Cara Merawat Softlense: Jangan Pernah Merendam di Air Hangat, Ini Akibat Fatalnya

Ada kalanya kita tidak bisa mendapatakan cairan perendam softlense karena lupa membawanya atau memang persedian cairan pelindung soflense anda sedang habis. Lalu anda pernah mendengar atau membaca disuatu tempat bahwa air mineral, air hangat bahkan air panas merupakanĀ  pengganti cairan softlense darurat.

Lalu bolehkah softlens direndam air panas, air hangat, air mineral? apakah ada cairan pengganti air soflense saat darurat agar softlense tidak kering, jika kering apakah soflense boleh dipakai?

Dalam artikel terdahulu, saya pernah memposting tips merawat softlense yang benar agar tetap nyaman dan aman saat anda pergunakan. TapiĀ  artikel tersebut membahas perawatan softlense secara umum.

Dalam artikel merawat softlense kali ini, akan saya fokuskan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas.

Merendam Softlense Menggunakan Air

Anda sama sekali tidak boleh menggunakan cairan lain, selain solution softlens untuk merendam lensa. Baik itu adalah air hangat, air mineral, air keran, tetes mata yang bukan untuk softlens, atau cairan lainnya. Bahkan ketika ada percikan air yang masuk ke mata Anda saat memakai softlens, sebaiknya Anda melepas softlens segera dan merendamnya dalam cairan softlens selama minimal 6 jam.

Softlens yg direndam air putih menyebabkan softlens menyerap air putih tersebut sehingga menyebabkan mata kesat dan perih saat dipakai, seperti saat mata anda kena air jika berenang karena tidak memiliki pelembab sama sekali.

Jika lupa membawa perendam air softlens sebaiknya taruh saja di tempatnya dan jangan kuatir softlense menjadi keringdan tidak bisa dipakai lagi, karena sifatnya yg seperti jelly, maka saat kembali anda beri cairan soflens maka dia akan mengembang kembali dengan normal, ini lebih baik daripada merendam dengan air.

Jadi anda tak perlu repot mencari cairan pengganti untuk merendam softlense dalam keadaan darurat, cukup simpan ditempatnya dengan baik.

Baca Juga :  Pengganti Cairan Softlens Saat Darurat ( Aman Digunakan )

Jika Anda menemukan diri dalam kondisi kehabisan cairan softlens, dan mungkin sudah larut malam dan tidak ada optik yang buka, sebaiknya lepaskan softlens dan buang.

Jangan merendam softlens di cairan lain, hal tersebut dapat menempatkan mata Anda dalam bahaya. Langkah pencegahan adalah langkah yang paling tepat untuk menghindari masalah.

Tentu saja kesehatan dan keselamatan mata anda jauh lebih berharga dari sebuah softlense bukan?

Tips agar anda tidak kehabisan cairan softlense

Tips untuk Anda yang sering bepergian, selalulah ingat membawa cairan solution softlens, dan sediakan softlens cadangan atau kacamata. Jangan pernah membersihkan dan merendam softlens dengan air hangat, air mineral atau cairan lainnya yang bukan diperuntukkan untuk softlens.

Jika Anda adalah tipe orang yang lebih praktis, gunakanlah softlens sekali pakai. Walaupun harganya relative lebih mahal, tetapi softlens ini memang lebih praktis, setelah memakainya tinggal lepas dan buang, tanpa perlu menggunakan cairan solution.

Softlens sekali pakai juga lebih baik untuk kesehatan mata.

Kecantikan memang utama, tapi kesehatan dan keselamatan anda jauh lebih utama, so… tetap tampil cantik dengan softlense mu tapi jangan sampai mengorbankan mata indahmu.

Semoga bermanfaat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *