Pengganti Cairan Softlens Saat Darurat ( Aman Digunakan )

Posted on

Kehabisan atau ketinggalan cairan softlens saat bepergian memang mengesalkan, anda butuh segera cairan pengganti air soflense darurat yang aman digunakan dan tidak membuat mata pedas atau perih.

Saat mendapati softlense yang kering mungkin anda bertanya apa boleh menaruh soflense di air biasa atau air mineral, pertanyaan berikutnya yang mungkin timbul adalah apakah soflense kering boleh dipakai?

Menaruh soflense di air mineral tanpa membilas dengan cairan pembersihnya itu sangat beresiko mengingat banyaknya kuman yang ada dalam air, apalagi air biasa atau air pam.

Resiko teringan bisa menimbulkan iritasi dan rasa tidak nyaman pada mata. Dan resiko jangka panjang nya adalah beberapa efek buruk merendam soflense di air putih.

Soflense yang kering sudah pasti tidak nyaman dipakai dan tentu saja bisa merusak mata, oleh sebab itu jika soflense kering dan anda lupa tidak membawa cairan soflense, pengganti air soflense darurat berikut ini bisa anda gunakan.

Cairan Pembersih Tangan ( Daily Cleaner )

Meski tidak bisa membasmi kuman secara tuntas seperti yang dilakukan oleh cairan softlense yang bagus seperti cairan softlense ice atau renu, cairan pembersih tangan ini bisa digunakan untuk membersihkan soflense anda.

Dilansir dari media hipwee  anda bisa membersihkan soflense dengan cara meneteskan daily cleaner ke telapak tangan lalu gosokkan softlens dengan hati-hati selama 20 detik dan pastikan untuk membersihkan kedua sisi dari softlens. Lanjutkan dengan produk lain untuk membilas dan disinfeksi.

cairan pembersih tangan untuk soflense

Larutan Saline ( Cairan Infus )

Larutan saline bisa anda gunakan untuk membilas dan merendam softlens. Tapi yang perlu anda garis bawahi cairan ini tidak memiliki fungsi sebagai pembunuh bakteri pada softlense.

Baca Juga :  Cara Ambil BPKB di FIF ( Biar Gak Repot )

Larutan saline ini bisa anda gunakan bersama dengan tablet pembersih enzimatik atau perangkat pembersih. Larutan ini akan baik jika diaplikasikan untuk softlens memakai sistem desinfeksi panas atau UV.

Cairan saline adalah cairan isotonik atau infus natrium klorida (NaCl) 0,9%.[1]

Dalam beberapa sumber menyatakan bahwa cairan salin normal tidak dapat disamakan dengan cairan natrium klorida 0,9%.

Cairan saline memiliki sifat steril, non pirogenik, tidak mengandung glukosa dan tidak memiliki efek anti mikroba. Cairan infus ini bening, tidak berbau, tidak memiliki rasa, dan tidak memiliki partikel-partikel di dalamnya. pH cairan 4,5-7,0. ( Referensi )

Saline pengganti cairan soflense darurat

Anda bisa mendaptkan cairan soflense darurat ini di Tokopedia dengan harga yang sangat terjangkau, namun pastikan jika cairan saline yang anda beli belum expired.

Hidrogen Peroksida

Cairan ini bekerja untuk membersihkan dan mendesinfeksi lensa kontak, tapi  tidak bisa untuk menyimpan. Tipe cairan softlens ini biasanya dianjurkan untuk orang yang matanya sensitif terhadap bahan pengawet pada cairan softlens lainnya.

Ketika mencuci softlens dengan cairan hidrogen peroksida, Anda tidak bisa langsung menggunakannya ke mata, karena bahan kimianya dapat membuat iritasi.

Bereskan rangkaian proses desinfeksi dan penetralan sebelum menggunakan softlens. Hydrogen Peroxide Solution hadir dengan botol pembersih khusus (lihat botol mungil di samping cairan).

Hidrogen peroksida (H2O2) adalah zat kimia bersifat asam lemah berupa cairan tak berwarna, agak lebih kental daripada air, namun merupakan oksidator atau agen pemutih yang kuat.

Hidrogen peroksida terbuat dari hidrogen (H2) dan oksigen (O2).

Selain digunakan sebagai pemutih, hidrogen peroksida juga digunakan sebagai antiseptik dan beberapa produk industri rumahan. Hidrogen peroksida dengan konsentrasi rendah (3-9%) biasanya digunakan sebagai campuran aplikasi obat, pemutih pakaian, hingga bleaching rambut. Di dunia industri, hidrogen peroksida dalam konsentrasi yang lebih tinggi digunakan sebagai pemutih untuk tekstil dan kertas. ( Referensi )

Baca Juga :  Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci ( Masih Bagus tau Sudah Rusak )

Anda bisa mendapatkan h2o2 hidrogen peroksida (hydrogen peroxide) di marketplace lokal seperti Tokopedia dan Bukalapak dengan harga yang murah.

Hydrogen Peroxide Solution.
Clear Care, Hydrogen Peroxide Solution Untuk Membersihkan Soflense

Menggunakan Air Suling dan Garam

Air suling adalah air hasil penyulingan yang menghilangkan mineral dan zat kimia didalamnya. Membuat Air suling sangatlah mudah dibuat. ( Referensi )

Saat Anda menghilangkan mineral dan zat-zat kimia dari air, itu artinya Anda telah membuat air suling. Orang-orang membuat air suling untuk berbagai keperluan, termasuk untuk minum, menyiram tanaman, mengisi pelembab udara, setrika uap, dan bahkan tangki ikan, akuarium, dan lain sebagainya.

Merendam softlense pada air biasa atau air keran memang tidak disarankan karena air kandungan mineral yang ada pada air tersebut bisa mengendap pada softlens.

Tetapi anda bisa menyiasati dengan menambah sedikit garam pada air tersebut.

Penambahan garam nantinya dimaksudkan agar bisa membunuh mikroorganisme berbahaya yang mungkin terkandung dalam air.

Biar lebih aman lagi, anda bisa merebus air terlebih dahulu, lalu dinginkan sebelum digunakan agar fungsi disinfeksinya lebih efektif lagi.

Air Suling dan Garam Pengganti Cairan soflense

Cairan Penghilang Protein

Cairan penghilang protein atau Enzymatic Protein Remover membersihkan benda-benda yang menumpuk di lensa kontak dari waktu ke waktu

Cairan ini kan lebih efektif digunakan untuk softlense yaang dganti dalam 1 atau 2 kali dalam setahun.

Penggunaan cairan penghilang protein atau senyawa bifosfonat bisa diaplikasikan tergantung dari jenis softlens yang digunakan dan udah berapa banyak kadar protein yang tersimpan di dalam mata sehingga bikin nggak nyaman.

Aclasta Caiaran Bifosfonat Untuk Softlense
Aclasta Caiaran Bifosfonat Untuk Membersihkan Softlense

Cairan Softlens Yang Bagus

Memilih cairan soflense yang bagus bisa dimulai dari jenis yang mengandung oxygen seperti Ice, O2, Polylab atau Precious.
Dengan memilih produk merk pembersih softlense terbaik akan menghindarkan anda dari cairan soflense yang berbahaya.

Anda bisa membaca review dan rekomendasi cairan soflens yang banyak ditulis pada blog kesehatan dan kecantikan, salah satunya adalah yang ditulis dalam halaman Kamini.id

Baca Juga :  10 ++ Cara Merawat Softlens Yang Benar Agar Aman dan Nyaman Untuk Mata Cantik Kamu

Jenis Cairan pembersih softlense terbaik :

  1. Multi Pupose Solution ( cairan ini serbaguna, bisa dipakai sebagai apa saja, mulai dari membersihkan, mendesinfeksi, hingga menyimpan softlens)
  2. Hydrogen Peroxide Solution ( untuk membersihkan dan mendesinfeksi lensa kontak, tidak bisa untuk menyimpan )
  3. Saline Solution ( Cairan ini tidak bisa dipakai sebagai disinfektan, karena fungsinya hanya untuk membilas lensa kontak yang sudah dibersihkan dan didesinfeksi dengan larutan lainnya.)
  4. Daily Cleaner ( berfungsi sebagai pembersih, bukan disinfektan)
  5. Enzymatic Protein Remover ( membersihkan benda-benda yang menumpuk di lensa kontak dari waktu ke waktu )
  6. Rigid Gas Permeable (RGP) Care System ( Khusus untuk lensa kontak jenis keras )

 

10 Merk Cairan Softens Terbaik Ala Kamini Id

  1. Opti-Free Puremoist Multi-Purpose Contact Lens Solution
  2. Bausch + Lomb Biotrue Multi-Purpose Solution
  3. Bausch + Lomb ReNu MultiPlus Multi-Purpose Solution
  4. Bausch + Lomb Sensitive Eyes Multi-Purpose Solution
  5. PuriLens Plus Preservative Free Saline
  6. Clear Conscience Multi-Purpose Solution
  7. CLEAR CARE PLUS Cleaning & Disinfecting Solution
  8. Equate Saline Solution for Sensitive Eyes
  9. Lobob Optimum Cleaning, Disinfecting, and Storage Solution
  10. Menicon Unique pH Multi-Purpose Solution

Meskipun pada kenyataanya mudah bagi anda untuk membeli aneka produk pengganti cairan soflense baik di Apotik ataupun Marketplace, tetpi ada baiknya anda selalu membawa perlengkapan softlense kemanapun anda pergi.

Kesehatan mata jauh lebih berharga dari sekedar gaya, usahakan agar mata anda selalu sehat dan indah dengan softlense yang anda kenakan.

Semoga bermanfaat.




Tidak menemukan solusi yang anda cari? silahkan kirim email kepada redaksi anekacara.com dengan permasalahan serta solusi yang anda inginkan. Kirim kan email ke : redaksi@anekacara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *