Cara Mudah Mencuci Boneka Berbulu Yang Aman, Wangi dan Bersih

Kadang gemes ya Bun ketika si kecil tak henti-hentinya menyeret bonek beruang kesenanganya kesana kemari, bahkan yang menggemaskan adalah ketika si kecil asyik memandikan boneka dengan pasir. Alhasil boneka menjadi kotor dan kuman jahat bakal ngumpet disitu terus deh.

Mencuci boneka di laundry biasanya jadi pilihan bagi Bunda yang tidak mau ribet, biaya sih gak terlalu mahal cuman gimana kalo nanti bonekanya malah jadi rusak?  Nah bunda bisa tuh mencuci sendiri boneka-boneka si kecil yang udah mulai keliatan kotor itu.

Jenis Boneka Apa Saja yang Bisa Dicuci?

Sebelum bunda mulai mencuci boneka, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini agar boneka yang dicuci tidak menjadi rusak.

Sebagian boneka bisa dicuci dengan mesin cuci, sebagian yang lain hanya bisa dicuci dengan tangan. Hal terpenting yang perlu diingat ketika mencuci boneka adalah perlakuan lembut. Baca petunjuk perawatan pada label boneka untuk mengetahui cara mencucinya yang dianjurkan.

Pertama-tama, Bunda harus selalu periksa label perawatan yang ada pada boneka. Pada label ini akan terdapat instruksi untuk mencuci.

Beberapa hal penting yang perlu Bunda perhatikan sebelum mencuci boneka baik mengunakan steamer, mesin cuci ataupun menggunakan tengan.

  • Sebelum mencuci, periksa dulu apakah ada bagian yang robek, koyak, atau jahitan yang lepas pada boneka. Bagian-bagian tersebut beresiko menjadi bertambah rusak jika dicuci. Terlebi jika dicuci menggunakan mesin cuci. Perbaiki terlebih dulu bagian yang rusak atau terlepas.
  • Jika boneka mempunyai rambut yang terbuat dari benang atau sutra, disarankan untuk membungkusnya terlebih dulu dengan kain bekas untuk melindungi teksturnya. Setelah selesai dicuci, Bunda dapat melepas kainnya dan menyikatnya dengan sisir pada saat masih basah untuk mengembalikannya ke bentuk semula.
Baca Juga :  Cara Agar Cepat Tidur Pulas ( Tanpa Obat )

Mencuci Boneka Dengan Steamer

Salah satu cara membersihkan boneka yang bisa bunda lakukan adalah menggunakan steamer alias dry clean. Alat ini memang belum sepopuler mesin cuci.

Bila Bunda memiliki steamer dan ingin mencuci boneka, lakukan langkah berikut dengan teliti.

  1. Gantung boneka atau letakkan di atas meja yang datar.
  2. Semprot dry clean (PCE) pada seluruh permukaan boneka secara merata. Lalu diamkan sekitar 3 menit.
  3. Setelah itu lakukan steamer untuk menghisap debu dan kotoran. Steamer juga berguna untuk membunuh bakteri.
  4. Setelah itu semprotkan parfum. Sebenarnya bisa parfum apa saja, tapi jangan gunakan parfum yang membuat warna jadi luntur. Hindari juga bau parfum yang terlalu menyengat agar tidak membuat bersin.

Cara-cara yang disebutkan sebelumnya adalah cara membersihkan boneka yang tidak terlalu kotor. Lantas bagaimana cara mencuci boneka yang super duper kotor?

Cara mencuci boneka dengan mesin cuci

Untuk mencuci boneka yang kotor dan pada label perawatan diperbolehkan menggunakan mesin cuci, berikut adalah cara cuci boneka yang dianjurkan:

  1. Lepas pakaian dan aksesori pada boneka agar tidak membelit ketika dicuci.
  2. Jahit lubang dan perbaiki serat yang terlepas pada boneka.
  3. Masukkan boneka dan aksesorinya ke dalam kantong cuci atau sarung bantal.
  4. Gunakan deterjen cair berkualitas, sepeti Rinso Matic, dan pilih siklus cuci delicate (berlogo baju bayi) atau handwash (berlogo tangan) dengan air dingin. Hindari air panas agar bahan boneka tetap awet. Ingat untuk mencuci boneka dengan cucian lain berwarna senada untuk menghindari noda luntur.
  5. Gunakan handuk kering untuk menyerap kelebihan air pada boneka seusai dicuci. Bungkuskan handuk pada boneka, lalu tekan-tekan untuk mengeluarkan airnya. Hindari memelintir boneka untuk memerasnya.
  6. Keringkan boneka di udara terbuka. Atur bulu-bulu boneka selagi masih basah. Baringkan pada permukaan datar di bawah sinar matahari dan sebisa mungkin kembalikan ke bentuk semula. Boneka sebaiknya tidak digantung di tali jemuran. Setelah kering, sikat bulu boneka dengan sikat lembut.
Baca Juga :  4 Cara Agar Sepatu Cepat Kering Di Musim Hujan ( Paling Cepat )

 

Cara mencuci boneka dengan tangan

Cara mencuci boneka besar yang tidak termuat di dalam tabung mesin cuci perlu dicuci dengan tangan. Hal ini berlaku juga untuk boneka tua yang rentan rusak, boneka berkancing, boneka yang matanya ditempelkan dengan lem, atau boneka berbahan wol.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menghilangkan noda pada bagian tertentu boneka:

  1. Larutkan sedikit deterjen cair, seperti Rinso Anti Noda Cair, dalam air.
  2. Gunakan sikat gigi bekas yang sudah dibasahi larutan deterjen untuk menggosok bagian yang bernoda hingga noda hilang.
  3. Bilas sikat yang sama, lalu pakai untuk membilas bagian boneka yang baru saja dibersihkan tanpa membuatnya basah kuyup.
  4. Keringkan di udara terbuka.

Langkah-langkah di atas juga bisa Anda pakai untuk membersihkan sekujur tubuh boneka. Jika label perawatan boneka mengizinkan cara cuci biasa, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Larutkan sedikit deterjen cair di dalam ember berisi air dingin atau suam-suam kuku.
  2. Lepas pakaian dan aksesori boneka untuk dicuci terpisah.
  3. Celupkan boneka ke dalam larutan deterjen hingga terendam seluruhnya. Goyang-goyang lembut boneka di dalam air untuk melepaskan kotoran.
  4. Tiriskan dan bilas boneka dengan air dingin hingga bebas buih.
  5. Tekan-tekan boneka dengan kedua tangan untuk mengeluarkan air di dalamnya dan keringkan dengan handuk kering sebelum membaringkannya di permukaan datar di bawah sinar matahari dalam bentuk semula.

Video Cara Membersihkan Boneka

Dari penjelasan diatas ada tiga cara untuk mencuci boneka, yaitu dengan steamer,mesin cuci dan dengan tangan. Mencuci dengan mesin cuci merupakan pilihan praktis.

Namun perlu diketahui bahwa jenis-jenis boneka tertentu tidak bisa dicuci dengan mesin cuci, seperti boneka berbahan wol, boneka berisi butiran-butiran gabus styrofoam, boneka berkancing, atau boneka tua yang sudah rapuh.

Baca Juga :  Cara Cepat Menghilangkan Komedo Dengan Hasil Permanen

Boneka jenis-jenis ini sebaiknya dicuci dengan tangan. Mencuci boneka dengan tangan juga dianjurkan jika Anda hanya perlu membersihkan bagian tertentu boneka yang kotor.

Semoga bermanfaat ya Bun….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *