AnekaCara.com

Solusi Kreatif

Cara Merawat

Cara Merawat Buah Semangka : Panduan Singkat

Semangka non biji adalah semangka yang secara genetika memiliki tiga kromosom (tripoid), sehingga tidak menghasilkan biji yang bisa tumbuh1. Semangka non biji memiliki beberapa kelebihan, seperti tekstur daging buah yang lembut, rasa yang manis, dan nilai jual yang tinggi2.

Untuk membudidayakan semangka non biji, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, seperti syarat tumbuh, persiapan lahan, penyemaian benih, penyerbukan, pemupukan, pengendalian hama dan penyakit, serta panen dan pasca panen. Berikut ini saya akan menjelaskan secara singkat langkah-langkahnya:

  • Syarat tumbuh: Semangka non biji dapat tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi, dengan suhu optimal 20-30°C. Tanah yang cocok adalah tanah yang gembur, berpasir, dan memiliki pH 6-7. Semangka non biji juga membutuhkan sinar matahari penuh minimal 7 jam sehari23.
  • Persiapan lahan: Lahan yang akan digunakan harus dibersihkan dari gulma, digemburkan dengan cara dibajak atau dicangkul, dan dibuat bedengan ganda dengan lebar 70-80 cm, tinggi 30 cm, dan jarak antar bedeng 3-4 meter. Jika pH tanah terlalu rendah, lakukan pengapuran dengan dolomit. Berikan pupuk kandang sebagai pupuk dasar dan aduk rata dengan tanah. Pasang mulsa plastik hitam perak untuk mengendalikan gulma dan menjaga kelembaban tanah. Buat lubang tanam di tengah bedengan dengan jarak 80-90 cm2.
  • Penyemaian benih: Benih semangka non biji harus dipilih yang berkualitas dan bersertifikat. Benih direndam dalam air hangat yang dicampur dengan zat pengatur tumbuh atau air bawang merah selama 8-10 jam. Kemudian benih disemai dalam pot atau tray yang berisi media tanam yang subur dan lembab. Benih disemai dengan kedalaman 1-2 cm dan disiram secara teratur. Bibit siap tanam setelah berumur 10-15 hari atau memiliki 2-3 helai daun2.
  • Penyerbukan: Semangka non biji membutuhkan penyerbukan silang dengan semangka berbiji (diploid) untuk menghasilkan buah. Untuk itu, perlu ditanam semangka berbiji sebagai induk betina dengan perbandingan 1:10 atau 1:15 dengan semangka non biji. Penyerbukan dilakukan dengan bantuan lebah atau secara manual dengan cara memetik bunga jantan dari semangka berbiji dan menyentuhkan ke kepala putik bunga betina dari semangka non biji. Penyerbukan dilakukan pada pagi hari saat bunga mekar2.
  • Pemupukan: Pemupukan dilakukan secara bertahap sesuai dengan fase pertumbuhan tanaman. Pada fase vegetatif (0-30 hari setelah tanam), berikan pupuk NPK dengan dosis 100-150 kg/ha. Pada fase generatif (30-60 hari setelah tanam), berikan pupuk NPK dengan dosis 200-250 kg/ha. Pada fase pematangan (60-90 hari setelah tanam), berikan pupuk NPK dengan dosis 100-150 kg/ha. Pupuk diberikan dengan cara disiramkan di sekitar tanaman atau disuntikkan melalui sistem irigasi2.
  • Pengendalian hama dan penyakit: Hama dan penyakit yang sering menyerang semangka non biji antara lain adalah ulat, kutu daun, tungau, nematoda, layu bakteri, busuk buah, dan antraknosa. Untuk mencegah dan mengendalikan hama dan penyakit, lakukan rotasi tanaman, gunakan benih yang sehat, tanam varietas yang tahan, lakukan sanitasi lahan, gunakan mulsa plastik, lakukan penjarangan dan pemangkasan, dan semprotkan pestisida sesuai dengan anjuran2.
  • Panen dan pasca panen: Semangka non biji dapat dipanen setelah berumur 65-70 hari setelah tanam. Tanda-tanda buah sudah matang antara lain adalah warna kulit buah menjadi lebih gelap, warna daun di sekitar tangkai buah menjadi kuning, dan bunyi buah saat diketuk menjadi nyaring. Panen dilakukan dengan cara memotong tangkai buah dengan pisau tajam. Setelah dipanen, buah disortir berdasarkan ukuran dan kualitas, kemudian dikemas dalam keranjang atau kardus. Buah disimpan di tempat yang sejuk dan kering dengan suhu 10-15°C dan kelembaban 85-90%2.
Baca Juga :  Cara Menanam Buah Matoa: Cepat Berbuah!

Demikian panduan singkat cara budidaya semangka non biji yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *