Doa Agar Cepat Menstruasi Pertama

Apakah kamu sedang galau karena tak kunjung datang bulan, padahal teman sebayamu sudah menstruasi? Bahkan teman yang usianya dibawah kamu juga sudah mengalami datang bulan. Adakah doa agar cepat menstruasi pertama?

Well, kamu gak perlu panik, apalagi mencari cara cepat haid yang belum terbukti secara klinis bisa membuat kamu cepat menstruasi.

Menstruasi pertama atau menarche pada setiap wanita itu berbeda, secara umum terjadi pada usia 11 hingga 14 tahun. Tapi ada juga yang terjadi lebih awal pada usia 9 tahun, dan ada juga yang baru terjadi pada usia 15 tahun.

Kalau usia kamu saat ini sudah mencapai batas umur menstruasi pertama (  15 tahun )  dan belum mendapatkan haid, sebaiknya sih segera periksa ke dokter agar ketauan penyab utama kenapa kamu belum mendapat haid.

 

Kenapa Haid Pertama Tak Kunjung Datang?

Ada beberapa faktor yang menjadi sebab lambatnya menarche datang, mulai dari faktor keturunan hingga masalah psikologis.

Dengan mengetahui faktor penyebabnya, kamu bisa tau bagaimana cara mempercepat menstruasi pertama pada anak yang aman.

Faktor penyebab terlambat datangnya menstruasi pertama pada anak antara lain.

1. Faktor keturunan

Coba kamu tanya pada Ibu atau kakak perempuanmu, pada usia berapa mereak mengalami menstruasi pertam kalinya?

Secara umum, kamu akan mengalami menstruasi pertama tidak jauh dari saat mereka menarche.

Kalau memang ditemukan fakta demikian, harusnya kamu gak perlu terlalu khawatir dan mencari cara cepat menstruasi yang belum tervalidasi kebenaranya.

Menarche akan terjadi sendirinya jika saatnya sudah tiba. Selama masih dalam kisaran usia yang normal untuk menarche kamu tak perlu risau.

2. Sedang menjalani pengobatan

Konsumsi obat-obatan juga dapat memengaruhi usia terjadinya menarche. Penelitian dalam Journal Clinical Endocrinology Metabolism menunjukan bahwa pengobatan dengan metformin (untuk pasien diabetes) di usia 8-12 tahun bisa memberikan efek terlambatnya usia haid pertama kalinya.

Obat-obatan lainnya juga bisa memengaruhi siklus hormon pada anak perempuan, sehingga memengaruhi waktu terjadinya menstruasi pertama mereka.

3. Lemak tubuh

Perhatikan jumlah lemak di dalam tubuh kamu, karena hal ini juga bisa memengaruhi cepat dan lambatnya terjadinya menstruasi pertama. Kurangnya lemak tubuh merupakan faktor utama yang menyebabkan usia menarche menjadi lebih lambat.

Penelitian dari Pediatrics menyebutkan bahwa kadar lemak anak perempuan usia 5-9 tahun memang berkaitan dengan waktu menstruasi pertamanya.

Jika kadar lemak kekurangan atau terlalu sedikit, maka bisa memengaruhi menarche yang terlambat.

4. Hormon

Kondisi hormon juga bisa memengaruhi cepat atau lambatnya menarche. Dilansir dari Pediatric Endocrinology tahun 2014, kurangnya hormon bernama LH dan FSH atau yang disebut juga dengan hormon gonadotropin ini bisa menjadi salah satu penyebab haid pertama terlambat.

Kedua hormon inilah yang menstimulasi perkembangan gonad, yaitu organ yang berfungsi dalam proses reproduksi, yakni vagina pada perempuan. Hormon LH dan FSH ini dihasilkan dari kelenjar pituitari yang berada di otak manusia.

5. Kurang aktivitas fisik

Apakah kamu juga kurang bergerak alias Mager? ( males gerak ).

Dalam jurnal Osong Public Health and Research Perspectives tahun 2016, disebutkan jika datangnya menarche juga dipengaruhi oleh aktivitas fisik dan perilaku sedenter.

Kurang bergerak aktif akan menurukan kadar hormon melatonin. Hal ini kemudian bisa mengacaukan sinyal di otak yang berfungsi untuk “memerintahkan” perkembangan reproduksi secara keseluruhan, termasuk kapan terjadinya menstruasi pertama.

6. Tinggi badan

Anak perempuan yang mengalami stunting akibat kekurangan gizi dalam jangka waktu lama akan memengaruhi perkembangannya saat memasuki remaja.

Anak-anak yang stunting cenderung tetap menjadi pendek selama masa remaja dan dewasa. Hal ini yang akan memengaruhi perkembangan reproduksinya saat masa pubertas.

Seorang anak perempuan yang tinggi biasanya tingkat kematangan seksualnya akan tercapai lebih dahulu dibandingkan dengan anak perempuan yang lebih pendek. Hal ini disebabkan karena anak perempuan yang lebih tinggi memiliki status gizi yang lebih baik, sehingga bisa memacu pertumbuhan hormon dan memacu datangnya haid pertama.

7. Status sosial ekonomi

Status sosial ekonomi keluarga juga bisa memengaruhi usia menarche. Penelitian dalam Jurnal American Science tahun 2012 menunjukan bahwa rata-rata usia menarche remaja di kota Mansoura, Mesir adalah 12,14 tahun. Lebih banyak anak perempuan usia 12 tahun pada kelompok tingkat sosial ekonomi yang tinggi dan menengah yang sudah mengalami menarche, dibandingkan dengan anak perempuan 12 tahun pada tingkat sosial ekonomi rendah.

Hal ini terkait dengan ketersedian pangan di rumah tangga. Ketersediaan pangan berdampak pada kecukupan gizi keluarga, terutama gizi anak perempuan yang dapat memengaruhi usia menarchenya.

Jadi faktor manakah yang saat ini ada pada diri kamu?

 

Doa Agar Cepat Haid

Agar cepat menstruasi, kamu bisa meneliti beberapa faktor diatas dan segera ubah pola hidup agar lebih sehat dan aktif lagi.

Selain itu, kamu juga bisa membaca doa agar cepat haid disetiap kesempatan yang baik.

Kamu bebas memanjatkan doa kepada Allah SWT dengan bahasa sehari-hari tanpa harus menggunakan bahasa Arab.

Yang paling penting adalah perhatikan adab saat akan berdoa, agar doamu bisa cepat dikabulkan.

Adab Berdoa agar Cepat Menstruasi

  • Mencari Waktu yang Mustajab ( setelah sholat 5 waktu atau sepertiga malam )
  • Menghadap Kiblat dan Mengangkat Tangan
  • Dengan Suara Lirih dan Tidak Dikeraskan
  • Khusyu’, Merendahkan Hati, dan Penuh Harap
  • Memantapkan Hati Dalam Berdoa dan Berkeyakinan Untuk Dikabulkan
  • Tidak tergesa-gesa agar segera dikabulkan, dan menghindari perasaan: mengapa doaku tidak dikabulkan atau kalihatannya Allah tidak akan mengabulkan doaku.
  • Memulai Doa dengan Memuji Allah dan Bershalawat Kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam

Cara Aman Mempercepat Datangnya Haid

Doa agar cepat menstruasi akan lebih cepat terkabul jika kamu juga giat melakukan usaha.

Tetapi hati-hatilah dalam memilih cara mempercepat haid, pilihlah cara melancarkan haid secara alami dan cepat yang aman.

  1. Kurangi Stres : stres mengganggu sistem kerja hormon di otak dan darah dan sangat berpengaruh dengan menstruasi kamu, Untuk itu, cobalah untuk mengurangi stres supaya cepat menstruasi. Misalnya : kurangi berfikri secara berlebihan mengapa sampai saat ini saya belum haid? jangan -jangan saya begini dan begitu. Banyak berdoa dan selalu berprasangka baik pada Tuhan.
  2. Jaga berat badan ideal : Cara Menghitung Berat Badan Ideal Untuk Remaja Putri.
  3. Olahraga : Berolahraga mampu menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh. Dengan begitu, menstruasi kamu akan jadi lebih teratur dan akan datang tepat waktu. Karena itu, berolahraga selama paling tidak 30 menit sehari bisa jadi solusi saat haid belum datang juga.

 

Jika Kamu Haid, Apa Yang Harus Dilakukan?

Jika haid pertamamu sudah datang itu salah satu pertanda jika doa-doamu dikabulkan oleh Allah SWT, besryukurlah.

Salah satu bentuk rasa syukur atas doa agar cepat haid yang telah dikabulkan kamu harus mengetahui beberapa hal penting berkaitan dengan proses haid.

1. Kenapa Kamu Menstruasi?

Siklus menstruasi adalah salah satu siklus normal dan alami yang dialami setiap wanita untuk mendapatkan anak. Pada saat kehamilan tidak terjadi tubuh mereka akan mengeluarkan bagian rahim yang tidak mengalami pembuahan.

Proses inilah yang dinamakan menstruasi atau haid.

2. PMS Itu Apaan Sih ?

PMS adalah sindroom sebelum perempuan mengalami haid,  (Premenstrual syndrome). Pada fase ini kamu akan mengalami perubahan suasana hati, mudah tersinggung, sakit perut dan perubahan bentuk payudara.

Saat PMS datang, kamu tak perlu panik, lakukan kegiatan atau olahraga ringan seperti jalan kaki atau jogging untuk mengalihkan suasana hati yang sedang galau.

 

3. Apa Kamu Akan Mengalami Kram?

Para gadis yang mengalami menstruasi pertama biasanya akan mengalami rasa sakit dan kaku pada perut dan punggung bagian bawah beberapa saat sebelum haid.

Rasa sakit ini biasanya ringan dan bisa hilang dengan sendirinya.

Kalau dirasa perlu, kamu juga bisa menyipakan obat penghilang nyeri haid di rumah, tapi segera berkonsultasilah dengan dokter bila kram menstruasi yang dialami tidak kunjung hilang.

4. Pakai Tampon atau Pembalut?

Untuk gadis berusia muda seperti kamu, penggunaan pembalut lebih disukai karena lebih mudah dan praktis saat digunakan.

Terlebih ada asumsi masyarakat jika tampon dapat merusak selaput dara. Benar dan tidaknya masih belum dibuktikan oleh hasil penelitian oleh para ahli.

5. Berapa banyak darah yang keluar?

Darah yang keluar saat kamu menstruasi setara dengan beberapa sendok teh air, meskipun kadang keliatan banyak.

Tapi kalo kamu merasa darah yang keluar jumlahnya banyak dan harus mengganti pembalut setiap jam, ada baiknya kamu segera konsultasi dengan dokter atau bidan.

6. Berapa hari menstruasi kamu?

Lamanya waktu menstruasi bervariasi pada setiap perempuan. Kamu bisa mengalami haid selama 3 sampai 5 hari, sementara ada sebagian perempuan yang mengalaminya hingga lebih dari satu minggu. Bahkan ada juga yang hanya mengalami haid satu hari saja.

Yang paling penting, jagalah kesehatan pada saat kamu mengalami menstruasi, jangan melakukan kegiatan fisik yang ekstrim.

Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *