Kumpulan Cara Agar Cepat Menstruasi ( 21 Macam Cara )

Siklus menstruasi yang tidak normal bisa terjadi pada wanita mana saja, oleh karena itu banyak yang mencari kumpulan cara agar cepat menstruasi. Cara melancarkan haid ini bisa diterapkan untuk mempercepat menstruasi pada anak atau anda yang terlambat haid beberapa bulan.

Menstruasi adalah proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi. Menstruasi pasti akan terjadi pada semua wanita yang normal meski siklus datangnya haid tidak sama.

Sebelum membahas cara agar cepat datang bulan, ada baiknya anda memhami dulu beberapa faktor yang menyababkan menstruasi telat datangnya.

Faktor Penyebab Haid Tidak Lancar

Ada beberapa faktor utama yang membuat siklus menstruasi anda tidak lancar dan lambat datangnya. Dengan mengetahui beberapa faktor penyebab ini, anda akan jadi lebih mengerti bagaimana cara mengatsi haid yang terlambat.

1. Hormon tidak seimbang

Proses menstruasi bisa terjadi jika organ-organ didalam tubuh seperti otak, kandung telur, kelenjar di otak, serta kelenjar tiroid dapat bekerja sama. Jika ada masalah dengan organ tubuh diatas, maka proses haid anda akan terganggu.

Untuk mengatasi ketidaklancaran haid ini, ada cara melancarkan haid yang bisa Anda coba agar haid lancar atau kembali lancar.

Pengobatan ini berguna bagi Anda yang haidnya terlambat 2 bulan hingga 4 bulan atau lebih.

 

2. Gangguan pada Tiroid

Kelenjar tiroid terdapat pada leher, tugasnya mengatur metabolisme tubuh Anda. Kelenjar ini penting karena juga berinteraksi dengan banyak sistem tubuh yang lain agar bisa berjalan dengan semestinya.

Bila kelenjar tiroid anda mengalami gangguan, maka siklus haid anda juga akan terdampak.

 

3. Penurunan berat badan yang drastis

Apakah Anda sedang menjalani program diet atau menurunkan berat badan dengan drastis? Hal ini bisa mempengaruhi jadwal haid anda. Berhati-hatilah, karena anda bisa saja terkena anoreksia atau bulimia.

 

4. Penyakit

Adanya penyakit seperti jamur pada vagina, bisa saja akan menyebabkan haid menjadi tidak lancar dan tidak teratur. Dan akibat dari jarang mengalami haid bisa akan mengakibatkan tumor.

 

5. Stres

Pada otak terdapat hypothalamus, bagian yang sangat mudah terpengaruh oles stress. Hypothalamus adalah hormon yang mengatur periode haid. Oleh karena itu pada saat Anda mengalami stres maka tentu saja hal itu akan memberikan pengaruh pada kelancaran haid Anda.

 

6.Kehamilan

Proses kehamilan tentu saja akan membuat haid anda tak kunjung datang. Kapan terakhir kali anda menstruasi dan kapan hari pertama haid terakhirnya?

Coba gunakan panduan menghitung kehamilan bagi yang haidnya tidak lancar ini.

Jika sudah mengetahui beberapa hal yang jadi penyebab haid tidak lancar, selanjutnya lakukan kegiatan-kegiatan dibawah ini untuk mempercepat haid anda.

 

Cara Agar Cepat Menstruasi

Agar anda bisa cepat mengalami menstruasi ada beberapa makanan alami yang bisa dikonsumsi dan jus yang baik diminum saat haid, selain itu ada juga obat-obatan yang berguna untuk merangsang hormon agar haid anda bisa segera datang.

Selain itu ada juga kegiatan-kegiatan yang perlu anda waspadai karena akan memperlambat datangnya menstruasi anda.

Dan berikut ini penjelasan cara agar cepat menstruasi.

1. Konsumsi Wortel

Wortel kaya dengan kandungan vitamin A yang tinggi. Selain itu, wortel juga mengandng vitamin C, Kalsium dan besi yang sangat berguna untuk membantu agar hormon-hormon dalam tubuh tidak mengalami gangguan.

Anda bisa mengkonsumi wortel dalam bentuk juice atau dengancara dimasak.

Jika rutin meminum jus wortel dengan sedikit gula sedikit ataupun tanpa gula bisa Anda gunakan sebagai cara melancarkan haid yang efektif.

Jus wortel untuk mempercepat haid

3. Minum Rebusan Ramuan Daun Pepaya

Meski memiliki rasa yang pahit dan membuat banyak orang tidak menyukainya, ternyata daun ini memiliki banyak manfaat dan kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh. Daun pepaya mengandung banyak vitamin seperti A, B, C, D, dan E serta kalsium.

Cara melancarkan haid dengan daun pepaya adalah:
1. Ambil secukupnya daun pepaya, lalu rebus.
2. Tambahkan asam jawa dan garam dengan dua gelas air mineral.
3. Rebus hingga airnya berkurang menjadi tinggal satu gelas saja.
4. Minumlah ramuan tersebut.
5. Ramuan daun pepaya juga bisa digunakan sebagai cara mengurangi nyeri haid

 

4. Makan Buah Pepaya

Selain daun pepaya, mengkonsumsi buah pepaya juga bisa membantu melancarkan sirkulasi menstruasi anda. Kandungan vitamin A dan C dalam buah pepaya sangat bermanfaat untuk kesehatan anda.

Kandungan vitamin C yang ada pada buah ini dipercaya bisa dijadikan sebagai anti oksidan, sehingga sangat baik untuk kulit dan melancarkan haid. Tak hanya itu, vitamin C ini pun berperan dalam mengatasi masalah pencernaan, sariawan dan yang lainnya.

Dalam satu gelas jus pepaya ternyata bisa memenuhi 10 % kebutuhan zat potasium dan 13 % kandungan tembaga. Selain itu pula, asam folat yang ada dalam buah ini pun ternyata bisa menjaga kesehatan jaringan, sehingga haid yang tidak lancar bisa teratasi dengan mudah.

Anda bisa mengkonsumsi pepaya ini sebagai jus segar dan di minum 2 kali dalam sehari yakni pagi dan sore hari. haid menjadi lancar dan pencernaan pun semakin sehat dan juga lancar.

Jus Buah Pepaya untukmelancarkan haid

5. Minum Air kelapa hijau

Berbagai kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam larutan air kelapa hijau dipercaya mampu mengurangi rasa nyeri akibat haid dan melancarkan menstruasi anda.

Air kelapa memiliki kandungan elektrolit yang tinggi serat rendah kalori dan gulanya dan lebih dahsyatnya lagi, air kelapa hijau tidak mengandung lemak dan kolesterol.

Baca Juga :  Cara Cepat Menghilangkan Komedo Dengan Hasil Permanen

Kadar kalium tinggi dalam air kelapa juga dapat membantu mengatur fungsi jantung, serta menjaga fungsi otot dan pencernaan yang normal. Kadar kalium air kelapa bahkan masih lebih tinggi dibandingkan ketika Anda makan empat buah pisang.

Selain itu, air kelapa juga banyak mengandung vitamin dan mineral. Kandungan vitamin dalam air kelapa, yaitu vitamin B kompleks (termasuk riboflavin, niasin, tiamin, piridoksin, dan folat) serta vitamin C. Sementara itu, kandungan mineral dalam air kelapa antara lain kalsium, zat besi, mangan, magnesium, dan seng. Kandungan mineral dalam air kelapa lebih baik dibandingkan dengan kandungan mineral dalam jeruk.

Aiekelapa hijau untuk melancarkan haidSaat menstruasi datang, anda rawan terkena dehidrasi dan anemia karena kehilangan cairan tubuh, akibatnya anda akan merasakan gejala nyeri haid seperti sakit kepala dan kram perut.

Berbagai kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam air kelapa hijau akan membantu meringankan rasa nyeri dan melancarkan haid anda.

 

6. Kunyit

Selama ini kunyit dikenal sebagai bahan alami untuk menyembuhkan bermacam penyakit seperti maag, batuk, jerawat, diare, diabetes dan untuk masker wajah. Mungkin anda bertanya apakah kunyit bisa mempercepat haid, amankah minum kunyit saat haid

Tapi ternyata kunyit bisa anda pergunakan untuk memperlacar haid tidak lancar yang berkepanjangan.

Manfaat kunyit putih untuk haid tidak teratur diperoleh dari senyawa kurkumin yang terkandung didalam kunyit. Senyawa ini berguna sebagai zat anti-inflamasi dan anti-oksidan. Cara melancarkan haid dengan kunyit adalah dengan meminum jamu yang menggunakan ramuan dan racikan kunyit. Minumlah jamu ini secara rutin untuk memperlancar haid.

Kunyit untuk melancarkan haid

Khasiat kunyit untuk anda yang sedang haid tidak lancar

  1. Melawan PMS : Kunyit akan mendorong daya tahan tubuh Anda. Sistem kekebalan tubuh yang bekerja dengan baik ampuh untuk mencegah pilek dan infeksi bakteri yang menyebabkan jerawat. Selain itu, tubuh yang daya tahannya kuat juga akan terhindar dari sakit kepala dan rasa lemas karena tubuh Anda jadi lebih bugar dan sehat.
  2. Mengatasi kram perut : Bagi beberapa wanita, kram perut yang terjadi saat menstruasi bisa terasa begitu menyakitkan. Kandungan aktif kurkumin dalam kunyit berfungsi sebagai agen antiperadangan yang mampu menenangkan kontraksi yang terjadi pada otot rahim dan usus.
  3. Mengatasi nyeri haid : Kunyit memiliki sifat analgesik yang bisa mengurangi nyeri pada berbagai bagian tubuh. Kandungan kurkumin akan menghambat produksi prostaglandin, yaitu hormon yang menyebabkan peradangan dan rasa nyeri. Pereda nyeri alami ini tidak akan memberikan efek samping bagi lambung Anda layaknya obat pereda nyeri lain yang dibeli di apotek.
  4. Mengatur siklus haid : Jika dikonsumsi secara rutin, kunyit akan membantu melancarkan siklus haid. Umumnya siklus haid yang normal adalah sekitar 28 hari. Wanita yang siklus haidnya tidak teratur, yaitu lebih dari 35 hari biasanya akan mengalami nyeri yang lebih parah dari biasanya. Selain itu, aliran darah menstruasi pun bisa jadi lebih deras atau lebih sedikit. Kunyit pun akan memicu haid secara aman dan alamiah karena makanan super ini dikenal sebagai sumber estrogen yang baik bagi wanita haid.

 

7. Meminum Ramuan Air Jahe

Bolehkah minum air jahe saat haid? Apakah aman? Jahe memiliki banyak kandungan zat dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungannya antara lain adalah minyak atsiri, vitamin A, B2, B2, C, karbohidrat, serat, lemak, kalsium, zat besi, sodium, fosfor, dan niasin.

Ada beberapa khasiat jahe untuk wanita haid yang tidak lancar seperti menghilangkan rasa nyeri dan juga melancarkan atau mempercepat haid Anda secara alami.

Hasil penelitian pada tahun 2012 dari BMC Complementary and Alternative Medicine menyatakan jika para wanita yang rajin mengonsumsi air jahe secara rutin sesuai anjuran tersebut mampu merasakan bahwa rasa nyerinya jauh lebih reda. Bahkan efeknya jauh lebih ampuh ketimbang mengonsumsi obat-obat khusus pereda nyeri.

Anda bisa mengoknsumsi rutin air jahe sehari 3 kali, khususnya sebelum menstruasi dan di hari-hari awal haid.

Air Jahe untuk mempercepat menstruasi

Cara Membuat Air Jahe di Kala Haid

  • Sediakan jahe ¼ kg banyaknya dan memarkan terlebih dulu.
  • Siapkan sepanci penuh air untuk direbus (pastikan gunakan panci berukuran sedang).
  • Saat sudah berwarna kecoklatan, angkat dan tuang pada sebuah teko.
  • Tunggu dingin lebih dulu, barulah dimasukkan ke lemari es untuk menyimpannya.
  • Baik sebelum atau sesudah haid Anda perlu mengonsumsinya.
  • Setiap kali mengonsumsi, Anda boleh menambahkan air perasan jeruk lemon atau madu jika suka, sebab beberapa orang merasa bahwa dengan tambahan air lemon kesegaran air jahe bisa bertambah.

 

8. Konsumsi Seledri / Celery

Manfaat daun seledri untuk mempercepat haid adalah bisa memperlancar siklus menstruasi anda. Seledri juga disebut makanan emmenagogic, yaitu makanan yang dapat merangsang aliran darah pada pelvis dan uterus yang dipercaya sebagai cara agar cepat menstruasi.

Siklus haid yang tidak lancar bisa distimulasi dengan mengonsumsi seledri. Seledri memiliki kandungan yang mampu meningkatkan dan mempercepat siklus haid yang datangnya terlambat. Seledri membuat aliran darah dari bagian uterus menuju pelvis anda berjalan tanpa hambatan dan gangguan, sehingga haid pun tidak perlu lagi datang terlambat.

Kandungan dalam seledri yang bermanfaat tersebut dinamakan Apiol. Apiol ini terdapat pada batang seledri dan jika dikonsumsi secara rutin dapat memperbaiki siklus haid anda yang tidak beraturan dan juga tidak lancar.

Jus Seledri Untuk Memperlancar Haid

Cara terbaik mengkonsumsi seledri untuk melancarkan haid adalah dengan membuat jus atau ada jadikan bahan sayuran.

Cara Membuat Jus Seledri

  1. Cuci dan potong batang seledri
  2. Masukkan dalam blender
  3. Tambahkan air
  4. Blender hingga halus
  5. Saring dan sajikan

Anda bisa mencampur dengan timun  agar rasanya lebih nikmat.

 

9. Makan Buah Nanas

Buah nanas juga dipercaya sangat bagus untuk haid, khasiat nanas untuk wanita haid adalah untuk memperlancar dan mempercepat menstruasi anda. Beberapa wanita juga mengkonsumsi nanas yang masih muda untuk melancarkan haid.

Mungkin anda pernah mendengar mitos orang haid tidak boleh makan nanas, kenyataanya memang tidak seratus persen salah.

Buah nanas memang dapat memicu reaksi alergi, gangguan saluran pencernaan, kontraksi yang membuat nyeri perut terutama bila nanas masih terlalu muda untuk di konsumsi atau konsumsi berlebihan dari nanas.

Pada periode menstruasi, beberapa orang akan merasakan keram perut atau perut yang terasa kembung. Bila mengkonsumsi nanas pada saat seperti itu, kemungkinan akan memperburuk keluhan yang dirasakan.

Baca Juga :  Pengganti Cairan Softlens Saat Darurat ( Aman Digunakan )

Tapi jika anda tidak memiliki gangguan seperti itu, maka mengkonsumsi nanas saat haid tidak mengapa asal jangan terlalu banyak dan berlebihan.

Kandungan vitamin dan mineral dalam buah nanas

  1. Buah nanas merupakan salah satu buat dengan kandungan mineral yang tinggi. Diantaranya adalah kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, magnesium, mangan, tembaga dan selenium.
  2. Buah nanas juga mengandung zat gula. Dan beberapa zat gula dalam buah nanas adalah glukosa, fruktosa dan juga dekstrosa.
  3. Selain kandungan mineral dan zat gula, nanas juga mengandung vitamin. Duantaranya adalah vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, E dan vitamin K. Kandungan nutrisi lainnya di dalam nanas adalah lemak, karbohidrat dan juga protein.

Manfaat Buah Nanas Untuk Wanita Haid

  • Mengurangi Rasa Nyeri : Semua wanita mengalami siklus haid setiap bulannya. Saat tengah berada dalam siklus haid, terkadang wanita mengalami nyeri hebat pada baguan perutnya. Nyeri ini disebabkan karena menstruasi. Rasa nyeri ini bisa diatasi dengan makan buah nanas saat haid, Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau dengan membuatnya menjadi jus. Buah nanas akan membantu meringankan nyeri pada perut dikala haid.
  • Mengurangi Masalah Peradangan :Wanita seringkali mengalami masalah peradangan, terlebih saat haid. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan makan nanas saat haid. Buah nanas mengandung banyak zat, vitamin serta nutrisi yang bisa mengurangi adanya peradangan. Beberapa nutrisi tersebut antara lain enzim sangat berperanbagi kesehatan wanita.

Anda bisa mengonsumsi 1 mangkuk buah nanas setiap sore, buah nanas menghasilkan panas didalam tubuh terutama pada bagian tubuh panggul.

Hal ini dapat menginduksi kontraksi uterus dan pelepasan lapisan rahim sehingga menstruasi atau datang bulan datang lebih cepat.

 

10. Mengonsumsi Campuran Gula Merah Jaggery

Bagi Anda yang ingin mempercepat menstruasi, ada pula cara lain yang tergolong ampuh dan aman, yakni dengan membuat campuran gula merah jaggery. Jaggery sendiri diketahui merupakan gula tak terpisah dari kurma, nira maupun sari tebu dan Anda bisa mencampurkannya sebanyak 2 sendok teh ke 1 gelas air.

Kemudian, tambahkan sari jahe segar sebanyak 1 sendok teh dan aduk-aduk hingga larutan tercampur dan jadi. Konsumsilah di pagi hari untuk pertama kalinya dan pastikan perut masih dalam kondisi kosong alias belum makan pagi. Biasanya menstruasi akan datang segera setelah konsumsi serutin mungkin akan larutan ini.

Cara lainnya, Anda bisa juga mencampurkan jaggery yang dalam bentuk bubuk bersama kunyit yang juga dalam bentuk bubuk secukupnya. Kombinasi keduanya sangat ampuh dan akan benar-benar terasa efek baiknya ketika Anda meminumnya 15 hari sebelum waktu atau jadwal menstruasi seharunsya. Anda akan mengalami menstruasi yang cukup cepat setelah mengonsumsi jaggery ini.

Gula Jaggery

11. Mengonsumsi Peterseli

Peterseli juga rupanya diketahui mampu membantu para wanita yang ingin menstruasi lebih cepat datangnya. Di dalam daun peterseli ada kandungan miristisin dan juga apiol yang sangat baik bagi tubuh dan zat inilah yang mampu menjadikan uterus kemudian mengalami kontraksi. Penelitian ilmiah memang tidak ada, tapi banyak wanita yang telah membuktikan khasiatnya.

Buatlah teh peterseli untuk membuat menstruasi menjadi cepat dan lancar dengan cara menyiapkan ¼ cangkir peterseli yang tentunya masih segar untuk Anda cuci dan potong (yang segar justru lebih berkhasiat ketimbang yang kering). Didihkan 1 cangkir air yang kemudian Anda tuang ke peterseli, biarkan 5 menit untuk terseduh sebelum diminum ketika sudah hangat.

12. Konsumsi Vitamin C dosis tinggi

Vitamin C berkontribusi dalam produksi estrogen (yang membangun lapisan uterus), ini merupakan cara agar cepat haid. Ketika mengonsumsi dalam dosis tinggi, uterus mulai berkotraksi dan mentruasi dimulai. Sumber terbaik Vitamin C untuk tujuan ini adalah teh parsley atau teh hijau.

Minumlah secangkir teh 2 hingga 3 kali sehari; Anda juga bisa meminum jus cranberry kualitas tinggi untuk Vitamin C.

Jika Anda memilih untuk menggunakan suplemen, konsumsi 3000mg Vitamin C dalam 3 hari untuk merangsang menstruasi.

Vitamin C

13. Mengonsumsi Suplemen Herbal

Suplemen herbal bisa anda jadikan obat untuk melancarkan atau mempercepat menstruasi yang kiranya terlambat dan tak seperti biasanya. Akan tetapi anda harus hati-hati saat mengkonsumsi suplemen herbal.

Pemakaian dengan dosis yang tepat sangat dianjurkan, bahkan Anda juga dianjurkan untuk berkonsultasi lebih dulu dengan dokter.

Konsultasi dengan dokter dianggap penting karena FDA bukanlah pengatur suplemen sehingga memang para pengonsumsi suplemen harus ekstra hati-hati. Melebihi dosis bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Untuk suplemen aman yang bisa Anda konsumsi supaya menstruasi lebih cepat dan lancar, berikut di bawah ini adalah sejumlah rekomendasinya:

  • Motherwort – Motherwort mampu merangsang uterus untuk bekerja maksimal serta efisien. Dengan demikian, menstruasi bakal datang secara lebih cepat.
  • Cohosh Hitam – Cohosh hitam ini telah digunakan sejak ratusan tahun lalu dan oleh orang zaman dulu pun bahan ini dimanfaatkan untuk mendatangkan menstruasi lebih cepat. Ini karena diketahui bahwa pengaturan siklus menstruasi secara keseluruhan dapat didorong oleh Cohosh hitam dan setelah mengonsumsinya, dijamin luruhnya lapisan rahim bisa cepat terjadi yang kemudian menjadi darah haid.
  • Peony Putih – Suplemen dari peony putih diketahui mampu membantu supaya darah pada area panggul dapat digerakkan. Kebekuan pada uterus dapat diluruhkan dengan peony putih ini sehingga kemudian menstruasi akan lebih cepat datang dan lebih teratur juga.
  • Dong Quai – Untuk masalah menstruasi yang datang terlambat, Anda juga bisa mengandalkan yang namanya Dong Quai. Suplemen herbal ini dapat dikonsumsi supaya darah dapat terdorong untuk ke panggul sehingga menstruasi bisa lebih cepat dan yang terlambat bisa langsung datang.

Suplemen Herbal Untuk Mempercepat Haid

14. Menggunakan Aspirin

Aspirin tentu bukan obat yang asing bagi Anda dan ternyata salah satu cara untuk mempercepat menstruasi untuk datang adalah dengan menghancurkan aspirin. Saat Anda merasa sudah waktunya menstruasi tapi malah ternyata datang terlambat, sediakan secara langsung aspirin 2 buah saja.

Hancurkan lebih dulu aspirin tersebut di dalam cangkir yang sudah diisi dengan air hingga ½ cangkir. Setelah itu Anda bisa tambahkan dengan gula pasir ½ sendok makan berikut juga madu murni sebanyak ½ sendok makan. Larutan yang sudah jadi bisa Anda konsumsi atau minum langsung secara rutin di mana menstruasi pasti akan segera datang setelahnya.

Aspirin untuk mempercepat haid

15. Menghindari Minuman Alkohol

Siapapun pasti setuju jika minuman keras ber-alkohol berdampak negatif pada tubuh manusia,bukan hanya kesehatan sistem saraf otak saja yang dapat mengalami gangguan karena bahaya minuman keras bagi kesehatan. Minuman beralkohol mampu membuat proses menstruasi menjadi lebih lambat, pendek dan bahkan tak teratur.

Baca Juga :  Doa Agar Cepat Menstruasi Pertama

Memang minuman beralkohol banyak digemari karena seakan mampu menghilangkan stres.Tapi jangan terbuai dengan efek baik sesaat yang diberikan alkohol bagi Anda yang mungkin sedang banyak pikiran.

Minuman beralkohol bisa menjadikan fungsi tubuh menurun dan rusak, bahkan juga berpengaruh besar terhadap jadwal menstruasi wanita.

Bila belum bisa menghindarinya secara total, Anda perlu membatasi konsumsinya supaya tak terlalu sering apalagi berlebihan.

16. Menghindari Minuman Berkandungan Gula

Sama halnya seperti minuman beralkohol Anda perlu menghindari konsumsi minuman yang kandungan gulanya terlalu tinggi, khususnya konsumsi berlebihan.

Minuman yang mengandung gula tinggi bila dikonsumsi terlalu banyak dan berlebihan akan membuat proses menstruasi lebih pendek dari biasanya. Maka dari itu, hindarilah konsumsi berlebih atau membatasi konsumsinya.

17. Menghindari Kafein

Kafein bukan hanya menjadi pemicu dari kenaikan tekanan darah saja, melainkan juga memengaruhi jadwal menstruasi secara buruk. Anda perlu menghindari konsumsi berlebihan atau terlalu sering, sama seperti alkohol dan juga minuman manis.

Supaya tubuh sehat terjauh dari darah tinggi dan menstruasi bisa lebih cepat dengan siklus yang teratur, batasi konsumsi kafein Anda.

18.Menghindari Obat Tertentu

Anda perlu tahu bahwa tak semua obat itu baik; obat tersebut memang mampu memberikan efek penyembuhan bagi kondisi penyakit tertentu, tapi juga berpotensi menimbulkan masalah kesehatan baru. Terlambatnya menstruasi bisa berawal dari konsumsi obat tertentu dan efek sampingnyalah yang menjadikan Anda tak menstruasi tepat waktu.

Supaya Anda bisa lebih cepat menstruasi, pastikan bahwa Anda tidak mengonsumsi obat-obat sebagai berikut ini:

  • Obat tekanan darah
  • Antidepresan
  • Obat alergi
  • Kemoterapi
  • Antipsikotik

13. Melakukan Kompres

Untuk para wanita yang ingin lebih cepat dan lancar menstruasinya, jangan lupa juga untuk mencoba melakukan kompres hangat di bagian abdomen bawah atau perut bagian bawah.

Selain bisa berendam atau mandi air hangat, cara ini juga cukup ampuh dan aman dalam membuat menstruasi cepat datang.

Tak perlu kompres panas-panas, cukup hangat saja dan lakukan kompres ½ jam lamanya setiap hari sampai akhirnya menstruasi datang. Ini adalah salah satu cara dalam membuat tubuh lebih hangat dan cara yang cukup efektif dalam membuat dinding rahim cepat luruh sehingga lebih mudah menjadi darah dan keluar sebagai proses menstruasi

 

14.Terapi Akupuntur

Satu lagi cara mempercepat menstruasi yang sangat baik dan terbilang efektif, yaitu dengan metode akupuntur. Di negara kita, akupuntur sudah sangat populer dan memang nyatanya pengobatan alternatif yang asalnya dari Cina ini sangat mujarab dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan. Bahkan untuk kesehatan wanita seperti mempercepat menstruasi pun termasuk terpercaya.

Ada titik-titik akupuntur tertentu yang mampu membuat sirkulasi darah meningkat dan otomatis juga fungsi reproduksi ikut meningkat. Perlu didiskusikan baik-baik dengan terapis akupuntur karena ada pula beberapa titik tertentu yang justru malah membuat siklus menstruasi berhenti. Pastikan bahwa yang Anda datangi memang benar-benar ahli akupuntur yang sudah bereputasi dan memang terpercaya.

 

15. Gaya hidup sehat

Cara melancarkan haid selanjutnya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat berkaitan dengan makanan yang sehat serta rutin berolahraga. Namun Anda juga perlu mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok, minum minuman beralkohol, minum kopi berlebihan, dan begadang. Kebiasaan-kebiasaan tersebut terbukti memang dapat mengganggu jadwal haid pada perempuan.

 

16. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi

Agar asupan gizi pada tubuh Anda bisa terpenuhi sehingga produksi hormon lancar dan tidak terganggu, Anda harus mulai membiasakan diri dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan gizi. Supaya sistem metabolisme dalam tubuh akan berfungsi dengan baik dan proses haid pun bisa lancar.

 

17. Istirahat teratur

Bila Anda mendapatkan istirahat yang cukup, hormon kortisol dapat terproduksi dengan baik sehingga jika Anda mengalami stres, dapat teredam dan tidak akan mempengaruhi hypothalamus yang merupakan hormon yang mengatur periode haid.

18. Rajin berolahraga

Rutin berolahraga terbukti mampu menjaga kesehatan tubuh. Anda tidak harus melakukan olahraga yang susah dan terlalu berat. Cukup dengan melakukan latihan badan yang mudah dan ringan seperti jogging, jalan kaki, bersepeda. Latihan tersebut akan memperlancar aliran darah, sehingga haid pun lancar.

19. Rajin minum air mineral

Rajin dan teratur meminum air mineral merupakan cara melancarkan haid yang mudah. Air mineral penting untuk menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. Jika sistem metabolisme dalam tubuh lancar, maka haid akan turut menjadi lancar pula.

Kalau sudah mencoba beberapa cara di atas tapi belum ada hasil atau perubahan yang signifikan, ada baiknya untuk segera menghubungi dokter untuk mendapat penanganan yang tepat ya ladies. Semoga infonya bermanfaat!

20. Mandi air hangat

Mandi air hangat dapat melakukan keajaiban untuk mengendurkan otot-otot yang kencang dan menghilangkan stres emosional. Mungkin ini adalah alasan untuk laporan anekdotal bahwa ini dapat membantu mempercepat haid.

Coba tambahkan beberapa minyak wangi yang rileks ke bak mandi untuk efek tambahan. Anda juga bisa mencoba menggunakan kompres hangat seperti botol air panas dengan menerapkannya ke perut. Cara mempercepat haid ini juga dapat meningkatkan aliran darah ke area tersebut, sehingga dengan lembut mempercepat siklus menstruasi.

21. Relaksasi

Stres kadang-kadang bisa menjadi penyebab haid yang tertunda atau tidak kunjung datang. Ketika merasa stres, kita dapat menghasilkan hormon seperti kortisol atau adrenalin.

Ini dapat menghambat produksi hormon estrogen dan progesteron, yang penting untuk mempertahankan siklus menstruasi yang teratur.

Cara cepat haid dan penangkal stres adalah relaksasi. Ada banyak cara untuk menghilangkan stres dan mendorong relaksasi, dan tergantung kondisi individu. Tips mengurangi stres sebagai salah satu cara mempercepat datang bulan ini termasuk:

  • Mengurangi beban kerja
  • Menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga
  • Berolahraga
  • Terlibat dalam hobi yang menyenangkan
  • Menggunakan teknik meditasi atau mindfulness

Kesimpulan

Meskipun ditemukan banyak makanan, minuman, obat-obatan dan kegiatan yang dipercaya dapat mempercepat menstruasi anda, akan tetapi anda harus selalu berhati-hati.

Jangan sampai mengkonsumsinya secara berlebihan karena akan berdampak negatif bagi anda.

Selalu berkonsultasi kepada dokter atau bidan adalah langkah yang paling aman untuk menghindari efek samping dari makanan dan obat-obatan yang berguna untuk mempercepat haid anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *