bibit12.
  2. Pilih bibit buah naga yang unggul. Bibit buah naga yang baik berukuran 30 cm dengan diameter minimal 8 cm. Anda bisa mendapatkan bibit buah naga dari bagian batang yang besar dan tua, atau membelinya dari toko pertanian online yang terpercaya23.
  3. Tanam bibit buah naga di dalam pot atau di atas tanah langsung. Buat lubang sesuai dengan ukuran dan kedalaman polybag semai. Keluarkan bibit buah naga dari polybag semai dengan hati-hati agar akar tidak rusak. Masukkan bibit ke dalam lubang tanam dengan posisi tegak lurus. Tekan-tekan media tanam agar tanaman tidak mudah roboh34.
  4. Letakkan pot atau tanaman di tempat yang terbuka dan mendapat sinar matahari yang cukup. Hindari tempat yang basah dan kurang cahaya. Buat tiang panjatan untuk menopang tanaman buah naga yang akan tumbuh dengan melilit ke atas. Pastikan tiang panjatan kuat dan kokoh24.
  5. Beri pupuk secara rutin sesuai dengan kondisi tanah, umur tanaman, dan fase perkembangan. Pada awal penanaman, beri pupuk dengan jangka 4-5 minggu. Setelah tanaman berbunga, tambahkan pupuk yang mengandung fosfor dan kalium ditambah dengan unsur mikro12.
  6. Lakukan pemangkasan pada batang tanaman yang terlalu panjang atau bercabang banyak. Pemangkasan berguna untuk merangsang pertumbuhan bunga dan buah, serta mencegah penyakit dan hama. Gunakan alat pemangkas yang bersih dan tajam24.
  7. Panen buah naga saat warna kulitnya berubah menjadi merah atau kuning terang, tergantung jenisnya. Buah naga yang sudah matang akan mudah lepas dari batangnya. Gunakan gunting atau pisau untuk memotong tangkai buah. Simpan buah naga di tempat yang sejuk dan kering24.

Cara mengatasi hama dan penyakit pada tanaman buah naga

Ada beberapa hama dan penyakit yang dapat menyerang tanaman buah naga, seperti bekicot, kutu, belalang, tungau, burung, ayam, jamur, dan bakteri. Untuk mengatasi hama dan penyakit pada tanaman buah naga, Anda perlu melakukan beberapa langkah berikut:

Baca Juga :  Cara merawat buah anggur agar berbuah lebat dan manis

Bagaimana cara memperbanyak bibit tanaman buah naga?

Ada dua cara memperbanyak bibit tanaman buah naga, yaitu secara generatif dan vegetatif. Cara generatif adalah dengan menyemai biji buah naga yang diambil dari buah yang berkualitas. Cara vegetatif adalah dengan menyetek batang buah naga yang sudah berbuah dan sehat. Berikut adalah penjelasan singkat tentang kedua cara tersebut:

  1. Cara generatif: Pilih buah naga grade A dari varietas unggul. Belah buah naga dan ambil dagingnya. Saring daging buah naga untuk memisahkan bijinya. Masukkan biji buah naga ke dalam gelas bening atau wadah air mineral gelas yang sudah berisi kapuk. Basahi media persemaian sampai lembap. Tutup gelas dengan plastik dan ikat dengan karet. Tempatkan persemaian di area sejuk dan tunggu 5 sampai 10 hari sampai biji tumbuh tunas1.
  2. Cara vegetatif: Pilih batang buah naga yang pernah berbuah 3-4 kali, berdiameter minimal 8 cm, keras, tua, berwarna hijau kelabu, dan sehat. Potong batang sepanjang 80-120 cm dan sisakan 20% di tanaman induk. Potong-potong batang calon bibit sepanjang 20-30 cm. Ujung atas dipotong rata, sedangkan ujung bawah dipotong meruncing. Biarkan getahnya mengering dan celupkan ke larutan fungisida. Siapkan polybag atau bedengan yang berisi media tanam. Tancapkan bagian runcing dari setek ke media tanam sedalam 5 cm. Berikan naungan dan siram 2-3 hari sekali23.

Berapa lama waktu panen untuk bibit baru?

Waktu panen untuk bibit baru buah naga tergantung pada varietas dan kondisi tanamnya. Secara umum, buah naga berdaging putih (Hylocereus undatus) membutuhkan waktu sekitar 40 hari setelah berbunga untuk siap dipanen12. Sedangkan buah naga berdaging merah (Hylocereus costaricensis) dan berdaging super merah (Hylocereus megalanthus) membutuhkan waktu sekitar 50-55 hari setelah berbunga untuk siap dipanen34.

Baca Juga :  Porang : Manfaat, Harga dan Cara Budidaya

Buah naga siap dipanen jika warna kulitnya sudah berubah dari hijau menjadi kuning atau merah, dan jumbai atau sisiknya sudah berubah warna dari hijau menjadi kemerahan1. Idealnya, panen dilakukan pada pagi atau sore hari saat cuaca cerah dan tidak hujan3

Demikian panduan lengkap cara budidaya buah naga yang saya buat untuk Anda. Semoga bermanfaat dan berhasil.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *