Cara Verifikasi dan Daftar Ulang Mudik Gratis Jasa Raharja 2019

Posted on

Verifikasi atau daftar ulang mudik Jasa Raharja adalah tahapan kedua dari proses pendaftaran mudik gratis Jasa Raharja, baik moda kereta api maupun moda bus. Jika anda telah menyelesaikan proses verifikasi dengan baik dan benar, maka akan diberikan tanda bukti pengambilan tiket dan merchandis ( topi dan kaos ).

Itu artinya anda sudah dipastikan mendapat tiket mudik gratis dari Jasa Raharja dan anda boleh bernafas lega.

Proses daftar ulang ini sangat mudah dan simpel karena Jasa Raharja telah membuat sistem pengelolaan mudik gratis yang luar biasa.

Namun bagi anda yang baru pertama kali ikut program ini mungkin bertanya-tanya seperti apa prosesnya.

Oleh karena itu, dalam tulisan ini akan dibuat panduan lengkap cara verifikasi / daftar ulang mudik gratis jasa raharja 2019.

 

SMS Panggilan Verifikasi

Jika anda sudah terdaftar sebagai peserta mudik Jasa Raharja, tunggu sampai ada panggilan verifikasi yang dikirim melalui SMS.

Untuk moda kereta api, jadwal verifikasi dokumen berlangsung mulai 26 Maret – 3 April 2019. Mungkin anda akan mendapatkan SMS lebih lambat dari yang lain dan itu tidak mengapa.

Jasa Raharja sengaja membuat sistem verifikasi bertahap untuk mengurangi penumpukan antrian seperti yang terjadi di pendaftaran/verifikasi mudik gratis kemenhub.

Hal ini sangat efektif untuk mengurai kepadatan pendaftar, sehingga proses verifikasi berjalan dengan lancar, tertib dan nyaman.

Jika anda telah mendapatkan SMS panggilan verifikasi, inilah beberapa hal yang perlu dilakukan

  1. Simpan atau screenshoot SMS panggilan
  2. Catat / screen shoot Kode Booking/pedaftaran
  3. Persiapkan dokumen Asli dan Copy ( SIM C, STNK, KTP dan KK )
  4. Datang sesuai jadwal yang ditentukan ( Hari dan Jam) ke Lobi Kantor Pusat Jasa Raharja, Gedung Nyi Ageng Serang, Jl. H. R. Rasuna Said Kav C2,Karet Kuningan, Jakarta Selatan
  5. Jika sudah sampai dilokasi pendaftaran, ikuti arahan petugas
  6. Kooperatif dan berikan informasi yang jelas pada petugas agar verifikasi berjalan dengan lancar
  7. Jika sudah selesai, simpan bukti verifikasi/ bukti untuk pengambilan boarding pass/tiket dan merchandis sesuai jadwal yang ditentukan
Baca Juga :  Cara Bayar Denda Tilang Online

Bagaimana Jika Tidak Menerima SMS

Bisa jadi anda tidak menerima SMS panggilan verifikasi meskipun status pendaftaran anda tidak masuk daftar tunggu.

Hal ini karena kesalahan sistem atau nomor anda tidak aktif sehingga SMS tidak bisa anda terima, oleh karena itu pastikan nomor anda selalu On dan Aktif.

Tahun lalu mimin mengalami hal seperti itu, dari penjelasan petugas melalui WA Jasa Raharja 0812 1050 0500 bisa langsung datang ke lokasi verifikasi dihari terakhir.

 

Bagaimana Jika Masuk Daftar Tunggu?

Jika anda masuk daftar tunggu mudik gratis moda kereta api, ada kemungkinan masih bisa mendapatkan tiket gratis kereta api. Peluangnya 50 % lah, bisa dapet bisa juga tidak.

Daftar tunggu ini dimaksudkan agar apabila ada pendaftar yang gugur pendaftaranya karena berbagai sebab, maka jatah kursinya akan dilimpahkan pada daftar tunggu.

Pada pelaksanaan mudik gratis 2017 lalu, mimin juga masuk daftar tunggu tapi akhirnya bisa dapet tiket mudik gratis kereta api pulang pergi.

Jika anda tetap tidak mendapatkan pemberitahuan hingga akhir masa verifikasi moda kereta api ( 3 April 2019) dan status anda tetap masuk dalam daftar tunggu, maka nanti akan ada SMS penawaran apakah anda ingin ikut mudik gratis moda bus.

Jika ingin ikut mudik moda bus, maka data-data anda akan langsung dimasukkan dan tak perlu mendaftar lagi, selanjutnya hanya perlu datang untuk verifikasi dokumen saja.

Jika tidak maka anda bisa mengabaikan SMS tersebut.

verfikasi dokumen mudik gratis jasa raharja
Suasana Verifikasi Mudik Gratis Jasa Raharja, foto : Sudibyo Fikri

Jadwal Pendaftaran,Verifikasi dan Pengambilan Tiket

A. Moda Kereta Api⠀
– Daftar Online: 19 – 23 Maret 2019⠀
– Verifikasi Dokumen: 26 Maret – 3 April 2019⠀
– Penyerahan Boarding Pass dan Kaos: 25 – 27 Mei 2019⠀
– Pemberangkatan: 28 – 29 Mei 2019⠀
.⠀
B. Moda Bus⠀
– Daftar Online: 9 – 25 April 2019⠀
– Verifikasi Dokumen – Penyerahan Tiket dan Kaos: 7 – 11 Mei 2019⠀
– Pemberangkatan: 30 Mei 2019

Semoga bermanfaat, silahkan share agar bermanfaat untuk saudara kita.




Tidak menemukan solusi yang anda cari? silahkan kirim email kepada redaksi anekacara.com dengan permasalahan serta solusi yang anda inginkan. Kirim kan email ke : redaksi@anekacara.com