Cara Membuat File Scan KTP Hanya Dengan HP Androidmu [ PALING GAMPANG ]

Apakah kamu pernah bingung saat diminta membuat file scan KTP untuk keperluan melengkapi berkas lamaran kerja? Mau scan sendiri gak punya scanner, mau scan di warnet atau rental scanner juga jauh jaraknya.

Tapi tau gak sih kalo kamu bisa scan KTP dan dokumen lainya menggunakan Androidmu saja?

Beneran.. hasil akhirnya juga gak kalah dengan hasil scan menggunakan scanner yang mahal harganya. Bahkan kamu juga bisa menentukan format file scan yang dihasilkan, apakah dalam bentuk image (jpeg) maupun PDF, persis seperti jika kamu menggunakan Scanner asli.

Untuk keperluan ini, kamu hanya butuh HP Android yang memiliki kamera standar dan masih bisa berfungsi dengan baik.

So tanpa perlu berpanang lebar, segera saja kita mulai cara membuat file scan KTP hanya dengan menggunakan Android saja.

Tanpa Menggunakan Aplikasi Tambahan

Apakah bisa membuat scan KTP hanya dengan menggunakan Adroid tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga?

Jawabanya : Bisa !

Hanya saja hasil yang diperoleh bisa jadi kurang maksimal karena disini kamu hanya memanfaatkan fitur Kamera yang sudah pasti ada pada HP Android.

Untuk mulai melakukan scan KTP menggunakan kamera, langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Pilih ruangan dengan cahaya yang cukup, sebagus apapun kamera bawaan HP Androidmu, hasilnya pasti akan jauh lebih baik saat digunakan untuk memfoto di tempat yang cukup dengan cahay dibandingkan di tempat yang kurang cahayanya
  2. Siapkan KTP, letakkan diatas permukaan yang rata ( bisa diatas meja atau dilantai yang bersih )
  3. Nyalakan kamera pada Androidmu, gunakan fitur otomatis agar lebih mudah dan hasilnya bagus. Kalau menggunakan HP Asus Zenfone, kamu bisa memilih fitur Resolusi Super agar gambar yang dihasilkan memiliki resolusi yang besar.
  4. Ambil posisi kamera lurus diatas KTP, dan hati-hati dengan bayangan tangan atau HP diatas KTP yang akan membuat hasil gambar jadi gelap sebagian.
  5. Jepret dan ambil beberapa gambar sekaligus agar nanti kamu bisa memilih mana yang paling bagus.

Sampai disini kamu sudah punya file scan KTP dalam format JPEG yang bisa kamu gunakan untuk melengkapi berkas lamaran kerja.

Tapi ada kalanya, kamu perlu merubah format filenya menjadi PDF atau mengurangi ukuran filenya sesuai syarat yang ditentukan.

Untuk keperluan ini akan dijelaskan sebentar lagi.

Dengan Aplikasi Gratis

Meskipun kamu bisa membuat scan file KTP tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga, tapi seperti yang sudah dibahas sebelumnya hasil yang diperoleh kadang tidak sesuai keinginan kita.

Misalnya format yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang diinginkan, belum lagi ukuran file yang dihasilkan bisa jadi sangat besar. Terutama kalau kamu menggunakan fitur resolusi seper.

Solusi terbaik yang bisa kamu pilih adalah menggunakan aplikasi khusus scanner dokumen PDF yang banyak tersedia secara gratis di Playstore.

Kamu bebas memilih aplikasi scanner pdf untuk android mana yang ingin dipergunakan, tapi sebelum meilih kamu bisa melihat-lihat terlebih dhaulu rating dan review dari para pengguna yang telah menggunakan aplikasi tersbut.

Dari situ kamu bis amelihat sebagus apa aplikasi tersebut.

Untuk pembuatan file scan KTP dalam artikel ini, dipergunakan Tiny Scanner – PDF Scanner App

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Install Aplikasi PDF Scanner di Android
  2. Jalankan aplikasi Tiny Scanner,
  3. Letakkan KTP dipermukaan yang datar ( Meja atau lantai yang besih ) lalu tekan simbol kamera
  4. Atur posisi Androidmu agar KTP atau dokumen yang ingin discan berada pada kotak yang tepat. Jika sudah oke tekan simbol kamera untuk mangambil gambar.
  5. Jika KTP yang kamu scan posisinya agak miring atau kurang pas, kamu bisa menggunakan fitur untuk meluruskanya dengan cara tap dibagian ujung kotak dan tarik sesuai kebutuhan. Jika sudah ok tekan tanda centang untuk menyimpan perubahan.
  6. Dilanjutkan dengan memilih opsi warna hasil scan, apakah hitam putih atau berwrana. Jika sudah oke tekan tanda centang lagi.
  7. Beri nama hasil scan tadi sesuai keinginan dan tap tanda centang.
  8. File scan KTP sudah siap untuk dibagikan.

Dengan menggunakan aplikasi Tiny Scanner ini, hasil scan menjadi dua jenis file, yakni PDF dan JPG, sehingga kamu bebas mau memilih file scan KTP mana yang ingi dibagikan.

Aplikasi ini juga memberikan informasi besar file yang dihasilkan, sehingga kamu bisa memutuskan akan langsung menggunakan file hasil scan tersebut atau perlu mengkompresnya terlebih dahulu agar ukuran file menjadi lebih kecil.

Bagaimana? Gak susah kan?

 

 




Tidak menemukan solusi yang anda cari? silahkan kirim email kepada redaksi anekacara.com dengan permasalahan serta solusi yang anda inginkan. Kirim kan email ke : redaksi@anekacara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *